Digitalisasi Industri Jasa Keuangan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Indutri Jasa Keuangan dalam Menanggapi Perubahan Kebutuhan Pelanggan

 

Industri Jasa Keuangan adalah bisnis kompleks yang menawarkan berbagai layanan Menyatukan berbagai area organisasi, di mana organisasi dituntut untuk mengelola bagian-bagian terpisah dari pengalaman pelanggan dapat menjadi tantangan. Dari perspektif bank, rekening tabungan, pinjaman, dan kartu kredit, dll. Masing-masing memiliki sistem sendiri di dalam organisasi. Namun, pelanggan tidak berpikir dalam “sistem” yang mereka pikirkan adalah kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Revolusi digital mengubah kehidupan sehari-hari semua konsumen. Ini lebih jelas kita lihat dalam cara orang terlibat dengan penyedia layanan keuangan. Perbankan ritel mungkin berada di ujung tombak sektor keuangan dalam transisi ke digital, tetapi asuransi, manajemen kekayaan, dan perbankan bergerak di jalur yang sama. Kehadiran penasihat atau agen telah agak mengurangi desakan untuk beralih ke digital untuk bisnis ini, tetapi setiap aspek industri menghadapi dorongan yang sama yaitu transformasi digital.

Beberapa tren menarik dari studi pasar terbaru menunjukkan bahwa pelanggan mengetahui nilai data dan akan menukarnya dengan pengembalian. Mereka bersedia bertukar data pribadi untuk manfaat baru yang disesuaikan. Penyedia yang menawarkan nilai nyata untuk data dapat memperoleh kepercayaan dan loyalitas yang meningkat. Banyak pelanggan mencari Google dan WhatsApp untuk transaksi keuangan demi kenyamanan semata. Pelanggan mengharapkan data mereka untuk dimanfaatkan menjadi saran dan manfaat yang dipersonalisasi, disesuaikan dengan tahap kehidupan mereka, tujuan keuangan dan kebutuhan pribadi.

Pelanggan mengharapkan kemudahan dan aksesibilitas, layanan pelanggan berkualitas tinggi, basis panduan keuangan sesuai profil, penawaran yang dipersonalisasi, teknologi tinggi dan kepercayaan tinggi.

Berdasarkan berbagai laporan penelitian dan survei konsumen, di bawah ini adalah beberapa petunjuk untuk beradaptasi guna memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan :

digitalisasi-industri-jasa-keuangan

Buat pengalaman Pelanggan Terbaik

 

Penyedia keuangan perlu memiliki aksesibilitas atas perjalanan pelanggan mereka – termasuk perilaku pembelian mereka, saluran komunikasi pilihan, informasi yang mereka akses sebelum mereka memulai percakapan dan pertanyaan-pertanyaan khas yang mereka ajukan, semua data yang pernah dipetakan ini dapat membantu mengoptimalkan perjalanan pelanggan.

(baca juga : Sistem CRM dalam Bisnis Asuransi untuk Kelola Hubungan Pelanggan)

  • Pertimbangkan Pendekatan Platform Digital Penyedia keuangan harus memperluas interaksinya dengan konsumen di seluruh saluran. Mereka harus berusaha menciptakan dan mengintegrasikan ekosistem digital dan melakukan standarisasi pada platform digital yang fleksibel, gesit dan mudah dirawat.
  • Mencari Peluang dalam Data Karena pelanggan siap dan bersedia untuk bertukar data mereka, penyedia keuangan dapat memanfaatkannya. Praktik keamanan identitas yang solid membangun dasar kepercayaan, yang darinya perusahaan dapat mengeksplorasi peluang monetisasi data.
  • Personalisasi Penawaran Dalam perusahaan yang didorong oleh data, penyedia keuangan dapat menawarkan produk yang dipersonalisasi. Dengan menggunakan analitik canggih, mereka dapat mencocokkan tahap kehidupan pelanggan atau kebutuhan keuangan langsung dengan layanan yang disesuaikan.
  • Sederhanakan Perjalanan Pelanggan Dengan berkembangnya omnichannel, fungsionalitas lintas saluran sangat penting bagi pelanggan finansial — yang mungkin memulai transaksi pada satu perangkat dan menyelesaikannya pada perangkat lainnya. Seamlessness adalah kunci untuk fokus pada interaksi pelanggan, bukan pada saluran. Bahkan di arena yang semakin digital, jaringan cabang dapat memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas, memberikan nasihat keuangan, menawarkan kenyamanan dan memudahkan transisi ke saluran digital.

 

 

contoh crm

 

Tujuan CRM dalam Sektor Industri Jasa Keuangan

 

Sistem CRM adalah alat utama tenaga penjualan. Dalam Perusahaan Jasa Keuangan, Perangkat lunak ini memungkinkan untuk merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan meningkatkan seluruh proses penjualan. Dengan bantuan sistem CRM, lebih mudah untuk menyelesaikan tugas-tugas berikut: meningkatkan profitabilitas pelanggan, mengembangkan portofolio produk baru, menambah jumlah produk, memperluas basis klien, dll.

Otomasi pemasaran

CRM memungkinkan karyawan untuk menangkap setiap momen interaksi dengan klien dan dengan mudah menyimpan semua hasil. Selanjutnya, pemasar dapat menggunakan riwayat interaksi yang terakumulasi untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran berorientasi klien yang lebih efektif, menggunakan saluran komunikasi yang paling nyaman dengan klien.

Otomatisasi layanan

CRM memungkinkan bank untuk mengelola permintaan pelanggan, layanan, dan perutean di dalam perusahaan. Berkat ini, semua permintaan diproses tepat waktu, dan selalu memungkinkan untuk mengetahui status permintaan mereka saat ini.

Manajemen kinerja

Perangkat lunak manajemen layanan keuangan profesional membantu mengatur tugas dan jadwal manajer bank secara efektif. Dengan sistem seperti itu, kepala departemen akan memiliki kemampuan untuk memonitor semua tindakan manajer yang mencakup panggilan, pesan, rapat, dll. Ini memungkinkan untuk menganalisis dan meningkatkan proses penjualan, segera mengidentifikasi kemacetan dalam strategi penjualan. Dengan menggunakan sistem CRM, administrasi bank dapat memastikan bahwa semua karyawan, baik yang berpengalaman maupun yang baru datang. Baik di kantor pusat maupun di kantor regional, akan bekerja sesuai dengan proses otomatis yang telah mapan. Dari sudut pandang karyawan, proses CRM akan mengurangi secara signifikan risiko untuk melupakan tugas penting dan melakukan sebagian besar operasi rutin.

Manajemen aliran dokumen

Dalam sistem CRM yang kuat, mudah untuk melacak aliran dokumen: menghubungkan dokumen dengan pelanggan dan pesanan, dan mengatur hubungan antara beberapa dokumen yang berbeda.

Kolaborasi

Layanan canggih CRM pada industri jasa keuangan memungkinkan untuk mengoptimalkan interaksi antara departemen. Misalnya, jika klien VIP, yang merupakan orang tiruan, berlaku untuk salah satu cabang bank sebagai pribadi, CRM akan memungkinkan manajer bank untuk melacak kasus ini dan menawarkan tingkat layanan yang sesuai kepada klien. Contoh lain: seorang pelanggan, yang menelepon ke bank, tertarik dengan persyaratan pinjaman untuk orang-orang artifisial. Berdasarkan hasil komunikasi dengan agen call center, tugas untuk manajer akan dibuat secara otomatis. Selanjutnya, ketika melakukan pinjaman, sistem CRM membuatnya lebih mudah untuk mengelola proses peninjauan kasus kredit ini di departemen hukum bank, departemen evaluasi, departemen keamanan dll., Memastikan kecepatan dan kelengkapan transfer informasi.

 

Penggunaan CRM dalam Industri Jasa Keuangan

 

Dari perbankan ke manajemen aset dan pasar modal hingga asuransi, CRM memungkinkan perusahaan jasa keuangan bekerja secara kohesif di kantor depan, kantor menengah, dan kantor belakang untuk mengembangkan hubungan klien yang lebih dalam, memaksimalkan nilai klien dan memberikan layanan pelanggan kelas dunia.

  1. Visibilitas Menyeluruh tentang Pelanggan CRM memberi tim penjualan dan layanan Anda, informasi lengkap pelanggan Anda dengan solusi pemasaran, penjualan dan layanan tunggal yang terintegrasi dengan sistem Anda yang lain. Berdayakan tim Anda untuk lebih memahami dan memprediksi kesehatan pelanggan melalui visibilitas ke semua aktivitas dan sejarah pelanggan. Memberikan layanan pelanggan kelas dunia yang membuat mereka kembali untuk melakukan transaksi dengan Anda.
  2. Perbesar Peluang Penjualan Tumbuhkan pendapatan dengan membangun efisiensi yang lebih besar di setiap tahap siklus hidup klien dan temukan peluang untuk menjual-silang dan menjual-lebih banyak produk keuangan lainnya.
  3. Integrasi CRM dengan Sistem Bisnis Integrasikan CRM dengan otomatisasi pemasaran, pemasaran masuk, analisis hubungan, alat manajemen insentif dan banyak lagi. Lengkapi tim penjualan Anda dengan informasi keuangan yang relevan dari aplikasi ERP dan sistem keuangan bisnis Anda. Mudah menyimpan email, kontak, dan rapat pelanggan Anda

 

CRM untuk layanan keuangan

Barantum CRM dalam Industri Jasa Keuangan

 

(Anda juga bisa membaca : Contoh CRM dan Tutorial Cara Kerja CRM Barantum)

Barantum CRM membantu perusahaan pasar modal untuk memperdalam hubungan klien dan mendorong penjualan produk dan layanan sekuritisasi. Dengan menggabungkan informasi pasar yang terfragmentasi dari beragam sumber data internal dan eksternal, Barantum CRM juga memungkinkan Anda untuk segera bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar dan menyesuaikan layanan dengan kebutuhan setiap klien. Dengan informasi yang relevan dan tepat waktu di ujung jari Anda. Anda akan memiliki informasi untuk mengembangkan ide-ide perdagangan dengan cepat dan meningkatkan volume transaksi dan keuntungan. Barantum CRM membantu Anda dengan cepat menyaring informasi utama yang dapat ditindaklanjuti dari data yang dihasilkan oleh umpan berita, pembaruan pasar, dan publikasi penelitian internal sambil memfasilitasi komunikasi klien berkecepatan tinggi melalui daftar panggilan yang dinamis dan diprioritaskan secara cerdas dengan pengambilan data yang efisien.

Barantum CRM menyediakan informasi strategis tentang klien termasuk KPI (Key Index Performance) dan SLA (Service Level Agreement), serta deteksi kesenjangan layanan dan identifikasi peluang pertumbuhan. CRM Barantum juga dirancang untuk menghilangkan silo dan memfasilitasi kolaborasi lintas penjualan, perdagangan, dan penelitian sambil tetap berpegang pada protokol visibilitas dan transparansi data yang ketat, dan memastikan klien yang konsisten pengalaman.

Barantum CRM didasarkan pada standar terbuka dan diintegrasikan dengan berbagai sistem bisnis dan sumber data (sistem perdagangan, analisis teknis, platform charting, dll.) Untuk memberikan informasi yang relevan dan real-time kepada pengguna tentang pergerakan dan tren pasar.

Coba Aplikasi CRM Barantum Gratis selama 14 hari, kunjungi www.barantum.com

Lihat informasi CRM lainnya dari Google

 

In this article

Join the Conversation

nineteen − 13 =