Ketahui Seputar Customer Extension Bagi Bisnis Anda

Ketika berbicara tentang pertumbuhan bisnis, memperoleh pelanggan baru seringkali menjadi fokus utama. Namun, ada juga konsep yang tidak kalah penting yaitu customer extension.

Customer extension mengacu pada upaya untuk memperpanjang hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, dengan tujuan meningkatkan customer lifetime value (CLV) dan memperluas kesetiaan mereka terhadap bisnis Anda.

Dalam strategi customer extension dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan industri yang Anda geluti. Dengan menerapkan strategi ini dengan baik, Anda dapat membangun hubungan yang erat dengan pelanggan yang sudah ada, meningkatkan retensi pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Apa saja strategi customer extension itu? Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Customer Extension?

Customer extension, atau ekstensi pelanggan adalah strategi bisnis di mana perusahaan berusaha untuk memperluas relasi dan interaksi dengan pelanggan yang sudah ada melalui penyediaan produk atau layanan tambahan. Konsep ini melibatkan upaya untuk menawarkan nilai tambahan kepada pelanggan yang telah memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan.

Customer extension dapat berupa pengembangan produk baru yang melengkapi produk yang sudah ada, peningkatan fitur atau pilihan pada produk yang ada, atau bahkan pengenalan produk atau layanan yang berbeda tetapi saling terkait dengan kebutuhan pelanggan yang sudah ada. Dengan melakukan ekstensi pelanggan, perusahaan dapat memperkuat ikatan dengan pelanggan, meningkatkan tingkat kepuasan, dan memperluas potensi pendapatan dari segmen pelanggan yang sudah ada.

Salah satu contoh customer extension adalah ketika restoran cepat saji meluncurkan menu baru atau menambahkan variasi menu yang dapat menarik minat pelanggan yang sudah sering mengunjungi restoran tersebut. Dengan melakukan ini, restoran tersebut tidak hanya menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada, tetapi juga menciptakan peluang untuk peningkatan penjualan dengan menarik pelanggan baru yang tertarik dengan produk tambahan yang ditawarkan.

Customer extension juga dapat dilakukan dengan menawarkan layanan purnajual yang lebih baik. Misalnya, garansi produk yang lebih lama atau layanan dukungan pelanggan yang lebih responsif. Melalui customer extension, Anda dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan.

Apa Strategi Customer Extension Dalam Bisnis?

Berikut strategi customer extension yang bisa Anda terapkan dalam bisnis:

1. Cross-selling

Strategi customer extension yang pertama, yaitu cross-selling. Strategi cross-selling melibatkan penawaran produk atau layanan tambahan kepada pelanggan yang relevan dengan pembelian sebelumnya. Misalnya, jika seorang pelanggan membeli laptop, perusahaan dapat menawarkan aksesori seperti tas laptop, mouse, atau perangkat lunak yang sesuai. Hal ini tidak hanya meningkatkan nilai transaksi pelanggan, tetapi juga memperluas pengalaman mereka dengan produk yang mereka beli.

2. Up-selling

Berikutnya, up-selling melibatkan peningkatan atau penawaran versi yang lebih tinggi dari produk yang sudah dibeli oleh pelanggan. Misalnya, perusahaan telekomunikasi dapat menawarkan paket data yang lebih besar kepada pelanggan yang telah menggunakan paket data yang lebih kecil. Strategi ini dapat meningkatkan nilai transaksi dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk perusahaan.

3. Program Loyalitas

Selanjutnya, mengadakan program loyalitas. Program loyalitas dirancang untuk mendorong pelanggan untuk tetap bertransaksi dengan perusahaan. Dengan memberikan insentif dan manfaat khusus kepada pelanggan yang loyal, seperti diskon eksklusif, poin reward, atau program keanggotaan, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk terus berinteraksi dengan bisnis.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

4. Personalisasi Produk atau Layanan

Strategi lainnya, yaitu personalisasi produk atau layanan. Dengan memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan secara individu, perusahaan dapat menyediakan produk atau layanan yang dipersonalisasi. Misalnya, perusahaan ritel dapat menawarkan pilihan ukuran, warna, atau desain yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Personalisasi ini memberikan pengalaman yang lebih memuaskan dan meningkatkan ikatan emosional antara pelanggan dan perusahaan.

5. Layanan Pelanggan yang Baik

Terakhir, memberikan layanan pelanggan yang baik adalah strategi penting dalam membangun ekstensi pelanggan. Menyediakan respons cepat, solusi yang efektif, dan pengalaman yang memuaskan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan perusahaan. Dengan memprioritaskan kepuasan pelanggan, perusahaan dapat menciptakan peluang untuk meningkatkan kepercayaan, retensi, dan nilai seumur hidup pelanggan.

Dengan memilih dan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat memaksimalkan potensi dari segmen pelanggan yang sudah ada dan memperkuat ikatan dengan mereka.

Apa Saja Manfaat Customer Extension?

Adapun manfaat customer extension, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pertama, customer extensions membantu memperkuat ikatan antara pelanggan dan perusahaan dengan menyediakan produk atau layanan tambahan yang relevan dengan kebutuhan mereka. Dengan memberikan nilai tambahan kepada pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat memperkuat loyalitas mereka dan meningkatkan retensi pelanggan. Pelanggan yang merasa dihargai dan dilayani dengan baik cenderung tetap setia dan terus bertransaksi dengan perusahaan.

2. Meningkatkan Pendapatan

Manfaat lainnya, melalui ekstensi pelanggan, perusahaan dapat menciptakan peluang untuk meningkatkan pendapatan dari segmen pelanggan yang sudah ada. Dengan menawarkan produk atau layanan tambahan, perusahaan dapat merangsang pelanggan untuk melakukan pembelian lebih lanjut atau meningkatkan frekuensi pembelian. Hal ini dapat berdampak positif pada pendapatan perusahaan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat lainnya, yaitu dengan menawarkan ekstensi pelanggan yang relevan, perusahaan dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan merasa diakui dan diperhatikan ketika perusahaan memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Tingkat kepuasan yang tinggi berkontribusi pada hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan menciptakan peluang untuk rekomendasi positif serta umpan balik yang baik.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Customer Extensions?

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Mengoptimalkan customer extensions dengan menggunakan CRM, seperti Barantum CRM. Dengan menggunakan Barantum CRM, Anda dapat mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, serta memanfaatkannya untuk merancang strategi customer extensions yang lebih terarah dan personal.

Salah satu manfaat utama dari penggunaan Barantum CRM adalah kemampuannya dalam melacak riwayat pembelian dan preferensi pelanggan. Dengan memahami pola pembelian dan preferensi pelanggan secara detail, Anda dapat menyesuaikan tawaran ekstensi yang paling relevan dan menarik bagi setiap pelanggan.

Anda bisa melihat metrik dan analisis yang disediakan oleh Barantum CRM, sehingga dapat melihat sejauh mana strategi ekstensi pelanggan berkontribusi terhadap retensi pelanggan, peningkatan pendapatan, dan nilai seumur hidup pelanggan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang keberhasilan strategi tersebut, Anda dapat mengoptimalkan pendekatan pelanggan dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".