Kemampuan Yang Perlu Dimiliki Sales

Sales merupakan orang yang melakukan aktivitas penjualan barang atau jasa di dalam perusahaan. Biasanya, sales memiliki tim tersendiri yang terdiri dari beberapa orang. Sales memiliki tanggung jawab terhadap penjualan sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, untuk mencapai penjualan yang maksimal maka ada beberapa kemampuan yang perlu sales miliki.

Apa saja kemampuan yang perlu sales miliki? Yuk, simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

Apa Itu Sales?

Sales adalah proses pemasaran produk atau jasa kepada pelanggan potensial dengan tujuan untuk menjual produk atau jasa tersebut. Sales merupakan bagian penting dari suatu bisnis karena merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan. Salah satu tujuan utama dari sales adalah meningkatkan volume penjualan dan meningkatkan laba perusahaan.

Sales bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar pelanggan tersebut dapat terus membeli produk atau jasa dari perusahaan. Dengan demikian, sales merupakan proses yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Sales?

Beberapa tugas dan tanggung jawab sales, sebagai berikut:

1. Menawarkan Produk Atau Jasa Kepada Pelanggan Potensial

Tugas utama dari seorang sales adalah menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial dengan tujuan untuk menjualnya. Sales juga harus memahami kebutuhan pelanggan potensial dan menyesuaikan penawaran produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan tersebut. Sales juga harus mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan jelas dan tepat, serta mengatasi objection atau keberatan pelanggan dengan cara yang sopan dan profesional. 

2. Mencari Peluang Penjualan Baru

Sales harus terus mencari peluang penjualan baru agar dapat terus meningkatkan volume penjualan perusahaan. Sales dapat melakukan ini dengan mencari informasi tentang pelanggan potensial baru atau dengan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Untuk mencari peluang penjualan baru, sales dapat melakukan beberapa cara seperti mencari informasi tentang pelanggan potensial baru, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru, atau mencari peluang di pasar yang belum tergarap oleh perusahaan.

3. Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Sales harus terus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan agar pelanggan tersebut dapat terus membeli produk atau jasa dari perusahaan. Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, sales harus terus memahami kebutuhan pelanggan dan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. 

4. Melakukan Presentasi Produk

Sales harus mampu memberikan presentasi yang menarik tentang produk atau jasa. Sales harus memahami kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan presentasi tersebut sesuai dengan kebutuhan tersebut.

5. Mencatat Dan Menganalisis Data Penjualan

Sales harus terus mencatat data penjualan dan menganalisis data tersebut untuk mengembangkan strategi penjualan yang efektif. Sales juga harus mengikuti trend pasar dan menyesuaikan strategi penjualan sesuai dengan trend tersebut.

Mengapa Bisnis Memerlukan Sales?

Bisnis membutukan sales karena dengan adanya sales mampu meningkatkan penjualan produk atau jasa. Sehingga perusahaan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Selain itu, juga dapat membantu perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain di pasar yang sama dengan menarik minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, bisnis membutuhkan sales untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dan untuk bersaing di pasar.

Apa Skill Yang Penting Dimiliki Sales?

Beberapa skill yang penting dimiliki sales, yaitu:

1. Komunikasi Yang Baik

Skill sales yang pertama, yaitu komunikasi yang baik. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat menjelaskan produk atau jasa kepada pelanggan dengan jelas dan efektif. Selain itu, juga harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjalanin hubungan yang lebih akrab dan lama dengan pelanggan. Sehingga pelanggan berpotensi menjadi pelanggan potensial. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu sales untuk menyampaikan informasi yang tepat dan menarik bagi calon pelanggan, sehingga dapat membuat pelanggan yang tertarik untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

  • Menyesuaikan penggunaan bahasa sesuai dengan kemampuan calon pelanggan.
  • Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai untuk memberikan penekanan pada poin-poin penting.
  • Mampu memberikan jawaban yang jelas dan tepat.

2. Mengetahui Detail Produk Atau Jasa

Skill sales kedua, yaitu mengetahui detail produk atau jasa bisnis yang ditawarkan.  Pengetahuan produk adalah kemampuan seorang sales untuk memahami fitur dan manfaat produk atau layanan yang dijual dengan mendalam. Kemampuan ini sangat penting bagi sales karena ia harus mampu menjelaskan produk atau layanan tersebut dengan jelas dan tepat kepada calon pelanggan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pelanggan.

Untuk meningkatkan pengetahuan produk, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Memahami cara kerja produk tersebut secara langsung.
  • Memahami produk atau layanan pesaing.
  • Mencari tahu tentang sejarah dan latar belakang perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

3. Kemampuan Persuasi

Skill sales berikutnya, yaitu kemampuan persuasi. Persuasi adalah kemampuan untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Kemampuan persuasi yang baik akan membantu sales untuk menjual produk atau layanan dengan efektif, dan memperoleh kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon pelanggan.

Untuk meningkatkan kemampuan persuasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

  • Mengetahui kebutuhan calon pelanggan.
  • Dapat menggunakan contoh atau kisah nyata dapat membantu sales untuk meyakinkan calon pelanggan.
  • Menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengetahui kebutuhan calon pelanggan secara lebih mendalam.

4. Kemampuan Negosiasi

Skill sales lainnya, yaitu kemampuan bernegosisasi. Dengan kemampuan bernegosiasi ini, memungkinkan sales mendapatkan hasil penawaran yang menguntungkan bisnis. Negosiasi adalah kemampuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon pelanggan. Kemampuan negosiasi yang baik akan membantu sales untuk menjual produk atau layanan dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan, serta memperoleh margin yang memadai bagi perusahaan.

Untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

  • Mengetahui kemampuan finansial calon pelanggan. Sehingga dapat menawarkan harga yang sesuai.
  • Memahami keunggulan produk atau layanan bisnis.
  • Mampu mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.
  • Menggunakan teknik persuasi. Misalnya, menjelaskan keunggulan produk atau layanan, menggunakan contoh atau kisah nyata atau menggunakan pertanyaan terbuka.

5. Kemampuan Bekerja Dalam Tim

Skill sales selanjutnya, yaitu kemampuan bekerja sama dalam tim. Kemampuan bekerja dalam tim yang baik untuk dapat bekerjasama dengan rekan kerja lainnya dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan perusahaan.

Untuk meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Memahami peran masing-masing anggota tim.
  • Mampu menghargai pendapat yang berbeda dari anggota tim.
  • Mampu bekerja sama dengan anggota tim lainnya.
  • Membangun kepercayaan dengan anggota tim lainnya.

6. Kemampuan Presentasi

Skill sales lainnya, yaitu kemampuan presentasi. Seorang sales harus mampu memaparkan produknya dengan baik dari sudut pandang calon pembeli. Kemampuan presentasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi tentang produk atau layanan yang dijual kepada calon pelanggan dengan cara yang efektif.  Dengan kemampuan ini, sales mampu menyampaikan informasi tentang produk atau layanan yang dijual dengan jelas dan tepat, serta mampu meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan presentasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat.
  • Memahami kebutuhan dan minat calon pelanggan sebelum melakukan presentasi.
  • Menggunakan visual presentasi yang menarik.
  • Mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan jelas dan tepat.

7. Kemampuan Memahami Kebutuhan Pelanggan

Skill sales terakhir, yaitu memahami kebutuhan pelanggan. Sales harus memiliki kemampuan mendengarkan kebutuhan pelanggan dengan seksama dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan demikian, sales dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat dan membuat pelanggan merasa puas.

Pemahaman pasar adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan dan tren pasar serta bagaimana produk atau layanan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Kemampuan ini sangat penting bagi sales karena ia harus mampu menyesuaikan penjualan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Untuk meningkatkan pemahaman pasar, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Melakukan riset pasar secara teratur.
  • Mengikuti perkembangan industri secara teratur.
  • Berpartisipasi dalam acara-acara pasar atau seminar yang terkait dengan produk yang dijual.

Dapatkan Aplikasi CRM Sales Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM Sales Terbaik
Aplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".