Pelajari Selengkapnya Mengenai Perbedaan Klien dan Pelanggan

Sadarkah Anda bahwa masih banyak orang yang menyamakan arti dari klien dan pelanggan? Apakah Anda salah satunya?

Klien dan pelanggan memang sama-sama seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan produk atau jasa dari sebuah bisnis. Namun, keduanya memiliki maknanya tersendiri.

Apa itu Klien (Client)?

Klien (client) adalah seseorang yang membayar untuk mendapatkan produk atau jasa profesional. Oleh sebab itu, umumnya klien datang kepada Anda untuk mendapatkan solusi dari kendala yang dihadapinya. Dan, pada umumnya berhubungan erat dengan loyalitas. Klien bisa bertahan selama bertahun-tahun dan biasanya tidak mudah terpengaruh atau berpaling pada kompetitor lainnya.

Misalnya, seseorang ingin mengiklankan sebuah produk terbaru. Lalu, bekerja sama dengan agen periklanan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa orang yang bekerja sama dengan agen periklanan adalah klien. Karena ia memerlukan jasa profesional untuk menjadi solusi terkait kendala yang dihadapinya.

Apa itu Pelanggan (Customer)?

Pelanggan (customer) adalah orang yang membeli produk atau jasa bisnis dengan melakukan berbagai pertimbangan, seperti kualitas, harga, dan pelayanan yang didapatkannya. Namun, pelanggan lebih memiliki risiko tinggi berpaling ke kompetitor bisnis Anda karena biasanya tidak terikat dalam waktu lama.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pelanggan setia. Jika pelayanan dan produk yang ditawarkan baik, maka Anda pun bisa mendapatkan pelanggan setia.

Apa Perbedaan Klien dan Pelanggan?

Perbedaan klien (client) dan pelanggan (customer) yaitu klien mengacu pada jenis pelanggan tertentu yang membeli layanan profesional dari bisnis. Sedangkan pelanggan adalah seseorang yang membeli produk atau layanan dari perusahaan.

Secara umum, pelanggan membeli produk sementara klien membeli saran dan solusi. Selain itu, klien biasanya adalah pelanggan jangka panjang yang lebih setia kepada perusahaan Anda dan menghabiskan lebih banyak uang.

Jika Anda menjalankan perusahaan SaaS, maka Anda memiliki pelanggan. Di sisi lain, jika Anda menjalankan firma hukum, Anda memiliki klien. Mari kita tinjau beberapa contoh di bawah ini untuk membantu Anda melihat perbedaannya dalam jenis layanan.

Layanan berbasis klien:

  • Firma hukum
  • Studio desain
  • Agen asuransi
  • Kantor akuntan
  • Agen real estate
  • Agen pemasaran/periklanan

Layanan berbasis pelanggan:

  • Perusahaan SaaS
  • Toko ritel
  • Perusahaan berbasis langganan
  • Bank
  • Restoran
  • Taman hiburan

Hal menarik yang bisa membantu Anda untuk mengingat perbedaan ini, yaitu jika sebuah perusahaan memiliki departemen layanan pelanggan, maka mereka biasanya melayani pelanggan, bukan klien. Perusahaan yang tidak memiliki departemen layanan pelanggan biasanya adalah perusahaan berbasis klien.

pengertian call center

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa perusahaan dapat memiliki klien dan pelanggan. Untuk perusahaan berbasis langganan seperti perusahaan SaaS, misalnya, beberapa pelanggan mungkin membeli layanan profesional di mana mereka memiliki customer success manager (CSM) yang dipersonalisasi dari tim Anda. Ini adalah pelanggan bernilai tinggi Anda yang menjadi klien. Jika pelanggan belum membeli layanan profesional dari perusahaan Anda, maka mereka adalah pelanggan, bukan klien.

Apa Perbedaan Pelanggan dan Konsumen?

Setelah mengetahui perbedaan klien dan pelanggan. Tahukah kamu bahwa pelanggan dan konsumen pun memiliki makna yang berbeda?

Pelanggan adalah orang yang membeli barang atau jasa dari bisnis. Sedangkan konsumen adalah jenis pelanggan yang membeli barang atau jasa untuk penggunaan pribadi.

Pikirkan konsumen sebagai tipe pelanggan yang lebih spesifik untuk perusahaan B2C. Sementara pelanggan dapat membeli dari perusahaan B2C atau B2B. Anda dapat memikirkannya seperti ini; konsumen adalah pengguna akhir suatu produk, dan mungkin bukan pelanggan sebenarnya yang membeli produk tersebut.

Apakah Layanan Pelanggan dan Layanan Klien Berbeda?

Perbedaan antara layanan klien dan layanan pelanggan adalah perbedaan yang sama antara layanan profesional dan organisasi dukungan pelanggan Anda. Meskipun dukungan pelanggan Anda akan menjawab panggilan telepon, email, dan obrolan dari sejumlah besar pelanggan, tim layanan profesional Anda akan bertanggung jawab untuk sejumlah kecil pelanggan. Sehingga mereka dapat memberi perhatian yang lebih dipersonalisasi.

Sekarang setelah Anda memahami perbedaan antara semua istilah ini dan berbagai jenis layanan, Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa ini penting?”. Untuk mengetahui jawabannya silahkan lanjutkan untuk membaca artikel ini.

Kenapa Mengetahui Perbedaan Klien dan Pelanggan itu Penting?

Ya, semua bisnis memiliki pelanggan, tetapi tidak setiap bisnis memiliki klien. Klien, menurut definisi, akan menerima lebih banyak perhatian yang dipersonalisasi dan memiliki lebih banyak akses ke karyawan dengan memiliki customer success manager (CSM) yang berdedikasi.

Penting untuk mengingat perbedaan ini ketika Anda mengembangkan strategi layanan pelanggan Anda. Jika Anda memiliki pelanggan, Anda akan memberikan dukungan pelanggan. Namun, jika Anda memiliki klien, Anda akan menawarkan CSM khusus untuk membantu pelanggan. Dalam banyak kasus, Anda mungkin menawarkan layanan klien dan layanan pelanggan.

Meski keduanya berbeda, baik pelanggan maupun klien tentu ingin mendapatkan pelayanan yang baik dan maksimal dari Anda. Untuk menjawab kebutuhan ini, kabar baiknya adalah bahwa keduanya membutuhkan software yang sama, yaitu software CRM (Customer Relationship Management).

Gunakan CRM Untuk Tingkatkan Hubungan Klien dan Pelanggan Bisnis Anda

CRM sudah bukan menjadi rahasia umum dalam menyukseskan hubungan Anda dengan pelanggan atau klien. Malah jika bisnis atau perusahaan tidak menggunakan CRM, akan mengalami kesulitan dalam mengolah data pelanggan atau klien.

Tak hanya olah data, CRM juga memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan dan klien secara lebih mendalam, sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan tepat. Dari banyaknya merek CRM di pasaran, kami menyarankan Anda untuk menggunakan CRM Barantum.

CRM ini memiliki berbagai fitur modern dan lengkap yang siap membantu Anda dan tim Anda. Tim penjualan (sales), pemasaran (marketing), layanan pelanggan (customer service), dan pusat panggilan (call center) dapat menggunakan software ini. Selain itu, CRM Barantum melancarkan koordinasi antar tim Anda, sehingga kinerja seluruh tim Anda berjalan cepat, cerdas, dan tepat sasaran.

Fitur-Fitur Andalan Dari Barantum CRM

    1. Pelacakan KPI and Manajemen Tugas
      Memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat Anda kustomisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka.
    2. Kustomisasi Seseuai Kebutuhan
      Tampilan dan fitur yang bisa di kustom sesuai kebutuhan, sangat fleksibel untuk tipe bisnis apapun karena fitur dan flow bisnis yang dapat disesuaikan.
    3. 360 View and Analisa Laporan Cerdas
      Menyajikan data yang lengkap yang meliputi:

      • Monitoring dan manajemen aktivitas sales.
      • Visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
      • Pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
    4. Live GPS
      Memiliki fitur Live GPS secara realtime melalui smartphone. Yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
    5. Omnichannel dan WhatsApp Business API
      Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk customer service.
    6. Sharing File
      Anda bisa bekerja lebih efisien dan dinamis atar departemen dengan bertukar file dalam CRM dengan sesama pengguna CRM lainnya dalam perusahaan Anda.
    7. Support Service VVIP
      Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna dengan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala atau membutuhkan bantuan dengan CRM Barantum, karena service support dari Barantum sudah terkenal akan pelayanannya dan penyelesaian masalah yang cepat.
    8. Terintegrasi Cloud Call Center
      Barantum mendedikasikan layanannya khusus untuk membantu entitas bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya. Dengan menggunakan Barantum, Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem Call Center yang berbasi Cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.

Setelah mengetahui perbedaan antara pelanggan dengan klien, serta mengetahui betapa pentingnya menjaga interaksi dengan mereka, sebaiknya Anda mulai menggunakan CRM untuk meningkatkan pelayanan klien dan pelanggan Anda.

Pilihlah aplikasi CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda pun bisa menggunakan aplikasi CRM call center untuk dapat mengoptimalkan layanan pelanggan bisnis Anda lebih efektif.

Software CRM dan Call Center Terbaik by Barantum

Rekomendasi Artikel

  1. 6 Aplikasi Call Center Terbaik di Indonesia
  2. Apa itu Call Center? Pengertian dan Fungsi Call Center
  3. WhatsApp CRM: Pengertian dan Cara Mendapatkannya
  4. Apa itu IP-PBX? Pengertian dan Cara Kerjanya
  5. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang