Begini Cara Sistem Tiketing CRM

Dalam era di mana pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis, penggunaan CRM Ticketing dapat menjadi senjata rahasia dalam menyediakan pengalaman pelanggan yang superior. Namun, bagi banyak perusahaan, mengadopsi teknologi baru seperti CRM Ticketing mungkin terasa menakutkan. Untungnya, dengan pendekatan yang tepat, penggunaan CRM Ticketing dapat menjadi proses yang mudah dan bermanfaat bagi tim layanan pelanggan.

Langkah pertama dalam menggunakan CRM Ticketing adalah memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan. Ada berbagai opsi CRM Ticketing di pasar, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih, dengan fitur-fitur yang beragam. Setelah memilih platform yang tepat, langkah berikutnya adalah mengonfigurasi sistem sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Hal ini melibatkan menyesuaikan alur kerja, pengaturan notifikasi, dan penyesuaian lainnya agar sesuai dengan proses bisnis dan kebijakan perusahaan.

Setelah konfigurasi selesai, langkah selanjutnya adalah melatih tim layanan pelanggan dalam menggunakan CRM Ticketing dengan efektif. Pelatihan ini penting untuk memastikan bahwa semua anggota tim memahami bagaimana menggunakan sistem dengan benar dan bagaimana memaksimalkan fitur-fiturnya. Dengan memberikan pelatihan yang komprehensif, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat resolusi masalah, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk lebih lengkapnya, yuk baca artikel ini sampai habis ya!

CRM Barantum Terbaik

Apa Itu CRM Ticketing?

CRM Ticketing adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan melacak permintaan, pertanyaan, atau masalah yang diajukan oleh pelanggan atau karyawan. Dalam istilah sederhana, ini seperti memegang tiket masuk untuk setiap permintaan yang masuk, yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan respons yang cepat dan terorganisir terhadap setiap kebutuhan. Dalam konteks layanan pelanggan, CRM Ticketing membantu perusahaan untuk mengelola aliran tiket dengan efisien, memprioritaskan permintaan, dan menetapkan tanggapan berdasarkan tingkat kepentingan atau SLA.

Lebih dari sekadar alat pengelolaan, CRM Ticketing juga berfungsi sebagai alat analisis yang kuat. Dengan melacak setiap tiket dari permintaan awal hingga penyelesaian, perusahaan dapat menganalisis tren permintaan pelanggan, mengevaluasi kinerja tim layanan pelanggan, dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan. Sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan layanan pelanggan, mempercepat resolusi masalah, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Apa Saja Manfaat CRM Ticketing?

Berikut adalah manfaat CRM Ticketing, yaitu sebagai berikut:

1. Layanan Pelanggan Yang Responsif

Pertama, dengan CRM Ticketing, Anda dapat dengan cepat merespons setiap permintaan atau masalah yang masuk dari pelanggan. Tim layanan pelanggan dapat dengan mudah melihat tiket baru dan memberikan tanggapan yang cepat. Sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan solusi yang tepat waktu.

2. Operasional Kerja Lebih Efisien

Kedua, membantu perusahaan Anda dalam mengelola aliran kerja secara terorganisir. Dengan prioritas yang diberikan pada setiap tiket berdasarkan tingkat kepentingan atau SLA, tim layanan pelanggan dapat memastikan bahwa permintaan ditangani sesuai dengan prioritasnya. Selain itu, memastikan bahwa tidak ada pelanggan yang terabaikan atau terlupakan.

3. Mudah Lakukan Analisis Data

Selanjutnya, juga berperan sebagai alat analisis yang kuat bagi perusahaan. Dengan melacak dan menganalisis data dari setiap tiket yang dibuat, perusahaan Anda dapat mengidentifikasi tren permintaan pelanggan, mengevaluasi kinerja tim layanan pelanggan, dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan. Sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam meningkatkan layanan pelanggan dan mengoptimalkan proses operasional mereka.

4. Mempermudah Kolaborasi Antar Tim

CRM Ticketing memfasilitasi kolaborasi antar tim dalam perusahaan dengan memungkinkan berbagai departemen seperti layanan pelanggan, penjualan, dan pengembangan produk untuk berbagi informasi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus dan terintegrasi.

CRM Barantum Terbaik

5. Transparansi Data

Terakhir, membantu meningkatkan transparansi data dalam layanan pelanggan. Sehingga pelacakan dan pelaporan yang mudah atas setiap tiket. Selain itu, perusahaan Anda dapat memastikan bahwa setiap masalah ditangani dengan baik dan dengan profesionalisme yang tinggi, membangun kepercayaan pelanggan dan memperkuat hubungan mereka dengan brand.

Bagaimana Cara Kerja CRM Ticketing?

CRM Ticketing bekerja sebagai sistem manajemen yang mengotomatisasi proses pelacakan, penugasan, dan penyelesaian permintaan pelanggan atau tiket masalah. Proses dimulai ketika pelanggan mengirimkan permintaan atau masalah melalui berbagai saluran komunikasi seperti email, formulir online, atau panggilan telepon. Permintaan ini kemudian diubah menjadi tiket oleh sistem CRM, yang memberikan nomor identifikasi unik untuk setiap tiket.

Setelah tiket dibuat, sistem CRM akan mengirimkannya ke dalam antrian yang sesuai, mungkin berdasarkan jenis masalah, tingkat kepentingan, atau SLA yang telah ditetapkan. Tim layanan pelanggan kemudian mengakses antrean ini untuk meninjau dan menangani tiket.

Ketika seorang agen menerima tiket, mereka akan mengevaluasi masalahnya, menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikannya, dan memperbarui status tiket sesuai dengan kemajuan yang mereka buat.

Begitu masalah selesai atau solusi diberikan kepada pelanggan, tiket ditutup dan sistem akan merekam semua detail yang terkait dengan penyelesaian tersebut. Selain itu, CRM Ticketing juga sering kali menyediakan fitur pelaporan dan analisis. Sehingga membantu perusahaan untuk melacak kinerja layanan pelanggan, mengidentifikasi tren, dan mengevaluasi efektivitas tim layanan pelanggan dalam menangani permintaan pelanggan.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Kinerja CRM Ticketing?

Berikut adalah cara mengoptimalkan kinerja CRM Ticketing:

1. Penugasan Otomatis

Pertama, menggunakan fitur penugasan otomatis dalam CRM Ticketing untuk mengarahkan tiket ke agen yang tepat secara otomatis berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya tingkat urgent, atau jenis masalah. Hal ini dapat mempercepat respons terhadap tiket dan memastikan bahwa setiap tiket ditangani oleh agen yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Penggunaan Template

Kedua, membuat template untuk respons yang umum atau rutin dapat membantu mempercepat proses penyelesaian tiket. Dengan menggunakan template, agen dapat dengan cepat mengirim respon yang konsisten dan akurat, menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam menangani permintaan pelanggan.

3. Analisis Data dan Pelaporan

Melakukan analisis data dan pelaporan secara teratur untuk mengidentifikasi tren permintaan pelanggan, mengevaluasi kinerja tim layanan pelanggan, dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan. Dengan memahami pola permintaan pelanggan, perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan efektivitas operasional mereka.

4. Integrasi dengan Sistem Lain

Terakhir, mengintegrasikan CRM Ticketing dengan sistem lain dalam perusahaan, seperti sistem manajemen penjualan atau sistem manajemen inventaris, dapat meningkatkan visibilitas dan koordinasi antar departemen. Sehingga memungkinkan informasi yang relevan tentang pelanggan dan produk dapat diakses dengan mudah oleh agen layanan pelanggan, mempercepat resolusi masalah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dapatkan CRM Ticketing Terbaik, Barantum!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan langkah-langkah yang disajikan secara terperinci, perusahaan dapat dengan cepat mengimplementasikan CRM Ticketing tanpa perlu menghadapi kesulitan yang berlebihan. Mulai dari pemilihan platform yang sesuai hingga konfigurasi sistem dan pelatihan tim, panduan ini membantu perusahaan untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam operasional mereka dengan mudah dan efektif.

Namun, untuk mencapai puncak kinerja dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, perusahaan perlu melihat ke depan dan mempertimbangkan solusi yang lebih canggih. Salah satu opsi yang patut dipertimbangkan adalah CRM Ticketing dari Barantum. Dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan kemampuan integrasi yang lebih kuat, solusi ini membuka pintu untuk analisis data yang lebih mendalam, koordinasi antar departemen yang lebih baik, dan layanan pelanggan yang lebih responsif. Dengan demikian, perusahaan dapat mengambil langkah berani menuju kemajuan dan keunggulan di pasar yang kompetitif.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

CRM Barantum Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".