Penjelasan dan Penerapan Key Performance Indicator

KPI (Key Performance Indicator) adalah sebuah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Dalam mendapatkan penilaian yang akurat, Anda memerlukan sebuah sistem yang dapat mencatat seluruh aktivitas karyawan Anda. Oleh sebab itu, untuk menjawab persoalan tersebut, Anda bisa menggunakan CRM omnichannel untuk penilaian KPI.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu KPI dan bagaimana cara penerapannya, yuk simak artikel berikut ini!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu KPI dan Contohnya?

KPI adalah ukuran untuk mengukur kinerja dan sukses dari suatu organisasi atau proyek tertentu. Sehingga dapat membantu memastikan bahwa organisasi atau proyek sedang bergerak ke arah tujuannya dan memantau progres secara teratur.

Berikut adalah beberapa contoh KPI dalam berbagai industri:

  • Bisnis: Tingkat penjualan, tingkat pengembalian investasi, tingkat kepuasan pelanggan, tingkat efisiensi operasi, tingkat konversi website, dan tingkat tingkat retensi pelanggan.
  • Teknologi: Tingkat uptime sistem, tingkat keamanan, tingkat produktivitas tim, tingkat waktu tanggap masalah, dan tingkat waktu pemulihan.
  • Pendidikan: Tingkat tingkat keberhasilan siswa, tingkat tingkat kepuasan orang tua dan siswa, serta tingkat tingkat pengembangan fasilitas dan sumber daya.
  • Kesehatan: Tingkat tingkat pelayanan pasien, tingkat tingkat kepuasan pasien, tingkat tingkat pemulihan pasien, dan tingkat tingkat keberhasilan prosedur medis.
  • Keuangan: Tingkat tingkat pengembalian investasi, tingkat tingkat likuiditas, tingkat tingkat profitabilitas, dan tingkat tingkat efisiensi operasi.
  • Manufaktur: tingkat tingkat efisiensi produksi, tingkat tingkat kualitas produk, tingkat tingkat on-time delivery, dan tingkat tingkat kepuasan pelanggan.
  • Ritel: tingkat tingkat penjualan per satuan area, tingkat tingkat kepuasan pelanggan, tingkat tingkat tingkat retensi pelanggan, dan tingkat tingkat pengembalian barang.

Mengapa Diperlukan Adanya KPI?

Key Performance Indicator diperlukan untuk mengukur kinerja suatu organisasi, departemen, atau individu. Sehingga membantu memastikan bahwa organisasi atau individu bergerak menuju tujuannya dan memonitor progres mereka dalam mencapai tujuannya. Selain itu, juga berguna untuk membandingkan kinerja dalam periode waktu yang berbeda dan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

Secara singkat, KPI membantu menentukan apakah organisasi atau individu berhasil mencapai tujuannya, memonitor progres mereka, dan memastikan bahwa mereka tetap fokus pada hal-hal yang penting.

Siapa Yang Menyusun KPI?

KPI dapat dibuat oleh berbagai jenis orang dan organisasi, tergantung pada apa yang ingin diukur. Sehingga dalam sebuah perusahaan, penilaian sering dibuat oleh departemen strategi, manajemen, atau perencanaan, dan didukung oleh departemen sumber daya manusia, keuangan, atau operasi. Dalam beberapa kasus, penilaian dapat dibuat oleh individu dalam organisasi, seperti manajer, supervisor, atau pemimpin tim.

Secara umum, KPI harus dibuat dengan mempertimbangkan tujuan organisasi atau individu, sumber daya yang tersedia, dan data dan informasi yang dapat dikumpulkan untuk menilai kinerja.

Apa Saja Syarat KPI Yang Baik?

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing persyaratan dari KPI yang baik:

1. Relevan

Penilaian ini harus relevan dengan tujuan dan strategi organisasi atau individu. Sehingga ini berarti bahwa harus memfokuskan pada aspek penting dari kinerja yang mempengaruhi tujuan utama.

3. Dapat Diukur

KPI harus memiliki data dan informasi yang dapat dikumpulkan untuk menilai kinerja dan memonitor progres. Sehingga perlu memastikan bahwa tidak hanya berfokus pada tujuan yang tidak dapat diukur.

4. Realistis

KPI harus realistis dan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Sehingga dapat memastikan bahwa tidak terlalu ambisius dan dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia.

5. Sesuai dengan Waktu

KPI harus memperhitungkan jangka waktu yang tepat untuk mencapai tujuan dan memonitor progres. Dengan begitu, ini memastikan penilaian tersebut memiliki periode waktu yang sesuai untuk memonitor dan menilai kinerja.

7. Dapat Dibandingkan

Penilaian harus memungkinkan perbandingan antara kinerja dalam periode waktu yang berbeda. Dengan begitu, dapat memastikan bahwa memiliki nilai yang sama dalam jangka waktu yang berbeda dan mempermudah perbandingan kinerja.

8. Dapat Membantu Mengambil Keputusan

Syarat lainnya, yaitu KPI juga membantu mengambil keputusan. Sehingga dapat memastikan bahwa KPI bukan hanya sekedar ukuran kinerja, tetapi juga membantu dalam pengambilan keputusan.

9. Selalu Diperbarui

KPI perlu diperbarui dalam periode tertentu. Sehingga memastikan penilaian tidak menjadi ketinggalan zaman dan mempertimbangkan perubahan yang mungkin terjadi dalam tujuan dan strategi organisasi.

Dengan memenuhi persyaratan-persyaratan ini, penilaian akan menjadi alat yang berguna dan efektif untuk memonitor kinerja, membuat keputusan, dan mencapai tujuan.

Apa Manfaat Dari Adanya KPI?

Berikut beberapa manfaat dari adanya KPI, yaitu:

1. Membantu Menentukan Prioritas dan Fokus

KPI membantu menentukan apa yang perlu menjadi prioritas dan fokus dalam suatu organisasi. Ini memungkinkan organisasi untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif dan memastikan bahwa setiap orang bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

2. Menyediakan Ukuran Kinerja Yang Objektif

KPI memungkinkan organisasi untuk mengetahui apakah mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan mereka atau tidak.

3. Membantu Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan

KPI membantu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan suatu organisasi. Sehingga dapat memperbaiki kelemahan dan memanfaatkan kekuatannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Membantu Menentukan Tujuan dan Sasaran

Dengan menggunakan KPI, organisasi dapat memastikan bahwa tujuan dan sasaran yang ditetapkan realistis dan terukur, sehingga lebih mudah untuk mencapainya.

6. Membantu Meningkatkan Motivasi dan Komitmen

Dengan menggunakan KPI, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang menantang dan mengaktifkan karyawan untuk terus meningkatkan kinerja mereka. Ini dapat meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan terhadap organisasi.

Kini terdapat sistem yang dapat mempermudah Anda untuk mengukur KPI. Anda dapat dengan mudah membuat KPI dan mengoptimalkannya dengan menggunakan CRM. Di dalam sistem CRM, seperti Barantum terdapat fitur manajemen aktivitas sehingga menyimpan data tiap pekerjaan staf Anda secara valid. Laporan CRM pun bisa Anda monitor secara real time

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".