Apa Itu WhatsApp Blast?

Sejak kehadirannya, WhatsApp Business telah menjadi andalan para pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk. Dengan berbagai fiturnya yang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis, aplikasi ini membuat pebisnis dengan mudah menjangkau pelanggannya. Baik itu dari segi komunikasi, maupun aktivitas penjualan. Begitu pula dengan pelanggan. Mereka tidak perlu mengirimkan email atau menghubungi customer service untuk menyampaikan kebutuhan mereka. Cukup dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, permintaan mereka akan tersampaikan ke bisnis secara mudah, langsung, dan gratis.

Dari sekian banyaknya fitur aplikasi ini, salah satu fitur yang pebisnis sukai adalah WhatsApp blast. Fitur ini merupakan fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda mengirim pesan massal secara bersamaan. Anda bisa mengirim pesan tersebut tanpa harus menyimpan nomor pengguna di kontak. Fitur ini tentu menjadi cara yang sangat efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Manfaat WhatsApp Blast

1. Mengirim pesan blast ke banyak kontak

Fungsi utama dari fitur WhatsApp blast, yaitu memungkinkan Anda untuk mengirim pesan kepada pengguna tanpa batas. Pengiriman pesan secara massal ke banyak pelanggan memungkinkan bisnis Anda memiliki penetrasi yang lebih cepat dibandingkan bisnis yang tidak menggunakan fitur ini.

2. Personalisasi pesan

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini adalah pesan yang dapat dipersonalisasi dengan menyebut nama kontak. Hal ini akan meninggalkan kesan yang lebih akrab dengan penerima. Anda bisa personalisasi pesan sedemikian rupa dengan teks, emoji, atau bahkan grafik file.

3. Menjelajahi target pasar baru

Keuntungan lain yang sangat bagus dari fitur ini, yaitu memungkinkan Anda untuk menyebarkan pesan ke target pasar baru atau yang belum dikenal. Misalnya, Anda bisa menyebarkan teks dan gambar sebagai selebaran ke kontak yang tidak dikenal. Tingkatkan kesadaran pengguna terhadap bisnis Anda dengan read-rate 90% pada pesan Whatsapp yang Anda kirimkan.

4. Mendapat feedback langsung dari pelanggan

Kontribusi utama dari WhatsApp blast adalah membantu bisnis Anda membentuk ikatan yang kuat dengan pelanggan. Bisnis yang sering berinteraksi dengan pelanggan melalui WhatsApp memberikan image yang lebih baik. Hal ini akan memberikan wawasan bisnis yang mendalam tentang bisnis Anda kepada pelanggan, yang akhirnya akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.register whatsapp api barantum

Perbedaan Antara WhatsApp Blast dan WhatsApp Broadcast

Kedua fitur ini seringkali disamakan. Pada dasarnya, kedua fitur ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mengirimkan pesan ke banyak kontak.

Fitur WhatsApp Broadcast

WhatsApp broadcast atau pesan siaran merupakan fitur asli yang WhatsApp miliki. Fungsi dari fitur ini yaitu untuk mengirimkan pesan kepada berbagai nomor secara bersamaan. Berikut rincian manfaat penggunaan WhatsApp Broadcast:

  1. Pengiriman pesan terbatas, maksimal 256 kontak pelanggan.
  2. Nomor yang dituju harus menyimpan nomor Anda.
  3. Anda harus menyimpan nomor kontak yang akan dikirimkan pesan.
  4. Terdapat jeda pengiriman pesan (diatur otomatis oleh WhatsApp) dan pesan tidak terkirim dalam waktu yang bersamaan.
  5. Tidak dapat personalisasi pesan, contohnya menyebut nama penerima.

Fitur WhatsApp Blast

WhatsApp blast bukanlah fitur bawaan dari WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp merupakan fitur buatan pihak ketiga. Meski demikian, fitur  WhatsApp blast bisa nyatanya lebih unggul dari WhatsApp broadcast. Berikut keunggulan yang tedapat dalam WhatsApp Blast:

  1. Pengiriman pesan tanpa batas ke kontak pelanggan.
  2. Pesan tetap terkirim meski nomor yang dituju tidak menyimpan nomor Anda.
  3. Anda tidak harus menyimpan nomor kontak pelanggan untuk mengirim pesan.
  4. Delay pesan dapat diatur sesuai kebutuhan dan pesan dapat terkirim secara bersamaan.
  5. Pesan lebih terpersonalisasi.
  6. Memiliki fitur pendukung lainnya untuk promosi, seperti impor dan ekspor kontak, membuat grup kontak pelanggan, personalisasi pesan, template pesan, dan sebagainya.

Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Blast

Setelah mengetahui manfaat serta keunggulannya dari WhatsApp broadcast, Anda dapat menyimpulkan bahwa WhatsApp blast adalah cara praktis untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Sehingga Anda dapat menjaring banyak pelanggan potensial. Lalu bagaimana cara mendapatkan fitur ini?

Berikut 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

WhatsApp Business API by Barantum
WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

WhatsApp Business API by Barantum
Selanjutnya, BSP Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Gunakan

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik
Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan Whatsapp Blast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!
Anda juga bisa menikmati fitur WhatsApp Business API lainnya seperti mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di nomor bisnis Anda, Chatbot, Multi User / Agent, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Daftarkan bisnis Anda di WhatsApp Business API sekarang untuk dapatkan fitur WhatsApp blast secara mudah dan cepat sekarang!

API WhatsApp link

Rekomendasi Artikel

    1. 5 Alasan Perlu Verified Badge Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda
    2. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak
    3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
    4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
    5. Laku Keras, Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang