Apa Itu Sales Canvassing?

Canvassing adalah salah satu kegiatan sales untuk melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan cara mengunjungi langsung ke lokasi dimana pelanggan berada dengan tujuan untuk menawarkan, distribusi, dan untuk mendapatkan pelanggan baru. Sedangkan orang yang bertugas melakukan kegiatan canvassing ini disebut sebagai canvasser.

Apa Tujuan Dari Sales Canvassing?

Tujuan dari dilakukannya kegiatan canvassing adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru dan juga pendapatan penjualan tambahan dari calon pelanggan yang belum memakai produk atau jasa kita, serta mendapatkan informasi tentang kebutuhan pelanggan yang lebih cepat dan akurat karena bertemu dengan calon pelanggan.

Apa Masih Efektif Metode Canvassing di Era Digital Saat Ini?

Biasanya sales canvassing melakukan kegiatan penjualannya dengan mengendarai kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Meskipun metode canvassing ini terlihat kuno karena melakukan penjualan dari pintu ke pintu. Nyatanya, metode pemasaran ini masih sering digunakan oleh perusahaan.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa metode canvassing ini juga memiliki manfaat dan kelebihannya sendiri yang tidak dapat ditemukan pada metode pemasaran lainnya seperti: dapat mengembangkan potensi pasar, mempercepat penetrasi pasar, distribusi produk yang lebih merata, dan umpan balik dari pasar yang lebih akurat. Hal ini karena adanya sales canvasser yang terjun langsung ke lokasi pasar dimana pelanggan berada.

Tapiiiii.. metode canvassing ini juga memiliki kelemahannya sendiri. Yaitu seperti: memerlukan proses yang panjang dan melelahkan, membutuhkan biaya operasional yang cukup tinggi, tingkat keberhasilan yang cenderung rendah dan perlunya pengawasan yang ketat pada proses canvassing ini.

Jika, ditanya apakah masih efektif atau tidak metode canvassing digunakan saat ini? Jawabannya adalah, IYA.

Dengan catatan Anda juga sebagai pemilik bisnis tetap memperhatikan perkembangan teknologi saat ini dan menggunakan teknologi yang ada untuk mendukung kegiatan canvassing ini.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Mendukung Kegiatan Canvassing Menggunakan Aplikasi CRM

Anda sebagai sales manager pasti juga kesulitan dalam mengawasi, memantau dan memonitoring kegiatan canvassing ini. Anda kesulitan untuk memastikan apakah sales canvasser menjalankan tugas dan pekerjaan dengan benar atau tidak.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan cara menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi CRM memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah seorang canvasser dan Anda sebagai sales manager dalam memonitoring aktivitas pekerjaan mereka.

Bagaimana Aplikasi CRM Dapat Membantu Kegiatan Canvassing Tim Anda?

Aplikasi CRM dapat membantu mempermudah pekerjaan tim sales dan juga memudahkan Anda dalam memantau pekerjaan mereka. Berikut ini fitur CRM yang bisa mempermudah proses canvassing dalam perusahaan:

1. CRM Mobile. Aplikasi mobile yang bisa di instal di smartphone sehingga memudahkan tim sales dalam melakukan aktivitas canvassing yang bisa di akses kapan pun dan dimana pun.

2. Check in Check Out. Fitur yang dapat memberikan informasi mengenai kapan dan jam berapa mereka melakukan kunjungan, jumlah dan durasi kunjungan yang dilakukan, sampai dapat memastikan apakah sales benar melakukan kunjungan dan sampai di lokasi atau tidak.

3. Leads & Deals Management. Sales bisa menginputkan data informasi pelanggan dan menjadikannya sebagai leads potential, pencatatan riwayat aktivitas followup penjualan sampai dengan terjadinya deals atau clossing.

4. Heatmap Area. Anda bisa melihat titik area mana saja yang sering dikunjungi oleh sales sampai area mana saja yang memiliki tingkat deals atau clossing paling tinggi.

5. Sales Script. Pegangan materi yang perlu dibahas sebagai SOP tim sales canvassing. Sehingga mempermudah dan mengoptimalkan tim sales dalam berkomunikasi untuk menyakinkan calon pelanggan.

Jadi, apakah Anda sudah menggunakan aplikasi CRM untuk tim sales Anda?

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Artikel

    1. Contoh Penerapan CRM Dalam Sebuah Perusahaan
    2. Begini Peran Penting CRM Dalam Sebuah Perusahaan
    3. 7 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Terbaik Untuk Bisnis
    4. Cara Mudah Monitor Aktivitas Sales Lapangan dengan CRM
    5. 7 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Terbaik Untuk Bisnis
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang