Penjelasan dan Penerapan Key Performance Indicator

KPI (Key Performance Indicator) itu sendiri adalah sebuah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Dalam mendapatkan penilaian KPI yang akurat, Anda memerlukan sebuah sistem yang dapat mencatat seluruh aktivitas karyawan Anda. Untuk menjawab persoalan tersebut, Anda bisa menggunakan CRM omnichannel untuk penilaian KPI.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu KPI dan bagaimana cara penerapannya, yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian KPI (Key Performance Indicators)

KPI atau Key Performance Indicators adalah sebuah metrik untuk mengevaluasi kesuksesan bisnis Anda. Ini juga mendorong produktivitas tim agar semakin maju dan dapat mencapai target perusahaan.

Sebagai alat bantu, KPI tentunya tidak berdiri sendiri. KPI perlu berkolaborasi dan berintegerasi dengan alat lainnya supaya mampu menjadi pembimbing organisasi dalam mancapai tujuan. Salah satu hal terpenting yang bisa jadi teman kolaborasi dan berintegrasi dengan baik dengan KPI adalah data.

KPI diukur dalam periode harian, mingguan dan bulanan. KPI yang baik merupakan suatu hal yang penting dan terus menerus mendapat perhatian dari manajemen.

Manfaat Penerapan KPI

1. Manajemen secara keseluruhan

Jika Anda ingin meningkatkan pendapatan, cukup aman untuk menganggap kinerja Anda tepat sasaran, bukan? Hal itu tergantung pada seberapa banyak Anda meningkat dalam persentase dan jumlah rupiah, dan bagaimana hal itu sesuai dengan model pendapatan yang Anda proyeksikan. Apakah pendapatan Anda dari pelanggan yang sudah ada lebih besar daripada pendapatan Anda dari pelanggan baru? Jika demikian, mengapa? Bagaimana Anda dapat mengubah strategi pemasaran dan penjualan Anda untuk memperkecil kesenjangan?

2. Pemasaran

Bahkan sebelum Anda mulai menilai KPI pemasaran Anda, sangat penting untuk memahami bagaimana Anda mendefinisikan prospek Anda. Apakah Anda memiliki kriteria untuk prospek seperti ‘baik’ dan ‘buruk’? Apa saja parameternya? Jika Anda menghitung prospek buruk dengan prospek bagus, Anda tidak mendapatkan cerita sebenarnya. Setelah Anda memutuskan apa yang membuat prospek ‘baik’.

3. Penjualan

Tim penjualan memiliki banyak pertimbangan untuk analisis indikator kinerja utama.Mulailah dengan analisis gambaran besar dan kemudian menjadi lebih terperinci. Cari pola dalam data Anda untuk mengetahui bagaimana KPI ini memengaruhi kesuksesan Anda. Jangan ragu untuk menyesuaikannya agar sesuai dengan bisnis spesifik Anda juga.

4. Dukungan teknis (technical support)

Melihat KPI yang tepat untuk dukungan teknis sangat penting apakah Anda memberikannya kepada pelanggan, atau dukungan teknis internal untuk tim Anda. Semakin efisien dukungan teknis Anda, semakin banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan semua orang.

5. Akuntasi/keuangan

Mulailah dengan KPI inti ini untuk akuntansi dan keuangan. Kemudian, tambahkan metrik khusus untuk bisnis Anda untuk mendapatkan penilaian terbaik.

6. Pelayanan pelanggan

Mengoptimalkan pengalaman pelanggan Anda sangat penting karena seperti yang kita semua tahu, semakin baik pengalaman pelanggan, semakin banyak loyalitas yang Anda bangun. KPI untuk layanan pelanggan kurang terfokus pada uang dan lebih banyak pada jumlah interaksi dan tindak lanjut.

omnichannel kelola data pelanggan

Langkah-langkah Penerapan KPI

1. Mempunyai tujuan yang jelas

Sebuah indikator kinerja utama harus mempunyai panduan yang jelas dan membuat siapapun yang membaca atau menghitungnya dapat menafsirkan data dengan benar. Tujuan dari KPI harus bersifat jelas dan strategis. Strategis yang dimaksud merujuk kepada bagaimana strategi yang ingin dicapai dan diukur dapat menilai bagaimana sebuah organisasi mengeksekusi visi dan misi yang dimiliki.

2. Merinci tujuan

Target harus realistis, perubahan proses bisnis membutuhkan waktu untuk diterapkan. Pada tahap awal pemantauan KPI, sebaiknya fokus pada target jangka panjang dengan pemantauan jangka menengah. Apa targetnya?Kapan target harus tercapai dan bagaimana caranya? Hal itu perlu direncanakan sebaik mungkin.

3. Mengumpulkan data

Pengukuran KPI merupakan pengukuran yang bersifat kuantitatif. Oleh karena itu, dalam menentukan Key Performance Indicator memerlukan data konkret dan valid. Hal ini dapat membantu pengukuran indikator secara tepat dan akurat.

4. Membuat rumus KPI

Beberapa KPI hanya berisi satu metrik atau ukuran saja. Buatlah rumus yang sesuai. Setelah itu, selalu uji rumus tersebut untuk melihat apakah hasil yang didapat sesuai dengan realisasi atau tidak.

5. Menyajikan KPI

Untuk mengkomunikasikan Key Performance Indicator Anda secara efisien, Anda perlu menerjemahkan data ke dalam visual yang mudah dipahami seperti grafik dan bagan. Berikan pengarahan terhadap seluruh karyawan tentang proses penghitungan KPI untuk mencapai pola kerja yang efektif dan tepat sasaran.

Cara Akurat Membuat Penilaian KPI

Anda dapat dengan mudah membuat KPI dan mengoptimalkannya dengan menggunakan CRM omnichannel. Software ini sejatinya adalah sebuah alat untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Namun, di dalamnya terdapat berbagai fitur untuk memaksimalkan penjualan Anda, termasuk membuat KPI sales. CRM sebagai software penunjang aktivitas bisnis Anda, juga mempunyai peran penting dalam mengoptimalkan KPI. Dengam menggunakan CRM, Anda dapat mengukur tingkat keberhasilan Anda dalam mencapainya.

Barantum CRM, Pilihan Tepat untuk Bantu Penerapan KPI Bisnis Anda

Memilih Customer Relationship Management yang tepat turut menentukan keefektifan KPI Anda. Kami menyarankan Anda menggunakan Barantum CRM yang memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh. Sehingga Anda dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin Anda pantau sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Barantum CRM memiki beberapa fitur yang akan mendukung pengoptimalan KPI Anda, seperti:

– Customization

Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Dashboard CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan proses bisnis Anda.

– 360 view dan analisa laporan cerdas

Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

– Live GPS dan aplikasi CRM Mobile gratis

Memiliki fitur Live GPS secara real-time, yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet.

– Omnichannel & WhatsApp Business API

Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk customer service.

Manfaat CRM untuk Penilaian KPI

Pilihlah aplikasi CRM yang tepat untuk membantu penilaian KPI karyawan Anda. Dalam penilaian KPI, CRM memberikan beberapa manfaat di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Melacak kegiatan dan kinerja anggota timDengan begitu, Anda bisa melihat apakah mereka masih ada di jalur yang tepat dengan motivasi yang baik atau tidak.
  • Meningkatkan efisiensi kerja tim penjualan karena adanya sistem otomatisasi yang dijalankan pada aplikasi. Segala sesuatunya tidak perlu dilakukan secara manual lagi.
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik terhadap strategi penjualan berikutnya.
  • Memperbaiki fokus tim penjualan Anda pada indikator yang paling penting dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.
  • Fleksibel terhadap pertumbuhan bisnis yang terkadang ada di luar ekspektasi.

CRM terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Bagaimana Siklus Penjualan Dapat Meningkatkan ROI
  2. Cara Memaksimalkan KPI dan Produktivitas Dengan CRM
  3. Penilaian Sales Lapangan yang Adil dan Tepat dengan CRM
  4. Cara Maksimalkan Customer Experience Dengan Omnichannel
  5. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments