Begini Cara Balas Chat WhatsApp API Secara Otomatis

Chat WhatsApp API secara otomatis kini bukanlah hal yang mustahil. Dengan kemajuan teknologi, membalas pesan otomatis adalah salah satu fitur pada WhatsApp API yang berfungsi untuk menjawab pesan masuk secara otomatis.

Misalnya, membalas pesan otomatis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk, dan lainnya. Alur percakapan atau balasan pesan otomatis ini dapat diatur atau didesain sesuai kebutuhan bisnis.

Dengan WhatsApp API memungkinkan Anda mengotomatiskan percakapan dan mengirim pesan tepat waktu. Dengan chatbot WhatsApp, Anda dapat mengotomatiskan tanggapan ke FAQ Anda dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda 24/7, sepanjang waktu. WhatsApp API khusus untuk para pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk mereka, serta membangun pengalaman pelanggan yang baik. Dalam hal membangun pengalaman pelanggan atau customer experience yang baik, WhatsApp API tools menyediakan berbagai fitur canggih agar permintaan pelanggan terpenuhi.

Baca juga: CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

Chatbot merupakan sesuatu yang harus setiap bisnis gunakan karena dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, terutama dalam memberikan tanggapan cepat terhadap pesan pelanggan. Semakin berkembangnya teknologi, Anda bisa menggunakan chatbot CRM untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Chatbot ini merupakan salah satu tool terbaru dalam pemasaran digital. Fitur chatbot sebetulnya kependekan dari chatterbot yang merupakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).

Dengan fitur chatbot akan merespons, baik pertanyaan atau keinginan dari pelanggan secara natural.

Pengertian Chatbot CRM

Chatbot adalah program komputer yang berfungsi untuk menyimulasikan percakapan layaknya manusia melalui perintah suara, teks, atau keduanya. Pada chatbot CRM mengotomatiskan banyak hal pada bisnis, seperti menyapa pelanggan serta menanyakan masalah yang pelanggan hadapi sebelum berbicara langsung dengan agen customer service.

Cara kerja chatbot sederhana. Chatbot berfungsi berdasarkan kata kunci yang sudah tercatat di dalam sistem. Setiap kali chatbot menerima pertanyaan dari pelanggan, secara otomatis bot akan menyesuaikan jawaban yang sesuai dengan kata kunci dari pertanyaan yang pelanggan ajukan.

Baca juga: Panduan utama WhatsApp Business API

Manfaat Membalas Chat Otomatis di WhatsApp API

1. Aman untuk digunakan dan tidak ada kebocoran data

WhatsApp dilengkapi keamanan enkripsi end-to-end encryption. Semua pesan yang dikirim bisnis Anda melalui WhatsApp tidak ada pihak ketiga yang dapat membaca percakapan pada pesan Anda.

Dengan demikian, WhatsApp menjadi mode komunikasi yang lebih aman daripada email atau teks. WhatsApp mempertahankan kepercayaan ini dengan meminta bisnis untuk memverifikasi akun mereka sehingga pengguna yakin bahwa mereka berkomunikasi dengan perusahaan yang tepat.

2. Meningkatkan kenyamanan dan pelayanan pelanggan

Hal itu agar bisnis yang Anda jalankan dapat semakin berkembang dan banyak pelanggan. Adanya fitur membalas pesan otomatis dapat membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan lebih baik.

Tidak hanya itu, Anda bis mengirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa membuat mereka menunggu, atau mengganggu mereka.

3. Solusi layanan pelanggan 24/7 dan meningkatkan layanan pelanggan

Menggunakan WhatsApp API, bisnis dapat menyediakan chatbot web untuk mengotomatiskan dukungan pelanggan dan pesan teks untuk pertanyaan umum.

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

 

Jika Anda mengintegrasikan WhatsApp API ke akun bisnis Facebook atau Instagram Anda, obrolan WhatsApp dapat dimulai di halaman ini dengan menerapkan tombol obrolan WhatsApp ajakan bertindak yang dapat diklik pelanggan. Percakapan ini kemudian dapat dikelola oleh chatbot WhatsApp.

 

CTA WA API

4. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

WhatsApp auto reply  Business dapat tim customer service manfaatkan  untuk meminta umpan balik atau masukan dari pelanggan. Hal ini berguna bagi bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan yang dapat menjadi bahan dalam menyusun strategi peningkatan bisnis.

Di sisi lain, dengan mengintegrasikan WhatsApp API, otomatis kontak pelanggan Anda pun akan terintegrasi dan nantinya aktivitas penjualan Anda bersama mereka akan dilacak oleh CRM. Anda pun dapat mengotomatiskan pemberitahuan dan informasi tentang status pesanan pelanggan sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat.

5. Memberikan tindak lanjut yang lebih baik

Kirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan calon pelanggan. Dengan WhatsApp API, Anda dapat memastikan pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Anda dapat menyimpan jawaban dari pertanyaan yang paling sering diajukan. Selain itu, lebih mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

6. Hemat biaya dan waktu

Akses ke nomor telepon pengguna (melalui keikutsertaan pelanggan) memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara real time. WhatsApp API juga menawarkan fungsi ‘balasan cepat’, di mana tim Anda dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering dikirim untuk mempercepat proses layanan pelanggan Anda. Membalas pesan otomatis mampu merespons secara otomatis selama 24 jam. Dengan demikian, membuat bisnis mengurangi pengeluaran biaya operasional customer service.

7. Meningkatkan penjualan

Sebagian besar pelanggan mendapatkan rekomendasi dan solusi dari pertanyaan dari jawaban auto reply, tanpa melalui tim customer service. Hal ini menunjukan peningkatan pada customer experience yang berpengaruh pada reputasi lebih baik. Dengan reputasi bisnis yang baik, kesempatan untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.

Cara Mendapatkan Fitur Membalas Chat Otomatis di WhatsApp API

Membalas pesan otomatis di pada fitur WhatsApp akan lebih bekerja dengan maksimal pada WhatsApp Business API. Seperti yang telah kami terangkan sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan WhatsApp versi ini, Anda harus menggunakan mitra resmi WhatsApp seperti Barantum.

Dengan begitu, Anda akan dapat meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan pelanggan. Sehingga terciptalah customer experience yang sempurna.

CTA WA API

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments