Ketahui Seluruh Tentang VoIP

VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah sistem yang memungkinkan komunikasi suara melalui jaringan internet. Teknologi ini mengubah sinyal suara menjadi data yang dapat dikirimkan melalui internet seperti email atau file lainnya. VoIP telah menjadi pilihan populer untuk komunikasi bisnis karena biaya yang lebih rendah daripada panggilan internasional menggunakan jaringan telepon konvensional.

Apa itu VoIP dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, baca lebih lanjut di artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan cara kerjanya.

Apa Pengertian VoIP?

Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet. Sistem ini mengubah sinyal suara menjadi data digital yang dapat dikirimkan melalui internet seperti halnya data lainnya. Dengan VoIP, pengguna dapat melakukan panggilan ke seseorang yang berada di mana saja di dunia, asalkan seseorang tersebut terhubung ke internet.

Sistem ini mulai populer pada awal tahun 2000-an, karena dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam berkomunikasi yang tidak dapat ditawarkan oleh sistem telepon konvensional. Misalnya, pengguna dapat melakukan panggilan telepon melalui perangkat apa saja yang terhubung ke internet, seperti komputer, ponsel, atau tablet. Selain itu, juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti email, chat, dan kalender, sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola komunikasi mereka.

Sistem ini sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki kantor cabang di beberapa negara, karena dapat memudahkan komunikasi antar kantor dengan tarif yang lebih murah.  Namun, sistem ini membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cukup cepat agar dapat bekerja dengan baik. Jika koneksi internet tidak stabil atau lambat, maka kualitas suara pada panggilan VoIP dapat terganggu atau terputus. Akan tetapi, VoIP masih merupakan pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin berkomunikasi dengan biaya yang lebih murah dan fleksibel.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsAppApa Fungsi VoIP?

Fungsi VoIP adalah untuk mengirimkan sinyal suara melalui jaringan internet seperti halnya data lainnya. Dengan sistem ini, pengguna dapat melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di mana saja di dunia, asalkan seseorang tersebut terhubung ke internet.

VoIP memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

1. Menyediakan Layanan Panggilan Melalui Internet

VoIP mengubah sinyal suara menjadi data digital yang dapat dikirimkan melalui internet, sehingga pengguna dapat melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di mana saja di dunia. Sistem ini memungkinkan Anda menerima panggilan masuk di nomor telepon yang terhubung ke internet, sehingga Anda dapat menerima panggilan di komputer atau perangkat seluler Anda. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian atau tidak memiliki akses ke jaringan telepon konvensional.

2. Fleksibel Dalam Melakukan Komunikasi

Pengguna dapat melakukan panggilan telepon melalui perangkat apa saja yang terhubung ke internet, seperti komputer, ponsel, atau tablet. Selain itu, sistem ini juga dapat digunakan di mana saja yang terhubung ke internet, sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain.

3. Mampu Melakukan Telepon Jarak Jauh

Selanjutnya, memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon ke seseorang yang berada di luar negeri dengan biaya yang lebih rendah daripada panggilan internasional menggunakan jaringan telepon konvensional. Hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya telepon saat terhubung dengan orang-orang yang berada jauh dari Anda.

4. Dapat Melakukan Konferensi Telepon

Fungsi lainnya, memungkinkan beberapa orang untuk terhubung dalam suatu panggilan konferensi telepon melalui internet. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering melakukan rapat atau pertemuan dengan anggota tim yang tersebar di berbagai lokasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem ini untuk melakukan rapat dengan anggota tim yang tersebar di berbagai kota atau negara.

5. Adanya Voicemail

VoIP biasanya menyediakan layanan voicemail sehingga Anda dapat meninggalkan pesan suara untuk orang yang tidak dapat Anda hubungi saat itu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan kepada orang yang tidak dapat dihubungi saat itu, sehingga mereka dapat menghubungi Anda kembali nanti. Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem ini untuk mengirimkan pesan kepada orang yang tidak dapat dihubungi saat itu, sehingga mereka dapat menghubungi Anda kembali nanti.

6. Menyediakan Fitur-Fitur Tambahan

Terakhir, dapat memberikan fitur-fitur tambahan seperti panggilan konferensi, panggilan antar grup, dan panggilan dengan suara jelas. Selain itu, sistem ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti email, chat, dan kalender, sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola komunikasi mereka. Dimana fitur tersebut tidak bisa Anda dapatkan dari telepon konvensional.

Apa Saja Manfaat VoIP?

Adapun manfaat VoIP sebagai berikut:

1. Biaya Lebih Rendah

Manfaat pertama, menawarkan biaya panggilan yang lebih rendah daripada jaringan telepon konvensional, terutama untuk panggilan internasional. Hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya telepon dan memaksimalkan keuntungan perusahaan.

2. Akses Dari Berbagai Perangkat

Manfaat kedua, dapat diakses dari berbagai perangkat seperti komputer, telepon seluler, atau tablet yang terhubung ke internet, sehingga Anda dapat melakukan panggilan dari mana saja. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian atau tidak memiliki akses ke jaringan telepon konvensional.

3. Mudah Digunakan

Manfaat selanjutnya, dapat dengan mudah diatur untuk menangani jumlah panggilan yang berbeda, sehingga cocok untuk perusahaan kecil maupun besar. Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah lini VoIP sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

4. Mudah Diakses

VoIP memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon dari mana saja yang terhubung ke internet, sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan orang-orang yang penting bagi Anda saat bepergian.

5. Dapat Diintegrasi Dengan Aplikasi Lain

VoIP seringkali terintegrasi dengan aplikasi lain seperti email, calendar, dan chat, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola panggilan telepon bersama dengan aktivitas lain. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering melakukan panggilan telepon dalam konteks pekerjaan yang lebih luas.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Kerja VoIP?

Berikut adalah beberapa cara kerja VoIP:

1. Mengkonversi Sinyal Suara Menjadi Data

Saat Anda melakukan panggilan telepon menggunakan VoIP, suara Anda akan dikonversi menjadi data yang dapat dikirim melalui internet. Proses ini disebut kodek, dan VoIP menggunakan algoritma kodek yang berbeda untuk mengkonversi sinyal suara menjadi data. Setelah sinyal suara dikonversi menjadi data, data tersebut dapat dikirim ke penerima melalui internet.

2. Menggunakan Perangkat Tambahan

VoIP biasanya memerlukan perangkat tambahan seperti adapter VoIP atau headset VoIP untuk terhubung ke jaringan internet. Adapter VoIP berfungsi sebagai penerjemah antara jaringan telepon konvensional dan jaringan internet, sehingga Anda dapat melakukan panggilan telepon melalui internet. Adapter VoIP biasanya terhubung ke telepon konvensional atau modem dengan kabel telepon, dan kemudian terhubung ke jaringan internet melalui kabel Ethernet atau WiFi. Headset VoIP merupakan perangkat yang terhubung ke komputer atau perangkat seluler yang digunakan untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Headset VoIP biasanya terhubung ke perangkat dengan kabel atau secara nirkabel (wireless) melalui teknologi Bluetooth atau WiFi.

3. Menyediakan Layanan VoIP

Layanan ini akan mengatur koneksi internet Anda sehingga Anda dapat melakukan panggilan telepon menggunakan VoIP. Pada layanan VoIP biasanya menyediakan nomor telepon VoIP yang dapat digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Penyedia layanan VoIP juga akan menangani routing panggilan dan menyediakan fitur tambahan seperti konferensi telepon, panggilan masuk, dan voicemail.

4. Mengkonversi Data Menjadi Sinyal Suara

Penerima akan menerima data yang dikirimkan melalui internet dan mengkonversinya kembali menjadi sinyal suara yang dapat didengar. Proses ini juga menggunakan algoritma kodek yang berbeda untuk mengkonversi data menjadi sinyal suara.

Dapatkan Sistem VoIP Terbaik Sekarang!

Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service TerbaikDapatkan pengalaman terbaik dalam mengelola layanan pelanggan yang efektif menggunakan sistem VoIP terbaik dari Barantum. Dengan fitur call center yang lengkap seperti IVR, sistem omnichannel media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Telegram dan banyak lagi yang terintegrasi WhatsApp.

Sistem VoIP berbasis cloud dari Barantum memiliki semua fitur untuk mengelola pusat panggilan masuk, keluar atau kombinasi keduanya secara efisien. Sederhanakan sistem dukungan pelanggan Anda dengan sistem tiket otomatis yang mengubah permintaan pelanggan yang datang dari berbagai saluran menjadi tiket yang siap di tindak lanjuti oleh tim yang di tugaskan secara otomatis dan lacak seluruh interaksi dengan pelanggan Anda.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments