10 HAL YANG PENTING PELAKU BISNIS PAHAMI SOAL WA BUSINESS API

 

WA Business  API saat ini menjadi salah satu tool menarik yang banyak  di minati oleh pelaku bisnis yang ada di Indonesia. Bukan saja karena aplikasi ini memiliki banyak keunggulan, tetapi juga karena WA Business API saat ini sudah terintegrasi dengan CRM (  Customer Relationship  Management). Sehingga integrasi kedua aplikasi ini  bisa memberikan banyak manfaat untuk pelaku bisnis.

Untuk menjelaskan lebih lanjut, kenapa integrasi WA Business API dan CRM mampu menjadi salah satu solusi terbaik bagi pelaku bisnis, berikut kami sampaikan 10 hal yang bisa memberikan  gambaran  terkait kondisi tersebut :

CUSTOMER ADALAH ASET PERUSAHAAN

Dalam perusahaan, yang dikatakan aset ada dua Karyawan dan Customer/ Pelanggan.  Kenapa customer, karena 3 hal berikut yang menjadi dasarnya : (1. Customer bisa menambah pendapatan perusahaan 2. Customer bisa memberikan  insight baru 3. Customer bisa menjadi inspirasi perusahaan)

CUSTOMER BARU VS CUSTOMER LAMA

Perspektif dari kedua hal itu adalah apa yang disebuat CLV ( Customer Lifetime Value). Prediksi dari perhitungan Net Profit   yang terkait dengan keseluruhan hubungan antara perusahaan dengan customer. Konteksnya CLV  dapat membantu perusahaan untuk pengambilan keputusan terkait : Keputusan marketing, Pengembangan Produk dan Diversifikasi  Penjualan.

KONSEP CUSTOMER : CUSTOMER LIFE TIME VALUE VS CUSTOMER PROFITABILITY

Perbedaan dari kedua istilah ini terletak pada dua hal, jika CP mengukur arus kas konsumen masa lalu, sedang CLV mengukur proyeksi arus kas di masa mendatang. Itulah yang membuat banyak starup mati karena biaya akuisisi customer baru mereka jauh lebih besar di bandingkan dengan CLV perusahaan.

WHATSAPP BUSINESS API, MENGOPTIMALKAN POTENSI BISNIS DI SISI CUSTOMER

Kenapa kedepan WA menjadi media paling efektif dalam mengoptimalkan potensi bisnis dari customer. Karena  beberapa data berikut sebagai dasarnya : Perkembangan WA ( Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta, Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta, Pengguna Internet: 175,4 juta, Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta, Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi, Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi, Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi, Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi)

fitur whatsapp business api

FAKTOR KEAMANAN WHATSAPP CUKUP AMAN KARENA BERLAPIS

WhatsApp memiliki tingkat keamanan berlapis.  Dimana tahap awal, pesan pribadi yang dikirim diamankan dengan enkripsi end-to-end secara default. Enkripsi ini bertindak sebagai kunci digital yang tidak dapat dibuka, demi melindungi pengguna dari peretas dan pelaku kejahatan. Sedangkan keamanan lanjutannya terdiri dari sistem :

  1. Gunakan Two-step verification ( aktivasi : Buka WhatsApp> Pengaturan> Akun> Two-Factor Authentication > Aktifkan
  2. Gunakan pengamanan sidik jari atau fingerprint lock ( aktivasi : Setting -> Account -> Privacy -> Fingerprint Lock.
  3. Gunakan Touch ID dan Face ID (aktivasi :WhatsApp > Settings > Account > Privacy > Screen Lock > aktifkan Touch ID atau Face ID.

Baca juga artikel berikut : SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API

CRM BARANTUM INTEGRASI WHATSAPP BUSINESS API

CRM adalah aplikasi untuk mengoptimalkan potensi  yang di miliki perusahaan ( customer sebagai klien). Sedangkan Whatsapp saat ini menjadi media komunikasi paling favorite setelah Facebook. Sehingga integrasi CRM dengan Whatsapp menjadi satu media potensial untuk meningkatkan omzet  bagi perusahaan. Integrasi ini sekaligus untuk menciptakan kondisi Customer Based Oriented.

CUSTOMER BASED ORIENTED DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Dalam mewujudkan Customer Based Oriented dengan dukungan Whatsapp Business Api dibutuhkan beberapa kondisi :

  • Perusahaan mesti melakukan investasi awal guna mendapatkan database customer baru
  • Dengan integrasi CRM dan Whatsapp Business Api, maka perusahaan yakin mendapatkan database  yang berkualitas.
  • CBO pada akhirnya bisa menjadi kunci kesuksesan & keberhasilan untuk meningkatkan profit.

CUSTOMER BASE ORIENTED DALAM PERSPEKTIF BISNIS PERUSAHAAN

Dalam mewujudkan kondisi seperti itu, maka beberapa kondisi yang mesti di perhatikan oleh perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Perusahaan harus menerapkan strategi Unified Communication
  2. Perusahaan harus menyediakan model pembayaran dengan sistem Digital  Payment untuk mempermudah proses transaksi
  3. Perusahaan akan bisa memaksimalkan pelayanan ( service purna jual ) kepada customer.

Dengan menjalankan  minimal 3 hal diatas, maka perusahaan sudah melakukan strategi bisnis yang berdasarkan Customer.

KEUNGGULAN CRM JIKA PASCA INTEGRASI DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Integrasi dua sistem yang masing-masing sudah memiliki keunggulan, akan membuat hasil akhir menjadi lebih sempurna.

  1. CRM sistem yang user friendly, karena bisa di aplikasikan pada Handphone atau PC (Laptop)
  2. CRM lebih mudah di integrasikan dengan sistem apapun. Seperti saat ini dimana Media Social jadi salah satu sarana media komunikasi yang efektif. Maka CRM bisa diintegrasikan dengan Media Social menjadi CRM Omnichannel.
  3. CRM bukan sekedar aplikasi untuk Divisi Sales & Marketing. Tetapi bisa  untuk Divisi lain seperti : Customer Service, Adminitrasi & Umum, HRD, hingga  Divisi Workshop & Training.
  4. CRM bisa di gunakan untuk melakukan  pengumpulan data dan analisa data customer.  dengan cara tersebut bisa memaksimalkan potensi customer yang ada di perusahaan.

CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP ( SEHINGGA MUNCUL FITUR WHATSAPP BUSINESS API).  Benefid dari integrasi ini adalah : Tentunya akan mempermudah perusahaan untuk melakukan strategi Customer Based Oriented guna meningkatkan performance bisnis perusahaan :

  1. Dapat meningkatkan performance dari Manajemen  Sales & Marketing : ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  1. Dapat meningkatkan Produktivitas Bisnis : (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  1. Dapat meningkatkan dan mengubah kualitas customer : ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".