Begini Penerapan Sistem CRM Untuk Perusahaan Ekspedisi

Penerapan sistem CRM telah menjadi strategi yang semakin populer dan penting dalam dunia bisnis modern. Dalam konteks perusahaan ekspedisi, penerapan CRM dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.

CRM memberikan perusahaan ekspedisi kemampuan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan secara efisien. Dengan memiliki informasi yang terperinci tentang pelanggan, seperti riwayat pengiriman, preferensi, dan masalah yang pernah dialami, Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan lebih personal.

Namun, bagaimana penerapan CRM untuk perusahaan ekspedisi? Untuk informasi lebih detail, yuk baca artikelnya sampai habis, ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah pendekatan strategis yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan. Secara umum, CRM melibatkan penggunaan teknologi dan proses bisnis untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan guna meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan.

Dalam konteks perusahaan ekspedisi, sistem CRM dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi penting mengenai pelanggan seperti data kontak, riwayat pengiriman, preferensi, dan masalah yang pernah dialami. Data ini akan membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Apa Tujuan Penerapan CRM untuk Perusahaan Ekspedisi?

Tujuan penerapan CRM dalam perusahaan ekspedisi adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan pesanan dan pengiriman, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Dengan penerapan sistem CRM yang terintegrasi, perusahaan ekspedisi dapat mengelola data pelanggan dengan lebih efisien, memantau status pesanan secara real-time, dan mengkoordinasikan kegiatan pengiriman dengan lebih baik.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan yang personal dan responsif, serta untuk meningkatkan retensi pelanggan dan memperoleh keunggulan kompetitif dalam industri ekspedisi yang kompetitif.

Apa Saja Manfaat CRM untuk Perusahaan Ekspedisi?

Penerapan sistem CRM untuk perusahaan ekspedisi memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Peningkatan Layanan Pelanggan

Pertama, CRM membantu perusahaan ekspedisi dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif. Dengan akses ke data pelanggan yang terpusat, Anda dapat dengan mudah melacak riwayat interaksi dengan pelanggan, termasuk komunikasi, keluhan, dan permintaan khusus. Sehingga perusahaan Anda dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.

2. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Kedua, CRM dapat memberikan pelayanan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

Barantum CRM dan Call Center

3. Efisiensi Operasional

Selanjutnya, CRM membantu perusahaan dalam mengelola dan mempercepat proses bisnis, seperti pengelolaan pesanan, pelacakan pengiriman, dan penjadwalan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan ekspedisi.

4. Peningkatan analisis dan prediksi bisnis

Berikutnya, CRM dapat memberikan perusahaan ekspedisi kemampuan untuk melakukan analisis yang lebih mendalam terhadap data pelanggan dan kinerja bisnis. Dengan CRM yang terintegrasi dengan data pelanggan, perusahaan dapat melacak perilaku pelanggan, preferensi, dan kebutuhan mereka secara lebih terperinci. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis tren pasar, mengidentifikasi peluang bisnis baru, dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

5. Meningkatkan Kolaborasi Internal

Terakhir, CRM juga memungkinkan perusahaan ekspedisi untuk meningkatkan kolaborasi internal antara departemen yang berbeda, seperti penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Dengan adanya akses yang terpusat ke informasi pelanggan dan riwayat interaksi, tim internal dapat bekerja secara terintegrasi dan berbagi informasi dengan mudah.

Bagaimana Penerapan CRM untuk Perusahaan Ekspedisi?

Penerapan CRM dalam perusahaan ekspedisi memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Pertama, CRM memungkinkan perusahaan ekspedisi untuk mengelola pesanan dan pengiriman dengan lebih baik. Dengan sistem yang terintegrasi, perusahaan dapat melacak pesanan secara real-time, memantau status pengiriman, dan mengoptimalkan rute pengiriman. Ini menghasilkan peningkatan efisiensi dalam mengelola pesanan, menghindari kesalahan, dan meningkatkan kecepatan dan akurasi pengiriman.

Selain itu, CRM juga memungkinkan perusahaan ekspedisi untuk mengelola persediaan dengan lebih efisien. Dengan pemantauan yang akurat terhadap persediaan dan permintaan pelanggan, perusahaan dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, dan memastikan ketersediaan barang yang tepat pada waktu yang tepat.

Contoh penerapan CRM untuk perusahaan ekspedisi:

Pernahkah Anda menelepon perusahaan ekspedisi untuk menanyakan paket Anda telah sampai mana kepada agen CS? Di sinilah salah satu fungsi CRM yang mampu membantu agen CS dalam melacak pengiriman barang dan melakukan follow-up pelanggan.

1. KGX

CRM untuk perusahaan ekspedisi kgx Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi, KGX menggunakan CRM dari Barantum untuk mengoptimalkan layanan pelanggan. Pelanggan bisa menghubungi KGX di saluran komunikasi yang paling nyaman, misalnya menanyakan status pengiriman mereka. Tiap pelanggan yang menghubungi KGX, nomor tiketnya bisa terinput dalam satu sistem terpusat. Sehingga mempermudah agen untuk melihat sejauh progress penanganan pelanggan tersebut.

2. AnterAja

CRM untuk perusahaan ekspedisi anteraja

AnterAja menjadi perusahaan ekspedisi lainnya yang juga menerapkan CRM dalam mempermudah operasional bisnisnya. CRM untuk perusahaan ekspedisi ini pun menggunakan Barantum CRM. Di mana mereka melakukan penambahan fitur AWB (AirWay Bill) yang memungkinkan mengecek resi pengiriman secara real-time.

Penerapan CRM pada AnterAja, yaitu pertama dimulai dari pelanggan yang menghubungi agen customer service. Saat pelanggan menanyakan proses pengiriman barang, pelanggan perlu memberi tahu nomor resi pengirimannya.

Setelah itu, agen CS akan melacak informasi pengiriman barang sesuai dengan nomor resi tersebut dengan mengetik nomor resi di kolom AWB. Informasi pengiriman barang pun secara detail akan tampil di dalam CRM. Sehingga agen CS bisa dengan cepat mencari tahu informasi terakhir sampai mana proses pengiriman barang ke pelanggan.

3. SiCepat Ekspres

CRM untuk perusahaan ekspedisi SiCepat

Contoh perusahaan ekspedisi lainnya yang menggunakan CRM, yaitu SiCepat Ekspres. Dengan menggunakan Barantum CRM, SiCepat Ekspres mempermudah pelanggannya untuk mendapatkan informasi pengiriman barang melalui telepon tanpa berbicara dengan agen terlebih dahulu.

Saat pelanggan menelepon nomor bisnis SiCepat Ekspres, panggilan pelanggan akan dijawab oleh Robocall. Selanjutnya, pelanggan bisa langsung mengetik nomor sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, tekan angka 1 untuk mengetahui proses pengiriman paket. Setelah pelanggan menekan angka 1, pelanggan akan diminta untuk menginput nomor resi paket yang diinginkan.

Selanjutnya, robocall akan otomatis memberikan informasi pengiriman paket pelanggan Anda secara real-time. Sesuai dengan informasi data terakhir yang telah diinput di dalam sistem.

Itulah beberapa contoh penerapan CRM untuk perusahaan ekspedisi. Dalam era bisnis yang kompetitif saat ini, penerapan CRM menjadi kunci sukses bagi perusahaan ekspedisi. Dengan menggunakan CRM yang terintegrasi, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan pesanan dan pengiriman, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Dapatkan CRM Terbaik untuk Perusahaan Ekspedisi Anda Sekarang!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

CRM, seperti Barantum menawarkan solusi yang tepat untuk perusahaan ekspedisi. Dengan fitur-fitur yang kuat dan terintegrasi, Barantum CRM membantu Anda mengelola pesanan, memantau pengiriman, mengoptimalkan persediaan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".