Ketahui Seluruh Tentang VoIP

Dalam era digital ini, teknologi terus berkembang, merubah cara kita berkomunikasi. Salah satu inovasi yang memegang peranan penting dalam dunia telekomunikasi adalah Voice over Internet Protocol (VoIP). VoIP mengubah cara tradisional berbicara di telepon menjadi pengalaman digital yang lebih efisien dan terjangkau.

Pada dasarnya VoIP memungkinkan kita untuk berbicara dengan orang lain melalui internet, seolah-olah kita menggunakan telepon biasa. Namun, perbedaan utama terletak pada cara data suara dikirimkan.

VoIP mengonversi suara menjadi data digital dan memecahnya menjadi paket-paket kecil untuk dikirim melalui jaringan internet. Dengan ini, VoIP tidak hanya menyederhanakan proses komunikasi, tetapi juga membuka pintu bagi berbagai fungsi tambahan, seperti panggilan konferensi, video call, dan pesan suara.

Untuk penjelasan lebih lengkap dan detail, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu VoIP?

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Dengan VoIP, Anda dapat melakukan panggilan ke seseorang yang berada di mana saja selama orang tersebut terhubung ke internet.

Dengan infrastruktur VoIP, perusahaan Anda dapat meningkatkan produktivitas staf melalui kemampuan untuk berkomunikasi secara real-time. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan VoIP untuk memantau dan mengelola kinerja tim, memastikan komunikasi yang efektif, dan merespons secara cepat terhadap perubahan dalam lingkungan bisnis.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsAppApa Saja Fungsi VoIP?

Fungsi VoIP adalah untuk mengirimkan sinyal suara melalui jaringan internet seperti halnya data lainnya. Dengan sistem ini, pengguna dapat melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di mana saja di dunia, asalkan seseorang tersebut terhubung ke internet.

VoIP memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

1. Menyediakan Layanan Panggilan Melalui Internet

VoIP mengubah sinyal suara menjadi data digital yang dapat dikirimkan melalui internet, sehingga pengguna dapat melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di mana saja di dunia. Sistem ini memungkinkan Anda menerima panggilan masuk di nomor telepon yang terhubung ke internet, sehingga Anda dapat menerima panggilan di komputer atau perangkat seluler Anda. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian atau tidak memiliki akses ke jaringan telepon konvensional.

2. Fleksibel Dalam Melakukan Komunikasi

Pengguna dapat melakukan panggilan telepon melalui perangkat apa saja yang terhubung ke internet, seperti komputer, ponsel, atau tablet. Selain itu, sistem ini juga dapat digunakan di mana saja yang terhubung ke internet, sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain.

3. Mampu Melakukan Telepon Jarak Jauh

Selanjutnya, memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di luar negeri dengan biaya yang lebih rendah daripada panggilan internasional menggunakan jaringan telepon konvensional. Hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya telepon saat terhubung dengan orang-orang yang berada jauh dari Anda.

4. Dapat Melakukan Konferensi Telepon

Fungsi lainnya, memungkinkan beberapa orang untuk terhubung dalam suatu panggilan konferensi telepon melalui internet. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering melakukan rapat atau pertemuan dengan anggota tim yang tersebar di berbagai lokasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem ini untuk melakukan rapat dengan anggota tim yang tersebar di berbagai kota atau negara.

5. Adanya Voicemail

VoIP biasanya menyediakan layanan voicemail sehingga Anda dapat meninggalkan pesan suara untuk orang yang tidak dapat Anda hubungi saat itu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan kepada orang yang tidak dapat dihubungi saat itu, sehingga mereka dapat menghubungi Anda kembali nanti. Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem ini untuk mengirimkan pesan kepada orang yang tidak dapat dihubungi saat itu, sehingga mereka dapat menghubungi Anda kembali nanti.

6. Menyediakan Fitur-Fitur Tambahan

Terakhir, dapat memberikan fitur-fitur tambahan seperti panggilan konferensi, panggilan antar grup, dan panggilan dengan suara jelas. Selain itu, sistem ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti email, chat, dan kalender. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola komunikasi mereka.

Bagaimana Cara Kerja VoIP?

Cara kerja VoIP, yaitu mengubah suara pengguna dari sinyal audio analog menjadi data digital. Jadi, bagaimana caranya?

Bayangkan ketika Anda bicara di telepon biasa, suara Anda dikirimkan melalui kabel. Nah, VoIP ini seperti membuat suara Anda menjadi potongan-potongan kecil, seperti puzzle, dan mengirimnya melalui internet. Ini disebut “paket-paket suara.”

Jadi, pertama, suara Anda diubah dari suara biasa menjadi kode-kode khusus menggunakan sesuatu yang disebut “kodek.” Kodek ini membuat suaramu jadi seperti bahasa khusus yang bisa dimengerti oleh internet. Lalu, suara yang sudah dikodekan ini dibuat menjadi paket-paket kecil.

Setiap paket berisi potongan suara dan dikirimkan melalui internet ke orang yang sedang bicara dengan Anda. Di ujung sana, paket-paket itu diambil, diurutkan, dan diubah lagi jadi suara yang bisa didengar oleh penerima. Itulah kenapa kita bisa berbicara lewat internet menggunakan VoIP.

Apa Saja Kelebihan VoIP?

Adapun manfaat VoIP sebagai berikut:

1. Biaya Lebih Rendah

Manfaat pertama, biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh atau panggilan internasional. Sehingga dapat membantu menghemat biaya telepon dan memaksimalkan keuntungan perusahaan Anda.

2. Akses Dari Berbagai Perangkat

Manfaat kedua, dapat diakses dari berbagai perangkat seperti komputer, telepon seluler, atau tablet yang terhubung ke internet. Sehingga Anda dapat melakukan panggilan dari mana saja. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian atau tidak memiliki akses ke jaringan telepon konvensional.

3. Mudah Digunakan

Selanjutnya, dapat dengan mudah diatur untuk menangani jumlah panggilan yang berbeda, sehingga cocok untuk perusahaan kecil maupun besar. Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah lini VoIP sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

4. Mudah Diakses

VoIP memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon dari mana saja yang terhubung ke internet, sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan orang-orang yang penting bagi Anda saat bepergian.

5. Dapat Diintegrasi Dengan Aplikasi Lain

Terakhir, VoIP seringkali terintegrasi dengan aplikasi lain seperti email, calendar, dan chat, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola panggilan telepon bersama dengan aktivitas lain. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering melakukan panggilan telepon dalam konteks pekerjaan yang lebih luas.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Dapatkan Sistem VoIP Terbaik Sekarang!

Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service TerbaikDapatkan pengalaman terbaik dalam mengelola layanan pelanggan yang efektif menggunakan VoIP terbaik yang terdapat dalam sistem Call Cennter dari Barantum. Dengan aplikasi Call Center yang dilengkapi dengan fitur seperti IVR, sistem omnichannel media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Telegram dan banyak lagi yang terintegrasi WhatsApp.

Sistem VoIP berbasis cloud dari Barantum memiliki semua fitur untuk mengelola pusat panggilan masuk, keluar atau kombinasi keduanya secara efisien. Sederhanakan sistem dukungan pelanggan Anda dengan sistem tiket otomatis yang mengubah permintaan pelanggan yang datang dari berbagai saluran menjadi tiket yang siap di tindak lanjuti oleh tim yang di tugaskan secara otomatis dan lacak seluruh interaksi dengan pelanggan Anda.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".