Manfaat Aplikasi CRM untuk Bisnis model B2B

Aplikasi CRM untuk b2b

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis B2B

 

Sebelum kita memahami Manfaat Aplikasi CRM di B2B, akan lebih baik jika kita memiliki pemahaman yang cukup baik tentang B2B. Apa itu B2B, tepatnya adalah sesimple “bisnis ke bisnis,” yang mengacu pada perusahaan mana pun yang terutama berfokus pada penjualan produk dan layanan ke bisnis lain daripada ke konsumen individual. B2B tidak lain adalah aktivitas bisnis yang dilakukan oleh dua entitas bisnis dan bukan antara pusat bisnis dan pelanggan. Tidak ada keraguan bahwa nilai transaksi dan volume transaksi jauh lebih tinggi di B2B jika dibandingkan dengan penjualan bisnis dengan pelanggan individu. Karena itulah kompleksitas dan tantangan yang terlibat dalam kegiatan B2B sama sekali berbeda dari yang ada di B2C. Bila kita bandingkan, b2b terkadang tidak bisa sama baik dalam hal skala dan juga metode bila dibandingkan dengan strategi hubungan pelanggan dalam B2C. Pada artikel kali ini kita akan membahas maanfaat dan pentingnya Aplikasi CRM dalam bisnis B2B.

baca juga Manfaat CRM Yang Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

 

Apakah Aplikasi CRM Bermanfaat Untuk Transaksi B2B?

 

Karena volume transaksi cukup tinggi dan nilai per transaksi jauh lebih tinggi, ada pertanyaan umum yang sering muncul di benak Anda. Apakah aplikasi CRM benar – benar di butuhkan untuk transaksi B2B? Jawabannya adalah ‘ya’ karena sejumlah alasan. Meskipun jumlah penggunanya mungkin tidak sebesar pelanggan ritel, akan selalu ada kebutuhan untuk memantau pembeli mengingat skenario bisnis yang kompetitif yang dilakukan oleh penjual. Sebagai titik awal, meskipun jumlah pembeli sedikit, penting untuk memiliki basis data yang sama. Ini adalah suatu keharusan dan jika penjual tidak memiliki database mereka harus segera memulai. Ini adalah dasar di mana aplikasi CRM terbaik dikembangkan. Tanpa database, perusahaan akan meraba-raba dalam kegelapan dan akan menembakkan tembakan buta di udara.

baca juga Manfaat Aplikasi CRM bagi Perkembangan Bisnis Anda

software crm b2b

 

Mengapa Software CRM dalam B2B Sangat Bermanfaat

 

Seperti halnya software CRM untuk pelanggan individu, tentu ada sejumlah manfaat penggunaan aplikasi CRM untuk B2B. Pertama dan yang paling utama ialah, seperti yang disebutkan di atas, aplikasi CRM akan membantu untuk menyimpan informasi dalam database yang mudah diambil. Tanpa CRM maka seluruh data akan tersimpan secara acak. Banyak perusahaan B2B masih ketinggalan dalam hal ini. Sebagian besar karena rasa puas diri dan kenyataan bahwa mereka hanya memiliki segelintir pelanggan untuk ditangani. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa pelanggan ini berkontribusi terhadap keseluruhan omset mereka dalam hal volume dan nilai. Oleh karena itu sangat penting untuk memantau kebiasaan pembelian mereka dengan sangat cermat dan teliti. Apabila data tersebut hilang walaupun detail kecil itu merupakan hal yang sangat berharga. Bahkan jika satu pembeli keluar sementara dan mulai membeli dari beberapa pemasok lain, hal itu dapat membuat penyimpangan besar dalam keseluruhan penjualan dan pendapatan bagi penjual.

 

Software CRM dalam B2B Membantu Organisasi Jadi Lebih Efisien

 

Ketika Anda memutuskan untuk membeli Aplikasi CRM untuk usaha B2B Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan semua informasi yang terkait dengan pelanggan Anda di satu tempat dan akan lebih baik lagi  dalam satu server. Ini akan sangat membantu dalam penyimpanan informasi yang lebih baik dan pengambilan data yang mudah. Informasi tersebut akan disimpan dalam mode dan perangkat penyimpanan elektronik. Dibandingkan anda bergantung pada spreadsheet excel dan mode penyimpanan primitif lainnya. Pengorganisasian data sangat penting jika Anda ingin memantau pembeli Anda. Ketika data disimpan secara terpusat, tidak akan ada masalah untuk mengambilnya kapan saja. Semua pemangku kepentingan dapat melihat informasi hanya dengan mengklik tombol. Mengorganisir data Anda merupakan alasan terbesar mengapa bisnis B2B harus mengintegrasikan software CRM.

 

Modul CRM Bermanfaat Membantu Melacak Kemajuan atau Regresi

 

Sebagai tenaga penjualan, informasi mengenai pergerakan produk secara real time, perilaku pembeli, dan pola pembelian merupakan hal yang sangat penting. Ini harus tersedia secara instan sehingga tindakan pencegahan dan penyesuaian yang tepat dapat dilakukan tanpa kehilangan waktu. Ini akan membantu tim pemasaran mengetahui apakah mereka bergerak sesuai dengan tujuan utama mereka. Tujuannya bisa jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Oleh karena itu hanya aplikasi CRM yang dibuat dengan baiklah yang dapat membantu tim pemasaran dan penjualan. Lingkungan bisnis juga selalu berubah – ubah. Karena itu, ketersediaan informasi yang tepat waktu melalui modul CRM yang sudah teruji tentu akan membantu Perusahaan untuk berenang melawan arus apabila diperlukan.

baca juga 8 Langkah Agar Bisnis Anda Naik Level Dengan Aplikasi CRM

Manfaat CRM Membantu Mengidentifikasi & Mendefinisikan Peran

 

Setiap upaya pemasaran dan penjualan akan berhasil hanya jika ada peran yang terdefinisi dengan baik untuk masing-masing tenaga pemasaran dan penjualan. Selain mendefinisikan peran, mudah juga untuk mengidentifikasi orang atau kelompok yang bertanggung jawab atas peran dan tanggung jawab spesifik mereka. Ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan modul CRM yang dipikirkan dengan matang dan terstruktur dengan baik untuk perusahaan B2B Anda. Ini harus benar-benar otomatis dan peran serta tanggung jawab harus tersedia dengan satu klik tombol. Dengan begitu akan menghemat waktu berharga yang sangat penting dalam skenario bisnis yang sangat kompetitif saat ini.

bisnis b2b

Manfaat Aplikasi CRM membantu Berbagi Informasi dalam Perusahaan

 

Alasan penting lainnya mengapa Anda harus memiliki modul CRM yang baik untuk usaha B2B adalah, bahwa Anda akan dapat menarik informasi yang relevan terlepas dari lokasi atau hierarki tempat Anda berada. Tidak hanya akan membantu tim pemasaran tetapi juga akan berguna bagi tim sumber daya manusia, tim akuntansi dan yang lainnya. Ini akan membantu seluruh perusahaan untuk bekerja sebagai sebuah tim dengan satu tujuan spesifik. Sebagai contoh, seorang staf penjualan akan dapat belajar lebih banyak tentang kejadian terbaru di pasar sehingga kekuatan pemasaran secara keseluruhan akan dapat meningkat secara dramatis. Last but not least, ketika Anda memiliki CRM yang tepat untuk bisnis model B2B itu akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan basis pengetahuan di seluruh departemen dan lintas hierarki dalam perusahaan.

Strategi Pemasaran dengan CRM

Software Aplikasi CRM Barantum

 

Dalam hampir semua jenis bisnis, peluang penjualan sangat bergantung pada komunikasi yang tepat pada waktu yang tepat dengan pelanggan yang tepat. Karena Aplikasi CRM pada dasarnya adalah kerangka kerja atau strategi untuk mengelola interaksi pelanggan dan melacak respons pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi (misalnya, Jejaring sosial, website, email, telepon). Ini akan memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan tiap kesempatan yang ada karena apabila kesempatan itu terlewatkan, mungkin tidak akan pernah kembali lagi. Itulah mengapa Aplikasi CRM merupakan asset yang sangat berharga untuk mengidentifikasi peluang yang tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh bisnis B2B dan juga B2C.

Artikel lainnya tentang Aplikasi CRM disini

Anda bisa mencoba aplikasi CRM gratis selama 14 hari, dengan mendaftar free trial pada situs Barantum.com. Dengan mendaftar free trial Anda bisa melihat, belajar dan bahkan langsung menerapkan aplikasi CRM dalam proses bisnis Anda. Anda bisa mempelajari fiturnya, dan merasakan keuntungannya menggunakan Aplikasi CRM dalam perusahaan Anda.

Contoh CRM dan Tutorial Cara Kerja CRM Barantum

Simak juga ilustrasi video manfaat dan pentingnya CRM untuk bisnis Anda

0 Shares
In this article

Join the Conversation