Lacak aktivitas penjualan Anda secara efisien dengan menggunakan CRM

Melacak aktivitas penjualan sama pentingnya dengan membuat laporan penjualan. Bagaimana tim penjualan Anda menghabiskan waktu mereka? Sudahkan mereka bekerja secara optimal? Apakah tim Anda telah mengambil tindakan yang tepat? Pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dengan pelacakan aktivitas penjualan. Dengan ini, Anda akan melacak aktivitas tim Anda sehingga Anda mengetahui kinerja mereka.

Bagaimana cara agar Anda melakukan pelacakan ini secara efektif?

Anda membutuhkan sebuah alat atau software cerdas seperti Barantum CRM. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat melacak seluruh aktivitas tim penjualan Anda hingga posisi mereka secara real-time.  Sebelum Anda mengetahui bagaimana Barantum CRM mewujudkannya untuk Anda, ketahui dahulu apa yang akan Anda dapatkan dari pelacakan aktivitas penjualan.

#1 Mencapai target penjualan

Target penjualan sering kali ditetapkan untuk menutupi pengeluaran bisnis dan pada saat yang sama menghasilkan keuntungan. Ketika target penjualan tetap sama dalam jangka waktu lama, itu bukan pertanda baik bahwa bisnis dapat tumbuh dan berkembang.

Namun, bukan hanya target yang perlu dipantau – tetapi apakah tim penjualan mencapai target tersebut sejak awal. Lokasi yang berbeda atau waktu yang berbeda dalam setahun dapat memengaruhi penjualan produk atau layanan tertentu. Jadi apa yang mungkin menjadi target tahun ini mungkin menjadi tidak mungkin pada tahun berikutnya. Apa yang diharapkan adalah bahwa angka penjualan Anda menunjukkan peningkatan tahun ini dibandingkan tahun lalu, yang menunjukkan potensi pertumbuhan.

Baca juga: Otomatisasi Laporan Harian Penjualan Menggunakan Barantum CRM

#2 Melacak prospek Anda dengan lebih baik

Setiap kali pelanggan membeli dari Anda, informasi tersebut akan secara otomatis dicatat dan ditambahkan ke database Barantum CRM. CRM akan memberikan petunjuk tentang apa yang membuat prospek memutuskan untuk melakukan transaksi. Anda akan dapat menelusuri kembali sejarah mereka untuk mengetahui bagaimana mereka menemukan Anda dan langkah-langkah untuk mengonversinya.

Beberapa prospek mungkin sudah lama berada di jalur penjualan Anda tetapi tidak pernah melakukan pembelian. Melacak aktivitas penjualan sebelumnya dapat memberi Anda petunjuk yang Anda butuhkan untuk memecahkan masalah yang dialami prospek ini.

#3 Merencanakan masa depan dengan lebih baik

Sama seperti membaca peta, sistem pelacakan penjualan akan membantu Anda memahami di mana Anda berada dan mengidentifikasi arah mana yang harus Anda tuju untuk mencapai tujuan Anda.

Jika Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi siklus, Anda akan siap menghadapi penurunan apa pun, tetapi juga dapat merencanakan kenaikan. Mungkin ada waktu dalam setahun di mana Anda tahu Anda akan menjual lebih banyak – apa yang Anda lakukan jika stok Anda rendah?

Dengan sedikit pemikiran dan perencanaan, Anda dapat mempersiapkan peningkatan omset beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan sebelum itu terjadi, dan tidak akan terkejut. Mempersiapkan diri dengan cara ini berarti Anda akan memperoleh semua pendapatan yang mungkin Anda peroleh.  Alternatifnya, jika Anda membuat produk dan mengetahui kemungkinan penurunan penjualan, Anda dapat menurunkan tingkat produksi dan menaikkannya lagi saat waktunya tepat.

Baca juga: Melacak Aktivitas Penjualan: Apa & Bagaimana

#4 Menghemat waktu dan tenaga

Sistem pelacakan penjualan dapat digunakan untuk mengirim laporan penjualan secara otomatis kepada manajer yang akan memberi mereka kesempatan untuk meninjau fakta dan angka, memungkinkan perencanaan untuk disesuaikan jika diperlukan berdasarkan angka waktu nyata.

Sangat mudah bagi anggota tim untuk lupa mengirimkan laporan tepat waktu, dan mengotomatisasi proses menghentikan hal ini terjadi. Mengetahui dengan tepat di mana bisnis Anda berada pada saat tertentu sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan, jadi mengotomatiskan proses sebanyak mungkin akan memberi Anda keuntungan tersendiri.

Otomatisasi ini menghemat waktu tim penjualan karena mereka hanya perlu menjual (dan tidak perlu khawatir membuat laporan) dan juga menghemat waktu bagi manajer (yang tidak perlu mengejar anggota tim untuk mengirimkan laporan).

Bagaimana cara Barantum CRM melacak aktivitas penjualan Anda?

Barantum CRM memiliki fitur ‘Aktivitas’, di mana di dalamnya terdapat berbagai menu berdasarkan jenis aktivitas yang dikerjakan.  Menu tersebut memberikan gambaran kepada Anda secara langsung bagaimana tim Anda bekerja, berinteraksi dengan pelanggan, mencapai target serta memecahkan masalah.

  • Menu Task

Adalah fitur di mana tim Anda memaparkan tugas serta rencana mereka. Dalam fitur ini terdapat garis waktu (timeline) penyelesaian tugas, status task, serta deskripsi tugas yang dapat membantu Anda untuk mengetahui tanggung jawab mereka.

  • Menu Ticket

Melalui fitur ini, Anda beserta tim dapat melacak kebutuhan dan keluhan pelanggan.

  • Menu Calls dan Meeting

Menu ‘calls’ memperlihatkan daftar panggilan oleh tim Anda kepada para pelanggan. Lengkap dengan deksripsi serta detail yang ada, membuat Anda mengetahui inti percakapan tim penjualan dengan pelanggan secara ringkas. Melalui ini, Anda juga dapat mengetahui kebutuhan serta keluhan pelanggan.

Menu ‘meeting’ memberikan deskripsi serta informasi mengenai pertemuan staf penjualan Anda dengan pelanggan secara real-time.

  • Menu GPS Tracking

Lacak keberadaan atau posisi tim Anda dengan GPS yang menampilkan informasi secara real-time.

Tak kalah penting, Barantum CRM memberikan Anda kemudahan dalam mengatur KPI untuk tim Anda sesuai dengan kebutuhan. Apakah berdasarkan jumlah calls yang mereka capai? Jumlah minimal deals? Atau jumlah meeting yang mereka lakukan? Semua dapat Anda atur dan sesuaikan.

Anda telah mengetahui bagaimana Barantum CRM melacak aktivitas penjualan Anda secara efisien. Kini saatnya Anda mencobanya dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari di sini!

Baca juga: 4 Cara Mudah Tingkatkan Kinerja Tim Penjualan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments