Panduan Cara Mudah Membuat Link API WhatsApp Chat

Link atau tautan merupakan alamat yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya di internet. Link ini bisa berbentuk image, text ataupun button. Saat sebuah link dibagikan dan pengguna meng-klik link atau tautan tersebut, maka pengguna akan langsung diarahkan ke halaman atau URL tersebut.

Sama seperti website atau halaman web lain yang memiliki link atau tautan, WhatsApp pun memiliki sebuah link khusus yang bisa Anda bagikan dan tautkan di berbagai media, seperti pada website, gambar, social media yang ketika link WhatsApp tersebut di klik akan mengarah langsung ke jendela percakapan dari kontak Anda. Istilah untuk link WhatsApp tersebut yaitu adalah link API WhatsApp Chat.

Dalam hal bisnis, link digunakan oleh pelanggan untuk dapat terhubung langsung dengan bisnis. Link API WhatsApp Chat telah banyak digunakan oleh bisnis untuk memudahkan pelanggan dalam menjangkau bisnis hanya dengan meng-klik link yang tersedia.

Kini banyak pebisnis baik online maupun offline yang menyadari kebutuhan untuk mengaplikasikan link API WhatsApp Chat ini ke dalam bisnis mereka. Seperti meletakkanya di website merekan, di akun sosial media bisnis mereka seperti di Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Sehingga dapat memudahkan calon pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda, yaitu hanya dengan meng-klik link tersebut. Untuk mengetahui lebih detail mengenai link API WhatsApp Chat ini, yuk simak penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini!

Apa itu Link API WhatsApp Chat?

Link API WhatsApp Chat merupakan link/tautan otomatis mengarah langsung ke jendela percakapan atau chat obrolan dari pengguna WhatsApp. Dengan menggunakan link ini, Anda dapat langsung terhubung dengan pemilik WhatsApp lainnya dan mengirimkan pesan kepada mereka tanpa harus menyimpan nomor kontak mereka terlebih dahulu.

WhatsApp API LinkWhatsApp API Link ini sangat fleksibel dan sangat mudah untuk membuatnya. Untuk membuatnya, pastikan Anda sudah mempunyai akun WhatsApp tentunya. Anda bisa mengarahkannya ke WhatsApp Personal ataupun ke WhatsApp Business Anda. Jika Anda belum memiliki akun WhatsApp Business untuk bisnis Anda, silahkan membuat akun WhatsApp Business Anda terlebih dahulu.

Jika Anda sudah membuat WhatsApp Business, maka Anda sudah dapat membuat tautan di dalamnya dan mengintegrasikannya dengan aplikasi lain. Link tautan tersebut akan memiliki ID unik yang ditautkan ke akun bisnis Anda dan akan memulai obrolan hanya dengan nomor yang ditautkan ke akun WhatsApp Business Anda. Namun, berbeda dengan WhatsApp Business, WhatsApp Business API memiliki fitur lebih canggih dalam membantu mengembangkan bisnis.

Dengan adanya WhatsApp link memungkinkan pebisnis untuk meluaskan jaringan penjualannya. Kegiatan promosi pun menjadi lebih efektif karena pelanggan hanya perlu meng-klik tautan untuk menghubungi bisnis Anda dan bertanya seputar produk atau jasa bisnis Anda.

Siapa Saja Yang Cocok Menggunakan Link API WhatsApp Chat?

Link API WhatsApp Chat cocok digunakan oleh siapa saja, mulai dari orang biasa, pebisnis, UMKM, hingga perusahaan.Seluruh bisnis di berbagai setor industri, mulai dari bisnis kecil atau menengah hingga perusahaan besar sekalipun yang memiliki banyak saluran komunikasi untuk strategi pemasaran mereka, misalnya di media sosial, marketplace, website, blog, dan sebagainya.

Dengan adanya Link API WhatsApp Chat ini, komunikasi pelanggan dan pebisnis akan berjalan dengan lancar dan lebih cepat. Terlebih lagi jika Anda menggunakan fitur pesan otomatis (WhatsApp Auto Reply) yang akan menjawab pertanyaan dan merespon pelanggan secara otomatis.

Apa Saja Manfaat Link API WhatsApp Chat Untuk Bisnis?

Link API WhatsApp Chat memiliki manfaat utama sebagai strategi manajamen hubungan pelanggan dengan cara meningkatkan pelayanan bisnis dalam hal komunikasi dengan pelanggan. Tidak hanya itu, Link API WhatsApp Chat ini pun dapat bermanfaat untuk berbagai hal berikut ini.

  • Mempermudah pelanggan untuk terhubung dengan bisnis
  • Jangkauan pelanggan yang lebih luas dan lebih banyak.
  • Meningkatkan penjualan bisnis.

Contoh Penerapan Link API WhatsApp Chat Yang Bisa Dilakukan

1. Media Sosial

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaruhnya di akun media sosial Anda. Hampir semua platform sosial media memberikan opsi untuk menambahkan alamat situs web Anda. Hal ini menjadi menguntungkan bagi bisnis agar bisa menambahkan link tautan ke akun bisnis WhatsApp Anda. Namun, di Facebook, Anda tidak perlu repot-repot lagi menautkan link WhatsApp karena terdapat opsi untuk menambahkan tombol WhatsApp di halaman akun bisnis Facebook Anda.

Dengan adanya link API WhatsApp Chat pada postingan di media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan Anda dengan cepat. Anda juga bisa meletakkannya di bio Instagram, Twitter atau di akun media sosial Anda lainnya.

2. Website

Penerapan link API WhatsApp Chat lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakannya di website Anda. Anda bisa menempatkannya sebagai tombol CTA (Call to Action), menaruhnya di halaman Contact Us, di banner kampaye/promosii dan lainnya. Anda bisa membuat banner pada webiste yang berisi tulisan “Hubungi kami melalui Whatsapp” atau kalimat serupa yang mengarahkan mereka ke akun WhatsApp Anda.

3. Chat Widget

Chat widget dapat menarik perhatian pengguna secara instan dan dapat mendorong mereka untuk memulai percakapan dengan bisnis Anda. Anda bisa menambahkan link API WhatsApp Chat pada chat widget saat melakukan percakapan dengan pelanggan Anda. Chat widget ini biasanya berbentuk text atau gambar yang terletak di pojok kanan bawah suatu halaman atau website.

Cara Menautkan Link API WhatsApp Chat Ke Aplikasi Lain

1. Membuat tautan universal

Tautan universal, dilansir dari laman resmi WhatsApp adalah metode menautkan ke akun WhatsApp yang lebih disukai. Anda dapat menggunakan https://wa.me/NOMOR_WHATSAPP_ANDA, NOMOR_WHATSAPP_ANDA yang dimaksud disini ialah nomor telepon WhatsApp dalam format Internasional lengkap menggunakan kode negara (Contoh: +62 untuk nomor yang berasal dari Indonesia)

Menurut ketentuan WhatsApp, Anda perlu menghilangkan tanda kurung, tanda hubung, tanda tambah, atau awalan angka nol ketika menambahkan nomor telepon dalam format Internasional.

Sederhananya, jika Anda menggunakan nomor Indonesia, maka Anda dapat mengganti angka 0 dengan62, tapi JANGAN GUNAKAN +62.
Contoh:
Gunakan: https://wa.me/6281281888636
Jangan Gunakan: https://wa.me/+62-812-8188-8636

2. Membuat tautan dengan pesan yang telah terisi

Cara ini akan sangat cocok bagi Anda yang menggunakan WhatsApp Business sebagai layanan customer service. Anda dapat memasukkan link yang sama seperti di atas, namun ditambahkan dengan URL teks seperti berikut https://wa.me/NOMOR_WHATSAPP_ANDA/?text=TEXT+ANDA
Contoh:
https://wa.me/6281281888636/?text=Saya+ingin+tertarik+untuk+produk+CRM+Barantum

3. Membuat Short Link (Tautan Pendek)

Short link atau tautan pendek dapat Anda gunakan untuk memulai chat dengan pelanggan secara langsung. Cara ini dapat Anda lakukan secara mudah melalui pengaturan di Aplikasi WhatsApp.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > pilih dan klik Opsi Lainnya> klik fitur bisnis.
  • Lalu, klik menu Short Link atau Tautan Pendek untuk melihat tautan yang dihasilkan secara otomatis.
  • Selanjutnya, Anda bisa klik link untuk menyalin tautan.
  • Anda dapat membagikan link tersebut ke berbagai platform yang Anda inginkan, seperti Facebook, Instagram, Line, WeChat, Telegram, Twitter, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membagikan link tersebut di berbagai saluran komunikasi yang Anda miliki, seperti Facebook, Instagram, Telegram, maupun Line.

4. Menautkan link WhatsApp di Instagram

Sebelum menautkan Link API WhatsApp Chat ke Instagram, Anda perlu melakukan salah satu cara dari tiga metode yang sudah dijelaskan di atas. Langkah selanjutnya, Anda bisa salin atau copy link yang telah dibuat dengan cara membuka aplikasi Instagram, lalu buka laman profil akun Instagram Anda dan klik Edit Profile, kemudian tempel atau paste link yang sudah disalin sebelumnya di kolom Website dan simpan.

Anda juga bisa menempatkan Link API WhatsApp Chat Anda pada bio Instagram Anda. Dengan begitu, pelanggan atau pengguna Instagram lainnya, akan dengan mudah menghubungi WhatsApp Anda hanya dengan meng-klik tautan yang tertera di profil Instagram.

5. Menautkan link WhatsApp ke Facebook

Sama seperti menautkan link WhatsApp ke Instagram, sebelum menautkan link WhatsApp API ke Facebook, pastikan Anda telah menyalin link terlebih dahulu. Lalu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman Facebook dan login ke akun Anda.
  2. Bukan lama profil Facebook Anda.
  3. Pilih Edit Profile > klik Edit Info Tentang Anda.
  4. Kemudian, pilih dan klik menu Info Kontak dan Dasar.
  5. Selanjutnya, pilih dan klik Situs Web dan Tautan Sosial > Tambahkan situs web.
  6. Terakhir, tempel atau paste tautan yang sudah Anda salin pada kolom Alamat situs web dan Simpan.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Link API WhatsApp Chat

Saat bisnis semakin berkembang dan besar, melayani pertanyaan calon pelanggan satu per satu dapat karyawan Anda kerepotan. Terlebih, adanya link API WhatsApp Chat yang dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Oleh sebab itu, terdapat 3 cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan WhatsApp Auto Reply

Cara pertama untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Link, yaitu dengan menggunakan WhatsApp Auto Reply yang mampu membalas pesan pelanggan secara otomatis sesuai dengan template yang sudah diatur. Dengan fitur ini, bisnis mampu mengurangi beban kinerja agen karena pertanyaan umum yang sering diajukan agen dapat otomatis dijawab. Sehingga agen baru mengambil alih saat ada pertanyan di luar template yang dibuat.

2. Menggunakan WhatsApp Chatbot

Chatbot WA atau Chatbot WhatsApp adalah robot percakapan yang didesain untuk menjawab atau membalas pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu yang telah diatur sebelumnya pada platform WhatsApp. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efektif.

Dengan menggunakan Chatbot WA, Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan yang cepat dan menghemat banyak waktu. Chatbot WhatsApp ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang memiliki lalu lintas percakapan yang tinggi mulai dari ratusan sampai dengan puluhan ribu chat masuk perharinya.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Menggunakan WhatsApp CRM

Mengintegrasi dengan WhatsApp CRM merupakan cara terakhir yang bias Anda lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Link. Dengan mengintegrasikan WhatsApp CRM, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, misalnya staf Anda dapat langsung memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk secara otomatis ke dalam sistem. Selain itu, Anda dapat memperoleh analisis terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespons percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan.

Hebatnya lagi bisnis bisa mendeteksi nama calon pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database pelanggan CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual.

Manfaatkan API WhatsApp Business Link untuk Optimalkan Bisnis Anda

Barantum CRM Omnichannel Terbaik

Untuk mendapatkan link API WhatsApp Chat, Anda perlu menggunakan WhatsApp Business API. Oleh sebab itu, integrasikan bisnis Anda dengan WhatsApp Business API melalui partner terpercaya seperti Barantum.com. Tidak hanya itu, Barantum pun menyediakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel sehingga dapat meningkatkan bisnis Anda dengan berbagai fitur canggih yang bisa Anda gunakan.

Rekomendasi Artikel

  1. Tutorial Cara Membuat Tulisan Miring, Tebal dan Coret di WA
  2. Ciri dan Cara Mengetahui WA Disadap, Buruan Cek HP Anda!
  3. Cara Praktis Balas Chat WhatsApp API Secara Otomatis
  4. Tips Auto Reply Pada WhatsApp Business & WhatsApp Business API
  5. Cara Daftar dan Membuat WA Business Terbaru, Lengkap!

Dapatkan Sekarang!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".