Apakah Kegiatan Marketing Anda Sudah Efektif?

Tahun 2021 memang tinggal menghitung bulan. Namun, apakah capaian bisnis Anda pada tahun ini telah tercapai? Tentu setiap perusahaan akan melakukan evaluasi tahunan terhadap kinerja, aktivitas serta profit di akhir tahun. Terutama bagi tim Sales dan Marketing, yang berhubungan langsung dalam bekerja menyusun strategi untuk mencapai profit perusahaan. Oleh sebab itu, pada artikel ini memuat tips strategi marketing terbaik yang bisa diaplikasikan ke bisnis Anda.

Jika capaian bisnis Anda belum terpenuhi, belum terlambat untuk mewujudkannya sekarang. Anda seyogianya bisa menemukan strategi yang lebih tepat daripada yang sedang Anda gunakan sekarang. Mulailah dengan membuat rencana pemasaran Anda atau memperbarui yang sudah ada dengan tujuan dan taktik baru untuk sekarang.

Apa Itu Marketing?

Saat ini, marketing adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya. Marketing melibatkan banyak hal lain seperti distribusi produk, promosi, perancangan dan pembuatan materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, membangun pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar dan menetapkan pasar sasaran, dan banyak lagi.

Tips Strategi Marketing Terbaik Untuk Bisnis

Nah, tips berikut ini dapat Anda coba sebagai tips strategi marketing terbaik yang bisa Anda lakukan.

Fokuslah pada pelanggan loyal 

Daripada Anda terlalu fokus dalam mencari prospek yang cukup membuang waktu dan strategi terus menerus, berilah fokus pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan loyal Anda. Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang baik, maka pelanggan loyal Anda tentu akan menjalin hubungan yang lama dengan bisnis Anda. Hubungan jangka panjang ini akan menjadi investasi bagi bisnis Anda dan tentu akan mendatangkan profit yang intens. Tempatkanlah pelanggan loyal Anda sebagai prioritas – bukan berarti pelanggan lainnya tidak Anda perhatikan. Anda harus bangun kepercayaan pelanggan terhadap layanan dan produk Anda. 

Gunakanlah sosial media sebagai alat penting bisnis Anda

Jika Anda belum menggunakan sosial media dalam menjual produk dan hanya mengandalkan situs web bisnis Anda, maka sangat disayangkan. Di jaman yang serba digital ini, pebisnis menggunakan sosial media sebagai alat marketing mereka untuk memperkenalkan serta menjual produk. Bahkan melalui sosial media, Anda bisa memperoleh lebih banyak pelanggan atau prospek.

Berjualan di sosial media tentu akan menjangkau lebih banyak pelanggan daripada hanya menggunakan situs website. Anda juga dapat beriklan di sosial media untuk membangun brand awareness produk atau layanan Anda.  Selain itu, Anda dapat menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Ini dapat meningkatkan penjualan produk, mengingat kebiasaan pengguna sosial media salah satunya ialah meniru influencer

Barantum omnichannel

Perhatikan konten produk 

Konten adalah hal yang krusial dalam membangun brand awareness produk Anda kepada audiens. Baik itu melalui situs web maupun pada sosial media, membuat konten yang dapat menyampaikan pesan produk dengan baik adalah hal yang sangat penting. Konten tidak sekedar membuat foto produk Anda terkesan eye-catching saja, melainkan bagaimana pesan yang menyertai produk tersebut. 

Bagaimanakah pesan produk yang seharusnya disampaikan?

Pesan harus menawarkan solusi untuk masalah pelanggan dan menjawab kebutuhan mereka. Pesan ini yang pada akhirnya akan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan, terutama selama masa-masa sulit ini. Konten berkualitas akan tetap menjadi cara nomor satu untuk mengarahkan audiens target Anda melakukan tindakan.

Segmentasi pelanggan Anda melalui digital marketing

Karena pemasaran digital terus berkembang, audiens akan terus ditawari iklan dan konten yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Segmentasi atau pengelompokkan pelanggan Anda bisa dilihat dari berbagai faktor, termasuk kebutuhan dan preferensi mereka. Inilah yang Anda butuhkan dalam mendapatkan target pasar yang tepat – dalam hal ini adalah konsumen incaran bisnis Anda; mereka yang membutuhkan produk atau layanan Anda.

Anda dapat menggunakan software untuk mempermudah segmentasi audiens ketika mereka menjangkau produk Anda; baik itu melalui situs web maupun sosial media. Contohnya adalah aplikasi CRM atau Customer Relationship Management. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan pelanggan potensial dengan membaca kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan begitu, produk atau layanan Anda akan tepat sasaran. 

Membangun koneksi langsung dengan pelanggan

Mengkomunikasikan identitas produk Anda secara efektif dan mempromosikannya di media sosial tidak lagi hanya tentang posting dan iklan biasa. Keterlibatan dan komunikasi langsung sangat penting dalam strategi media sosial. Ini merupakan salah satu cara untuk terhubung secara bermakna dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda – adalah melalui penjangkauan pesan langsung di  platform seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Menurut sebuah penelitian, 47% Milenial menggunakan Instagram sebagai aplikasi perpesanan. Ini harus menjadi area fokus utama untuk strategi pemasaran sosial Anda; memanfaatkan layanan perpesanan sosial media.

Selain pesan langsung, terlibat dalam komentar dan menanggapi penjangkauan di media sosial sangatlah penting. Sebagai contoh, pengguna Twitter memiliki apresiasi yang lebih besar terhadap suatu produk ketika tweet mereka ditanggapi atau diakui. Jika Anda menggunakan media sosial untuk mempromosikan merek Anda, ingatlah bahwa Anda tidak dapat membiarkan halaman Anda hanya menjadi papan iklan elektronik—pengguna akan mengharapkan keterlibatan, bukan hanya konten. Bangun dan bawa lah ini ke dalam bisnis Anda dan jadikan itu prioritas. Konsistensi adalah kuncinya. Kegagalan untuk menindaklanjuti keterlibatan secara tepat waktu akan berdampak buruk pada produk Anda dan bisa menjadi ancaman bagi pelanggan potensial.

Dalam menentukan tips marketing, sangat penting bagi Anda untuk melihat tren yang sedang terjadi, atau bahasa kerennya adalah yang sedang hype. Tips di atas sangat cocok untuk diterapkan saat ini; di mana saat ini adalah masanya pemasaran secara digital. Jika Anda masih menggunakan strategi konvensional saat ini, kini saatnya Anda berubah haluan ke strategi modern.

call center terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
  5. Cara Maksimalkan Customer Experience Dengan Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".