Hubungan Antara CRM dan Peningkatan Penjualan

Sudah jalani bisnis lama tapi merasa tidak ada kemajuan? Atau merasa sulit merasa pelanggan? Mungkin Anda perlu menginovasi strategi bisnis Anda. Salah satu caranya dengan aplikasi CRM sebagai salah satu solusi jitu tingkatkan penjualan bisnis.

CRM membantu manajer sales menganalisis laporan data pelanggan. Laporan yang dianalisis dari CRM tersebut dapat menentukan langkah strategi penjualan apa yang dibutuhkan.

Dengan demikian, strategi penjualan yang tepat memicu peningkatan penjualan bisnis Anda. CRM mempermudah sales melihat data pelanggan dengan detail.

Selain itu, kebutuhan pelanggan yang tertera di dalam sistem CRM, memudahkan sales menawarkan produk yang sesuai. Penawaran produk yang sesuai meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli produk di perusahaan Anda. Semakin banyak pelanggan yang dihubungi sales, semakin besar kemungkinan peningkatan penjualan bisnis Anda.

Baca juga: Fitur-Fitur dalam CRM untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Meningkatkan Penjualan dengan CRM

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan CRM. Laporan dalam CRM pun mempermudah pekerjaan sales di lapangan maupun staf di kantor.

CRM mempersingkat siklus penjualan bisnis Anda sehingga waktu bekerja lebih efisien. Siklus penjualan yang singkat membuat sales menghubungi pelanggan lebih banyak. Akhirnya, penjualan sangat berpotensi meningkat.

CRM tingkatkan penjualan

Bagaimana cara CRM tingkatkan penjualan bisnis Anda? Simak penjalasan di bawah ini.

1. CRM dapat membantu menganalisis seluruh laporan

Laporan yang ada dalam 1 platform memudahkan manajer sales memantau aktivitas penjualan dalam CRM. Berdasarkan aktivitas tersebut, manajer sales dapat memutuskan tindakan yang tepat.

Analisis di CRM berdasarkan data laporan yang diinput sales. Aktivitas pelanggan juga terekam dalam CRM.

Laporan data di CRM terintegrasi dari seluruh media yang digunakan perusahaan sehingga data tidak terpencar. Laporan dalam satu kesatuan utuh dalam CRM itulah yang menghasilkan analisis akurat dan real time.

Mengapa analisis laporan dapat meningkatkan penjualan? Analisis tidak hanya informasi kontak pelanggan saja, melainkan kebutuhan pelanggan.

Mengetahui kebutuhan pelanggan adalah hal penting. Kesesuaian minat pelanggan terhadap produk memudahkan sales melakukan promosi.

CRM tingkatkan penjualan

2. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Seringkali pelanggan hanya berhenti melihat media sosial atau website perusahaan akibat staf slow respons. Di kemajuan teknologi saat ini, media sosial menjadi alternatif promosi perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan sistem CRM, seperti Barantum, dapat meningkatkan pelayanan perusahaan Anda. Pelayanan yang baik meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Apa dampak hubungan pelanggan yang tidak baik? Pelanggan bisa memilih perusahaan lain dan tidak memesan di Anda lagi.

Tentu tidak ada yang ingin kehilangan kepercayaan pelanggan. Oleh sebab itu, CRM hadir untuk memudahkan sales menghubungi pelanggan.

Dalam CRM, terdapat informasi pelanggan yang belum, sedang, dan sudah dihubungi. Dengan perincian itu, sales tidak dapat menghubungi satu pelanggan di waktu bersamaan.

3. Email Promosi Otomatis

Email pelanggan yang terdapat di CRM otomatis terdata ke dalam sistem. Informasi alaman email memudahkan sales mengirim promosi yang diinginkan.

Anda dapat membuat promosi dengan satu kali klik sudah terkirim ke seluruh pelanggan yang diinginkan. Anda bisa mengatur teks email promosi beserta nama pelanggan dalam satu kali kirim.

Tidak perlu khawatir email promosi Anda akan masuk ke spam. Sistem CRM seperti Barantum, memastikan email yang Anda kirimkan langsung masuk ke kotak pesan.

Dengan CRM, email yang Anda kirim langsung masuk ke notifikasi pesan masuk pelanggan Anda. Gunakan kalimat yang menarik agar pelanggan Anda tertarik memesan kembali produk Anda.

CRM sales monitoring

4. Segmentasi Pelanggan yang Spesifik

Aplikasi CRM meningkatkan calon pelanggan secara spesifik. Data di CRM menampilkan insight yang bermanfaat untuk meningkatkan pelanggan baru. 

Dari data CRM, Anda dapat melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk menjadi pelanggan setia dan loyal.

Dari segmentasi pelanggan tersebut, sales dapat mengirimkan promosi ke pelanggan yang tepat. Kemungkinan pemesanan kembali pun meningkat.

Sistem CRM ini membantu Anda menyimpan histori dan aktivitas pelanggan Anda. Anda jadi lebih mudah melakukan personalisasi dan pastinya penjualan Anda meningkat.

Baca juga: Tingkatkan Profit Bisnis dengan Prediksi Penjualan

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dari laporan data yang tersegmentasi bisnis dari sistem CRM, loyalitas pelanggan bisnis Anda bisa semakin meningkat. Jadi, pelanggan merasa senang memesan kembali.

Kepuasan pelanggan berpengaruh baik terhadap penjualan. Kepuasan membentuk loyalitas pelanggan pada bisnis yang Anda jalankan.

Loyalitas pelanggan Anda meningkat dengan rincian data real time di CRM. Penawaran yang tepat sesuai target memaksimalkan penjualan bisnis Anda.

6. Menindaklanjuti Prospek dengan Cepat

Kecepatan dibutuhkan dalam penjualan. Langkah cepat berpengaruh pada tingkat penjualan yang akan didapatkan. CRM memberikan kemudahan melaporkan data calon prospek dengan cepat. Cepatnya data yang terinput, membuat pelanggan dapat dihubungi dengan cepat.

CRM dapat mengingatkan sales untuk menghubungi berbagai pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melacak perjalanan mereka.

Aktivitas penjualan dengan CRM menjadi lebih banyak dan lebih mudah. Ini juga akan mempromosikan hubungan pelanggan-penjual yang konsisten yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Tidak lanjut yang cepat berdampak pada pemaksimalan penjualan Anda. Tentunya terjadi peningkatan penjualan. Penjualan yang tinggi berpengaruh pada perkembangan perusahaan Anda untuk semakin maju.

Banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem CRM ini untuk tingkatkan penjualan mereka. Pastikan Anda adalah salah satunya.

Segera Rasakan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis untuk tingkatkan penjualan Anda. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan.

Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda. Dapatkan kemudahan akses CRM untuk tingkatkan penjualan Anda dari Barantum.

CRM sales monitoring

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".