Panduan Alur Canvassing dalam CRM

Canvassing adalah metode yang cukup efektif meningkatkan penjualan. Secara umum, sales canvassing merupakan sebuah aktivitas penjualan yang melibatkan komunikasi dengan pembeli. Komunikasi dapat berupa kontak langsung atau kontak dengan media lain tanpa melakukan perjanjian terlebih dahulu. Metode canvassing bisa diterapkan dalam CRM untuk meningkatkan penjualan Anda.

Saat melakukan aktivitas penjualan ini,  canvasser menjual  barang dan jasa secara langsung kepada pembeli. Misalnya, tim menawarkan penjualan produk dan layanan perusahaan secara door to door. Lalu, tidak seperti sales-sales pada umumnya, canvasser pun terbilang memiliki lebih banyak tanggung jawab terutama dalam hal pemasaran dan distribusi produk.

Pengertian Canvassing

canvasing

Canvassing adalah salah satu aktivitas penjualan untuk melakukan kontak langsung atau komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan, tanpa mengatur janji terlebih dahulu. Di sisi lain, Canvassing merupakan aktivitas terencana yang dilakukan oleh seseorang untuk menawarkan, mendistribusikan, mencari pesanan penjualan atas produk dan jasa. Hal ini juga termasuk menyampaikan dan mengumpulkan informasi tertentu dari para pengecer atau konsumen.

Pada umumnya canvasser sering kali melakukan kegiatan otomatisasi pemasaran dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat. Tentu saja, sales jenis ini berbeda dengan sales pada umumnya karena akan menjual serta memasarkan produk atau jasa dengan target yang jauh lebih besar.

Keuntungan yang dapat diraih oleh sebuah perusahaan yang memiliki canvasser adalah perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan distribusi dan pemasaran pada pelanggan di daerah terpencil atau daerah yang sulit dijangkau distributor. Oleh karena itu, banyak  perusahaan berinvestasi lebih banyak dalam masalah ini.

Manfaat Canvassing

1. Mempercepat penetrasi produk 

Canvassing adalah salah satu cara yang sesuai untuk diterapkan di perusahaan berskala kecil hingga sedang, yang mana pada bisnisnya hanya bergerak pada satu kota atau dalam satu provinsi maupun satu wilayah saja.

Dengan melakukan penjualan secara langsung, maka tidak akan ada waktu yang terbuang karena proses pemindahan barang dan administrasi dari gudang produsen ke gudang distributor.

Selain itu, pihak produsen juga bisa menempatkan karyawan canvasser nya di tempat distributor agar bisa mendistribusikan barang yang telah dibeli oleh distributor ke seluruh wilayah, khususnya wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh tim penjualan pihak distributor tersebut.

Proses penetrasi produk  lebih menghemat waktu karena kegiatan penjualan, distribusi dan penawaran dilakukan secara langsung dalam waktu yang bersamaan. Lalu, hal Ini juga dapat menghemat biaya tambahan perusahaan dan memperluas area pasokan jika penjualan dapat mereka jalankan secara optimal.

2. Memanfaatkan operasional perusahaan

Karena aktivitas pemasaran ini oleh tim atau orang yang ditunjuk langsung sebagai canvasser, menjadikan pihak perusahaan akan memanfaatkan operasional dari perusahaan sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus melancarkan proses penjualan yang mereka lakukan. Sebagai contoh, perusahaan menggunakan kendaraan komersialnya untuk membantu canvasser melakukan aktivitas penjualan dari pintu ke pintu.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar dan Cara Menentukannya

3. Meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk baru

Tujuan utama dari sales canvassing adalah untuk meningkatkan penjualan. Karena itu, mereka perlu untuk meningkatkan layanan baru serta kegiatan penjualan mereka agar dapat memperkenalkan dan menjual produk kepada pembeli. Selain itu, pembeli potensial pun akan dapat memahami dan adanya peluang bagi mereka untuk membeli.

CTA Barantum

4. Menjual barang sesuai jenis

Semua barang yang dijual oleh perusahaan dagang memiliki karakteristik atau jenis tertentu. Istilah yang umum digunakan adalah slow dan fasting moving goods. Fitur ini juga merupakan tolak ukur untuk melihat apa metode penjualan yang relevan dapat perusahaan terapkan. Misalnya, goals dari penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan, menarik perhatian, dan meningkatkan jumlah pemesanan ulang.

Di sisi lain, metode penjualan ini memudahkan perusahaan untuk menentukan harga. Hal ini dikarenakan sales canvassing harus terlebih dahulu merencanakan harga jual produk atau jasa tersebut. Dan untuk meningkatkan penjualan, perusahaan biasanya menetapkan harga rendah untuk produknya.

5. Pemerataan distribusi produk

Metode canvassing dapat berguna untuk meratakan penyebaran suatu produk. Terkadang, distributor merasa cukup jika sudah mendapatkan keuntungan tertentu meskipun berasal dari sedikit pembeli saja.

Dengan cara ini, perusahaan mendistribusikan produk secara merata untuk mereka jual langsung melalui canvasser . Namun, demi dapat mencapai hal tersebut, perusahaan perlu merencanakan penjualannya dengan cermat agar pembeli dapat menerima produknya dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Apa Itu Customer Journey dan Cara Meningkatkannya

6. Umpan balik lebih akurat

Salah satu tugas penting dari seorang canvasser adalah melakukan pendataan di suatu wilayah. Data tersebut dapat berupa ukuran toko, alamat lengkap, dan data konsumen lainnya. Bahkan, konsumen dapat memberikan masukan terhadap produk atau layanan yang digunakannya.

Pendataan yang dilakukan oleh canvasser dan disampaikan langsung ke produsen, akan jauh lebih akurat dibanding mengandalkan data atau informasi dari distributor.

7. Mengembangkan potensi market

Jika Anda menemukan seseorang yang dirasa tepat untuk menjadi konsumen produkmu, metode yang paling tepat untuk digunakan adalah canvassing.

Pasalnya, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan calon konsumen potensial tersebut. Melalui komunikasi tersebut, Anda dapat mengarahkan lebih jauh agar calon konsumen membeli produk

Di samping itu, penjualan melalui akuisisi dapat membuka peluang pasar ke cabang-cabang perusahaan Anda. Perusahaan dapat menentukan tujuan pembeli sesuai kebutuhan. Jika bisnis Anda membangun komunikasi yang baik dengan pembeli baru, ini bisa menjadi pasar  potensial untuk Anda.

Cara Kerja CRM untuk Canvassing

1. Visiting/Check in

check in

Sebagai metode yang melakukan penawaran secara langsung, memungkinkan sales sering terjun ke lapangan. Tentu hal ini menjadi tantangan sendiri bagi perusahaan untuk memantau aktivitas sales di lapangan. Namun dengan penggunaan CRM, laporan aktivitas sales menjadi lebih mudah.

Sales tidak perlu menghubungi sales manager tiap waktu untuk melaporkan lokasi mereka berada. Adanya fitur check ini dalam aplikasi CRM mampu melacak lokasi sales.

Anda hanya tinggal menginput data tempat yang akan Anda hubungi. Setelah itu, Anda klik check in. Secara otomatis, akan mendeteksi keberadaan Anda.

2. Promo product activity

product activity

Tidak hanya memudahkan dalam melaporkan lokasi terkini. Tiap aktivitas yang Anda lakukan dalam satu lokasi terdata dengan rapi dan valid. Data informasi tersebut pun dapat dilihat secara realtime.

Misalnya, Anda ingin menambahkan survey terhadap lokasi yang sedang Anda kunjungi. Isi pertanyaan survey tersebut bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya survey, Anda pun dapat mendata informasi terkait tugas, panggilan di kontan pelanggan, meetings yang dilakukan, maupun catatan yang perlu ditambahkan.

3. Buat perjanjian

buat penjualan

Saat customer tertarik membeli produk atau menggunakan jasa Anda, Anda dapat mendata informasi dengan cepat. Dengan begitu, tiap deals yang staf Anda dapatkan bisa Anda lihat dengan mudah di dalam CRM. Di samping itu, KPI dan efektivitas staf lebih adil untuk diberikan penilaian.

4. Check out/Report

check out

Setelah sales selesai melakukan kunjungan di satu tempat, mereka mudah melaporkan hasil kunjungan tersebut. Dengan begitu, tiap report dapat di-update secara real time. Sales bisa mencantumkan deskripsi dengan klik data complete. Jika sudah selesai, sales klik check out.

Optimalkan Canvassing Anda Bersama Barantum

Canvassing merupakan salah satu metode yang mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda. Namun, penerapan yang kurang optimal maka berpengaruh pada penjualan produk atau jasa Anda.

Dalam mengoptimalkan metode cavassing, Anda bisa menggunakan sistem CRM. Sistem CRM, seperti Barantum, membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis. Selain itu, Anda bisa mendiskusikan dan mendapatkan trial gratis selama 7 hari di sini.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang