Jenis Software Bisnis Yang Wajib Digunakan

Salah satu bagian penting dalam menjalankan bisnis adalah membangun komunikasi. Anda bisa jadi akan bekerja dengan beberapa tenaga kerja secara virtual. Terkadang hal ini akan memberi Anda masalah karena jarak mempersulit komunikasi dan jalinan informasi antara Anda dan tim. Oleh sebab itu, di perlukan software bisnis yang mampu membantu membuat kerja karyawan lebih efisien yang terbagi ke dalam berbagai jenis software bisnis.

Kini masalah ini dapat diatasi dengan perangkat lunak jaringan komunikasi untuk bisnis. Melalui software, Anda dapat melakukan komunikasi layaknya sedang bertatap muka sampai melakukan pertemuan rapat.

Dalam sebuah bisnis berskala kecil, perusahaan biasanya menggunakan software akuntansi dan software pengolah data (invoice). Untuk bisnis dalam skala menengah, biasanya perusahaan menggunakan software yang lebih kompleks dari bisnis berskala kecil yaitu seperti software CRM (Customer Relationship Management), software payroll, dan software human resource. Sedangkan untuk bisnis dengan skala besar, software yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut dan sistem software yang digunakan bersifat telah terdistribusi.

Pengertian Software Bisnis

Software atau tools ini untuk membantu perusahaan dalam mendukung, meningkatkan dan membuat proses bisnis mereka berjalan secara otomatis. Dengan begitu, pekerjaan kian efektif.

Baik itu perusahaan besar maupun UMKM, penting untuk mengetahui bahwa penerapan software bisnis harus membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, bukan malah membuat tugas dan beban baru.

Tetapi, tidak sedikit juga karyawan yang malah menghabiskan waktu sampai satu jam untuk memasukkan data dan mencari informasi yang mereka butuhkan. Itulah alasan Anda harus sangat berhati-hati dan melakukan riset terlebih dahulu saat memilih software terbaik untuk mendukung bisnis Anda berkembang.

Software Berdasarkan Jenisnya

Terdapat tiga klasifikasi software bila ditelaah dari jenisnya, yakni:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Fungsinya untuk menghubungkan, mengkoordinasikan, sekaligus mengelola komponen dan fungsi perangkat komputer.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Hardware tidak akan bekerja jika tidak menerima instruksi. Sebab itulah, dibutuhkannya sebuah bahasa pemrograman yang dimengerti oleh mesin.

3. Program Aplikasi (Application Program)

Software kategori program aplikasi berhubungan langsung (bisa dikatakan mirip) dengan kategori software berdasarkan fungsi yang sebelumnya telah dibahas karena program aplikasi ini biasanya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan user, misalnya software akuntansi, presentasi, hiburan, dan sebagainya.

Monitor kinerja karyawan dengan barantum crm

Manfaat Software Dalam Bisnis

Menyederhanakan pekerjaan rumit

Fungsi utama sebuah software adalah untuk menyederhanakan aktivitas rumit menjadi lebih mudah..

Meminimalisasi kesalahan

Dengan kemampuan dari suatu software, kesalahan dari suatu pekerjaan akan lebih bisa dihindari, misalnya meminimalisasi kesalahan yang terjadi apabila pebisnis mencatat dan menghitung secara manual.

Hemat biaya operasional

Dengan menggunakan software, berarti perusahaan telah bertransformasi dari proses manual ke otomatis sehingga mengurangi biaya operasional bisnis.

Menyediakan informasi akurat

Informasi dalam perusahaan merupakan hal penting dalam operasional perusahaan. Dengan menggunakan software, maka informasi yang Anda akan lebih akurat.

Jenis Software Bisnis

1. Software akuntansi

Penggunaan software akuntansi membuat data dan informasi keuangan tersaji dengan cepat, akurat, dan tepat waktu sehingga pengelolaan keuangan tidak lagi memakan banyak waktu dan biaya untuk merekrut tambahan karyawan.

2. HR Management (Manajemen Sumber Daya Manusia)

Fitur yang biasanya ada di dalam software HR management adalah absensi online, reimbursementtime off (cuti/sakit), over time (lembur) dan fitur lain yang berhubungan dengan karyawan.

3. Software manajemen inventaris (stok barang)

Software stok barang sangat membantu perusahaan dalam mengetahui berapa banyak jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, dan sisa stok barang yang tersimpan di dalam gudang. Dengan adanya software stok barang, perusahaan dapat terhindar dari kesalahan pencatatan stok yang menyebabkan kekurangan maupun kelebihan stok suatu barang.

4. Software ERP

ERP merupakan sebuah proses, di mana memiliki lebih dari satu jenis fungsi bisnis di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mencapai manajemen yang terintegrasi dari proses bisnis utama dalam suatu organisasi. Dengan menggunakan software ERP, organisasi bisa mengintegraiskan semua proses bisnis terpenting mereka.

Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data.

5. Software KPI

KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator untuk mengukur sebuah kinerja. Menentukan, mengelola, dan mengukur KPI merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. Dengan menggunakan software KPI, perusahaan dapat mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan dan hal apa yang telah memenuhi standar sehingga harus dipertahankan.

6. Software CRM

Sebuah perusahaan yang memiliki banyak pelanggan membutuhkan software customer management untuk mengelola pelanggan dan segala masalah yang mereka temui dengan produk atau jasa Anda.

Aplikasi CRM juga memungkinkan upselling bagi perusahaan yang memanfaatkan kebiasaan membeli pelanggan dan memberikan pelanggan produk premium yang termasuk dalam kategori pembelian mereka sebelumnya. Dengan begitu, penting bagi Anda untuk memilih software CRM terbaik bagi bisnis.

Software CRM, seperti Barantum CRM, bisa menjadi solusi tepat untuk penggunaan software bisnis Anda. Barantum menyediakan aplikasi call canter CRM dan memiliki fitur seperti aplikasi kunjungan sales, yaitu GPS tracking dan Check In Check Out yang dapat digunakan untuk sales tracking bisnis Anda.

Keunggulan CRM Barantum

– Laporan aktivitas harian tim lebih akurat dan realtime

laporan aktivitas harian

  1. Akses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman.
  2. Tampilan report yang sudah menyesuaikan dengan action yang dibuat.
  3. Pantau performance tiap team lapangan secara akurat.

– Pantau heatmap persebaran pelanggan

heatmao CRM

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman maps

– Survey kebutuhan pelanggan secara realtime

survey kebutuhan pelanggan

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman map

– Sesuaikan tiap form dengan kebutuhan bisnis Anda

penyesuaian from pelanggan

Desain form pada aplikasi barantum sesuai industri dan kebutuhan tim di lapangan.

– Barantum Chat Omnichannel

chat barantum omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komnukasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

CRM pantau kinerja secara real time

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
  5. Cara Maksimalkan Customer Experience Dengan Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments