Omnichannel CRM (Customer Relationship Management) menjadi salah satu sistem yang sedang populer di kalangan pebisnis. Kemajuan teknologi membuat persaingan bisnis kian mengetat. Banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini untuk meningkatkan omzet mereka.

Sistem ini menggabungkan saluran komunikasi yang paling relevan di dalam satu antarmuka untuk membuat garis waktu yang komprehensif dari interaksi perusahaan dengan pelanggan. Selain itu, juga menjadi strategi konten lintas saluran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna pelanggan mereka.

Mungkin masih ada yang belum memahami mengenai omnichannel CRM yang bisa meningkatkan omzet perusahaan. Pada intinya sistem tersebut mampu menggabungkan atau mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dalam satu halaman saja.

Saluran komunikasi perusahaan bermacam-macam. Dalam meningkatkan omzet penjualan, tidak jarang perusahaan yang menggunakan beragam sosial media untuk terhubung dengan pelanggan. Sosial media yang banyak digunakan, yaitu WhatsApp, Instagram, Telegram, ataupun Facebook.

Apa bedanya perusahaan yang menggunakan omnichannel CRM dan tidak?

Coba bayangkan, perusahaan Anda yang tidak menggunakan omnichannel CRM. Staf Anda menginput data informasi pelanggan dari berbagai saluran komunikasi secara manual. Tentu data informasi pelanggan dalam satu perusahaan bisa mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan.

Betapa sulit dan memakan waktu staf Anda untuk menginput data. Ditambah, kemungkinan staf Anda melewatkan pesan dari pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan akan menurun.

Sekarang bayangkan perusahaan Anda memiliki omnichannel CRM. Sistem ini mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi Anda dalam satu halaman. Staf Anda mudah melihat berbagai pesan yang masuk dari pelanggan.

Respons staf Anda kepada pelanggan pun tidak membutuhkan waktu lama. Pelanggan puas terhadap pelayanan staf perusahaan Anda.

omzet CRM

Di sisi lain, sistem CRM ini membantu staf Anda untuk menganalisis kebutuhan tiap pelanggan. Keuntungannya, staf Anda dapat melakukan penawaran kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pekerjaan staf Anda menjadi lebih efektif.

Mengapa Omnichannel CRM Bermanfaat Menaikkan Omzet?

Omnichannel CRM secara efektif menyatukan semua platform ini, seperti menyatukan saluran komunikasi yang paling relevan dalam satu antarmuka, merampingkan interaksi perusahaan dengan pelanggan.

Perusahaan Anda dapat menerima input berharga dari pelanggan dan rekanan klien untuk konten, penjadwalan, distribusi, atuapun aspek lain dari bisnis. Dukungan sistem ini di perusahaan Anda membangun kemampuan untuk meningkatkan operasi dan menaikkan omzet penjualan.

Lalu, apa saja manfaat omnichannel CRM yang bisa Anda dapatkan?

Baca juga: Solusi Pengembangan Bisnis Dengan Aplikasi CRM

1. Omnichannel CRM mampu menaikkan omzet

Omnichannel CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Di sisi lainnya, omnichannel CRM membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi pelanggan akan tersimpan rapi dalam sistem. Jadi, staf Anda yang ingin melakukan penawaran hanya tinggal melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem.

CRM omzet

Misalnya, staf Anda ingin melakukan broadcast promosi kepada pelanggan. Staf Anda tidak perlu mengirim satu per satu email atau pesan broadcast pada pelanggan. Tentu hal itu memakan waktu yang lama.

Anda pun tidak perlu khawatir broadcast tidak terkirim. Sistem CRM memastikan broadcast masuk ke dalam kontak pesan pelanggan.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Perusahaan Anda menjadi solusi kebutuhan pelanggan. Pelanggan pun merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Tidak hanya itu, kepuasan pelanggan diraih karena staf Anda cepat merespons mereka. Respons kepada pelanggan menjadi salah satu hal yang diperhatikan tiap perusahaan. Perusahaan berlomba-lomba memuaskan pelanggannya.

Baca juga: Simak Keunggulan CRM untuk Optimalkan Kinerja Customer Service

Tentu saja kepuasaan pelanggan menjadi hal penting. Dengan pelanggan yang puas, menaikkan potensi pemesanan ulang di perusahaan Anda. Tingkat kepercayaan pelanggan pun meningkat.

Secara garis besar, sistem ini membantu staf Anda untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tiap pelanggan berharap pelayanan terbaik dari perusahaan. Dengan sistem ini, Anda bisa mewujudkan harapan pelanggan tersebut.

kenaikan omzet omnichannel CRM

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Kini Anda tahu bisa meningkatkan puasaan pelanggan dengan omnichannel CRM. Perusahaan Anda telah naik satu level untuk meraih kenaikan omzet.

Kenapa? Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya. Telah menjadi hal umum, rekomendasi dari pelanggan menjadi hal yang perlu diperhitungkan.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Pelanggan merekomendasikan perusahaan Anda ke temannya. Temannya tertarik dan mencoba memesan di perusahaan Anda. Orang tersebut juga merasa puas terhadap pelayanan di perusahaan Anda dan merekomendasikan lagi ke orang lain. Begitu seterusnya sampai perusahaan Anda lebih dikenal masyarakat.

Dengan menggunakan omnichannel CRM, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Kemudahan omnichannel CRM meningkatkan efisiensi kerja staf Anda. Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama.

Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.  Seluruh aktivitas tercatat dan ditampilkan dengan baik dan real time.

Dapatkan Manfaat Omnichannel CRM untuk Menaikkan Omzet sekarang!

Anda dapat menjalankan strategi bisnis Anda dengan maksimal memakai omnichannel CRM. Kedekatan perusahaan dan pelanggan pun dapat terjalin dengan baik.

Anda bisa mendapatkan omnichannel CRM terbaik dari omnichannel CRM Barantum. Barantum siap membantu Anda menjalankan strategi bisnis dengan sistem CRM terbaik.

kepuasaan pelanggan customer monitoring

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".