Layanan dan Penjualan Makin Meningkat dengan WA Official

WhatsApp (WA) official telah menjadi alat yang populer bagi banyak bisnis untuk memperluas cakupan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka, menghadirkan pengalaman komunikasi yang lebih tepercaya dan langsung.

Berbeda dengan akun pribadi, WhatsApp Official memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan mereka, menyediakan layanan pelanggan yang lebih efektif dan personal.

Fitur ini memungkinkan bisnis Anda untuk memanfaatkan keuntungan komunikasi real-time, memberikan pemberitahuan transaksional, dan menyampaikan informasi terkait produk atau layanan langsung kepada pelanggan. Selain itu, penggunaan WhatsApp Official juga membantu membedakan akun bisnis resmi dari akun palsu atau tidak sah, memberikan kepercayaan ekstra kepada pelanggan.

Dengan WA official, Anda bisa mendapatkan beragam benefit untuk bisnis. Dalam artikel ini telah kami rangkum mengenai WA official dan cara mendapatkannya untuk bisnis Anda. Yuk, baca artikel ini sampai selesai dan dapatkan informasi lengkapnya.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu WA Official?

WA official adalah akun yang telah melewati proses verifikasi dan ditandai dengan centang hijau. Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa akun tersebut benar-benar bisnis yang sah dan legal. Sehingga membantu mencegah penipuan dan menjaga kualitas pengalaman pelanggan.

Akun WhatsApp official memungkinkan bisnis Anda untuk memberikan layanan pelanggan, mengirimkan pemberitahuan transaksional dan berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif. Selain itu, juga membantu pengguna untuk membedakan antara akun bisnis yang sah dan akun pribadi. Sehingga mereka dapat merasa lebih percaya saat berinteraksi dengan bisnis melalui platform ini.

Apa Fungsi dari WA Official?

WhatsApp Official Account memiliki beberapa fungsi kunci yang membantu bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan mereka.

Berikut adalah fungsi utama dari WA official, yaitu:

1. Layanan Pelanggan yang Cepat dan Langsung

Melalui WhatsApp Official, bisnis Anda dapat merespons pertanyaan, masukan, dan permintaan pelanggan dengan cepat dan langsung. Ini memberikan peluang untuk memberikan solusi yang real-time, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan membangun reputasi positif dalam hal layanan pelanggan.

2. Pemasaran Lebih Terarah

WA official memungkinkan bisnis mengirimkan pesan promosi, penawaran khusus, dan informasi produk terbaru kepada pelanggan secara langsung. Ini memungkinkan pemasaran yang lebih terarah dan personal, karena bisnis dapat menghubungi pelanggan yang telah menunjukkan minat dalam produk atau layanan tertentu.

3. Informasi Transaksi yang Penting

Dengan kemampuan mengirim pemberitahuan otomatis, bisnis dapat memberi tahu pelanggan tentang status transaksi mereka, seperti konfirmasi pesanan atau pembaruan pengiriman. Ini membantu pelanggan tetap terinformasi tanpa harus secara aktif mencari informasi tersebut.

4. Interaksi Personal dengan Pelanggan

WA Official memungkinkan bisnis berkomunikasi dengan pelanggan secara pribadi. Bisnis dapat menyesuaikan pesan dan solusi untuk memenuhi kebutuhan individu pelanggan, membangun hubungan yang lebih dekat, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Analisis dan Evaluasi

WhatsApp official menyediakan analisis data mengenai interaksi pelanggan, seperti berapa banyak pesan yang terbaca atau berapa banyak tanggapan yang diberikan. Data ini membantu bisnis dalam mengukur efektivitas kampanye komunikasi mereka, serta memberikan informasi untuk perbaikan ke depannya.

Secara keseluruhan, WhatsApp Official Account menghadirkan peluang bagi bisnis Anda untuk meningkatkan layanan pelanggan, memperluas pangsa pasar, dan membangun hubungan yang lebih mendalam dengan pelanggan. Selain itu, juga membantu manajemen dalam mengukur kinerja agen melalui data analitik yang up to date.

Siapa Saja Yang Perlu Menggunakan WA Official?

WhatsApp official cocok digunakan oleh berbagai jenis bisnis yang ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka. Mulai dari perusahaan besar maupun kecil, online shop, restoran, penyedia layanan, agen real estate, lembaga amal, dan masih banyak lagi.

Baik untuk bisnis lokal maupun internasional dapat memanfaatkan WA official untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, memperluas jangkauan pemasaran, mengirimkan pemberitahuan penting, dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Sehingga WhatsApp official dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi berbagai jenis entitas yang ingin mengoptimalkan komunikasi mereka melalui platform digital yang populer ini.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis bisnis yang tidak bisa mendapatkan tanda verifikasi centang hijau WhatsApp. Untuk mengetahui bisnis apa saja yang tidak bisa mendapatkan verifikasi centang hijau, Anda bisa membacanya di sini -> 10 Jenis Bisnis yang Akan Ditolak Centang Hijau WA.

Apa Saja Manfaat dari WA Official Untuk Bisnis?

Berikut adalah manfaat WA Official untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Mudah Diakses

Dengan banyaknya pengguna WhatsApp di seluruh dunia, WhatsApp Official Account menyediakan saluran komunikasi yang sudah dikenal dan umum digunakan. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi bisnis tanpa harus menginstal platform atau aplikasi baru.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan memberikan cara langsung untuk berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp Official Account memungkinkan bisnis untuk berinteraksi secara personal dan membangun hubungan yang lebih intim. Ini membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat loyalitas terhadap merek.

3. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan kemampuan merespons pertanyaan, masukan, atau keluhan pelanggan secara cepat dan efisien, WhatsApp Official Account memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan layanan pelanggan mereka. Kecepatan dalam memberikan solusi dan tanggapan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Barantum - BSP dan WhatsApp Partner Terbaik di Indonesia

4. Efisiensi Operasional

WhatsApp Official Account menyediakan pilihan untuk mengirim pemberitahuan otomatis, seperti konfirmasi pesanan atau pembaruan status pengiriman. Hal ini membantu mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

5. Meningkatkan Penjualan

Melalui pemasaran langsung, bisnis dapat mempromosikan produk, layanan, dan penawaran khusus kepada pelanggan. Kemampuan untuk memberikan informasi transaksional juga dapat membantu dalam meningkatkan konversi penjualan, yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan dan keuntungan bisnis.

Secara keseluruhan, WhatsApp Official memberikan pengalaman komunikasi yang lebih mudah, cepat, dan personal. Sehingga dapat menjadi solusi tepat dalam strategi bisnis modern.

Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan WA Official?

Adapun syarat untuk bisa mendapatkan WhatsApp Official, sebagai berikut:

1. Berlangganan layanan dari BSP WhatsApp terlebih dahulu

Pertama, hal yang harus Anda pahami untuk mendapatkan Ada beberapa Centang Hijau WhatsApp ini adalah Anda harus berlangganan layanan dari BSP WhatsApp terlebih dahulu.

Di Barantum, sebagai salah satu BSP resmi WhatsApp yang tepercaya di Indonesia. Untuk biaya minimum berlangganannya pada paket Omnichannel Standard ada di angka Rp897.000,-.

Dengan harga tersebut, selain bisa mendapatkan Centang Hijau WhatsApp Anda juga sudah bisa mendapatkan fitur WhatsApp API lainnya seperti fitur WA Blast, Chatbot dan juga Omnichannel Chat.

Untuk detail lengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman Harga Barantum dan pilih tab Omnichannel.

2. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV / PT atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp sangat selektif dan hanya memberikan centang hijau pada bisnis yang terbukti legalitasnya dan terdaftar sebagai perusahaan resmi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

3. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Sehingga Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

4. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan

Untuk syarat mendapatkan centang hijau WhatsApp yang ketiga adalah memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki.

5. Bisnis sudah cukup populer dan dikenal oleh publik

Untuk syarat terakhir adalah bisnis yang Anda daftarkan untuk mendapatkan centang hijau adalah bahwa bisnis Anda sudah cukup dikenal oleh publik. Sehingga membuktikan bahwa bisnis Anda memang sudah cukup dikenal oleh publik dan layak untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

Untuk syarat ini, Anda bisa mencoba untuk membangun komunitas dengan cara membuat akun sosial media untuk bisnis Anda terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin dan coba masukkan juga ke media-media berita terkenal seperti Detik, Kompasiana dan sebagainya. Serta jangan lupa juga untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda dan menaikan SEO dari brand atau merek Anda.

Namun, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki hak absolut dalam memberikan centang hijau WhatsApp untuk akun WhatsApp Business.

Dan, penting diketahui bahwa nomor yang digunakan untuk WhatsApp Business API tidak bisa dikembalikan menjadi nomor WhatsApp biasa/personal.

Bagaimana Cara Mendapatkan WA Official?

Jika bisnis Anda memenuhi persyaratan WA official, Anda bisa mengajukan penggunaan WhatsApp official ke BSP WhatsApp tepercaya, seperti Barantum. Berikut langkah-langkah yang wajib Anda lakukan, yaitu:

1. Daftarkan Akun WhatsApp Anda ke BSP WhatsApp, Barantum

Cara Centang Hijau WA 1 - Daftar ke WhatsApp Business Solution, Barantum

Langkah pertama untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan cara mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp Business Solution Provider. BSP adalah pihak resmi yang ditunjuk langsung oleh WhatsApp untuk membantu proses pendaftaran WhatsApp Business API.

Lakukan pendaftaran ke BSP tepercaya di Indonesia seperti Barantum. Sehingga Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API dan mendapatkan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Cara Centang Hijau WA 2 - Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah kedua untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan memverifikasi akun Facebook Business Manager Anda. Anda cukup login menggunakan akun Facebook pribadi yang Anda miliki dan mengisi semua informasi yang diminta.

3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan

jasa verified centang hijau

Langkah ketiga untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah menentukan nomor yang akan digunakan, dan nama bisnis yang akan ditampilkan pada akun WhatsApp centang hijau.

Nomor dan display name yang didaftarkan, apabila sudah disetujui dan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp tidak bisa diubah. Sehingga pastikan nomor dan display name yang digunakan sudah sesuai.

4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified

Setelah Anda menentukan nomor dan display name yang akan digunakan, Barantum akan membantu Anda untuk mendaftarkan nomor dan nama bisnis Anda tersebut pada pihak WhatsApp.

Selain itu, Barantum juga akan menyiapkan sistem dan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Chatbot, WA Blast, Alokasi Chat per Agent dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda.

5. Tunggu Hingga Tanda Centang Hijau (Verified Badge) Muncul di Akun WhatsApp Business Anda

Cara Centang Hijau WA 5 - Centang Hijau WA Berhasil Didapatkan

Terakhir, setelah semua langkah cara mendapatkan centang hijau WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi dan Anda harus menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh WhatsApp.

Jika pendaftaran centang hijau bisnis Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan WhatsApp, selanjutnya pihak WhatsApp akan memberikan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

Dapatkan WA Official Dari BSP Resmi WhatsApp, Barantum

Cara Centang Hijau WA 1 - Daftar ke WhatsApp Business Solution, Barantum

Dalam memilih mitra untuk mendapatkan WhatsApp Official Account, penting untuk memilih BSP resmi WhatsApp yang terbukti dan memiliki reputasi yang baik. Dalam hal ini, Barantum hadir sebagai mitra tepercaya yang telah membantu beragam jenis industri untuk mendapatkan WhatsApp official.

Selain itu, Barantum telah terbukti memiliki layanan pelanggan yang responsif dan solutif, baik saat pre-sales hingga after sales dalam memberikan solusi bisnis yang berkualitas dan kenyamanan pelanggan.

Dengan tim profesional yang ahli dan memahami secara mendalam seluk-beluk WhatsApp Official, Barantum siap untuk membantu perusahaan Anda melalui proses pendaftaran dan training implementasi.

Yuk, isi formulit di bawah untuk mendapatkan informasi lebih detail dan didemokan langsung oleh tim ahli kami.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".