Persiapkan hal-hal berikut sebelum Anda mengintegrasikan WhatsApp ke CRM

Ada dua teknologi populer yang pebisnis gunakan saat ini untuk meningkatkan bisnis mereka, yaitu WhatsApp Business API dan CRM. Keduanya memiliki perannya masing-masing. WhatsApp membantu Anda dalam menjaga komunikasi dan layanan terhadap pelanggan. CRM membantu Anda dalam mengatur data pelanggan serta melacak aktivitas penjualan.

Jika Anda telah menggunakan keduanya secara terpisah, Anda akan tahu bahwa harus  beralih di antara keduanya tidak terlalu efisien. Kabar baiknya adalah, WhatsApp memungkinkan integrasi CRM sehingga Anda dapat mengkonsolidasikan upaya hubungan pelanggan Anda ke dalam satu saluran tunggal untuk alur kerja yang lebih efektif. Dengan begitu, agen Anda dapat bekerja lebih efisien, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan retensi pelanggan, mendorong penjualan, dan pada akhirnya mengembangkan bisnis Anda.

Sebelum Anda mengintegrasikan WhatsApp API Anda ke CRM, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

Baca juga: Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

1. Mendaftarkan nomor API WhatsApp

Mengintegrasikan WhatsApp dengan CRM memerlukan akun API WhatsApp. Karena akun WhatsApp API ditautkan ke nomor telepon, nomor yang digunakan harus yang valid dan dimiliki oleh bisnis.

Tidak seperti aplikasi WhatsApp biasa (baik itu pribadi atau WhatsApp Business), nomor yang digunakan untuk API dapat berupa nomor telepon rumah atau ponsel. Selama itu mampu menerima panggilan suara atau SMS.

Jika Anda sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business gratis dan meningkatkan ke API WhatsApp, Anda dapat mentransfer nomor tersebut ke API. Namun, ini akan memerlukan penghapusan akun asli yang disiapkan untuk aplikasi WhatsApp Business.

Juga, perhatikan bahwa nomor API WhatsApp bawaan tidak dapat dipindahtangankan. Ini berarti bahwa setelah Anda memilih nomor untuk API WhatsApp Anda, nomor tersebut tidak dapat digunakan untuk akun WhatsApp API lainnya.

2. Batasan pesan

Mengintegrasikan CRM Anda dengan WhatsApp berarti berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui aplikasi obrolan paling populer di dunia, yang kemungkinan besar sudah aktif.

Mengingat basis pengguna WhatsApp sebanyak dua miliar, Anda mungkin berpikir bahwa itu akan membuat saluran pemasaran yang hebat. Meskipun mungkin ideal untuk menyebarkan pesan promosi dan meningkatkan kesadaran merek, jalan pintas dalam bisnis hampir tidak pernah ada. Jadi, Anda harus tetap berhati-hati.

Pertama-tama, memiliki nomor WhatsApp pelanggan di file tidak berarti Anda diizinkan untuk mengirim pesan kepada mereka secara bebas. Itu karena perpesanan WhatsApp API hanya melalui keikutsertaan.

Sesuai kebijakan WhatsApp, yaitu:

Untuk memulai pesan WhatsApp kepada seseorang, Anda harus terlebih dahulu menerima izin keikutsertaan yang mengonfirmasi bahwa mereka ingin menerima pesan berikutnya dari Anda di WhatsApp. Keikutsertaan harus

  • Secara jelas menyatakan bahwa orang tersebut memilih untuk menerima pesan dari Anda melalui WhatsApp 
  • Secara jelas menyebutkan nama bisnis Anda.

WhatsApp juga menyatakan bahwa pesan yang diprakarsai oleh bisnis harus apa yang disebut “template pesan”, yang pada dasarnya adalah pesan transaksional. Contoh pesan transaksional termasuk maskapai yang memberi tahu penumpang tentang perubahan penerbangan, pembaruan pengiriman e-commerce, konfirmasi pengembalian dana, dan banyak lagi. Dengan kata lain, pesan pemasaran massal atau pesan berbau promosi sangat dilarang.

