Menciptakan Nilai Pelanggan (Customer Value) dengan Strategi CRM

Nilai Pelanggan (Customer Value)

 

Value berarti Nilai,apa itu definisi nilai? Apakah kamu bisa mengukurnya? Bagaimana nilai produk dan layanan Anda yang berharga bagi pelanggan? Sangat sedikit pengelola bisnis yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Kemampuan seseorang untuk menunjukkan dengan tepat nilai suatu produk atau layanan untuk pelanggan sangatlah penting. Pelanggan semakin memandang pembelian sebagai cara untuk meningkatkan laba perusahaan dan karenanya mereka berupaya menekan pemasok untuk mengurangi harga. Untuk membujuk pelanggan agar fokus pada total biaya daripada hanya pada harga yang harus dia bayar, para pengelola bisnis harus memiliki pemahaman yang akurat tentang nilai pelanggan (Customer Value)

Banyak pelanggan, memahami kebutuhan mereka tetapi tidak ingin tahu hal yang seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan itu bagi mereka. Bagi para pengelola bisnis, kurangnya pemahaman ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan secara persuasif nilai dari apa yang mereka berikan dan untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas.

 

Ciptakan Nilai Pelanggan Untuk Produk Anda

 

menciptakan nilai pelanggan

Jika Anda ingin orang-orang di dalam target market bisnis Anda, memilih produk Anda sebelum pesaing Anda, mereka perlu memahami bahwa Anda memberi mereka nilai nyata. Mari kita mulai dari awal, dengan definisi nilai.

Apa itu Nilai(Value)?

Nilai adalah manfaat yang diharapkan orang dengan menggunakan produk atau layanan Anda.

Karena persepsi nilai adalah apa yang menentukan keputusan orang, inilah sebabnya semua strategi pemasaran ditujukan pada penciptaan nilai pelanggan (Customer Value).

Bagaimana Anda Menciptakan Nilai Pelanggan?

Anda juga bisa belajar tentang Pengertian Customer Equity dan Customer Lifetime Value

Sekarang kita tahu mengapa menciptakan nilai pelanggan sangat penting untuk bisnis Anda, mari kita lihat 4 cara berbeda untuk melakukannya:

  1. Memahami Pelanggan

Kita harus dapat memahami dan memenuhi kebutuhan orang, serta memahami apa yang mereka anggap berharga. Ini juga melibatkan karakteristik lingkungan dan struktural yang menentukan perilaku mereka.

  1. Temukan Peluang

Ini melibatkan menemukan kebutuhan atau keinginan yang ada di pasar yang tidak terpenuhi dan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Hal ini juga terkait langsung dengan memahami pelanggan karena Anda lebih memahami pelanggan Anda, peluang lebih baik untuk mendeteksi semakin banyak peluang yang akan Anda miliki.

  1. Selalu Berinovasi

Cobalah untuk menyelesaikan kebutuhan dan masalah pelanggan dengan cara yang benar-benar baru dan berbeda.

Inovasi harus diberikan tidak hanya pada produk atau layanan Anda tetapi juga mengenai penggunaan dan interaksi antara pelanggan dan produk.

Ketika inovasi yang mengganggu terjadi, Anda dapat memecahkan masalah yang bahkan tidak diketahui konsumen.

  1. Diferensiasi Nyata

Adalah penting untuk memiliki eksploitasi pembeda yang unik yang tidak dapat dengan mudah ditawarkan oleh orang lain.

Ini menyiratkan bahwa Anda mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda dan bagaimana bersaing dengan produk lain di pasar, menerjemahkan sehingga pelanggan merasakannya dalam hal nilai yang lebih tinggi.

Ada dua point utama yang menjadi bagian penting dari menciptakan sebuah customer value / nilai pelanggan :

  • Membangun nilai berarti berbicara tentang persepsi dan tujuan utamanya adalah untuk menarik pelanggan baru.
  • Menghasilkan kepuasan berarti berbicara tentang harapan dan tujuan utamanya adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Anda juga dapat membaca Tips Strategi Pemasaran Paling Efektif

 

Menciptakan Nilai Pelanggan Dengan Software CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) 

 

nilai pelanggan

Penggunaan Software CRM secara Efektif akan menciptakan kumpulan informasi yang koheren dan kohesif yang mendorong proposisi nilai untuk klien tertentu. 

Anda dapat berbagi ide tentang menggunakan CRM dengan rekan-rekan Anda … semua orang memiliki pendekatan mereka sendiri dan kamu dapat mengambil manfaat dari apa yang berhasil untuk orang lain. Sangat penting untuk memahami bahwa CRM adalah alat yang memungkinkan Anda untuk membuat dan menyampaikan lebih banyak nilai kepada klien Anda pada tingkat tinggi secara konsisten. CRM yang digunakan dengan benar dan kreatif akan menghasilkan hasil yang lebih baik untuk Anda dan klien Anda.

Jika Anda tidak menggunakan perangkat lunak CRM, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Jika perusahaan Anda tidak dapat atau tidak mau memasoknya, maka cobalah untuk mendapatkannya sendiri atau anda bisa mulai mencoba free trial CRM dari Barantum.com. Dalam ekonomi yang didorong oleh informasi saat ini, Anda menghambat diri sendiri dengan berusaha menjadi sukses tanpanya. Klien akan dapat dengan mudah merasakan siapa yang melakukannya dan siapa yang tidak menggunakan CRM. Mereka yang menggunakannya cenderung dianggap sebagai tenaga penjualan profesional kelas satu. Menggunakan CRM juga akan mengubah persepsi Anda sendiri tentang bagaimana Anda melakukan tugas Anda. Apa pun sistem CRM yang digunakan, alokasikan waktu yang cukup untuk mempelajarinya dan mempertahankannya demi keuntungan terbaik Anda.

 

Kesimpulan

Perusahaan dan bisnis harus berhenti fokus untuk menjadi yang terbaik, dan mencoba menjadi unik.

Kuncinya adalah menciptakan strategi yang efektif untuk memikat pelanggan baru dan menawarkan nilai tambah yang membuat mereka terus berinvestasi dalam produk atau layanan Anda.

0 Shares
In this article

Join the Conversation

three × three =