Kenali Apa itu Client (Klien) dan Customer (Pelanggan) dan Perbedaannya

Dalam dunia bisnis, seringkali kita mendengar istilah client dan pelanggan. Namun, apakah keduanya sama? Ternyata, client dan pelanggan memiliki perbedaan yang mendasar. Client adalah individu atau perusahaan yang memiliki kebutuhan khusus dan kompleks. Sedangkan pelanggan umumnya memiliki kebutuhan yang lebih umum dan tidak kompleks.

Namun, perbedaan klien dan pelanggan tidak hanya terletak pada jenis kebutuhan atau permintaan yang mereka miliki. Terdapat perbedaan lain yang dapat memengaruhi hubungan bisnis antara perusahaan dengan klien atau pelanggan.

Apa saja perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini!

Apa itu Klien (Client)?

Client (klien) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada seseorang, organisasi, atau entitas yang menggunakan atau memperoleh layanan atau produk dari perusahaan atau penyedia layanan.

Dalam konteks bisnis, client dapat merujuk kepada pelanggan atau konsumen yang melakukan transaksi atau berinteraksi dengan perusahaan untuk memperoleh produk atau layanan yang ditawarkan.

Misalnya, seseorang ingin mengiklankan sebuah produk terbaru. Lalu, bekerja sama dengan agen periklanan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa orang yang bekerja sama dengan agen periklanan adalah klien. Karena dia memerlukan layanan jasa profesional untuk menjadi solusi terkait kendala yang dihadapinya.

Lalu, Apa itu Pelanggan (Customer)?

Customer atau pelanggan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada individu atau organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau layanan dari suatu perusahaan. Seorang customer adalah seseorang yang melakukan transaksi dengan perusahaan, baik itu membeli produk, menggunakan jasa, atau melakukan pembelian lainnya.

Dalam bisnis, customer sangat penting karena mereka merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan dan memainkan peran kunci dalam menjaga keberlanjutan dan kesuksesan bisnis.

Apa Perbedaan Klien dan Pelanggan?

Perbedaan klien (client) dan pelanggan (customer) yaitu klien mengacu pada jenis pelanggan tertentu yang membeli layanan profesional dari bisnis. Sedangkan pelanggan adalah seseorang yang membeli produk atau layanan dari perusahaan.

Secara umum, pelanggan membeli produk sementara klien membeli saran dan solusi. Selain itu, klien biasanya adalah pelanggan jangka panjang yang lebih setia kepada perusahaan Anda dan menghabiskan lebih banyak uang.

Berikut adalah penjelasan untuk setiap perbedaan dalam tabel:

1. Definisi

  • Klien (Client): Klien merujuk pada individu atau entitas yang menggunakan jasa atau mendapatkan layanan profesional dari perusahaan atau profesional independen. Mereka memperoleh layanan atau hasil kerja yang disediakan oleh perusahaan atau profesional.
  • Pelanggan (Customer): Pelanggan merujuk pada individu atau entitas yang membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Mereka terlibat dalam transaksi langsung dengan perusahaan.

2. Fokus

  • Klien (Client): Fokus klien adalah pada penerimaan layanan profesional dan hasil kerja yang diberikan oleh perusahaan atau profesional. Mereka memiliki ekspektasi tertentu terhadap kualitas dan pelayanan yang diberikan.
  • Pelanggan (Customer): Fokus pelanggan adalah pada pembelian atau penggunaan produk atau jasa dari perusahaan. Mereka memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang ingin dipenuhi dan berharap mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa yang mereka beli.

3. Interaksi

  • Klien (Client): Klien berinteraksi langsung dengan perusahaan atau profesional untuk memperoleh layanan atau hasil kerja yang mereka butuhkan. Interaksi ini melibatkan diskusi tentang kebutuhan klien, pemenuhan ekspektasi, dan pemantauan hasil kerja.
  • Pelanggan (Customer): Pelanggan berinteraksi dengan perusahaan melalui transaksi pembelian, pemesanan, layanan pelanggan, dan interaksi langsung dengan produk atau jasa yang mereka gunakan.

4. Keterlibatan

  • Klien (Client): Keterlibatan klien cenderung lebih aktif dalam mendiskusikan kebutuhan mereka dengan perusahaan atau profesional. Mereka berusaha memastikan pemenuhan ekspektasi mereka dan memantau hasil kerja yang diberikan.
  • Pelanggan (Customer): Keterlibatan pelanggan lebih fokus pada pembelian, penggunaan, dan kepuasan terhadap produk atau jasa yang mereka beli dari perusahaan.

5. Tujuan

  • Klien (Client): Tujuan klien adalah untuk memperoleh hasil kerja berkualitas dan pelayanan yang memenuhi ekspektasi mereka. Mereka mencari keberhasilan dalam penerimaan layanan profesional yang diberikan.
  • Pelanggan (Customer): Tujuan pelanggan adalah untuk memperoleh nilai dan kepuasan dari produk atau jasa yang mereka beli atau gunakan dari perusahaan.

Perbedaan antara klien dan pelanggan ini sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola hubungan bisnis dengan baik. Dalam memperlakukan klien dan pelanggan, Anda harus memahami bahwa klien memiliki kebutuhan yang lebih spesifik dan memerlukan penanganan khusus untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan mereka.

Sedangkan pelanggan memerlukan kualitas produk dan pelayanan yang konsisten dan berkualitas untuk menjaga loyalitas mereka. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan Anda untuk memahami perbedaan antara klien dan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Perbedaan Pelanggan dan Konsumen?

Pelanggan adalah orang yang membeli barang atau jasa dari bisnis. Sedangkan konsumen adalah jenis pelanggan yang membeli barang atau jasa untuk penggunaan pribadi.

Pikirkan konsumen sebagai tipe pelanggan yang lebih spesifik untuk perusahaan B2C. Sementara pelanggan dapat membeli dari perusahaan B2C atau B2B. Anda dapat memikirkannya seperti ini; konsumen adalah pengguna akhir suatu produk, dan mungkin bukan pelanggan sebenarnya yang membeli produk tersebut.

Apakah Layanan Pelanggan dan Layanan Klien Berbeda?

Perbedaan antara layanan klien dan layanan pelanggan adalah perbedaan yang sama antara layanan profesional dan organisasi dukungan pelanggan Anda. Meskipun dukungan pelanggan Anda akan menjawab panggilan telepon, email, dan obrolan dari sejumlah besar pelanggan, tim layanan profesional Anda akan bertanggung jawab untuk sejumlah kecil pelanggan. Sehingga mereka dapat memberi perhatian yang lebih dipersonalisasi.

Sekarang setelah Anda memahami perbedaan antara semua istilah ini dan berbagai jenis layanan, Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa ini penting?”. Untuk mengetahui jawabannya silakan lanjutkan untuk membaca artikel ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Klien dan Pelanggan Bisnis?

Untuk meningkatkan klien dan pelanggan bisnis, penting bagi perusahaan Anda untuk memperhatikan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, serta memberikan pengalaman yang baik dan layanan yang memuaskan kepada klien dan pelanggan. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan mengadopsi teknologi manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM).

Dalam penggunaan CRM, seperti Barantum CRM, Anda dapat mengelola data pelanggan dan klien mereka dengan lebih baik. Sehingga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi mereka. Data ini kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan memperkuat hubungan bisnis dengan klien dan pelanggan. Misalnya, Anda dapat menggunakan data ini untuk mempersonalisasi interaksi dengan klien dan pelanggan, serta memperkenalkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, CRM dapat mengoptimalkan proses penjualan dan pemasaran perusahaan Anda. Sehingga dapat menghemat waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai klien dan pelanggan baru. Dalam hal ini, CRM memungkinkan Anda untuk melakukan segmentasi pasar yang lebih baik dan mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih tepat sasaran.

Tingkatkan Pelanggan Loyalitas Bisnis Dengan Sistem CRM

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam era di mana kualitas layanan dan kepuasan pelanggan menjadi kunci kesuksesan bisnis, pengenalan perbedaan antara klien dan pelanggan menjadi penting. Sementara itu, pemanfaatan sistem CRM membantu perusahaan dalam memahami dan mengelola hubungan dengan klien dan pelanggan secara efisien. Dengan pemahaman yang tepat dan penggunaan CRM yang baik, perusahaan dapat memperoleh keuntungan kompetitif yang signifikan dan membangun hubungan yang langgeng dengan klien dan pelanggan.

Barantum juga menawarkan fitur CRM omnichannel yang memungkinkan bank untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terintegrasi melalui berbagai saluran komunikasi melalui telepon, email, obrolan maupun pesan melalui media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram, Line, serta e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Sehingga dapat menyediakan respons yang cepat dan konsisten di seluruh saluran, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat hubungan.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".