Target Penjualan Dalam Bisnis

Target penjualan dan bisnis, tentu saja kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan. Target penjualan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis, karena target penjualan akan menjadi tolak ukur untuk keberhasilan perusahaan. Dalam bisnis, mencapai target penjualan merupakan tantangan bisnis yang tidak mudah. Namun, bukan berarti menjadi hal yang mustahil.

Apa itu Target Penjualan?

Target penjualan adalah jumlah produk yang harus terjual atau pendapatan penjualan yang harus didapatkan dalam kurung waktu tertentu.

Target penjualan bagi perusahaan berguna untuk pemacu semangat dalam mencapai keuntungan yang telah seluruh tim harapkan. Meskipun tidak ada standar khusus untuk target yang ditentukan, tapi setiap perusahaan wajib menentukan target penjualannya masing-masing untuk mengukur tingkat keberhasilan perusahaan keseluruhan.

Cara Menentukan Target Penjualan

1. Buat target penjualan yang realistis

Buatlah target yang realistis, yaitu menentukan target penjualan yang sekiranya masuk akal untuk dicapai. Lihat lah data penjualan sebelumnya di bulan lalu, dua bulan lalu, tiga bulan lalu dan seterusnya. Cari tahu pola pertumbuhan target penjualan perusahaan sebelumnya.

Periksa juga tim penjualan dan marketing Anda, lihat siapa orang-orang yang bergerak disana, dan cari tahu bahwa Anda yakin bahwa mereka mampu untuk mencapai target tersebut atau tidak.

2. Tetapkan rentang waktu target penjualan

Setelah menentukan titik target penjualan yang ingin dicapai, maka perlu dikontrol dengan menetapkan batas waktu. Menentukan batas waktu target penjualan tersebut untuk dicapai membantu Anda untuk mengukur tingkat pertumbuhan keberhasilan Anda. Misal: target penjualan tahunan, target penjualan bulanan, dan target penjualan mingguan.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kebiasaan atau kebutuhan konsumen dalam menciptakan sistem pemasaran dan produk Anda.

4. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

Di balik bisnis yang berkembang pesat, ada hubungan kerja sama dengan konsumen atau mitra bisnis yang terjalin dengan baik. Hal tersebut karena pada hakikatnya hubungan dengan mitra/konsumen merupakan kerja sama atau gotong royong, baik secara kelompok maupun individual untuk mencapai suatu tujuan usaha yang dilakukan.

Jenis-Jenis Target Penjualan

Target penjualan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Terget penjualan produk

Jenis target penjualan ini secara umum melibatkan keuntungan dari hasil penjualan barang. Target ini melibatkan barang yang bisa dikonversikan dalam mata uang, misalnya rupiah. Dalam setiap usaha, perusahaan tentu memiliki harapan agar barang dan jasa yang dijualnya bisa segera laku.

2. Target persentase distribusi

Target persentase distribusi merupakan jenis target penjualan yang diukur dari keberhasilan perusahaan dalam mendistribusikan produk dari pabrik ke outlet, ritel, atau pengecer.

3. Target promosi

Target promosi merupakan target penjualan yang perusahaan tentukan dari sebuah ajang promosi perusahaan. Ketika perusahaan mengadakan sebuah promosi, maka ada keuntungan yang juga menjadi harapan dari kegiatan tersebut.

crm terbaik indonesia

Cara Menghitung Target Penjualan

Perusahaan akan dianggap berhasil, apalabila ia mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Target penjualan ini dibagi dalam target penjualan untuk harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara menghitung target penjualan bisnis yang tepat dalam perusahaan Anda bekerja, untuk mengukur tingkat keberhasilan Anda dan perusahaan.

1. Menghitung Persentase Penjualan

Pertama Anda dapat menghitung persentase jumlah penjualan terhadap angka target penjualan. Jenis perhitungan ini berfungsi dalam mengevaluasi kinerja sales bisnis Anda terhadap angka target penjualan yang sudah ditentukan.

Dengan perhitungan sebagai berikut:

Total Penjualan / Target Penjualan x 100%

2.  Mencari Minimal Penjualan

Mencari minimal penjualan bertujuan untuk mencari nilai total penjualan produk yang harus dicapai. Hal itu agar dapat melampaui batasan minimal target penjualan yang sudah Anda tentukan. Jenis perhitungan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi untuk nilai penjualai seorang tenaga penjual agar tetap terjaga dan melebihi batas minimal.

Contoh perhitungannya, yaitu:

Persentase Target Minimal Penjualan x Target Penjualan

3. Menghitung target penjualan dalam sebulan

Anda bisa menghitung performa target penjualan produk. Perhitungan ini bertujuan untuk memberikan kompetisi terhadap semua tenaga penjualan supaya mencapai target, atau melebihinya.

Cara menghitungnya dapat dilihat berdasarkan jumlah target penjualan yang diraih oleh sales per bulannya. Misalnya, bulan April sales berhasil meraih penjualan Rp 10 juta, lalu di bulan Mei mampu meraih Rp. 15 juta berarti sales mengalami kenaikan penjualan sebanyak 5 juta atau 50%.

Monitoring Target Penjualan

Monitoring sangat berguna untuk memudahkan dalam pengawasan kinerja tim sales. Walaupun dalam sebuah tim, namun setiap sales secara perorangan tetap memiliki target pribadi yang telah perusahaan tentukan.

Target pribadi tersebut sudah menjadi tanggung jawab pribadi dan harus bisa tercapai pada akhir periode. Perusahaan harus sadar dan mengerti bahwa kerja tim sales tidak mudah karena harus mampu mencapai target dalam tenggat waktu yang telah tim tetapkan.

Dalam melakukan monitoring target penjualan sales, menjadi salah satu pertimbangan dalam mengukur key indicator performance (KPI). Di sisi lain, Anda pun dapat memperhitungkan customer lifetime value bisnis Anda.

Salah satu cara mudah untuk bisnis monitoring salesman terkait kunjungan sales dan mendata seluruh penjualan bisnis Anda dengan valid dan real time, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM, seperti Barantum, yang menjadi salah satu aplikasi CRM terbaik di Indonesia.

Monitoring Target Penjualan Anda dengan Barantum CRM

Untuk membantu memilih software bisnis CRM yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang sangat populer baik bagi kalangan pengusaha korporasi ataupun UKM. Software CRM buatan Barantum.com akan sangat membantu kamu melakukan semuanya dengan mudah, termasuk memonitoring penjualan bisnis.

– Barantum Chat Omnichannel

chat barantum omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komnukasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

– Tampilan 360 derajat dan Laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

– Manajemen Tugas & Lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

– Terintegrasi WhatsApp dan Customer Service

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai Omnichannel Chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp. Fitur ini membuat software CRM ini disebut juga sebagai Omnichannel Customer Service Solutions. Bahkan Anda juga dapat menggunakan Chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

– GPS Tracking

heatmap barantum crm

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

– Mobile App

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

Laporan aktivitas harian tim lebih akurat dan realtime

laporan aktivitas harian

  1. Akses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman.
  2. Tampilan report yang sudah menyesuaikan dengan action yang dibuat.
  3. Pantau performance tiap team lapangan secara akurat.

– Pantau heatmap persebaran pelanggan

heatmao CRM

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman maps

– Survey kebutuhan pelanggan secara realtime

survey kebutuhan pelanggan

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman map

– Sesuaikan tiap form dengan kebutuhan bisnis Anda

penyesuaian from pelanggan

Desain form pada aplikasi barantum sesuai industri dan kebutuhan tim di lapangan.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel:

  1. Aplikasi Monitoring Salesman Terbaik Untuk Bisnis Anda
  2. 11 Tips Memilih Software CRM Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
  3. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  4. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  5. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang