WhatsApp Chat vs Live Chat Mana Yang Lebih Unggul?

Di website terbagi menjadi dua cara komunikasi antara pelanggan dan bisnis. Pertama melalui live chat. Kedua, melalui WhatsApp chat. Baik WhatsApp chat maupun live chat sama-sama berfungsi untuk media layanan pelanggan. Namun, terdapat perbedaan antara keduanya yang penting Anda ketahui.

Apa saja perbedaannyat? Yuk, simak penjelasannya pada artikel ini sampai habis!

Apa Itu WhatsApp Chat?

WhatsApp chat adalah layanan pesan yang dilakukan melalui media aplikasi WhatsApp. WhatsApp chat semakin optimal jika Anda menggunakan fitur Chatbot yang mampu membalas pesan secara otomatis sekalipun di luar jam kerja. Sehingga pelanggan tetap dapat dilayani dan mendapat informasi kapan pun.

Fitur Chatbot ini hanya bisa Anda gunakan jika Anda meng-upgrade akun WhatsApp Business menjadi WhatsApp Business Official. Sebaiknya Anda menggunakan WhatsApp Business Official dengan bekerja sama pada Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Penggunaan WhatsApp Business Official dari penyedia ilegal sangat tidak dianjurkan karena berisiko kehilangan data bisnis Anda atau terjadi peretasan.

Apa Yang Dimaksud Live Chat?

Live chat adalah layanan pesan yang dilakukan langsung pada website bisnis Anda. Mungkin Anda pernah saat membuka website ada layanan pesan di dalamnya untuk Anda bisa bertanya seputar produk/jasa yang ditawarkan. Umumnya live chat terdapat pada pojok kanan atau kiri bawah tiap website.

Jika Anda memakai live chat, seiring berkembangnya bisnis Anda perlu memiliki banyak agen customer service untuk mempercepat respons pesan pelanggan. Sehingga bisnis mampu mempertahankan kepuasan pelanggan. Berbeda jika Anda menggunakan WhatsApp Chat yang otomatis membalas pesan pelanggan sehingga kinerja agen lebih efektif.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Perbedaan WhatsApp Chat dan Live Chat?

Berikut perbedaan antara WhatsApp chat dan live chat:

1. Kecepatan Respons

Perbedaan pertama antara WhastApp chat dan live chat, yaitu kecepatan dalam merespons pesan. Pada live chat, kecepatan respons tergantung dari banyaknya pesan yang diterima oleh agen dalam satu waktu. Sedangkan pada WhastApp chat, pelanggan cepat mendapatkan balasan dari agen menggunakan fitur Chatbot. Sehingga pelanggan cepat mendapatkan solusi atau jawaban dari pertanyaan mereka.

2. Biaya

Selanjutnya, dari segi biaya terdapat perbedaan biasa antara WhastApp chat dan live chat. Jika bisnis Anda hanya menggunakan live chat, Anda akan mengeluarkan biaya yang sama mau berapa banyak pesan yang masuk ke live chat. Namun, jika bisnis menggunakan WhatsApp chat, Anda dapat dikenakan biaya tambahan tergantung pesan masuk dan keluar yang dilakukan.

3. Kualitas Pelayanan

Perbedaan WhastApp chat dan live chat berikutnya dari kualitas pelayanannya. Penggunaan WhatsApp chat dapat merespons dan menyelesaikan masalah lebih cepat. Sehingga menciptakan kepuasan pelanggan. Sedangkan pada live chat, pelanggan perlu menunggu lebih lama untuk pesan mereka dibalas.

4. Penyimpanan Data

Perbedaan lainnya, yaitu pada penyimpanan data informasi pelanggan. Live chat umumnya tidak dapat menyimpan informasi percakapan antara pelanggan dan bisnis. Berbeda dengan WhastApp, Anda mampu menyimpan percakapan pelanggan. Sehingga agen dapat mengetahui kebutuhan tiap pelanggan secara terpusat dalam satu sistem.

5. Tingkat Penjualan

Terakhir, terdapat perbedaan penjualan antara WhatsApp chat dan live chat. Saat Anda menggunakan live chat, Anda tidak dapat menawarkan produk/jasa di hari lain. Karena chat sudah ditutup dan Anda tidak memiliki data pelangan tersebut. Berbeda jika Anda menggunakan WhatsApp chat, Anda memiliki data nomor pelanggan sehingga dapat melakukan promosi ke kontak terssebut.

Setelah mengetahui perbedaan antara WhastApp chat dan live chat, kini Anda mengetahui bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan WhatsApp chat dengan WhatsApp Business API dibanding live chat. Sebaiknya Anda memastikan bahwa penyedia layanan tersebut merupakan Mitra Resmi WhastApp terpercaya. Salah satu rekomendasi Mitra Resmi WhatsApp yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Barantum.

Manakah Yang Lebih Baik?

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik bergantung pada kebutuhan spesifik bisnis serta preferensi pelanggan yang dilayani. Sebaiknya, perusahaan mempertimbangkan karakteristik masing-masing opsi dan memilih platform yang paling sesuai dengan strategi bisnis mereka.

Pilihan Layanan Pelanggan Terbaik

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam memilih antara Live Chat dan WhatsApp Chat, keduanya menawarkan kelebihan masing-masing yang dapat dioptimalkan sesuai kebutuhan bisnis. Keputusan akhir sebaiknya didasarkan pada karakteristik bisnis, preferensi pelanggan, dan strategi komunikasi yang diinginkan.

Untuk memaksimalkan potensi interaksi pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan live chat atau WhatsApp chat dengan menggunakan layanan Barantum. Barantum memberikan solusi yang dapat diandalkan dan mendukung integrasi berbagai saluran komunikasi, memungkinkan bisnis Anda untuk memberikan layanan yang lebih efisien dan responsif kepada pelanggan.

Dengan cara ini, perusahaan dapat menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, dan membangun hubungan yang kokoh dengan pelanggan, menciptakan ekosistem komunikasi yang lebih baik dan berkelanjutan. Jadi, apakah Anda memilih live chat, WhatsApp chat, atau keduanya, integrasi dengan Barantum dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas komunikasi bisnis Anda.

Dapatkan Sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".