Apa itu CRM? Pengertian dan Pentingnya CRM serta Penggunaannya

Apa itu CRM dan Manfaat CRM

Apa itu CRM dan Mengapa Penting?

 

Apa itu CRM? CRM adalah sebuah strategi manajemen hubungan pelanggan yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan ataupun calon pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan ataupun calon pelanggan, kemudian merekam aktifitas tenaga penjual dalam berhubungan dengan pelanggan. CRM sendiri merupakan singkatan dari Customer Relationship Management

Baca : Pentingnya CRM dalam Bisnis Alkes (Peralatan Kesehatan)

Dalam pekerjaan penjualan secara langsung, interaksi dapat membuat perbedaan besar ketika membangun hubungan. Tetapi apa yang terjadi ketika Anda bekerja di seluruh negeri atau di seluruh dunia? Jelas, membuat hubungan pribadi lebih sulit dalam situasi ini. Tetapi melalui keajaiban teknologi, kita dapat menjembatani kesenjangan dan tetap terlibat dan responsif terhadap kebutuhan klien. Ketika dunia kita menjadi lebih terglobalisasi, jenis hubungan berbasis teknologi ini akan menjadi norma.

“70 hingga 90 persen keputusan untuk tidak mengulangi pembelian apa pun bukan tentang produk atau harga. Melainkan disebabkan oleh beberapa dimensi layanan” 

Beruntung bagi kita dalam penjualan, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) memungkinkan untuk berkolaborasi dengan mudah dan efektif, terlepas dari jarak yang terlibat.

Baik di seluruh kota atau di seluruh dunia, fungsi utama bagi profesional penjualan adalah menjual produk dan layanan kepada pelanggan mereka. Tenaga penjualan ini juga bertugas mencari solusi untuk masalah pelanggan sambil memastikan prosesnya sebebas mungkin.

Kunci keberhasilan setiap tenaga penjualan adalah pemahaman menyeluruh tentang basis pelanggannya. Salah satu alat yang banyak diandalkan oleh para profesional penjualan adalah perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM). Penggunaan yang tepat dari Aplikasi CRM dapat membuat penjualan menjadi sangat besar dan sebenarnya membuat pengelolaan akun klien jauh lebih mudah.

Software CRM Barantum

Ketahui Apa itu CRM Lebih Dalam Lagi

 

Apa itu CRM, apa artinya dan mengapa bisnis Anda harus menggunakan CRM? Kami menjawab semua pertanyaan ini dan lebih banyak lagi untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana CRM dapat menguntungkan bisnis Anda. Berikut ini adalah video ilustrasi yang akan menjelaskan secara singkat mengenai CRM.

Setelah mengetahui Apa itu CRM lalu bagaimana CRM dapat menyelaraskan departemen penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan? Dengan mengutamakan pelanggan, Anda dapat memecah silo organisasi dan menjadi perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

CRM lebih dari sekedar teknologi. Ketika berhasil diterapkan, CRM membantu Anda membangun hubungan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan pendapatan perusahaan, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul.

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Dan CRM itu sendiri adalah strategi bisnis pada perusahaan yang dirancang untuk meningkatkan pendapatan dan profitabilitas, mengurangi biaya serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Filosofi CRM itu sendiri sederhana yaitu: Dahulukan pelanggan

Ketika Anda melihat setiap transaksi dari sudut pandang pelanggan, Anda bisa melihat celah dimana bisnis Anda seharusnya memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas kepada perusahaan Anda.

Software CRM yang sejati menyatukan semua informasi dari berbagai departemen di seluruh perusahaan untuk memberikan satu pandangan menyeluruh dari setiap pelanggan secara real time.

Hal ini memungkinkan pelanggan menghadapi karyawan di berbagai bidang seperti penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan untuk membuat keputusan cepat dan terinformasi tentang segala sesuatu mulai dari penjualan atas dan penjualan silang, hingga peningkatan kualitas komunikasi pelanggan dan responsif hingga mengoordinasikan manajemen penjualan dan kampanye pemasaran .

strategi crm

Ketika diimplementasikan dengan sukses, CRM dapat memberikan perusahaan tidak hanya wawasan atau informasi peluang untuk mengembangkan bisnis dengan setiap pelanggan, tetapi juga cara mengukur nilainya.

 

Kenapa CRM Penting Untuk Bisnis Anda?

 

Anda sudah mengenal Apa itu CRM sekarang, belum terlambat untuk mengetahui bahwa saat ini CRM lebih penting daripada sebelumnya dalam dunia perbisnis-an karena dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.

Dan tren kebutuhan CRM akan terus meningkat, Statistik 2017 oleh Gartner menemukan bahwa pendapatan perangkat lunak CRM kini telah melampaui sistem manajemen basis data untuk menjadi yang terbesar dari semua pasar perangkat lunak!

Gartner 2017 CRM Software Revenue
Perkiraan pendapatan perangkat lunak CRM (jutaan dolar AS) – Gartner 2017

Dalam lingkungan yang sangat kompetitif saat ini dan dengan begitu banyak produk dan layanan yang dapat dipilih, pelanggan pilih-pilih dan loyalitas pelanggan tampaknya menjadi bagian dari masa lalu.

Saat produk baru diperkenalkan ke pasar, dibutuhkan hanya beberapa bulan sebelum produk atau layanan itu tiba-tiba menjadi komoditas, yang pada gilirannya, jika komoditi tersebut tidak sesuai harapan pelanggan, maka akan sangat mudah untuk beralih perusahaan.

Dan terlepas dari apa yang mungkin Anda pikirkan, tidak semua pelanggan diciptakan sama.

Pelanggan lain sering melakukan transaksi berulang, ada juga yang sering kali mencoba membeli produk dan layanan baru dan bahkan bisa menjadi influencer kuat di pasar mereka.

Software CRM membantu memprioritaskan upaya penjualan dan pemasaran untuk grup ini. Ini juga memberi perusahaan cara yang lebih baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk meningkatkan portofolio produk yang ditawarkan kepada mereka.

Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan Anda, preferensi dan perilaku pembelian mereka, semakin besar kemungkinan penawaran Anda sesuai target.

apa itu crm dan manfaatnya

Berikut Cara Memanfaatkan CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Sales

 

Dengan menggunakan Aplikasi CRM, tenaga penjualan / tim sales dapat lebih cepat membuat dan mengirim penawaran ke klien. Ini memungkinkan untuk melakukan tindak lanjut yang sangat cepat tanpa menunggu orang lain memberikan informasi yang diperlukan untuk penawaran. Selain mampu merespons prospek dengan cepat, perwakilan penjualan atau tenaga sales Anda juga dapat segera melakukan transaksi. Sama-sama berharga, semua transaksi yang dibuat oleh tenaga penjualan mudah ditemukan dalam Aplikasi CRM.

Profesional penjualan dapat melacak banyak hal berikut ini melalui Aplikasi CRM:

  • Kontak
  • Catatan
  • Pesanan penjualan
  • Faktur / Invoice Penjualan
  • Kunjungan klien / Meeting Klien

 

Gunakan CRM Untuk Menjual Lebih Banyak ke Klien yang Ada

 

Dengan menggunakan Aplikasi CRM (manajemen hubungan pelanggan) memungkinkan Anda untuk mengelola basis pelanggan yang ada saat ini dan pada gilirannya, menggunakan kontak tersebut untuk membangun kelompok klien potensial yang bahkan lebih besar. Menumbuhkan basis pelanggan adalah bagian dari pekerjaan seorang tenaga penjualan. Dengan menggunakan sistem CRM, informasi pelanggan Anda ada di ujung jari Anda di satu sistem yang terpusat. Anda dapat melihat data ini kapan saja.

Bukan rahasia lagi bahwa menjual lebih banyak ke klien yang sudah ada jauh lebih efektif daripada mencoba menjual ke klien baru. ( Baca : Pertahankan Pelanggan Lama Atau Mencari Pelanggan Baru ?) Melalui penggunaan sistem CRM yang tepat, peluang akan menguntungkan Anda saat Anda menambang basis pelanggan yang ada. Waktu yang dihabiskan untuk menjual lebih banyak kepada klien yang sudah ada, selalu bermanfaat.

 

Manfaatkan CRM Untuk Bekerja dari mana saja

 

Kita semua tahu bahwa tenaga profesional penjualan atau tim sales bekerja dari banyak tempat yang berbeda beda. Dari kantor ke rumah, kedai kopi dan bahkan di jalan, mereka bekerja tanpa henti. Dengan menggunakan sistem CRM berbasis cloud, tenaga sales profesional akan dapat menyelesaikan pekerjaannya di mana pun mereka berada selama mereka memiliki Wi-Fi dan perangkat untuk mengakses internet. Anda dapat bekerja jarak jauh dari berbagai tempat seperti India, Singapore, Vietnam dan Negara lainnya di belahan benua Eropa dan Amerika dengan akses ke sistem CRM secara real-time.

Karena pekerjaan terus berubah, Anda ingin dapat melakukan pekerjaan Anda di mana pun Anda berada dan terlepas dari keadaan. Manfaat tambahan untuk memiliki akses ke CRM di mana pun Anda berada:

  • Gunakan ponsel/ laptop Anda untuk membuat catatan dalam perangkat lunak CRM secara real time
  • Dapat melakukan Tindak lanjut se-segera mungkin

Tenaga Sales Profesional atau tim penjualan yang menggunakan perangkat lunak CRM tidak diragukan lagi akan mulai melihat betapa mudahnya pekerjaan mereka. Perangkat lunak ini tidak hanya hebat dalam membantu hubungan bisnis antara Perusahaan dan klien mereka, tetapi juga membantu dalam tugas pekerjaan sehari-hari para penjual.

 

Aplikasi CRM Sebagai Senjata Utama

 

Apa itu CRM? Anda sudah mengetahuinya jadi apa pun yang orang coba katakan tentang paket Aplikasi CRM apa pun ingatlah, pada akhirnya, itu hanya sebuah database. Gunakanlah untuk melacak tim penjualan Anda. Apakah Anda memiliki sepuluh tenaga penjualan atau lima puluh tidak ada bedanya. Aplikasi CRM akan membantu Anda memastikan mereka memiliki apa yang mereka butuhkan dan bahwa Anda dapat melacak aktivitas mereka.

Fokus pada laporan. Perhatian Anda harus pada saluran penjualan mereka, peluang baru, kegiatan terbaru, dan penjualan yang hilang. Semua atribut lain dari sistem CRM Anda bagus tetapi tidak dapat menggantikan nilai laporan tersebut. Dan laporan harus dikirim secara otomatis ke kotak masuk email Anda setiap hari atau setiap minggu. Berbekal data ini, Anda dapat mengelola tim penjualan Anda hingga maksimal.

Ketika Anda menggunakan Aplikasi CRM untuk keuntungan maksimal, itu akan seperti membawa senapan mesin dalam medan pertempuran yang menggunakan pedang.

 

Wajib Menggunakan CRM Bagi Seluruh Karyawan

 

Percayalah pada titik ini. Akan ada tenaga penjualan yang tidak ingin merangkul sistem CRM Anda. Mereka akan mengeluh bahwa terlalu lama untuk memasukkan data atau membuang-buang waktu atau salah satu dari seratus alasan lainnya. Seseorang mungkin akan berdebat bahwa mereka telah melakukan hal yang sama dengan spreadsheet (Excel) selama bertahun-tahun sehingga mereka tidak memerlukan sistem CRM. Anda perlu membalas dengan tiga kata: Ini bukan opsional!

Jika Anda ingin sistem CRM Anda berhasil, maka itu harus menjadi bagian dari budaya organisasi dalam jalur penjualan Anda. Jadi pastikan Anda memberikan pelatihan dan mendukung kebutuhan tim Anda untuk membantu tim Anda beradaptasi.

Apa pun sistem CRM tertentu yang Anda gunakan, jika Anda mengikuti rekomendasi di atas, hasil positif akan mengikuti.

“Bagaimana Anda mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan informasi, akan menentukan apakah Anda menang atau kalah.” – Bill Gates

Kesimpulan

 

Apa itu CRM?

Kita sudah membahas secara menyeluruh mengenai Apa itu CRM, dan bagaimana langkah sukses menggunakan Aplikasi CRM. Terakhir yang perlu Anda ketahui ialah Pembeli B2B tidak lagi membutuhkan Anda untuk memberi tahu mereka apa yang mereka butuhkan atau inginkan lagi.

Mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan sejak mereka mencari di internet, melalui forum, blog, media sosial, dan sebagainya.

Apa yang mereka inginkan adalah diperlakukan sebagai individu. Mereka ingin merasa bisnis mereka penting bagi Anda dan Anda peduli.

Dalam penjualan B2B, sistem CRM dapat membuat semua perbedaan apakah Anda mendapatkan pelanggan baru atau mempertahankan yang sudah ada. Pelanggan yang merasa dihargai adalah pelanggan yang bahagia dan pelanggan yang bahagia berarti bisnis yang berulang dan otomatis meningkatkan laba.

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang CRM dan solusi mana yang tepat untuk Anda? Klik gambar disamping atau silahkan mencoba CRM Barantum gratis selama 14 hari disini

Kunjungi Support Barantum untuk mencari tahu bagaimana memulai menggunakan Aplikasi CRM Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur chat untuk langsung bertanya kepada tim support Barantum.

email pertanyaan Anda ke support@barantum.com / sales@barantum.com

In this article

Join the Conversation

nineteen − sixteen =