Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

WhatsApp telah menjadi aplikasi yang marak digunakan oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Kepopuleran WhatsApp (WA) membuatnya digunakan oleh segala usia, baik usia muda hingga dewasa dan segala kebutuhan, mulai dari kebutuhan personal hingga bisnis. Oleh sebab itu, untuk menjawab tiap kebutuhan penggunanya, terciptalah aplikasi WhatsApp biasa dan WhastApp bisnis. WA bisnis dan WA biasa tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada fiturnya. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan penggunanya yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan WA bisnis dan WA biasa, Anda bisa membacanya pada artikel ini.

Apa Itu WhatsApp (WA)?

Hampir semua orang mengetahui tentang WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi komunikasi yang menyediakan layanan tukar-menukar pesan, panggilan telepon, hingga panggilan video sehingga orang-orang dapat terhubung dengan mudah dan praktis. Aplikasi ini bisa digunakan di ponsel maupun di website dengan menggunakan data internet.

Whatsapp biasa (versi reguler) merupakan versi yang paling banyak masyarakat gunakan. Berbagai segmen pengguna dapat menggunakan aplikasi gratis ini. Aplikasi ini menyediakan layanan perpesanan gratis dengan berbagai jenis konten seperti gambar/stiker, audio, dan video.

Namun, seiring berjalannya waktu, WhatsApp tidak hanya hadir untuk digunakan orang secara persoal, namun juga mampu digunakan untuk bisnis, seperti WhatsApp Business. WhatsApp Business umumnya digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan layanan dan penjualan bisnis.

Apa Pengertian WA Bisnis?

WhatsApp bisnis adalah aplikasi yang mempermudah komunikasi antara bisnis dan pelanggan, baik melalui pesan ataupun panggilan telepon. WhatsApp bisnis dapat Anda untuk secara gratis pada PlayStore ataupun IoS. Namun, untuk mendapatkan fitur lebih lengkap dan meningkatkan kepercayaan pelanggan, banyak pebisnis yang kini mulai beralih dari menggunakan WhatsApp Business ke WhatsApp Business API.

Manakah Yang Lebih Baik Antara WA Bisnis dan WA Biasa?

JIka Anda bertanya mana yang lebih baik antara WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa, jawabannya adalah tergantung penggunaan Anda. Jika Anda menggunakannya hanya untuk komunikasi dengan orang-orang terdekat dan kebutuhan personal saja, Anda dapat memilih WhatsApp biasa/reguler. Sedangkan, jika Anda seorang pebisnis yang berencana ingin terus memajukan bisnis, Anda harus menggunakan WhatsApp bisnis untuk memudahkan aktivitas bisnis Anda.

WhatsApp bisnis terbagi menjadi dua versi, WhatsApp bisnis biasa yang tidak berbayar dan WhatsApp bisnis API yang berbayar dan hanya bisa didapatkan jika Anda bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum.

Apa Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa?

Adapun perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa, yaitu:

1. Logo Aplikasi

whatsapp bisnis dan reguler

Perbedaan yang paling menonjol antara WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa, yaitu pada logo aplikasi. Logo aplikasi WhatsApp biasa terdapat ikon telepon, sedangkan pada logo WhatsApp bisnis terdapat ikon huruf B.

2. Informasi Profil

Pada WhatsApp biasa, informasi profil yang tersedia terlihat hanyalah foto profil, nama, nomor telepon, dan deskripsi saja. Sedangkan pada WhatsApp bisnis Anda dapat membuat profil sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Informasi profil pada WhatsApp Business seperti kategori bisnis, jam kerja, alamat bisnis, tautan/link ke situs web Anda, dan katalog.

3. Membalas pesan otomatis

Pada WhatsApp biasa, Anda tidak dapat mengatur balas pesan otomatis. Sedangkan, pada WhatsApp bisnis, Anda dapat mengatur menjawab pesan pelanggan secara otomatis. Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.

Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

Anda bisa mendapatkan balas pesan otomatis lebih canggih dan terlihat natural jika Anda menggunakan WhatsApp bisnis API dimana Anda bisa menggunakan fitur chatbot untuk bantu menjawab tiap pertanyaan pelanggan lebih dinamis.

4. Chatbot

Berbeda dengan pesan otomatis, ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya. Fitur ini tidak tedapat pada WhatsApp biasa dan hanya terdapat pada WhatsApp bisnis API.

5.  Broadcast (WhatsApp Blast)

Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya. Sama seperti fitur chatbot, fitur ini hanya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp bisnis API.

6. Multi-User

Dengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer. Memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbeda.

Pada WhastApp biasa, hanya bisa digunakan untuk 1 pengguna saja. Sedangkan pada WhastApp Business, satu akun dapat digunakan oleh 2 pengguna. Namun, jika Anda memiliki bisnis yang sudah besar ataupun memiliki banyak pelanggan, Anda perlu meng-upgrade akun WhatsApp bisnis Anda menjadi WhatsApp bisnis API.

7. Laporan Statistik

Jika Anda menggunakan WhastApp bisnis, Anda dapat melihat laporan statistik, baik pesan terkirim dan tidak. Jika ingin laporan lebih detail lagi dan ingin memonitoring pencapaian tiap agen Anda dalam melayani pesan pelanggan secara real time, Anda bisa menggunakan WhatsApp bisnis API.

Sebaiknya jika Anda menjalani bisnis, gunakanlah aplikasi WhatsApp bisnis API agar lebih membantu meningkatkan pelayanan bisnis Anda. Sehingga potensi terciptanya pelanggan loyalitas semakin besar.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Bisnis API?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan WhatsApp Business API Resmi Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  2. Template WhatsApp API: 12 Contoh Template & Penerapannya
  3. WhatsApp CRM: Pengertian dan Cara Mendapatkannya
  4. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
  5. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".