9 STRATEGI MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TEAM SALES DALAM KONDISI COVID

Aplikasi CRM mendapatkan prospek berkualitas

9 STRATEGI MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TEAM SALES DALAM KONDISI COVID

Dalam kondisi covid memang manajemen perusahaan di hadapkan pada dua hal yang cukup menyulitkan. Pertama membatasi aktivitas perusahaan, karena cost operasional dibanding revenue  yang kurang seimbang. Atau justru meningkatkan produktivitas tim sales agar hasilnya bisa maksimal. 


Jika pilihan yang akan di ambil manajemen  nomor satu jelas itu cukup mudah. Karena perusahaan tinggal melakukan efisiensi jumlah SDMnya. Namun dampak negatif bagi SDM yang bersangkutan sudah pasti mereka akan  mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.  Beda jika yang di pilih adalah nomor kedua, yaitu perusahaan berharap bisa meningkatkan produktivitas sales dan tenaga kerja yang dimilikinya.

Sebenarnya  untuk meningkatkan  produktivitas SDM, cara paling mudah yang bisa di lihat hasilnya adalah meningkatkan produktivitas dari sisi divisi sales dan marketing. Kenapa, karena divisi inilah yang dampaknya akan terlihat langsung oleh manajemen.  Beda dengan divisi lain seperti finance, HRD, produksi, hingga divisi general affair.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara atau strategi yang bisa di jalankan untuk meningkatkan produktivitas team sales tersebut. Karena peningkatan produktivitas itu bisa dilakukan dengan dua cara pertama menambah SDM  pada divisi Sales dan Marketing atau melakukan pengetatan kinerja dengan koordinasi yang full bagi SDM dibidang Sales dan Marketing yang ada.

 

9 CARA MUDAH MENINGKATKAN REVENUE PERUSAHAAN DENGAN PRODUKTIVITAS  SALES

Terkait dengan adanya peningkatan produktivitas dari sisi sales dan marketing. Maka berikut kami coba sajikan 9 cara atau strategi  yang bisa di jalankan oleh manajemen perusahaan. Dimana tujuan dari strategi tersebut adalah terjadinya peningkatan produktivitas sales dan marketing dalam kondisi yang masih belum kondusif.

Intinya dari strategi ini adalah bagaimana mengoptimalkan apa yang di miliki oleh perusahaan. Sehingga team sales dan marketing menjadi paham dan mengerti apa saja yang mesti di jalankan untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka.

  1. Strategi pertama : Selalu menjaga kekompakan  team dan motivasi kerja (Hal utama dan paling utama bagi divisi sales adalah terjaganya kekompakan team dan konsistensi dalam menjaga motivasi kerja. Karena jika kedua hal  ini sudah berubah jangan harap target yang telah di tetapkan akan tercapai).
  2. Strategi kedua : Selalu berusaha untuk mengatur ulang jadual dan rencana meeting internal.(Dengan semakin terjaganya konsep meeting yang di lakukan di internal semakin mudah untuk team melakukan koordinasi internal. Sehingga pencapaian target bisa di kontrol).
  3. Strategi ketiga : Selalu berusaha untuk membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang. (Kematangan dalam membuat sebuah perencanaan bisnis akan memudahkan team dan koordinator sales dalam mengontrol dan melakukan evaluasi secara menyeluruh.  Sehingga fokus terhadap perencanaan bisnis yang baik akan mudah untuk dilakukan oleh semua team sales dan marketing).
  4. Strategi keempat : Selalu berusaha untuk tetap menjaga stamina dan terus  belajar dalam kondisi apapun. (Istirahat dan konsentrasi penuh dengan apapun yang terjadi, baik dalam kaitan micro dan macro ekonomi. Sehingga dengan selalu belajar maka antisipasi bisa dengan mudah di jalankan sesuai kebutuhan  bisnis).
  5. Strategi kelima : Selalu berusaha untuk menciptakan sistem yang modern dan terintegrasi. (Dengan sistem  yang terupdate dan sudah pasti terintegrasi dengan baik, maka proses kerja yang di jalankan secara manual akan segera digantikan. Beruntung saat ini sudah Era Industri 4.0 sehingga mudah mendapatkan aplikasi untuk menjalankan semua hal diatas).
  6. Strategi keenam : Selalu berusaha untuk mencapai target personal dan group dengan tetap mengutamakan evaluasi personal dan team secara berkala (Dengan melakukan kontroling terhadap target-target yang di berikan oleh manajemen membuat kerja team sales selalu di upayakan meningkat.  Hanya dengan kondisi itulah maka evaluasi kinerja team sales dapat dilakukan secara produktiv).
  7. Strategi ketujuh : Selalu bersama-sama dengan manajemen melakukan peningkatan sikap dan profesionalisme terhadap customer (Ingat bahwa customer adalah raja, sehingga memberikan service yang maksimal adalah bukti rasa bersyukur kita kepada para customer. Sehingga kondisi seperti itu harus terus di tingkatkan untuk kesempurnaan service kepada customer).
  8. Strategi kedelapan : Selalu berupaya untuk terus melakukan sharing session di waktu waktu tertentu. Jadi upayakan team sales ada waktu khusus untuk melakukan sharing (Dengan mengetengahkan kondisi seperti ini maka sudah bisa di pastikan kemampuan team akan semakin terasah. Dan  tingkat kemampuan personal dalam team akan semakin sama).
  9. Strategi kesembilan : Selalu berusaha dan berupaya dengan bantuan manajemen memberikan perhatian dan penghargaan kepada team yang meraih prestasi. (Dengan cara seperti ini maka team sales akan terbiasa untuk bekerja dengan target. Karena mereka sudah tahu,  jika mencapai target tidak saja komisi  yang akan di dapat tetapi juga bonus. Apresiasi ini dalam kondisi seperti saat ini sangat baik dijalankan agar mereka  termotivasi dengan baik).

CRM, APLIKASI BISNIS YANG MAMPU  DALAM MENGOPTIMALKAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SALES

Baca juga artikel berikut : Software CRM : Sistem Operasi untuk Penjualan

Adalah CRM  Barantum, sebagai sebuah aplikasi bisnis yang secara fungsi memiliki kemampuan. Kemampuan dalam upayanya untuk meningkatkan produktivitas sales. Kenapa CRM dan apa kaitannya dengan divisi sales .

Secara fungsi dan manfaat kita bisa tahu bagaimana pentingnya CRM untuk menunjang tugas divisi sales.  Semua itu dilakukan karena CRM memang memiliki beberapa hal penting yang bisa di aplikasikan dalam upanya menjaga dan mempertahankan keberadaan customer dalam perusahaan.

Karena seorang sales yang baik adalah bukan saja dia pintar mencari customer. Tetapi dia juga harus pintar dalam mengelola customer agar bisa loyal terhadap produk dan perusahaan. Itulah sebabnya  empat hal berikut menjadi hal yang penting  terkait implementasi CRM :

  1. CRM bisa di gunakan untuk melakukan pemahaman dan pengelolaan yang baik terhadap database customer. Sehingga semua data akan tersimpan dengan baik dan benar. Dengan begitu pada saat di butuhkan bisa cepat di dapat.
  2. CRM bisa di gunakan untuk membangun hubungan dan komunikasi yang efektif dan terarah dengan customer. Dengan begitu maka customer menjadi lebih loyal kepada produk dan perusahaan.
  3. CRM bisa di jadikan sebagai media untuk melakukan perekaman dan penyimpanan data secara Hal ini menjadi penting karena dengan terupdatenya data customer memudahkan perusahaan untuk membuat program-program promosi bagi customer.
  4. CRM dapat di gunakan untuk melakukan optimalisasi calon customer dan melakukan followup secara efektif dan efisien. Dengan begitu maka optimalisasi yang berasal dari customer bisa di tingkatkan secara kontinuitas.
  5. CRM bisa di integrasikan dengan sistem yang ada. Sehingga kolaborasi sistem yang ada dalam perusahaan akan membawa dampak positif tidak saja bagi team yang ada di dalam perusahaan. Tetapi juga berguna bagi team sales untuk terus meningkatkan produktivitas kinerjanya.

Baca juga : 16 Teknik Penjualan Efektif agar jadi Sales Sukses (Berdasarkan Riset Ilmiah)

In this article

Join the Conversation

three × 5 =