BISNIS MARKETPLACE MAKIN LANCAR DENGAN APLIKASI WHATSAPP BUSINESS API

Saat ini siapa  yang tidak suka dengan belanja online. Bisa di katakan sejak adanya pandemi covid berkecamuk di Indonesia, serta mengganggu jalannya perputaran ekonomi baik mikro maupun makro.  Jelas telah terjadi pergeseran dan perubahan  tren belanja yang ada di Indonesia.  Sehingga saat ini industri marketplace bisa di katakan sedang “ kebanjiran “ keuntungan di banding retail modern yang dahulu sempat berjaya.

 

Kalau kita melihat dan membandingkan beberapa marketplace  yang ada di Indonesia. Maka kita bisa melihat setidaknya di tahun 2021 berdasarkan data Similarweb, ada 10 marketplace yang terbilang sukses menyasar potensial market  yang ada di Indonesia.  Mereka adalah  : Marketplace Tokopedia menguasai 32,04% dengan pengunjung bulanan 126,4 juta Q1 2021. Shoppe porsi trafficnya mencapai : 29,73% dengan jumlah pengunjung 117 juta kunjungan perbulannya. Baru selah itu di susul oleh Bukalapak (kunjungannya ada 7,79% sekitar : 31.27 juta), Lazada traficnya 7,45%. Terkait jumlah  trafiknya  7,45% dengan pengunjung 28,20 juta dan yang terakhir adalah  dan Bli bli ( kunjungannya kisaran 4,86% pada Maret 2021 dengan jumlah kunjungan 18,52 juta.

Sementara untuk peringkat 6-10 dari marketplace yang ada di Indonesia adalah : IPrice, Amazon, Ralali, Cekresi dan terakhir peringkat ke-10 adalah JD.ID. Dari kondisi ini kita bisa menilai bagaimana persaingan  di industri Marketplace.

Memang masing-masing marketplace memiliki pangsa pasar sendiri. Tetapi jika kita analisa keragaman produk yang laris manis di industri marketplace di Indonesia.  Kita bisa melihat trennya adalah seperti berikut ini : Produk fashion dan sejenisnya, produk elektronik, produk Ibu dan Anak,  serta produk Kesehatan dan Kecantikan.   Dimana saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi membuat industri marketplace makin memiliki beragam keunggulan yang  bisa di tawarkan kepada customer loyalnya.   Dimana salah satu teknologi yang bisa mendukung perkembangan tersebut adalah Whatsapp Business API.

Sehingga berkat kondisi itulah, pada akhirnya Manajemen Whatsapp Business API selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas Fitur dan Layanannya bagi customer loyal yang selalu menggunakan aplikasi Whatsapp Business API.

 

3 FITUR ISTIMEWA WHATSAPP BUSINESS API,  GUNA MENINGKATKAN REVENUE BAGI PELAKU INDUSTRI MARKETPLACE

Baca juga artikel berikut : INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

Sekalipun sudah sangat populer, tetapi Manajemen Whatsapp tetap selalu melakukan inovasi dalam bisnisnya. Seperti  yang belum lama ini di kembangkan oleh Manajemen Whatsapp. Sebuah pendekatan bisnis yang selalu menjadi acuan Manajemen Whatsapp dalam berinovasi.  3 Fitur istimewa inilah yang pada akhirnya mempermudah pelaku industri bidang marketplace dalam meningkatkan revenuenya  bagi perusahaan.

Yang terbaru adalah aplikasi   Whatsapp Business API dengan 3 fitur berikut yang akan membuat metode dan sistem operasional bisnis anda menjadi lebih mudah dan menarik. Kenapa, karena ke-3 fitur tersebut memang di kembangkan berdasarkan kebutuhan pasar terhadap adanya sistem komunikasi yang lebih baik.

FITUR BERBELANJA

Fitur ini sengaja di kembangkan guna meningkatkan performance pelaku bisnis dalam menyediakan aktivitas promosi dari produk-produk yang sedang di pasarkan. Harapannya adalah dengan adanya fitur tersebut makin memudahkan customer atau calon pembeli untuk melihat produk-produk apa saja  yang sedang di publist serta spesifikasi dari produk tersebut. Yang menarik lagi adalah fitur ini bisa di integrasikan dengan solusi  perdagangan dan solusi pelanggan yang sudah mereka miliki. Sehingga  hal ini akan memperkuat sistem  yang mereka sudah jalankan. Fitur ini bisa membantu para pelaku bisnis UMKM yang selama ini terkena dampak pandemi covid.

FITUR LAYANAN HOSTING FACEBOOK

Salah satu integrasi sistem baru  yang juga akan menguntungkan bagi pelaku bisnis adalah, akan terintegrasinya Whatsapp Business dengan aplikasi FACEBOOK.  Caranya adalah, pihak Manajemen Whatsapp menyediakan opsi dalam hal pengelolaan pesan yang masuk melalui Facebook. Sehingga dengan adanya integrasi  Whatsapp dan Facebook  jelas akan menguntungkan pelaku bisnis dari tingkatan kecil dan menengah. Karena mereka bisa melakukan memulai pempromosikan  produknya, menjual produknya serta memperbaiki kondisi dan database inventaris dengan cara merespon dengan baik pesan yang di terima oleh perusahaan.  Sehingga hal itu bisa dilakukan oleh petugas atau  user dimanapun ketika mereka berada.

FITUR PENJUALAN LAYANAN BAGI BISNIS

Memang untuk  fitur yang terakhir  ini ada konsekuensi cost yang mesti di keluarkan. Tetapi tujuannya adalah agar konsentrasi bisnis yang di jalankan oleh para pelakunya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga konsep pengembangan fitur yang di  tujukan untuk meningkatkan bisnis dan menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks dan suara serta video benar-benar bisa menjadi salah satu media komunikasi  yang efektif dan efisien dalam kondisi bisnis yang sedang tidak kondusif  seperti saat ini.

 

BARANTUM CONSERN DALAM MEMBERIKAN SERVICE EXCELLENT KEPADA KLIEN. SALAH SATUNYA DENGAN ADANYA WHATSAPP OFFIICIAL PARTNER INDONESIA.

Tidak heran memang jika pada akhirnya Barantum sebuah perusahaan yang fokus dalam pengembangan produk CRM melakukan kolaborasi bisnis dengan Manajemen Whatsapp. Karena Barantum tahu pemanfaatan  aplikasi Whatsapp Business API sangat berguna bagi kelancaran bisnis pelaku industri marketplace  yang ada di Indonesia.

Karena ada sekitar 6 point penting yang bisa menjadi  bahan untuk pelaku bisnis mengubah orientasi bisnisnya dengan mengoptimalkan penggunaan Whatsapp Business API. Kami menyadari bahwa sebagian besar pengguna akan terus menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Oleh karena itu, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru yang terbaik dan senantiasa melindungi percakapan privat para pengguna. Karena hingga kini, Whatsapp Business API selalu tahu bagaimana caranya melakukan dukungan kepada pelaku bisnis di Indonesia.

Beberapa fitur yang ada di  Whatsapp Business API adalah bertujuan : (a) Meningkatkan jumlah pelanggan (b) Mengurangi biaya pemasaran (c)Mengurangi hambatan untuk tumbuh (d) Manajemen staff operasional yang efisien (e) Mengurangi biaya langganan pelanggan (f) Mengurangi biaya penelitian dan pengembangan.  Dengan beragam keunggulan itulah, yang membuat Barantum semakin yakin untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada klien-klien  yang menggunakannya.

Sejatinya jika kita melihat menariknya Barantum  yang fokusnya adalah perusahaan yang ber gerak dalam bidang CRM ( Customer Relationship Management). Berkolaborasi dengan Manajemen Whatsapp.  Jelas hal ini akan memberikan dukungan positif atau support  menarik bagi para pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Setidaknya dari beberapa keunggulan yang bisa di berikan oleh Whatsapp CRM, selain untuk meningkatkan kualitas komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customer  baik  customer baru ataupun lama. Juga keunggulan lainnya adalah kemampuan Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing untuk meningkatkan performance customer dari regular menjadi loyal customer.  Seperti yang coba kami tampilkan berikut ini ;

  1. Whatsapp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. Whatsapp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. Whatsapp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

In this article

Join the Conversation

twenty − six =