Jangan takut akan kehilangan pelanggan karena kenaikan harga

Pelanggan pastinya berharap produk langganan mereka akan selalu memiliki harga yang stagnan. Namun, setiap bisnis menghadapi situasi di mana mengharuskan mereka untuk menaikkan harga produk. Entah karena naiknya harga bahan baku, biaya operasional, hal tersebut bisa menjadi pendorong kenaikan harga produk. Anda mungkin khawatir bagaimana reaksi pelanggan dan takut kehilangan mereka.

Di postingan ini, kami akan beritahu Anda justifikasi kenaikkan harga dan bagaimana cara menyampaikannya ke pelanggan.

Justifikasi kenaikan harga

Percakapan ini memang tidak pernah mudah. Lagi pula, pelanggan mana yang ingin mendengar bahwa produk andalan mereka akan lebih mahal harganya?

Tidak peduli seberapa baik Anda mengomunikasikan perubahan ini, tim layanan pelanggan Anda harus menerima beberapa reaksi negatif dari pelanggan. Jika Anda tidak melihat pelanggan mengeluh tentang harga yang lebih tinggi, mungkin harganya belum terlalu tinggi dan masih wajar. Ini terserah pada kebijaksanaan Anda apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan atau mempertahankan kepuasan pelanggan.

Jika Anda mengalami penolakan dari basis pelanggan Anda, akan sangat membantu untuk menyinkronkan tim penjualan dan layanan pelanggan Anda. Kedua departemen harus selaras dalam hal bagaimana Anda mengomunikasikan perubahan harga ini. Ini akan memberi pelanggan informasi yang konsisten saat mereka berbicara dengan staf penjualan dan staf layanan pelanggan.

Secara umum, pendekatan terbaik yang dapat dilakukan tim Anda adalah meyakinkan pelanggan bahwa peningkatan tersebut akan membantu menjaga kualitas produk. Pelanggan yang bergantung pada produk Anda akan lebih memahami alasan ini dan ingin Anda mempertahankan kualitas tinggi yang biasa mereka rasakan.

Tips menyampaikan kenaikan harga

#1 Hubungi mereka secara langsung

Bayangkan jika harga produk atau layanan langganan Anda mengalami kenaikan tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda. Anda akan sangat marah, bukan?

Tidak adil bagi pelanggan untuk tiba-tiba mengetahui ada kenaikan harga pada produk mereka. Jika terjadi kenaikan harga, telusuri daftar pelanggan Anda yang menggunakan produk atau layanan tersebut, dan kirimkan emaill kenaikan harga yang memberi tahu mereka tentang perubahan tersebut. Jika memungkinkan, kirimkan email kepada setiap pelanggan untuk mempersonalisasi proses.

Baca juga: Ketahui Kapan Harus Mengatakan ‘Tidak’ Pada Pelanggan

#2 Beritahu pelanggan terlebih dahulu

Anda harus memberi pelanggan Anda banyak waktu untuk menerima kenaikan harga. Mereka mungkin perlu menilai kembali anggaran mereka atau mempertimbangkan opsi alternatif, jadi Anda harus tetap mengikuti mereka setelah Anda mengetahui situasinya. Selain itu, dorong mereka untuk membuat satu atau lebih pesanan produk sebelum kenaikan harga terjadi.

#3 Ingatkan mereka bahwa harga yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih baik

Perlunya kenaikan harga dapat membingungkan pelanggan, terutama jika mereka telah membeli produk yang sama selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Itu membuatnya penting bahwa Anda menekankan pentingnya kualitas produk.

Biasanya, produk menaikkan harga untuk menyesuaikan dengan biaya operasi yang lebih tinggi, peningkatan perekrutan, atau kenaikan harga bahan yang dibutuhkan. Untuk memastikan tingkat kualitas yang sama, terkadang Anda harus menaikkan harga.

#4 Jelaskan alasan di balik kenaikan harga

Untuk memperjelas bahwa Anda menaikkan harga untuk menjaga kualitas produk, Anda harus menjelaskan apa yang menyebabkan kenaikan harga. Misalnya, karena beberapa bahan mentah menjadi semakin langka dan mahal, perusahaan yang menggunakan bahan ini terpaksa menaikkan harga produknya. Menyampaikan hal itu kepada pelanggan akan membuktikan kesediaan Anda untuk bersikap transparan.

#5 Pastikan seluruh karyawan mengetahuinya sebelum mengumumkannya kenpada pelanggan

Akan memalukan bagi pekerja garis depan untuk secara tidak sengaja membebankan harga yang salah kepada pelanggan karena perusahaan mereka gagal memberi tahu mereka tentang perubahan. Bahkan jika semua karyawan diberitahu tentang situasinya, mereka semua harus berada di halaman yang sama dalam hal perbedaan biaya, alasan, dan logistik untuk bergerak maju. Dengan begitu, perusahaan Anda memiliki suara yang konsisten tentang masalah ini.

#6 Izinkan pelanggan untuk menghubungi Anda dengan pertanyaan atau masalah lebih lanjut

Anda ingin memastikan pelanggan Anda menerima semua informasi yang mereka butuhkan. Kurangnya informasi dapat menyebabkan mereka beralih ke pesaing dengan harga lebih rendah. Yakinkan mereka bahwa mereka selalu dapat menjangkau siapa pun di perusahaan Anda — termasuk eksekutif tingkat tinggi — dengan pertanyaan atau masalah lain yang muncul terkait kenaikan harga.

Baca juga: Jenis Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya

Kenaikan harga adalah hal yang wajar terjadi dan Anda tidak perlu takut akan hal itu. Jika Anda memberitahu pelanggan Anda jauh sebelum kenaikan harga itu berlaku, Anda memberikan mereka waktu. Pelanggan perlu mengantisipasi kenaikan harga di masa depan dan memerlukan waktu untuk membuat keputusan. Ikuti tips yang ada pada artikel ini, dan terus maju!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".