Baca juga: Inilah Manfaat WhatsApp Business API yang Wajib Anda Ketahui

3. Mematuhi hukum privasi data

Salah satu manfaat mengintegrasikan CRM Anda dengan WhatsApp adalah kemudahan menjalankan dukungan pelanggan dengan menggunakan kotak masuk pesan bersama yang dapat diakses oleh banyak agen. Namun, penting untuk memastikan bahwa penggunaan Anda mematuhi kebijakan bisnis WhatsApp.

Singkatnya:

  • Anda bertanggung jawab untuk memperoleh izin yang diperlukan untuk mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan data pelanggan
  • Setiap data yang dikumpulkan hanya boleh digunakan untuk mendukung pengiriman pesan
  • Jangan meminta pelanggan untuk membagikan informasi sensitif seperti informasi pribadi dan keuangan
  • Jangan mengirim dan meminta informasi terkait kesehatan
  • Jangan berbagi informasi pelanggan dengan pelanggan lain

Untuk informasi lebih lanjut, kami menyarankan Anda membaca halaman Kebijakan WhatsApp Business secara menyeluruh. Selain kebijakan WhatsApp, mungkin ada undang-undang privasi lokal yang mungkin perlu Anda patuhi, seperti GDPR di Uni Eropa.

Mengingat sensitivitas masalah ini dan hukuman berat yang mungkin timbul dari pelanggaran peraturan ini, ini jelas sesuatu yang ingin Anda selesaikan sebelum mengintegrasikan CRM Anda dengan WhatsApp.

4. CRM yang menawarkan integrasi WhatsApp

aplikasi crm terbaik indonesia

Mungkin salah satu hal terpenting untuk dipertimbangkan adalah apakah CRM yang Anda gunakan (atau sedang pikirkan untuk digunakan) kompatibel dan cocok untuk integrasi WhatsApp.

Kabar baiknya adalah, WhatsApp dapat diintegrasikan dengan sebagian besar CRM terkemuka di pasar. Contoh CRM yang dapat mengintegrasikan WhatsApp Business API:

Meskipun CRM berbeda satu sama lain, manfaat mengintegrasikan WhatsApp dengan mereka sebagian besar serupa.

Seperti disebutkan sebelumnya, ini menyediakan kotak masuk pesan bersama yang memungkinkan akses ke beberapa anggota tim. Ini juga memfasilitasi pengiriman pesan broadcast dan Anda juga dapat mengelola dan memfilter kontak WhatsApp Anda dengan lebih mudah.

5. Mengakses WhatsApp Business API

Selain memiliki akun dengan CRM pilihan Anda, prasyarat lain untuk mengintegrasikannya dengan WhatsApp adalah—Anda dapat menebaknya— ya, memiliki WhatsApp Business API.

Untuk mendapatkan akses ke WhatsApp Business API, Anda harus mendaftar ke WhatsApp sendiri untuk mendapatkan akun API dan kemudian mendapatkan persetujuan.

Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri dengan membuka halaman pengembang Facebook, prosesnya begitu teknis, membosankan, dan belum lagi memakan waktu. Jika Anda berpengalaman dalam bidang ini atau memiliki tim pengembang web yang dapat membantu, lakukanlah.

Jika tidak, cara terbaik untuk mengajukan akses adalah melalui Penyedia Solusi Bisnis (BSP) atau mitra resmi WhatsApp. Tidak hanya prosesnya yang lebih cepat, aplikasi yang dikirim oleh WhatsApp BSP juga seringkali memiliki tingkat penerimaan yang lebih tinggi. Selain itu, WhatsApp BSP juga dapat membantu menyiapkan antarmuka Anda dan integrasi WhatsApp lainnya yang mungkin Anda perlukan untuk bisnis Anda.

Barantum adalah WhatsApp BSP resmi dan terverifikasi dan tujuan kami adalah membantu Anda membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Baca juga: CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

Integrasikan WhatsApp API Anda ke Barantum CRM

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda.

  • Kami mendukung Anda. Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date, sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama kami. Saat Anda menghubungkan WhatsApp API dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server kami di Jakarta.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbot, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform. Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk Obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Barantum CRM dapat membantu Anda, Anda dapat mengajukan permohonan uji coba gratis.

Barantum

Baca juga:

WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

Apa itu Verified Badge Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang