Pentingnya Aplikasi CRM dalam Industri Manufaktur Indonesia

aplikasi crm industri manufaktur

Aplikasi CRM untuk Industri Manufaktur di Indonesia

 

Saat ini, Aplikasi CRM adalah lambang pertumbuhan dan kesuksesan bagi banyak bisnis. Menurut sebuah laporan, tim layanan pelanggan yang paling sukses dan produktif tiga kali lebih mungkin untuk terhubung dan berkolaborasi dengan departemen lain untuk membantu mendorong perjalanan pelanggan yang konsisten dan lancar. Saat ini dunia bisnis mempunyai preferensi pelanggan yang cepat berubah dan pergeseran pasar yang cepat, perusahaan manufaktur harus gesit dalam mengejar tren dan memperhatikan kebutuhan pelanggan. CRM yang efektif untuk industri manufaktur dapat memainkan bagian integral dalam proses ini untuk bisnis manufaktur di Indonesia.

 

Manfaat Aplikasi CRM dalam Industri Manufaktur di Indonesia

 

Barantum CRM terbaik Indoensia

Industri manufaktur telah melakukan transformasi dramatis selama bertahun-tahun. Sebelumnya, perusahaan manufaktur merespons apa pun yang dibutuhkan pelanggan. Sekarang telah berkembang dan menjadi lebih banyak pelanggan sentris. Alih-alih menunggu pelanggan untuk memberi tahu mereka apa yang mereka butuhkan, perusahaan sekarang memperkirakan apa yang akan diminati dalam beberapa bulan mendatang dan memanfaatkan teknik seperti lean production dan automation untuk memenuhi permintaan itu.

Dalam masa yang dinamis ini, peran Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) sangatlah penting. Berikut ini kami berikan alasannya bagaimana dengan menggunakan Aplikasi CRM yang tepat, akan menambah nilai Perusahaan Manufaktur dan juga dapat mengantisipasi permintaan sehingga dapat memenuhinya dengan cepat dan efisien

  1. Forecast / PerkiraanPermintaan Yang Akurat

Fitur ini akan sangat berguna untuk perusahaan yang beroperasi di industri yang berubah cepat seperti manufakturing,teknologi, elektronik, ritel dll. Aplikasi CRM dapat membantu produsen mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk dari fase konsep ke pengiriman pasar. Dengan menganilsa perkiraan permintaan yang lebih akurat seiring dengan peningkatan informasi produksi. Apabila perusahaan dapat beradaptasi dengan cepat dan bertindak lebih cerdas,melalui hasil analisa pada CRM. Perusahaan dapat membawa produk ke pasar sebelum pesaing mereka dan mendapatkan keunggulan yang kompetitif.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Untuk bertahan dalam bisnis, perusahaan manufaktur harus terus menghasilkan produk berkualitas tinggi secara konsisten dan efisien. Produk yang rusak atau cacat tidak hanya akan merusak citra Perusahaan tetapi juga menghasilkan pelanggan yang tidak bahagia dan tidak puas. Ini akan mengarah pada pengurangan penjualan dan pendapatan. Dengan Aplikasi CRM, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber. Serta mencari tahu kesalahan proses secara real-time yang berkontribusi terhadap cacat produk.

  1. Rantai Pasokan Cerdas

Gagal menyederhanakan dan mengoptimalkan operasi bisnis dapat mengakibatkan implementasi yang terlalu rumit dan mahal sehingga berdampak buruk pada ROI yang diinginkan perusahaan. Dengan implementasi Software CRM akan dapat memberikan wawasan yang berguna dan terperinci tentang operasional, manajemen inventaris, pemrosesan pesanan, pergudangan, dan rantai distribusi kepada produsen. Memiliki rantai pasokan yang cerdas dapat memberikan hasil yang fenomenal. Ini akan membuat perusahaan lebih efektif untuk mengelola jadwal produksi, mempertahankan pasokan bahan, dan memindahkan produk dengan cepat dari lokasi produksi ke pasar.

  1. Perkaya Hubungan Pelanggan

Pengiriman produk dan layanan purna jual yang aman sama pentingnya bagi perusahaan manufaktur dengan penutupan kesepakatan baru. Software CRM akan membantu melacak semua masalah garansi, perbaikan, atau layanan dan mengelola pertanyaan pertanyaan dari pelanggan serta layanan panggilan pelanggan/ Customer Service bila CRM terintegrasi dengan Call Center seperti Software CRM Barantum. Dengan memperkaya hubungan pelanggan akan memuat lebih banyak penjualan lanjutan.

  1. Menangkan Lebih Banyak Kesepakatan / Deals

Software CRM adalah alat pemasaran yang berharga untuk mendapatkan pengikut dan pelanggan. Ini memungkinkan departemen pemasaran dan penjualan untuk membuat laporan terperinci dengan mempertimbangkan perilaku pelanggan. Ini memungkinkan staf support dapat segera membantu pelanggan dan memberikan wawasan berharga yang membantu meningkatkan kualitas produk dan proses operasi dari waktu ke waktu. Hal ini akan memperlancar operasi bisnis, menurunkan biaya, dan meningkatkan laba

 

Pentingnya Aplikasi CRM bagi Industri Manufaktur di Indonesia

 

software crm

Industri Manufaktur menyumbang sekitar seperempat dari kegiatan ekonomi dunia. Manufaktur, secara umum dinyatakan, adalah penggunaan alat dan mekanisme pemrosesan yang bila digunakan bersama mengubah bahan baku menjadi barang-barang manufaktur untuk berbagai pasar di seluruh dunia. Ada banyak jenis proses manufaktur, seperti Lean Manufacturing, Manufacturing Fleksibel, Agile Manufacturing, Rapid Manufacturing dan proses Just In Time (JIT).

Aplikasi CRM untuk industri manufaktur harus diimplementasikan sedemikian rupa. Sehingga perusahaan dapat memahami dan mengidentifikasi proses manufaktur yang berbeda dan dapat mengambil tindakan yang sesuai. Seperti pengendalian inventaris, berbagi data yang ada di dalam perusahaan dan mitra, serta kelancaran laporan pengiriman barang.

Melawan persaingan dengan menurunkan harga jual bukanlah keputusan yang tepat. Perlombaan ke bawah tidak akan mendorong pertumbuhan. Jadi, sebelum menjatuhkan harga, carilah senjata lain di gudang senjata Anda. Impor dengan biaya yang rendah sebagian besar tidak datang dengan tingkat layanan pelanggan yang sama dengan penyedia lokal. Mereka jarang menyediakan layanan pengiriman ‘Tepat Waktu’, berbeda dengan apabila kita membeli dari pemasok lokal.

Industri manufaktur memiliki ikatan jangka panjang dengan pelanggan karena pendapatan mereka tidak dibuat selama satu kali penjualan tetapi selama hubungan yang dibuat selama bertahun-tahun. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membangun basis pelanggan yang baik. Selain itu memuaskan pelanggan lama seharusnya juga menjadi prioritas bagi produsen. Integrasi bisnis dengan CRM berarti manajemen proses permintaan pelanggan akan menjadi lebih cepat. Tingkat dukungan juga dapat dibedakan berdasarkan pada profitabilitas pelanggan, sehingga membantu kelancaran fungsi tim pelayanan pelanggan.

 

Software CRM Barantum untuk Industri Manufaktur di Indonesia

 

aplikasi crm terbaik indonesia

Customer Relationship Management adalah salah satu cara kita untuk dapat membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Tetapi sektor manufaktur berbeda dari industri lain. Jadi, apa yang mungkin bekerja untuk sektor lain, mungkin tidak bekerja untuk industri yang digerakkan oleh insinyur, pemasok komponen, dan perakit.

Solusi sistem Cloud CRM harus mengakui bahwa setiap Proses Manufaktur memiliki persyaratannya sendiri yang dapat berkisar dari kebutuhan untuk berbagi basis data bersama baik di rumah maupun dengan mitra ‘luar’, kontrol inventaris absolut, dan / atau kapasitas penjadwalan yang ketat untuk memberikan kelancaran dan keandalan proses produksi. Perwakilan CRM untuk Produsen yang solid juga sangat penting untuk kesuksesan.

Aplikasi CRM Barantum menghadirkan kinerja yang terintegrasi dan tersinkronisasi di semua saluran pabrikan. Mulai dari pusat panggilan, administrasi, penjualan dan pemasaran, penetapan harga, jaringan distribusi dan dealer, administrasi keuangan dan kontrol inventaris, serta kontrol spesifikasi untuk produk, email otomatis dan juga pelacakan GPS. Anda bisa mencoba aplikasi CRM Barantum secara gratis selama 14 hari dengan mengunjungi www.barantum.com atau anda bisa menghubungi tim support melalui chat untuk bertanya mengenai CRM Barantum.

Baca artikel terkait berikut ini :

 

0 Shares
In this article

Join the Conversation

sixteen − fourteen =