WhatsApp Chat vs Live Chat Mana Yang Lebih Unggul?

Umumnya di website terbagi menjadi dua cara komunikasi antara pelanggan dan bisnis. Pertama melalui live chat. Kedua, melalui WhatsApp chat. Baik WhatsApp chat maupun live chat sama-sama berfungsi untuk media layanan pelanggan. Namun, terdapat perbedaan antara WhatsApp chat dan live chat yang penting Anda ketahui. Apa saja perbedaan WhatsApp chat dan live chat? Yuk, simak penjelasannya pada artikel ini sampai habis!

Apa Itu WhatsApp Chat?

WhatsApp chat adalah layanan pesan yang dilakukan melalui media aplikasi WhatsApp. WhatsApp chat semakin optimal jika Anda menggunakan fitur Chatbot yang mampu membalas pesan secara otomatis sekalipun di luar jam kerja. Sehingga pelanggan tetap dapat dilayani dan mendapat informasi kapan pun.

Fitur Chatbot ini hanya bisa Anda gunakan jika Anda meng-upgrade akun WhatsApp Business menjadi WhatsApp Business API. Sebaiknya Anda menggunakan WhatsApp Business API dengan bekerja sama pada Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Penggunaan WhatsApp Business API dari penyedia ilegal sangat tidak dianjurkan karena berisiko kehilangan data bisnis Anda atau terjadi peretasan.

Apa Yang Dimaksud Live Chat?

Live chat adalah layanan pesan yang dilakukan langsung pada website bisnis Anda. Mungkin Anda pernah saat membuka website ada layanan pesan di dalamnya untuk Anda bisa bertanya seputar produk/jasa yang ditawarkan. Umumnya live chat terdapat pada pojok kanan atau kiri bawah tiap website.

Jika Anda memakai live chat, seiring berkembangnya bisnis Anda perlu memiliki banyak agen customer service untuk mempercepat respons pesan pelanggan. Sehingga bisnis mampu mempertahankan kepuasan pelanggan. Berbeda jika Anda menggunakan WhatsApp Chat yang otomatis membalas pesan pelanggan sehingga kinerja agen lebih efektif.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Perbedaan WhatsApp Chat dan Live Chat?

Berikut perbedaan antara WhatsApp chat dan live chat:

1. Kecepatan Respons

Perbedaan pertama antara WhastApp chat dan live chat, yaitu kecepatan dalam merespons pesan. Pada live chat, kecepatan respons tergantung dari banyaknya pesan yang diterima oleh agen dalam satu waktu. Sedangkan pada WhastApp chat, pelanggan cepat mendapatkan balasan dari agen. Hal ini dapat Anda lakukan jika Anda menggunakan WhatsApp Business API (atau disebut WABA). Sehingga pelanggan cepat mendapatkan solusi atau jawaban dari pertanyaan mereka.

2. Biaya

Selanjutnya, terdapat perbedaan biasa antara WhastApp chat dan live chat. Jika bisnis Anda hanya menggunakan live chat, biaya yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan menggunakan WhatsApp chat. Biaya yang dikeluarkan lebih mahal jika bisnis menggunakan live chat karena Anda perlu menambah agen untuk menjaga kecepatan respons pesan.

3. Kualitas Pelayanan

Perbedaan WhastApp chat dan live chat berikutnya dari kualitas pelayanannya. Penggunaan WhatsApp chat pada WABA dapat merespons dan menyelesaikan masalah lebih cepat. Sehingga menciptakan kepuasan pelanggan.

4. Penyimpanan Data

Perbedaan WhatsApp chat dan live chat lainnya, yaitu pada penyimpanan data informasi pelanggan. Live chat umumnya tidak dapat menyimpan informasi percakapan antara pelanggan dan bisnis. Berbeda dengan Anda menggunakan WhatsApp chat yang diintegrasi dengan CRM. Integrasi antara WhastApp dan CRM bisa Anda lakukan dengan bekerja sama pada penyedia layanan CRM, misalnya Barantum. Integrasi WhatsApp ke dalam CRM mampu menyimpan percakapan pelanggan sehingga agen dapat mengetahui kebutuhan tiap pelanggan. Sehingga seluruh data bisnis Anda bisa terpusat dalam satu sistem.

5. Tingkat Penjualan

Terakhir, terdapat perbedaan penjualan antara WhatsApp chat dan live chat. Saat Anda menggunakan live chat, Anda tidak dapat menawarkan produk/jasa di hari lain. Karena chat sudah ditutup dan Anda tidak memiliki data pelangan tersebut. Berbeda jika Anda menggunakan WhatsApp chat, Anda memiliki data nomor pelanggan sehingga dapat melakukan promosi ke kontak terssebut.

Setelah mengetahui perbedaan antara WhastApp chat dan live chat, kini Anda mengetahui bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan WhatsApp chat dengan WhatsApp Business API dibanding live chat. Sebaiknya Anda memastikan bahwa penyedia layanan tersebut merupakan Mitra Resmi WhastApp terpercaya. Salah satu rekomendasi Mitra Resmi WhatsApp yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Barantum.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API?

Jika Anda tertarik menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Berikut cara mendapatkan WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp Business API siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan WhatsApp Business API Resmi Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Rekomendasi Artikel

  1. 5 Alasan Perlu Verified Badge Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda
  2. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak
  3. Catat! Begini 5 Cara Promosi Jitu Menggunakan WA Business
  4. Begini 5 Kelebihan WA Business Untuk Optimalkan Penjualan
  5. Laku Keras, Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang