Tanggung Jawab dan Tugas Sales dalam Perusahaan

Tentunya Anda sudah tidak asing saat mendengar kata “sales“. Sales menjadi salah satu bagian perusahaan yang umum dimiliki. Pada perusahaan, umumnya sales memiliki peran tersendiri sehingga terbentuk divisi yang beranggotakan beberapa orang, tergantung kebijakan perusahaan. Lalu, apa saja tanggung jawab dan tugas sales dalam perusahaan?

Apa Itu Sales?

Sales merupakan aktivitas bisnis yang mengarah pada penjualan produk atau jasa. Sales menjadi bagian penting dari kegiatan perusahaan. Dalam suatu perusahaan, sales dilakukan oleh tim. Seringkali pembagian tim sales terbagi berdasarkan beberapa kategori, yaitu berdasarkan domisili wilayah penjualan, target pelanggan, dan produk atau jasa yang mereka jual. Sehingga penjualan dapat dilakukan secara optimal.

Sales terbagi menjadi berbagai macam, salah satunya sales canvassing. Hingga saat ini, canvassing menjadi salah satu metode yang kerap digunakan oleh pebisnis.

Meskipun begitu, mungkin masih banyak yang belum familier dengan sales canvassing. Apa itu sales canvassing? Dan, apa tanggung jawab dan fungsi sales canvassing? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Sales Canvassing

Sales canvassing adalah salah satu kegiatan sales untuk melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan. Tujuan untuk menawarkan, distribusi, dan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Hal Yang Perlu Dimiliki Sales Canvassing

1. Product knowledge (pengetahuan tentang produk)

Salah satu hal dasar dan yang harus dimiliki seorang salesn canvassing, yaitu pengetahuan tentang produk/jasa yang ingin ditawarkan. Mengapa? Jika sales tidak memahami produk/jasa yang ditawarkan, otomatis penjualan yang dilakukan tidak optimal.

Calon pelanggan pun bisa menjadi ragu terhadap produk atau jasa yang ditawarkan karena tidak terlalu puas mendapatkan informasi tersebut.

2. Price policy (kebijakan harga jual)

Tiap produk atau jasa memiliki klasifikasi harganya masing-masing. Umumnya, harga atau jasa yang ditawarkan dibuatkan desain tertentu untuk dapat diperlihatkan kepada calon pelanggan. Baik desain pada website perusahaan, sosial media, bahkan desain yang telah dicetak.

Sales perlu mengetahui tiap harga produk dan dijual, termasuk diskon tertentu bagi pelanggan. Tak hanya itu, akan lebih baik jika sales mengetahui sampai mana batas pengurangan harga yang bisa disetujui karena tidak menutup kemungkinan calon pelanggan melakukan penawaran produk/jasa Anda.

3. Human relationship (hubungan pelanggan)

Cara menjalin komunikasi dan pendekatan yang baik dibutuhkan oleh sales canvassing agar mereka dapat menarik perhatian calong pelanggan.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Cara Kerja Sales Canvassing

Terdapat dua cara kerja yang biasanya dilakukan yang dapat dipakai oleh seorang sales canvassing dalam melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan. Pertama, sales menghubungi pelanggan terlebih dahulu melalui telepon, pesan, maupun email. Kedua, sales mencari calon pelanggan secara langsung di lokasi.

Keuntungan yang bisa didapat dari memiliki seorang canvasser adalah perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan distribusi pemasaran pada pelanggan di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh distributor.

Perusahaan yang menyadari pentingnya sales bagi perusahaan mereka, akhirnya berusaha untuk menjanjikan dan menawarkan berbagai fasilitas hingga bonus besar untuk para sales canvassing agar dapat membantu mereka dalam menyukseskan perusahaan.

Selanjutnya, sales canvassing memiliki tahapan dalam melakukan pekerjaannya, yaitu:

  • Pendekatan pada calon pembeli
  • Presentasi
  • Menjual produk/jasa
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan (tindak lanjut setelah penjualan selesai)

Fungsi Sales Canvassing

1. Dapat mengembangkan potensi pasar

Kelebihan sales canvassing yang pertama adalah dapat mengembangkan potensi pasar. Anda dapat mendapatkan banyak calon pelanggan baru pada area-area tertentu dengan informasi karakteristik pelanggan yang cukup akurat untuk kebutuhan produk atau jasa tertentu. Dengan begitu Anda dapat menyiapkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ada pada area tersebut.

2. Dapat mempercepat penetrasi pasar

Kelebihan canvassing selanjutnya juga dapat mempercepat penetrasi pasar yaitu cara untuk mengukur seberapa banyak sebuah produk atau jasa digunakan oleh para konsumen dibanding jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan tersebut. Proses penetrasi pasar akan berjalan lebih cepat dan efektif karena kegiatan penawaran, distribusi dan penjualan dilakukan secara langsung dan bersamaan.

3. Distribusi produk yang lebih merata

Metode canvassing sangat berguna sekali untuk pemerataan tingkat distribusi sebuah produk. Dengan menggunakan canvassing, maka seoarng canvasser akan mendistribusikan produk di berbagai area secara merata berdasarkan journey plan mereka yang sebelumnya sudah ditetapkan. Sehingga, produk pun akan lebih mudah diperoleh pelanggan.

4. Umpan balik dari pasar yang lebih akurat

Melakukan pendataan di suatu daerah atau wilayah merupakan salah satu tugas penting tim sales. Data tersebut bisa berupa informasi mengenai alamat, pemilik toko, hingga kebutuhan dan keluhan yang mereka hadapi.

Tanggung Jawab dan Tugas Utama Sales Canvassing

1. Mengidentifikasi target pasar

Dengan melakukan identifikasi target pasar atau penjualan, sales akan lebih mudah melakukan penawaran. Waktu dan tenaga sales pun jadi tidak terlalu banyak terkuras karena mereka bisa langsung memilih calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Agar sales bisa menemukan calon pelanggan tau prospek yang tepat, sales bisa mulai dengan membuat daftar fitur dari produk yang akan tawarkan. Lalu, buat highlight dari fitur-fitur tersebut. Dan, sales perlu membayangkan kepada siapa mereka menawarkan produk/jasa ke calon pelanggan.

Tentu akan lebih memudahkan sales jika mereka memiliki data-data pelanggan yang sudah melakukan pembelian. Dari data tersebut, sales bisa menganalisis target pasar yang potensial untuk melakukan penjualan. Akan jauh lebih membantu jika pendataan pelanggan tidak dalam bentuk dokumen.

Mengapa? Karena sales membutuhkan banyak waktu untuk melakukan analisis. Sebaiknya, bisnis perlu mempertimbangkan untuk memakai sistem, seperti Barantum CRM, yang dapat mendata seluruh pelanggan secara akurat dalam satu platfrom saja.

2. Melakukan penjualan

Sales cavassing adalah seseorang yang meyakinkan prospek agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penjualan ini dapat dilakukan melalui berbagai media, baik email, telepon, maupun menemui calon konsumen secara langsung

3. Melakukan pemetaan penjualan

Sales canvassing bertugas ke berbagai lokasi untuk melakukan penjualan. Dari banyaknya tempat yang mereka kunjungi pasti ada tempat yang potensial ataupun tidak.

Oleh sebab itu, penting bagi sales untuk melakukan pemetaan penjualan agar mempermudah sales mengoptimalkan lokasi yang potensial. Jadi, transaksi penjualan sales pun lebih cepat.

4. Membuka peluang pasar baru

Tidak hanya menawarkan produk atau jasa bisnis saja. Sales canvassing juga dapat membuka peluang pasar baru. Sales yang terjun langsung di lapangan memiliki pengalaman lebih menghadapi pelanggan. Mereka pun jadi lebih tahu target pasa mana saja yang potensial untuk menawarkan produk/jasa bisnis. Dan, secara tidak langsung mereka bisa menemukan peluang pasar baru untuk bisnis.

5. Membangun komunikasi dengan pelanggan

Tugas sales belum selesai sampai transaksi jual beli sudah dilakukan. Sales perlu membina komunikasi yang baik dengan pelanggan, bahkan setelah selesai melakukan pemjualan.

Hal ini akan membuat pelanggan Anda merasa tidak terlupakan dan hanya dibutuhkan saat perlu menjual ke mereka saja. Bahkan, membangun komunikasi dengan pelanggan bisa meningkatkan potensi pelanggan potensial.

6. Melakukan follow up

Melakukan follow up kepada pelanggan dapat menarik pelanggan agar melakukan pembelian kembali. Selain itu, juga dapat mengingatkan pelanggan untuk memperpanjang layanan atau sekedar memberikan informasi tentang produk baru atau promo.

7. Menghadiri acara tertentu

Sales canvassing tentu perlu memiliki network yang luas. Dengan demikian, ada banyak kontak yang berpotensi menjadi pelanggan. Salah satunya dengan menghadiri acara tertentu untuk memperluas jaringan bisnis mereka.

Permudah Aktivitas Sales Canvassing dengan Sistem CRM

Pekerjaan sales canvassing tidaklah mudah. Terlebih mobilitas yang tinggi membuat mereka dikejar waktu untuk melakukan penjualan hingga melakukan laporan penjualan. Apalagi jika sales masih menggunakan cara manual untuk menginput laporan penjualannya dan perlu menyerahkan laporan di hari yang sama ke kantor. Pasti melelahkan bukan?

Dalam meringankan pekerjaan sales untuk memenuhi tanggung jawa dan tugasnya, Anda bisa menggunakan sistem yang dapat membantu penjualan dan laporan sales lebih mudah dan cepat. Sistem tersebut, yaitu sistem CRM. Sistem CRM yang tersedia dalam bentuk aplikasi mobile dapat memudahkan pekerjaan tim sales lebih efektif dan efisien.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Apa Itu Sales Canvassing? Kelebihan dan Kekurangannya
  2. 5 Rekomendasi Aplikasi Sales Canvassing Terbaik
  3. 5 Alasan Sales Lapangan Anda Perlu CRM
  4. Cara Mudah Monitor Aktivitas Sales Lapangan dengan CRM
  5. 7 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Terbaik Untuk Bisnis
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".