Waspadai Akun Penipuan, Begini Fungsi WA Centang Hijau Untuk Bisnis

Beberapa pekan terakhir, masyarakat dihebohkan dengan kasus penipuan yang terjadi pada masyarakat yang mengatasnamakan perusahaan besar. Seperti yang baru-baru ini terjadi penipuan yang mengatasnamakan bank BCA dan BRI.

Umumnya penipu mengirimkan pesan atau chat via WhatsApp. Lalu, meminta korban mengklik link yang dikirimkan untuk klaim hadiah ataupun tawaran menarik yang dijanjikan. Link yang diklik tersebut bisa meminta kode OTP yang dikirimkan ke nomor korban dan minta sang korban untuk mengisi kode OTP yang didapatkannya.

Dari kasus tersebut, masyarakat diimbau untuk tidak memberikan data pribadi termasuk OTP ke nomor yang tidak dikenal ataupun yang belum pasti resmi atau tidaknya.

Salah satu cara cepat untuk melihat apakah nomor akun tersebut resmi atau tidak saat ada chat di WhatsApp, bisa Anda lihat dengan cara apakah nomor tersebut memiliki WA centang hijau atau tidak.

Tanda WA centang hijau ini merupakan bukti bahwa nomor tersebut resmi dari perusahaan. Tanda WA centang hijau ini akan terlihat di samping nama perusahaan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki WA centang hijau pada akun bisnisnya. Agar lebih memudahkan masyarakat untuk mengetahui dan mengimbau bahwa hanya akun dengan WA centang hijau sajalah yang menjadi akun resmi mereka (perusahaan).

Apa Itu WA Centang Hijau?

WA centang hijau merupakan tanda atau simbol resmi dari WhatsApp yang menunjukkan bahwa akun tersebut benar-benar akun resmi perusahaan. Tanda WhatsApp centang hijau ini bisa langsung terlihat di samping nama bisnis Anda, sekalipun pelanggan tidak menyimpan nomor bisnis Anda.

Kenapa WA Centang Hijau Itu Penting?

Dengan mendapatkan WhatsApp centang hijau, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata pelanggan. Berikut alasan kenapa Anda WAJIB mendapatkan verified badge di akun WhatsApp Business Anda:

1. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Dengan menggunakan akun yang sudah terverifikasi, Anda akan mendapatkan “stempel” sebagai bisnis yang dipercaya dan sudah terverifikasi oleh pihak WhatsApp. Tentunya akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda yang akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan pelanggan.

2. Meningkatkan kepercayaan pelangan

Tidak akan ada lagi pelanggan yang meragukan bisnis Anda ketika berkomunikasi dan bertransaksi menggunakan WhatsApp. Pelanggan akan 100% percaya untuk mengirimkan data pribadi mereka seperti nama lengkap, detail alamat, nomor rekening dan sebagainya. Dengan hal itu, pastinya akan berdampak besar juga pada konversi penjualan yang meningkat.

3. Meningkatkan konversi penjualan

Dengan meningkatnya kredibilitasan dan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda, hal ini akan meningkatkan konversi penjualan yang dilakukan secara online menggunakan WhatsApp.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

WA Centang Hijau, Tanda Akun WhatsApp Bisnis Ter-Verified

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa WA centang hijau membuat bisnis Anda makin terpercaya. Terlebih maraknya kasus penipuan yang terjadi di pesan atau chat WhatsApp membuat kebutuhan WA centang hijau ini sangat diperlukan oleh pebisnis.

Pasalnya, jika bisnis tidak memiliki WhatsApp centang hijau pada akunnya, calon pelanggan yang Anda kirimkan pesan tidak dapat langsung percaya bahwa akun tersebut adalah akun resmi bisnis Anda.

Di sisi lain, adanya WhatsApp centang hijau pada akun bisnis dapat memudahkan masyarakay untuk mengidentifikasi bahwa nomor akun bisnis Anda benar adanya.

Anda pun sebagai pemilik bisnis bisa menyampaikan informasi bahwa hanya akun bisnis Anda yang memiliki WA centang hijau sajalah yang merupakan akun asli. Sehingga meminimalisasi kerugian pelanggan Anda untuk mengalami penipuan. Dan, bisnis Anda tidak terkena dampak pembicaraan negatif di masyarakat.

Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor berikut yang beratasnamakan bank BRI. Namun pada akunnya tidak memiliki nama bisnis dan tidak ada centang hijau, maka dipastikan bahwa akun tersebut adalah akun penipuan.

penipuan bank bri

Kini oknum penipu tidak hanya mengandalkan pesan WhatsApp saja. Melainkan ada yang membuat website palsu yang mengatasnamakan perusahaan. Sebagai contohnya, website yang mengatasnamakan bank BRI. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu lebih detail informasi mengenai website resmi yang dipakai. Misalnya, pada jika mengambil kasus bank BRI website resmi mereka yaitu www.bri.co.id.

website palsu bank

Tindakan Pencegahan Untuk Terhindar Jadi Korban Penipuan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar menjadi korban penipuan, termasuk penipuan yang mengatasnamakan bank BCA ataupun BRI. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Memastikan bahwa akun yang menghubungi Anda via pesan WhatsApp memiliki tanda centang hijau. Jika akun tersebut belum memiliki centang hijau maka waspadalah. Karena kemungkinan besar akun itu adalah akun penipu. Oleh sebab itu, tanda WA centang hijau ini sangat perlu bagi perusahaan, terlebih pada perusahaan besar untuk mengurangi risiko klien atau pelanggannya mengalami penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.
  2. Cek website resmi perusahaan. Umumnya, perusahaan akan mencantumkan informasi kontak resmi yang dapat dihubungi pada website mereka.
  3. Telepon ke nomor customer service (CS) resmi perusahaan. Ada baiknya, Anda memastikan terlebih dahulu ke nomor CS perusahaan untuk memastikan kebenaran dari pesan yang Anda terima yang mengatasnamakan perusahaan tersebut.
  4. Tidak memberikan informasi pribadi apapun ke nomor yang tidak dikenal. Informasi pribadi termasuk kode OTP, username dan pasword merupakan data penting yang seharusnya hanya Anda saja yang mengetahuinya. Jadi, memberi informasi data pribadi sangat dilarang dan tidak dianjurkan.

Selain tindakan yang perlu dilakukan oleh pelanggan, perusahaan pun bisa membantu pelanggannya untuk terhindar menjadi korban penipuan. Salah satu caranya, yaitu dengan menggunakan WA centang hijau pada akun bisnisnya.

Seperti yang telah Anda tahu, WA centang hijau menjadi tanda bahwa akun bisnis Anda merupakan akun resmi dan benar adanya. Karena untuk mendatkan centang hijau, pihak WhatsApp memerlukan verifikasi data bisnis sebelum menyetujui bisnis Anda mendapatkan centang hijau.

Melakukan verifikasi WhatsApp centang hijau ini tidak bisa Anda lakukan sendiri. Anda perlu bekerja sama dengan BSP (Business Solution Provider) WA yang resmi, seperti Barantum. Barantum akan membantu bisnis Anda untuk mendapatkan WA centang hijau.

Yuk, konsultasikan kepada tim profesional Barantum sekarang!

Namun, kamu perlu tahu dulu nih, syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau.

Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan WA Centang Hijau?

Ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan WhatsApp centang hijau di akun WhatsApp Business Anda. Berikut syarat-syarat untuk memiliki dan mendapatkan WhatsApp centang hijau:

1. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV/PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV/PT atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp sangat selektif dan hanya memberikan centang hijau pada bisnis yang terbukti legalitasnya dan terdaftar sebagai perusahaan resmi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

2. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

3. Memiliki website resmi untuk bisnis atau perusahaan

Untuk syarat mendapatkan WhatsApp centang hijau yang ketiga adalah memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki.

4. Bisnis sudah cukup dikenal oleh publik dan bereputasi baik

Untuk syarat terakhir adalah bisnis yang Anda daftarkan untuk mendapatkan centang hijau adalah bahwa bisnis Anda sudah cukup dikenal oleh publik. Hal ini untuk membuktikan bahwa bisnis Anda memang sudah cukup dikenal oleh publik dan layak untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau.

Untuk syarat ini, Anda bisa mencoba untuk membangun komunitas dengan cara membuat akun sosial media untuk bisnis Anda terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin dan coba masukkan juga ke media-media berita terkenal seperti Detik, Kompasiana dan sebagainya. Serta jangan lupa juga untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda dan menaikan SEO dari brand atau merek Anda.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki hak absolut dalam memberikan WhatsApp centang hijau untuk akun WhatsApp Business.

Gimana Cara Mendapatkan WA Centang Hijau

Untuk bisa mendapatkan WhatsApp centang hijau di akun WhatsApp Business Anda, sebelumnya Anda harus mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu pada pihak WhatsApp. Sayangnya, untuk mendaftarkan dan memverifikasi bisnis kita harus menggunakan bantuan pihak ketiga, yaitu BSP (Business Solution Provider).

Mendapatkan WA centang hijau dari BSP resmi dan terpercaya di Indonesia, seperti Barantum, memiliki tingkat keamanan sehingga data bisnis Anda dapat terjaga dengan baik. Barantum telah membantu banyak bisnis untuk mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Business-nya.

Tutorial mendapatkan WA centang hijau bisa Anda dapatkan secara lengkap di artikel INI atau Anda bisa mengunjungi artikel lainnya di blog Barantum yang membahas mengenai WA centang hijau.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Rekomendasi Artikel

  1. WhatsApp Business Solution Provider (BSPs) Terpercaya di Indonesia
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. WhatsApp Business API Untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan Dalam Bisnis
  4. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
  5. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".