Begini Cara Kerja Canvasser Yang Baik dan Benar

Apa itu sales canvasser? Kata sales canvasser mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, jika mengetahui kegiatannya, kemungkinan besar Anda pun pernah melihat atau melakukannya secara langsung.

Canvasser merupakan orang yang melakukan sales canvassing. Sales canvassing ini merupakan metode penjualan bisnis yang masih banyak diterapkan oleh perusahaan.

Seorang sales canvasser melakukan penjualan dari pintu ke pintu. Mungkin Anda pernah mengalami saat di rumah, lalu ada orang menawarkan produk ke rumah Anda? Nah, itulah yang disebut sales canvasser.

Memang terlihat kuno cara yang digunakannya. Namun, jika ditunjang dengan sistem yang tepat. Sales canvassing bisa mudah melakukan penjualan dan closing.

Jadi, apa itu sales canvasser dan bagaimana cara yang baik dan benar melakukan penjualan? Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Sales Canvasser?

Sales canvasser adalah seseorang yang bertugas untuk menjalin komunukasi dengan konsumen secara langsung. Baik yang sudah menetapkan janji temu terlebih dahulu ataupun tidak.

Terdapat dua cara kerja yang biasanya dilakukan yang dapat dipakai oleh seorang sales canvassing dalam melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan. Pertama, sales menghubungi pelanggan terlebih dahulu melalui telepon, pesan, maupun email. Kedua, sales mencari calon pelanggan secara langsung di lokasi.

Berdasarkan tahap kerjanya, sales canvasser memiliki 4 tahapan, yaitu:

  • Pendekatan dengan calon pembeli
  • Presentasi produk/jasa yang ditawarkan
  • Menjual produk/jasa
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan (tindak lanjut setelah penjualan selesai)

Manfaat Sales Canvasser Untuk Bisnis

1. Dapat mempercepat penetrasi pasar

Mempercepat penetrasi pasar yaitu cara untuk mengukur seberapa banyak sebuah produk atau jasa digunakan oleh para konsumen. Yang dibandingkan dengan jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan. Proses penetrasi pasar akan berjalan lebih cepat dan efektif karena kegiatan penawaran, distribusi dan penjualan dilakukan secara langsung dan bersamaan.

2. Distribusi produk yang lebih merata

Metode canvassing sangat berguna sekali untuk pemerataan tingkat distribusi sebuah produk. Dengan menggunakan canvassing, maka seoarng canvasser akan mendistribusikan produk di berbagai area secara merata berdasarkan journey plan mereka yang sebelumnya sudah ditetapkan. Sehingga, produk pun akan lebih mudah diperoleh pelanggan.

3. Dapat mengembangkan potensi pasar

Kelebihan sales canvassing yang pertama adalah dapat mengembangkan potensi pasar. Anda dapat mendapatkan banyak calon pelanggan baru pada area-area tertentu dengan informasi karakteristik pelanggan yang cukup akurat untuk kebutuhan produk atau jasa tertentu. Dengan begitu Anda dapat menyiapkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ada pada area tersebut.

4. Umpan balik dari pasar yang lebih akurat

Melakukan pendataan di suatu daerah atau wilayah merupakan salah satu tugas penting tim sales. Data tersebut bisa berupa informasi mengenai alamat, pemilik toko, hingga kebutuhan dan keluhan yang mereka hadapi.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Kemampuan Yang Perlu Dimiliki Sales Canvasser

1. Mengetahui detail produk

Salah satu hal dasar dan yang harus dimiliki seorang salesn canvassing, yaitu pengetahuan tentang produk/jasa yang ingin ditawarkan. Mengapa? Jika sales tidak memahami produk/jasa yang ditawarkan, otomatis penjualan yang dilakukan tidak optimal.

Calon pelanggan pun bisa menjadi ragu terhadap produk atau jasa yang ditawarkan karena tidak terlalu puas mendapatkan informasi tersebut.

2. Kebijakan harga jual

Tiap produk atau jasa memiliki klasifikasi harganya masing-masing. Umumnya, harga atau jasa yang ditawarkan dibuatkan desain tertentu untuk dapat diperlihatkan kepada calon pelanggan. Baik desain pada website perusahaan, sosial media, bahkan desain yang telah dicetak.

Sales perlu mengetahui tiap harga produk dan dijual, termasuk diskon tertentu bagi pelanggan. Tak hanya itu, akan lebih baik jika sales mengetahui sampai mana batas pengurangan harga yang bisa disetujui karena tidak menutup kemungkinan calon pelanggan melakukan penawaran produk/jasa Anda.

3. Kemampuan bernegosiasi

Kemampuan negosiasi diperlukan sales karena tidak menutup kemuningkinan calon pelanggan membuat penawaran harga. Dengan kemampuan bernegosiasi ini, memungkinkan sales mendapatkan hasil penawaran yang menguntungkan bisnis.

4. Komunikasi yang baik

Selain kemampuan bernegosiasi, komunikasi yang baik juga diperlukan untuk bisnis. Hal ini bertujuan untuk menjalanin hubungan yang lebih akrab dan lama dengan pelanggan. Sehingga pelanggan berpotensi menjadi pelanggan potensial.

Cara Canvassing yang Baik dan Benar

1. Tentukan target pasar

Jika canvasser mampu menentukan target market secara tepat, maka kamu dengan mudah mendapatkan calon pelanggan. Agar sales bisa menemukan calon pelanggan tau prospek yang tepat, sales bisa mulai dengan membuat daftar fitur dari produk yang akan tawarkan. Lalu, buat highlight dari fitur-fitur tersebut. Dan, sales perlu membayangkan kepada siapa mereka menawarkan produk/jasa ke calon pelanggan.

Tidak hanya itu, sebaiknya bisnis perlu mempertimbangkan untuk memakai sistem, seperti Barantum CRM, yang dapat mendata seluruh pelanggan secara akurat dalam satu platfrom saja.

2. Lakukan follow up

Melakukan follow up kepada pelanggan dapat menarik pelanggan agar melakukan pembelian kembali. Selain itu, juga dapat mengingatkan pelanggan untuk memperpanjang layanan atau sekedar memberikan informasi tentang produk baru atau promo.

Jika komunikasi penjualan dengan pelanggan Anda tidak berhasil, ada banyak cara untuk tetap berhubungan dengan mereka. Anda dapat menemui secara langsung, mengirim email, panggilan telepon, atau melalui email. Anda harus menjaga hubungan yang baik dengan mereka tetapi pastikan untuk tidak berlebihan.

3. Update narasi skrip canvassing

Narasi skrip dibuat agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah sesuai dengan aturan yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip yang telah terbukti bekerja. Sangat penting untuk tetap melakukan komunikasi agar dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan sehingga ketika Anda meminta janji temu, itu seperti permintaan dari teman tepercaya.

Luangkan waktu Anda untuk membuat sendiri narasi skrip sesuai kejadian di lapangan, sambil mengikuti skrip dasar yang telah diajarkan manajer Anda. Anda bukan robot dan prospek potensial menginginkan berbicara dengan manusia yang supel. Jadi, personalisasi keterlibatan Anda dengan pelanggan.

4. Membuat beberapa strategi marketing

Tidak hanya divisi marketing yang bisa membuat strategi marketing. Tim sales cavasser pun bisa membuat strategi marketing yang cocok untuk bisnis. Sales bisa membuat beberapa rencana strategi marketing. Menyiapkan beberapa strategi ini perlu dilakukan agar jika strategi pertama tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka sales bisa menjalankan rencana lainnya.

5. Gunakan aplikasi sales canvasser mobile

Adanya aplikasi sales canvasser yang bisa diakses di ponsel atau tablet akan memudahkan sales Anda melakukan penjualan. Sales jadi tidak perlu membawa banyak dokumen untuk dijadikan sebagai laporan. Tidak hanya itu, kegiatan dan keberadaan sales pun dapat dipantau secara real time.

Optimalkan Penjualan Sales Canvasser Anda Sekarang!

Dibutuhkan waktu, tenaga, dan usaha dalam melakukan kegiatan penjualan. Dalam melakukan kunjungan ke lokasi, sales akan lebih mudah melakukan penjualan jika lokasinya merupakan lokasi potensial.

Lokasi potensial bisa dianalisis berdasarkan data penjualan. Dalam hal tersebut, Anda bisa mencoba memakai aplikasi yang menunjang sales canvasser, misalnya yang disediakan oleh Barantum.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Apa Itu Sales Canvassing? Kelebihan dan Kekurangannya
  2. 5 Rekomendasi Aplikasi Sales Canvassing Terbaik
  3. 5 Alasan Sales Lapangan Anda Perlu CRM
  4. Cara Mudah Monitor Aktivitas Sales Lapangan dengan CRM
  5. 7 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Terbaik Untuk Bisnis
5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang