Apa itu CRM? Semua Hal Yang Perlu Anda Tahu

Dalam era bisnis yang semakin kompetitif , Customer Relationship Management (CRM) telah menjadi fondasi strategis bagi perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Customer relationship (hubungan pelanggan) adalah hal penting dan wajib dijaga oleh seluruh perusahaan. Karena tingkat hubungan antara bisnis dan pelanggan lah yang akan menentukan apakah pelanggan memilih untuk bertahan pada perusahaan tersebut atau mencari alternatif lain.

Dalam artikel ini Anda akan mengenal dan mengetahui tentang apa itu CRM. Mari simak selengkapnya!

Apa itu CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). CRM adalah strategi bisnis yang digunakan untuk mengelola dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Penggunaan kata CRM yang dimaksud saat ini biasanya merujuk pada aplikasi CRM. Yaitu sebuah sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah perusahaan.

Tahapan Dalam CRM

Kenapa CRM Sangat Penting Untuk Bisnis?

Penggunaan CRM untuk bisnis menjadi sangat penting, karena bisnis dituntut harus beradaptasi di dunia yang serba digital saat ini. Jika tidak, bisnis akan sulit bersaing dan akan kalah dengan kompetitor lainnya yang sudah menggunakan aplikasi CRM.

CRM saat ini juga biasanya sudah menggunakan sistem berbasis cloud. Sehingga semua data perusahaan bisa tersimpan secara aman dan dapat diakses kapan saja.

Dengan menggunakan CRM, bisnis atau perusahaan dapat menyatukan semua aktivitas penjualan, pemasaran, hingga dukungan pelanggan dalam satu platform yaitu sistem CRM.

Apa Peran CRM Dalam Bisnis?

CRM berperan penting sebagai alat penghubung setiap proses atau alur kerja yang ada pada perusahaan yang terkait dengan data pelanggan. Sehingga semua departemen dapat saling terhubung satu sama lain dan akses data pelanggan yang mudah, sehingga bisa mempermudah pekerjaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Selain itu, CRM juga bisa menjadi alat kolaborasi antar departemen lainnya dalam perusahaan. Semua staf mulai dari tim penjualan, pemasaran hingga layanan pelanggan bisa saling terhubung satu sama lain dengan sistem yang terintegrasi.

Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan informasi secara cepat dan lengkap mulai dari prospek dari calon pelanggan didapatkan, terjadinya penjualan, hingga pemberian layanan after sales kepada pelanggan.

Solusi Terbaik Untuk Manajemen Operasional Dengan Barantum CRM

Apa Fungsi dari CRM?

Fungsi utama dari CRM adalah untuk memaksimalkan nilai yang pelanggan berikan (Customer Lifetime Value) dalam jangka waktu yang lebih panjang melalui meningkatkan retensi pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan.

Apa Tujuan dari CRM?

Tujuan utama dari CRM adalah untuk menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik antara penjual dan pembeli. Yaitu dengan cara memahami setiap kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sehingga perusahaan dapat memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk atau layanan yang diberikan sehingga pelanggan tetap setia menggunakan pada perusahaan dan tidak perpindah ke kompetitor lain.

Apa Manfaat dari CRM?

Berikut beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dari menggunakan CRM:

1. Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan

CRM membantu perusahaan mengerti apa yang diinginkan pelanggan. Dengan lebih tahu keinginan pelanggan, perusahaan bisa memberikan layanan yang lebih baik. Ini membuat pelanggan senang dan cenderung tetap memilih perusahaan tersebut.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

CRM membuat perusahaan bisa melacak bagaimana pelanggan berinteraksi. Dengan informasi ini, tim layanan pelanggan dapat memberikan jawaban yang lebih cepat dan menyelesaikan masalah dengan lebih mudah. Ini membuat pengalaman pelanggan jadi lebih baik.

3. Mendorong Pertumbuhan Penjualan

Dengan memahami pelanggan lebih baik, perusahaan bisa menemukan peluang baru untuk menjual produk atau layanan. CRM membantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat, membuat iklan yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan retensi pelanggan dengan menyesuaikan penawaran agar sesuai dengan keinginan pelanggan, yang bisa meningkatkan penjualan.

4. Memahami Kebutuhan dan Preferensi Pelanggan

Sistem CRM membantu perusahaan mengumpulkan data dan mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan, seperti apa yang mereka beli sebelumnya dan apa yang mereka suka. Dengan memahami ini, perusahaan bisa menyusun rencana bisnis yang lebih baik sesuai dengan preferensi tiap pelanggan yang ada.

5. Membangun Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Pelanggan

CRM membantu perusahaan menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Perusahaan dapat menyimpan informasi setiap interaksi dan keinginan pelanggan, sehingga perusahaan bisa memberikan pengalaman yang lebih personal dan membuat pelanggan merasa dihargai.

6. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan menggunakan CRM, perusahaan bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan lebih mudah dan cepat. Contohnya database pelanggan yang bisa diakses lebih cepat, tugas-tugas yang berulang bisa dibuat otomatis menggunakan sistem.

Dengan begitu semua orang dalam tim bisa bekerja lebih cepat. Ini membantu perusahaan fokus pada kebutuhan pelanggan dan menemukan cara baru untuk melakukan pekerjaan.

Dengan CRM, perusahaan juga bisa mengatur KPI (Key Performance Indikator) untuk tiap staf dari berbagai departemen dan memonitornya secara real time, yang tentunya bisa meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan.

Solusi Terbaik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dengan Barantum CRM

Apa Saja Komponen Utama Dari CRM?

Adapun CRM memiliki 3 komponen utama, yaitu:

1. Manajemen (Management)

Komponen yang pertama adalah manajemen. Dalam hal ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan interaksi dengan pelanggan. Seperti tim penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan.

Dan juga tentang bagaimana strategi dari setiap pihak yang terlibat dalam upaya menjalankan manajemen hubungan pelanggan yang lebih baik.

2. Hubungan (Relationship)

Komponen CRM yang kedua adalah hubungan. Komponen ini mencakup cara membangun hubungan pelanggan yang baik dengan cara memberikan pelayanan yang baik, merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan memberikan jawaban dan solusi terbaik untuk setiap masalah atau keluhan pelanggan.

3. Pelanggan (Customer)

Komponen terakhir adalah pelanggan. Pelanggan merupakan alasan utama mengapa perusahaan perlu menggunakan CRM.

Pelanggan di sini meliputi calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Tentang bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru dan tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Apa Saja Fitur Utama CRM?

Berikut beberapa fitur utama dari CRM:

1. Manajemen Prospek

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak, menilai, dan mengelola prospek atau calon pelanggan dari awal hingga mereka menjadi pelanggan.

Solusi Terbaik Untuk Manajemen Prospek Dengan Barantum CRM

2. Manajemen Kontak

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengatur, dan mengelola informasi kontak pelanggan atau calon pelanggan secara terpusat untuk memudahkan akses dan komunikasi.

3. Manajemen Transaksi

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak dan mengelola setiap tahap transaksi penjualan, mulai dari prospek hingga transaksi, termasuk juga pembayaran dan catatan transaksi.

4. Manajemen Email

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengirim email kepada pelanggan atau prospek langsung dari dalam aplikasi CRM, memungkinkan komunikasi yang efisien dan terorganisir.

5. Otomatisasi Penjualan

Fitur ini memungkinkan otomatisasi tugas-tugas penjualan seperti pengingat tindak lanjut, pembuatan laporan penjualan, atau pencatatan aktivitas penjualan secara otomatis.

6. Pelaporan dan Analitik

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan laporan dan menganalisis data penjualan dan pemasaran untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kinerja bisnis dan peluang pertumbuhan.

7. Otomatisasi Pemasaran

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi kampanye pemasaran seperti pengiriman email, Broadcast WhatsApp / WhatsApp Blast, penjadwalan posting media sosial, atau pengelolaan iklan seperti Google Ads dan Meta Ads secara otomatis.

8. Kustomisasi

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aplikasi CRM sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Misalnya menambahkan bidang khusus, mengatur alur kerja, atau mengubah tata letak.

9. CRM Seluler

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan aplikasi CRM melalui perangkat seluler, memungkinkan akses data pelanggan dan aktivitas penjualan di mana pun mereka berada.

Dapatkan CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda Sekarang!

Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis
Memperkenalkan Barantum CRM, sebuah aplikasi CRM berbasis cloud dengan fitur yang lengkap dan mudah user friendly. Barantum CRM bisa untuk berbagai industri dan untuk semua level bisnis mulai dari UMKM, bisnis level menengah, internasional hingga multinasional.

Barantum merupakan All in One CRM Solution yang layanan mulai dari aplikasi CRM penjualan, CRM layanan pelanggan, Call Center Software, Omnichannel Chat, dan WhatsApp API Provider di mana Anda bisa mendapatkan Centang Hijau WhatsApp untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis Anda, fitur WA Blast, Chatbot dan fitur WhatsApp Automation lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo, mulai pakai Barantum sekarang!

Dapatkan Sekarang!


5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".