Mengapa Omnichannel Penting untuk Bisnis?

Dalam berbisnis tentu kita menginginkan sebuah sistem yang dapat mempermudah pekerjaan. Dengan begitu, kita lebih dapat produktif dalam bekerja. Kini kebutuhan para pebisnis untuk mempermudah pekerjaan karyawannya pun dapat terwujud dengan aplikasi omnichannel. Mengapa omnichannel penting untuk bisnis?

Di era teknologi yang semakin maju membuat masyarakat mengingikan semua hal serba cepat dan praktis. Hal ini pun sejalan dengan perilaku pelanggan yang menginginkan respons pesannya ditanggapi dengan cepat.

Namun, jika mengandalkan cara-cara manual, hal tersebut akan sulit untuk terwujud. Misalnya saja jika Anda membuat berbagai akun bisnis di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Telegram, WhatsApp, dll. Hal ini mempermudah pelanggan Anda menghubungi bisnis Anda jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada kendala.

Hal tersebut karena mereka memiliki beragam pilihan saluran komunikasi untuk menghubungi bisnis Anda. Namun, saat binis Anda semakin besar dan banyak pelanggan menghubungi Anda di berbagai saluran komunikasi, tentu Anda tidak bisa menanganinya sendiri. Saat diposisi ini, mungkin Anda berpikir mempekerjakan satu orang khusus untuk membalas pesan di satu media sosial.

Misalnya A untuk membalas pesan di Instagram dan B untuk membalas pesan di WhatsApp. Memang hal tersebut bisa dilakukan. Namun, jika terdapat ribuan pesan dalam satu media sosial, apakah satu orang yang menangani pelanggan itu cukup? Tentu tidak. Staf Anda tersebut pastinya akan kerepotan menanganinya sendiri.

Lalu bagaimana solusinya? Tenang saja, kini perkembangan teknologi semakin membantu bisnis Anda kian meningkat. Anda dapat menggunakan aplikasi omnichannel untuk membuat pekerjaan bisnis Anda lebih efektif dan efisien.

Pengertian Omnichannel

Aplikasi omnichannel adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan seluruh saluran komunikasi terhadap pelanggan, baik secara online maupun offline dalam satu interface secara real time. Aplikasi ini hadir sebagai solusi atas berbagai platform yang pelanggan gunakan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan layanan customer

Dengan berbagai manfaat aplikasi omnichannelyang ada dan melihat semakin sengitnya persaingan antarbisnis, Anda harus memiliki aplikasi ini karena:

  • Menghubungkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran baik online maupun offline ke dalam platform terpadu.
  • Meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.
  • Mengumpulkan data akurat dan real time sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  • Membantu bisnis memahami karakteristik dan kebutuhan customer.
  • Membangun customer experience atau pengalaman customer yang baik.
  • Mendorong traffic dan meningkatkan penjualan.

Manfaat Omnichannel untuk Bisnis

1. Memberikan keuntungan yang kompetitif

Tak hanya pembeli yang ingin terhubung ke berbagai platform, namun juga perusahaan. Perusahaan tentunya menargetkan pasar yang lebih luas, demi menjangkau customer yang lebih luas pula.

Menjangkau customer yang lebih luas melalui berbagai platform membuat Anda terlibat dengan mereka. Analisis dan perspektif tentang preferensi customer melalui platform dapat menciptakan citra holistik tren pembelian untuk customer.

Anda akan mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan real time tentang pembeli (kebutuhan serta preferensi mereka), memungkinkan Anda untuk menyesuaikan materi iklan dan strategi komunikasi terhadap kebutuhan unik setiap channel atau platform.

2. Meningkatkan konversi

Konsistensi dan relevansi di semua elemen omnichannel sangat penting untuk mendorong penjualan serta memberikan merek dan retensi pelanggan yang lebih andal, terutama di pasar ecommerce B2B yang berkembang pesat. Dengan omnichannel, tingkat konversi bisa mencapai 60% lebih tinggi melalui pencarian situs web.

3. Meningkatkan loyalitas, kepuasan dan retensi pelanggan

Aplikasi omnichannel memberikan pengalaman yang konsisten serta dipersonalisasi untuk setiap konsumen. Hal ini mendorong mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Kenyamanan inilah yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Aplikasi ini tidak hanya berjalan satu arah. Dengan kata lain, pelanggan memeriksa dan membeli, tetapi juga mengharapkan Anda untuk menawarkan layanan yang baik kepada mereka melalui salah satu channel yang mereka gunakan.

4. Mengembangkan interaksi dengan pelanggan

Saat ini, kehadiran interaksi customer secara online atau offline saja tidak cukup, semuanya harus saling berhubungan. Tujuan akhir Anda seharusnya tidak menghasilkan penjualan di platform tertentu. Namun, memungkinkan pembelian terjadi secara alami dan lancar di saluran yang dipilih customer Anda.

Jenis interaksi ini meningkatkan hubungan dengan customer dan membuat mereka berpartisipasi dan berinteraksi dengan perusahaan Anda atas keinginan mereka sendiri. Contoh dari interaksi customer ini akan melalui jalur penjualan Anda sebagai berikut: dari calon customer menjadi customer, lalu dari customer sekali menjadi customer tetap, kemudian dari customer tetap menjadi customer yang secara aktif merekomendasikan produk Anda ke orang-orang di sekitarnya.

5. Meningkatkan brand recall

Dalam meningkatkan penjualan memerlukan konsistensi agar customer melihat produk Anda dengan cara yang sama di seluruh platform dan perangkat. Konsistensi ini membantu memperkuat brand recall bagi pelanggan Anda. Kesan brand recall yang kuat akan meningkatkan kemungkinan pembelian di seluruh basis pelanggan Anda.

6. Menjangkau konsumen lebih banyak

Aplikasi ini tentunya akan menjangkau customer baru. Anda akan mendapatkan customer dengan kebutuhan serta preferensi yang beragam. Sesuai dengan platform yang customer gunakan. Tentunya hal ini akan menjaring banyak customer. Karena menjangkau customer baru adalah kunci pertumbuhan sebuah bisnis.

7. Meningkatkan efisiensi pada operasional

Dengan aplikasi omnichannel, bisnis hanya perlu mengumpulkan data pelanggan satu kali, bukan di setiap titik kontak. Membuat ikhtisar holistik juga berarti bahwa perusahaan tidak perlu khawatir tentang membuat dan menerapkan strategi untuk setiap saluran atau platform.

CRM omnichannel

6 Alasan Pentingnya Omnichannel untuk Bisnis

1. Layanan customer yang lebih baik

Sudah menjadi hal umum bahwa layanan customer menjadi pemeran utama dalam interaksi dengan customer . Layanan customer yang baik tentu akan memuaskan customer dan mendorong mereka untuk datang lagi, bahkan menjadi customer loyal.

Mengintegrasikan software omnichannel akan memudahkan tim layanan customer dalam menjelajah informasi customer yang bersumber dari berbagai channel yang digunakan.

2. Wawasan dan analisis pemasaran yang lebih baik

Solusi CRM menggabungkan data ini untuk memberi Anda gambaran umum analitis yang luas tentang demografi, sasaran, minat, dan perilaku pembelian. Profil customer Anda akan lebih ‘kaya’ dan Anda akan memiliki lebih banyak wawasan tentang siapa customer itu dan posisi mereka di channel penjualan. Memiliki akses ke jenis data ini memungkinkan Anda untuk lebih memahami target pasar dan berkonsentrasi pada prospek yang Anda tahu memiliki kemungkinan closing yang tinggi.

3. Sarankan pembelian atau produk yang relevan

Mengintegrasikan software omnichannel membuat Anda mampu mengambil keputusan yang lebih akurat tentang kebutuhan masa depan customer Anda. Data berlimpah yang Anda kumpulkan dalam membuat profil customer Anda dapat digunakan untuk mengantisipasi hal apa yang relevan dengan customer Anda.

4. Mendapat prospek dan interaksi baru

Setiap kali Anda memperluas jaringan Anda, potensi interaksi baru selalu ada. Membuat kampanye media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk memenangkan customer baru. Agar kampanye ini berhasil, Anda harus mengidentifikasi waktu dan penargetan yang tepat.

CRM akan mengidentifikasi waktu yang paling efektif untuk menyampaikan pesan, dan mengelompokkan customer ke dalam kelompok sasaran menurut rincian kontak, riwayat interaksi, pola perilaku, atau kebiasaan belanja. Saat basis media sosial Anda tumbuh, begitu pula basis customer Anda.

5. Meningkatkan reputasi merek atau produk

Menggunakan strategi software omnichannel mengharuskan Anda untuk membangun citra produk secara konsisten di setiap channel yang Anda gunakan. Reputasi produk bergantung pada bagaimana produk  tersebut diiklankan/dipromosikan dan interaksi sosial Anda.

Pertimbangkan untuk membangun ‘suara’ produk Anda agar beresonansi dengan audiens target Anda. Misalnya, jika audiens target Anda lebih muda, gunakan bahasa yang akrab bagi mereka.

6. Personalisasi customer

Adalah hal yang rumit jika Anda harus menggapai seluruh customer Anda pada semua channel untuk mendapatkan pengalaman customer yang dipersonalisasi. Hal ini akan menjadi mudah dengan menggabungkan fungsi CRM dan channel messenger Anda. Anda dapat segera mengenali customer dengan bantuan obrolan atau riwayat interaksi, detail customer , dan data perilaku masa lalu yang disimpan dalam sistem CRM.

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan customer dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan customer.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan customer dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, software omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani customer dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

Dapatkan kemudahan dari aplikasi omnichannel dari Barantum. Anda dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan software omnichannel. Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI.

CRM omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. 7 Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Terbaik 2022
  2. Cara Mudah Personalisasi Customer dengan Aplikasi Omnichannel
  3. Cara Buat Strategi Konten Menarik dengan Aplikasi Omnichannel
  4. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang