Inilah Cara Mendapatkan WA Bisnis Multi-User dan Multi-Device

Ketika bisnis Anda tumbuh semakin besar, tentunya permintaan pelanggan akan semakin meningkat. Meningkatnya permintaan pelanggan mengharuskan Anda untuk memiliki banyak agen customer service. Namun, seiring bertambahnya agen customer service, pengeluaran bisnis Anda akan semakin banyak pula. Melihat hal tersebut, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) yang memiliki fitur multi-user dan multi-device.

Banyaknya user dan device tergantung aplikasi WhatsApp bisnis yang Anda gunakan, yaitu WhatsApp Business atau WhatsApp Business API. Keduanya bisa digunakan untuk multi-user dan multi-device, tapi dengan kapasitas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui cara mendapatkan WA multi-user dan multi-device, Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan WA Multi-User dan Multi-Device?

WhatsApp (WA) multi-user artinya yaitu akun WA yang mampu digunakan lebih dari satu orang. Sedangkan WA multi-device, yaitu satu akun WA yang dapat digunakan di berbagai device atau perangkat yang berbeda-beda. Kedua fitur ini sangat bermanfaat bagi bisnis karena dengan fitur ini, bisnis dapat memiliki banyak agen untuk memberikan pelayanan pelanggan terbaik.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan WA Multi-User dan Multi-Device?

Bisnis perlu menggunakan WA multi user dan multi-device karena mampu memberikan kemudahan dalam melakukan pelayanan pelanggan. Sehingga tercipta pelanggan loyalitas. Berbagai manfaat yang bisa bisnis rasakan saat menggunakan WA multi-user dan multi-device, yaitu:

  • Merespons pesan pelanggan lebih cepat karena banyak agen yang standby untuk membalas pesan pelanggan.
  • Pekerjaan agen lebih ringan karena pesan pelanggan dapat dibagi dengan agen lainnya.
  • Mempermudah pelanggan menghubungi bisnis karena bisnis menggunakan satu nomor bisnis yang pasti.

Bagaimana Cara Mendapatkan WA bisnis Multi-User dan Multi-Device?

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan WA multi-user dan multi-device:

1. WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis dari WhatsApp untuk mendukung bisnis dengan beragam fitur yang tidak ditemukan pada WhatsApp biasa/personal. Misalnya, adanya katalog ataupun fitur broadcast.

Cara mendapatkan WA multi-user dan multi-device:

1. Buka WhatsApp Business pada telepon Anda.

2. Klik titik tiga pada pojok kanan atas.

3. Klik Perangkat Tertaut – lalu pilih Tautkan Perangkat

ss tautkan perangkat

4. Buka kunci telepon Anda.

  • Jika perangkat Anda memiliki fitur autentikasi biometrik, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
  • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci telepon.

5. Arahkan telepon Anda ke layar perangkat yang ingin ditautkan untuk memindai kode QR.

Pada WhatsApp Business, Anda dapat menautkan hingga 4 perangkat sekaligus. Namun, Anda tidak bisa menggunakannya di 2 ponsel berbeda. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan pada 1 ponsel dan 4 device lainnya melalui WhatsApp web/dekstop. Oleh sebab itu, keterbatasan dalam jumlah user ini menjadi salah satu kekurangan penggunaan WhatsApp Business. Terlebih, jika bisnis Anda sudah banyak dikenal masyarakat dan banyak mendapat pesan pelanggan tiap harinya.

Kekurangan lainnya dari WhatsApp Business, yaitu Anda tidak dapat mengetahui staf mana yang membalas pesan pelanggan dan seberapa banyak mereka menanggapi pesan pelanggan sehingga sulit untuk mengukur KPI masing-masing. Di sisi lain, staf Anda bisa kebingungan untuk memilih pesan mana yang harus mereka respons karena khawatir rekannya sedang merespons pesan yang sama. Oleh sebab itu, dalam mengatasi kendala yang terjadi dalam penggunaan aplikasi tersebut, WhastApp menciptakan WhatsApp Business API yang mampu digunakan lebih dari 2 user dan di berbagai device yang berbeda-beda.

2. WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan aplikasi berbayar yang hanya bisa didapatkan jika Anda bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang memiliki batas user dan device, WhatsApp Business API dapat digunakan oleh banyak user dan di berbagai device berbeda. Oleh sebab itu, WhatsApp Business API ini sangat cocok digunakan untuk bisnis.

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia di Indonesia

Cara mendapatkan WA Multi-User dan Multi-Device di WhatsApp Business API

Cara mendapatkan fitur WhatsApp banyak agen yang utama adalah dengan menggunakan WhatsApp API (WhatsApp Official Business Account).

Berikut adalah cara mendapatkan WhatsApp Business Multiple Agent dengan WhatsApp API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Pilih satu nomor yang akan Anda gunakan

Setelah memilih BSP, Anda cukup memberikan nomor WhatsApp yang Anda ingin jadikan untuk WhatsApp API. Nomor ini bisa merupakan nomor baru atau nomor WhatsApp existing. Kemudian, BSP akan mendaftarkan nomor tersebut menjadi WhatsApp API.

4. Login ke BarantumChat

Setelah nomor terdaftar dan memiliki WhatsApp Business API, Anda login ke sistem Barantum CRM, lalu beralih ke BarantumChat. Kini akun WhatsApp Anda telah dapat digunakan di berbagai device (multi-device) berbeda tanpa batasan jumlah user (multi-user).

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kelebihan Multi-User dan Multi Device Pada WhatsApp Business API

Beberapa kelebihan fitur multi-user dan multi-device pada WhatsApp Business API:

  1. Pemilik bisnis hanya perlu memiliki satu nomor WhatsApp untuk dijadikan sebagai nomor bisnis. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengelola seluruh pesan yang masuk. Ketika ada dua atau lebih nomor kontak WhatsApp, pelanggan yang tidak mendapat respon dengan cepat akan berusaha untuk menghubungi nomor lain yang tersedia. Hal ini dapat membingungkan dan bisa terjadi tumpang tindih terhadap permintaan pelanggan yang sama.
  2. Staf Anda bisa menggunakan akun WhatsApp Business API di berbagai device yang mereka miliki sehingga memudahkan pekerjaan mereka untuk melayani pelanggan.
  3. Memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis. Dengan hanya tersedia satu nomor, pelanggan tidak perlu bingung untuk menentukan nomor mana yang harus mereka hubungi.
  4. WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan CRM. Sehingga penggunaan multi-user lebih efektif karena dapat membagi pesan pelanggan dengan adil ke tiap agen customer service Anda.
  5. Mampu mengetahui siapa staf yang membalas pesan pelanggan dan banyaknya pesan yang dijawab oleh tiap staf.
  6. Pekerjaan staf lebih produktif dengan menggunakan fitur autoreply/chatbot sehingga pertanyaan umum pada bisnis dapat dijawab secara otomatis.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Multi-User?

  1. Pesan dari berbagai pelanggan akan masuk ke satu nomor WhatsApp dan disalurkan ke multi-channel chat panel. Selanjutnya, pesan akan diterima oleh agen customer service. Pengaturan alokasi agen ini dapat Anda lakukan secara manual maupun otomatis melalui round robin.
  2. Terjadi percakapan antara agen customer service dengan pelanggan.
  3. Database profil pelanggan dan riwayat percakapan akan tersimpan dalam sistem CRM untuk memudahkan pelacakan dan manajemen data.

Dapatkan WhatsApp Business API Terbaik Sekarang!

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu Anda ketahui bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam istilah awam, itu berarti bahwa diperlukan sebuah platform antar muka agar Anda dapat dengan mudah mengurutkan, menafsirkan, dan memahami informasi yang dikirim dan diterima, yang bisa sangat teknis.

Oleh karena itu, sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, seperti Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, yaitu

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date, sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan tersimpan dengan aman di server.
  • Layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Dapatkan fitur WhatsApp banyak agen sekarang dengan Barantum dan ciptakan layanan pelanggan yang sempurna!

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia di Indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Semua Tentang WhatsApp Business API Yang Wajib Diketahui
  2. 10 WhatsApp Marketing Tools Terbaik Untuk Promosi Bisnis
  3. Tutorial Cara WhatsApp Blast ke Ribuan Nomor Sekaligus
  4. 5 Cara Blast WhatsApp Agar Tidak Terblokir, Dijamin Aman!
  5. WhatsApp CRM: Pengertian, Manfaat dan Keunggulannya

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang