Cara Praktis Membuat Order Bisnis di WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini sangat populer di Indonesia, karena kebanyakan orang memiliki WhatsApp di ponsel mereka. Dengan begitu, WhatsApp sangat cocok digunakan sebagai platform untuk membuat order automation. Terlebih dalam era digitalisasi yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, banyak perusahaan maupun individu yang beralih ke teknologi otomasi. Sehingga teknologi otomasi yang populer dan semakin diminati, seperti order automation WhatsApp. Dengan teknologi ini, memungkinkan pengguna untuk memesan produk atau layanan secara otomatis tanpa perlu interaksi langsung dengan penjual.

Yuk, ketahui cara membuat dan cara kerja dari order automation WhatsApp sekarang dan buat bisnis Anda makin efisien!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu WhatsApp Order Automation?

WhatsApp Order Automation adalah proses otomatisasi pemesanan yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai platform komunikasi antara penjual dan pembeli. Dalam WhatsApp Order Automation, penjual menggunakan tools atau software untuk mengotomatisasi proses pemesanan, mulai dari menerima pesanan hingga mengirimkan pesanan kepada pembeli. Dengan menggunakan WhatsApp Order Automation, penjual dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola pesanan.

WhatsApp Order Automation dapat dilakukan melalui fitur chatbot, yang memungkinkan penjual untuk memprogram respons otomatis terhadap pesan-pesan yang sering diterima dalam proses pemesanan. Fitur chatbot juga dapat digunakan untuk memberikan informasi produk dan layanan secara otomatis, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dari pembeli dengan cepat dan akurat. Dengan menggunakan fitur chatbot, WhatsApp Order Automation dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan informasi yang akurat dan cepat secara otomatis.

Keuntungan menggunakan WhatsApp Order Automation adalah menghemat waktu dan mengurangi kesalahan manusia dalam mengelola pesanan. Selain itu, WhatsApp Order Automation juga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan informasi yang akurat dan cepat.

Apa Manfaat WhatsApp Order Automation?

Berikut manfaat lengkap mengenai penggunaan WhatsApp Order Automation:

  1. Efisiensi waktu: Dengan menggunakan WhatsApp order automation, Anda dapat menghemat waktu yang biasanya dibutuhkan untuk memproses pesanan secara manual. Proses otomatisasi dapat memungkinkan Anda untuk memproses pesanan dalam hitungan detik, daripada memerlukan waktu yang lama untuk memeriksa pesanan yang masuk dan memprosesnya secara manual.
  2. Akurasi yang lebih baik: Dengan menggunakan teknologi otomatisasi, kesalahan manusia dapat dikurangi secara signifikan, misalnya salah mencatat pesanan atau pengiriman ke alamat yang salah. Dengan menggunakan sistem otomatis, pesanan dapat diproses dengan lebih akurat dan sesuai dengan permintaan pelanggan.
  3. Memudahkan pelanggan: WhatsApp order automation memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan dan mengurangi risiko kesalahan saat memasukkan pesanan. Pelanggan dapat mengirimkan pesanan melalui WhatsApp dengan mudah dan sistem akan mengkonfirmasi pesanan tersebut.
  4. Kemampuan untuk meningkatkan penjualan: Dengan menggunakan teknologi otomatisasi, Anda dapat mempercepat proses pemesanan, sehingga Anda dapat mengambil lebih banyak pesanan dalam waktu yang sama. Ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi bisnis.
  5. Menghemat biaya: Dengan otomatisasi proses pemesanan, Anda dapat mengurangi biaya yang biasanya terkait dengan proses manual, seperti biaya untuk mengelola pesanan, mengirim konfirmasi pesanan dan memproses pembayaran. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya dan meningkatkan keuntungan.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Order Automation?

Cara membuat WhatsApp order automation sangatlah mudah dan praktis. Anda bisa menggunakan fitur Chatbot untuk otomatisasi order pelanggan, dimana order tersebut bisa langsung terdata ke dalam sistem. Sehingga agen Anda tidak perlu melakukan pencatatan manual.

Coba bayangkan, bisnis Anda mendapatkan pesan order dari pelanggan melalui WhatsApp sebanyak puluhan hingga ratusan per harinya. Jika agen Anda melakukan pencatatan order menggunakan metode manual, bisa-bisa jari mereka “keriring” karena harus mengetik atau menulis banyak data order tiap hari, kan? Belum lagi jika ada kesalahan input data saking banyaknya yang harus dicatat secara manual.

Nah, di sinilah salah satu fungsi fitur Chatbot di WhatsApp bisnis Anda. Seluruh order yang masuk ke dalam chat, bisa langsung terdata ke dalam sistem. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat WhatsApp order automation:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk membuat WhatsApp order automation, yaitu Anda perlu mendapatkan fitur chatbot dengan menggukan WhatsApp Business API (WABA). Anda perlu mendaftarkan bisnis ke BSP WhatsApp Resmi, Barantum. Barantum inilah yang akan membantu Anda untuk mendapatkan fitur chatbot secara resmi untuk bisnis Anda.

2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Verifikasi Facebook Business Manager

Chatbot ini merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API, dan karena WhatsApp adalah miliki Facebook (Meta) maka untuk mengakses dan menggunakan WhatsApp API ini Anda diharuskan untuk memverifikasi Akun Facebook Business Manager Anda.

Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Bisnis/Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP Bisnis

3. Login ke Chat Panel Barantum.com, BarantumChat

Cara Membuat Chatbot WA - Login ke Barantum Chat

Setelah proses verifikasi bisnis Anda berhasil dan disetujui, selanjutnya Anda akan diberikan informasi akun atau akses login untuk masuk ke chat panel Barantum,com, yaitu BarantumChat.

Untuk mengaksesnya Anda bisa membuka tautan berikut BarantumChat

4. Menentukan Alur Percakapan Chatbot WhatsApp

chatbot - order automation whatsapp

Anda bisa membuat alur order automation pada chatbot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa memasukkan beberapa pilihan pada chatbot untuk mempermudah order automation.

Chatbot akan membalas sesuai dengan pilihan pelanggan. Dan, saat pelanggan melakukan order, maka otomatis data pelanggan ini masuk ke dalam sistem. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara kerja WhatsApp order automation di bawah ini!

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Order Automation?

cara kerja whatsapp order automation

Adapun cara kerja WhatsApp order automation, sebagai berikut:

1. Order Pesan Pelanggan Masuk Otomatis Mendapat Balasan

Dengan adanya fitur chatbot pada sebuah layanan pelanggan, order pesan pelanggan yang masuk dapat langsung mendapat balasan secara otomatis. Hal ini tentu saja mempermudah pekerjaan agen yang hanya perlu membalas pesan-pesan yang memerlukan interaksi langsung dengan pelanggan. Selain itu, fitur chatbot juga mampu bekerja selama 24/7. Sehingga pesan-pesan pelanggan dapat lebih cepat tertangani tanpa perlu menunggu agen yang sedang tidak aktif. Dengan begitu, layanan pelanggan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan efisien bagi para pelanggannya.

2. Percakapan dengan Pelanggan Ditangani dengan Fitur Chatbot

Fitur chatbot pada layanan pelanggan mampu menangani percakapan dengan pelanggan dengan cepat dan efisien. Pesan-pesan yang masuk dapat langsung diarahkan ke chatbot untuk mendapatkan respons otomatis yang telah diprogram sebelumnya. Sehingga tidak perlu menunggu agen yang sedang tidak aktif. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan respons yang lebih cepat dan akurat. Selain itu, fitur chatbot juga mampu membantu dalam memperoleh penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, layanan pelanggan dapat lebih optimal dalam memberikan pengalaman yang baik dan memperoleh pelanggan yang lebih loyal.

3. Data Order Pesanan Otomatis Masuk ke Dalam Sistem

Dengan adanya fitur otomatisasi pada sistem pelanggan yang terintegrasi dengan chat WhatsApp, setiap data order yang masuk dari pelanggan akan langsung terdata ke dalam sistem CRM tanpa perlu dilakukan secara manual oleh agen. Hal ini dapat meminimalisasi kesalahan input data order yang mungkin terjadi jika dilakukan secara manual. Dengan data yang terintegrasi dengan baik pada sistem, agen dapat lebih mudah dan efisien dalam mengakses data order pelanggan, memproses pesanan, serta memantau status pengiriman dan pembayaran. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu dalam memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan, karena data order mereka dapat dengan mudah diakses oleh agen tanpa harus meminta informasi berulang-ulang pada pelanggan. Dengan begitu, sistem otomatisasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pelanggan pada bisnis.

4. Agen Dapat Melihat Seluruh Order Secara Terpusat

Dengan adanya sistem yang memungkinkan agen untuk melihat seluruh order secara terpusat. Sehingga order dapat terpantau dan ter-update secara otomatis ke dalam sistem CRM. Selain itu, kecepatan dalam menindaklanjuti proses order juga dapat meningkat karena agen dapat mengakses informasi secara real-time dan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan. Dengan sistem yang efisien seperti ini, maka akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Itulah cara membuat dan cara kerja order automation WhatsApp untuk mempermudah operasional aktivitas agen Anda. Semua kemudahan di atas bisa Anda dapatkan di Barantum. Dengan sistem Barantum, Anda bisa mengatur order automation WhatsApp sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Data order pun bisa Anda monitor langsung di dalam sistem. Sehingga Anda tidak perlu meminta catatan manual tiap agent untuk mengetahui berapa banyak order produk atau layanan Anda per harinya. Dengan sistem Barantum ini pun Anda bisa memantau progress order mulai dari tahap pemesanan hingga penyelesaian order.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".