Fungsi OTP by WhatsApp untuk Otomatisasi Bisnis Anda

Di era digital yang semakin maju saat ini, pelanggan ingin mendapatkan layanan yang cepat, mudah, dan terpercaya dari bisnis yang mereka gunakan. Hal ini membuat para pemilik bisnis berlomba-lomba untuk menawarkan layanan yang semakin baik dan efisien. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah One-Time Password (OTP) yang disediakan oleh WhatsApp API Barantum.

Penggunaan OTP by WhatsApp tidak hanya mempercepat layanan bisnis, tetapi juga membantu dalam mendata informasi pelanggan ke dalam sistem terpusat, memudahkan memantau leads yang masuk dari OTP. Sehingga mempermudah closing sales, evaluasi dan memonitor bisnis. Karena laporan data terdapat di dalam satu sistem yang up to date. Jangan lewatkan informasi lebih lengkapnya di artikel ini!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu OTP by WhatsApp?

OTP (One Time Password) by WhatsApp adalah sebuah metode keamanan tambahan yang digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna pada platform WhatsApp. Dalam hal ini, OTP merupakan kode yang dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar pada akun WhatsApp pengguna. Kode tersebut harus dimasukkan oleh pengguna untuk membuktikan bahwa ia adalah pemilik nomor telepon yang terdaftar pada akun WhatsApp tersebut. Metode ini digunakan untuk memperkuat keamanan akun WhatsApp dan melindungi pengguna dari tindakan yang tidak sah, seperti pencurian akun.

Cara kerja OTP by WhatsApp sangat sederhana. Ketika pengguna memasuki nomor telepon untuk mendaftar atau masuk ke akun WhatsApp, sebuah kode OTP akan dikirimkan melalui pesan teks ke nomor telepon tersebut. Pengguna harus memasukkan kode tersebut pada halaman verifikasi untuk membuktikan bahwa ia adalah pemilik nomor telepon tersebut. Proses verifikasi ini memastikan bahwa hanya orang yang memiliki akses ke nomor telepon yang terdaftar pada akun WhatsApp yang dapat mengakses akun tersebut. Oleh karena itu, OTP by WhatsApp sangat efektif dalam menjaga keamanan dan privasi pengguna pada platform tersebut.

Mengapa OTP by WhatsApp Penting Bagi Bisnis?

OTP by WhatsApp sangat penting bagi bisnis karena memberikan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun bisnis dan data pelanggan. Seiring dengan meningkatnya penyebaran bisnis online, penggunaan akun WhatsApp bisnis menjadi sangat umum, terutama dalam menghubungkan bisnis dengan pelanggan mereka. Dalam situasi seperti ini, keamanan akun menjadi sangat penting. Terutama jika akun tersebut berisi informasi sensitif seperti data pelanggan atau informasi keuangan.

Dengan OTP by WhatsApp, bisnis dapat meningkatkan keamanan akun mereka. Dan, juga memastikan bahwa hanya orang tersebut benar memiliki hak akses ke nomor telepon terdaftar. Selain itu, penggunaan OTP by WhatsApp juga dapat membantu bisnis memastikan bahwa informasi pelanggan mereka tetap terlindungi dan tidak digunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

Apa Manfaat OTP by WhatsApp?

Beberapa manfaat OTP by WhatsApp, yaitu:

1. Otomatis Mendata Informasi Pelanggan ke Dalam Sistem

Dengan menggunakan fitur OTP WhatsApp yang disediakan oleh WhatsApp API Barantum, bisnis dapat memperoleh manfaat dalam mengumpulkan dan menyimpan data pelanggan dengan lebih mudah dan efisien. Setelah pengguna memasukkan kode OTP pada halaman verifikasi, WhatsApp API Barantum dapat secara otomatis mengambil data pelanggan dan menyimpannya ke dalam sistem terpusat. Dengan demikian, bisnis tidak perlu melakukan pencatatan ulang secara manual. Sehingga dapat menghemat waktu dan mengurangi kesalahan dalam pengolahan data pelanggan. Hal ini dapat membantu bisnis untuk lebih fokus pada kegiatan inti mereka dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Selain itu, dengan memiliki data pelanggan yang lengkap dan terintegrasi, bisnis dapat lebih mudah memahami kebutuhan pelanggan dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

2. Mudah Memantau Leads Yang Masuk

Setelah pengguna memasukkan kode OTP pada halaman verifikasi, WhatsApp API Barantum dapat mengidentifikasi pengguna tersebut sebagai lead potensial dan secara otomatis mencatat informasi mereka dalam sistem terpusat. Hal ini memungkinkan tim penjualan untuk dengan mudah memantau leads yang masuk, melacak interaksi pelanggan, dan mengetahui status dari proses penjualan. Dengan memiliki informasi yang lengkap dan terintegrasi, tim penjualan dapat lebih mudah menentukan strategi penjualan yang efektif dan meningkatkan peluang untuk closing sales. Dengan demikian, penggunaan fitur OTP WhatsApp Barantum dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efektivitas penjualan mereka dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

3. Mempermudah Evaluasi dan Monitor Bisnis

Dengan menggunakan fitur OTP WhatsApp yang disediakan oleh WhatsApp API Barantum, bisnis dapat memperoleh manfaat dalam memonitor dan mengevaluasi kinerja bisnis mereka dengan lebih mudah dan akurat. Setelah pengguna memasukkan kode OTP pada halaman verifikasi, WhatsApp API Barantum dapat secara otomatis mengambil dan menyimpan data pelanggan ke dalam sistem terpusat. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memiliki akses ke laporan data yang terintegrasi dan up-to-date. Sehingga dapat memantau dan mengevaluasi kinerja bisnis mereka dengan lebih mudah. Dengan demikian, bisnis dapat menentukan kebijakan dan strategi yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, dengan memiliki data pelanggan yang lengkap dan terintegrasi, bisnis juga dapat lebih mudah melakukan analisis dan segmentasi pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan efektivitas pemasaran mereka dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

4. Mempermudah Bisnis Melakukan Promosi Yang Tepat Sasaran

Dengan menggunakan fitur OTP WhatsApp, bisnis dapat memperoleh manfaat dalam melakukan promosi produk atau layanan ke target bisnis yang tepat sasaran. Setelah pengguna memasukkan kode OTP pada halaman verifikasi, WhatsApp API Barantum dapat mengidentifikasi pengguna tersebut sebagai calon pelanggan. Dan, secara otomatis mencatat informasi mereka dalam sistem terpusat. Bisnis juga dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi target pelanggan yang tepat. Sehingga dapat mengirimkan promosi produk atau layanan mereka melalui pesan WhatsApp yang terpersonalisasi. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran bisnis, karena pesan promosi yang dikirimkan hanya ditujukan kepada target pelanggan yang tepat dan berpotensi membeli produk atau layanan mereka.

5. Adanya Statistik Laporan Secara Real Time

Dengan menggunakan fitur OTP WhatsApp yang disediakan oleh WhatsApp API Barantum, bisnis dapat memperoleh manfaat dalam memantau kinerja kampanye pemasaran mereka dengan lebih mudah dan akurat. Setelah pengguna memasukkan kode OTP pada halaman verifikasi, WhatsApp API Barantum dapat mengidentifikasi pengguna tersebut sebagai lead potensial dan secara otomatis mencatat informasi mereka dalam sistem terpusat. Hal ini memungkinkan bisnis untuk melacak interaksi pelanggan secara real-time dan memantau kinerja kampanye pemasaran mereka. Bisnis juga dapat memperoleh akses ke laporan statistik yang terintegrasi dan up-to-date. Sehingga dapat melakukan analisis dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Bagaimana Cara Kerja OTP by WhatsApp?

otp by whatsapp

Cara kerja OTP by WhatsApp sangat sederhana, namun efektif untuk mempermudah kinerja staf bisnis Anda. Berikut contoh cara kerja OTP by WhatsApp Barantum:

Seorang pelanggan mengisi data melalui website perusahaan atau form perusahaan. Dari data yang diisi, informasi pelanggan tersebut langsung terekam ke dalam sistem CRM. Selanjutnya, nomor WhatsApp yang sudah dicantumkan saat mengisi data otomatis akan menerima pesan OTP ke kontak pelanggan tersebut. Kode OTP yang digunakan berfungsi untuk memverifikasi bahwa data yang Anda isi sudah benar.

Selain itu, jika bisnis Anda menggunakan OTP by WhatsApp, akan sangat membantu Anda dalam mendata leads yang masuk. Dimana seluruh leads akan terdata dalam satu sistem terpusat. Anda juga dapat mengetahui mana nomor WhatsApp leads yang valid dan mana yang tidak. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengecek secara manual satu per satu leads yang masuk.

Untuk mendapatkan kemudahan ini, Anda bisa menggunakan sistem Barantum. Dimana teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".