Langkah-Langkah Penggunaan dan Proses Persiapan WhatsApp Business API

Penggunaan WhatsApp Business API marak digunakan oleh para pebisnis. Para pebisnis menengah hingga atas semakin banyak yang memiliki WhatsApp business API. Layanan ini membantu mereka dalam menjangkau pelanggan lebih luas serta mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

Namun, bagi pelaku bisnis yang saat ini masih belum memutuskan menggunakan Whatsapp Business API. Perlu Anda ketahui, bahwa API dalam aplikasi Whatsapp Business adalah fitur yang berfungsi sebagai chatbot.

Fitur Whatsapp Business API tersebut tentunya memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dalam melakukan komunikasi bisnis dengan pelanggan. Pengguna Whatsapp Business API (WABA) seperti memiliki staff customer service yang siap sedia selama 24 jam untuk melayani pelanggan.

Tentunya hal tersebut bisa membuat staf Anda lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.  Sebenarnya  untuk melakukan sinkronisasi WABA tidak sulit. Karena pengguna bisa menggunakan kinerja dua platform pendukung penjualan tersebut. Media yang bisa di gunakan bisa dengan menggunakan seperti laptop dan handphone.

Barulah setelah itu, aplikasi di singkronkan dari kedua media yang di gunakan kemudian dilakukan scan kode QR yang ada pada handphone. Jika kondisinya sistem yang ada terhubung dengan jaringan internet, maka WABA yang ada dapat melakukan fungsinya sebagai live chat commerce.

Dapatkan WhatsApp Business API Secara Mudah dengan Barantum

Untuk suatu alasan tertentu, beberapa orang juga menyadari bahwa WhatsApp melampaui penggunaan pribadi dan sudah mulai menggunakannya untuk menghubungi bisnis untuk pertanyaan terkait layanan pelanggan.

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

Barantum

Manfaat Menggunakan WhatsApp API Barantum

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date. Sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform. Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

integrasi WA CRM

Baca juga: Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

Penggunaan dan Proses Persiapan WhatsApp Business API

Setelah penginstalan selesai, Anda harus menyiapkan API WhatsApp Business. Dengan sendirinya, ini adalah pengaturan yang cukup besar dan kuat dengan banyak langkah dan proses persetujuan yang berlarut-larut.

Berikut adalah garis besar dari seluruh proses untuk memberi Anda gambaran dalam mempersiapkan menggunakan WhatsApp Business API.

  1. Siapkan ID Pengelola Bisnis Facebook. Rata-rata, proses ini memakan waktu 10 menit dan merupakan pintu gerbang ke perjalanan API WhatsApp Business Anda.
  2. Identifikasi nomor telepon bisnis. Nomor telepon ini hanya akan digunakan untuk akun khusus ini. Itu tidak dapat diikat ke akun WhatsApp lain.
  3. Menandatangani adendum WhatsApp. Ini memakan waktu sekitar lima menit dan merupakan persetujuan bisnis Anda untuk menggunakan WhatsApp sesuai dengan kebijakan mereka.
  4. Verifikasi Bisnis Facebook. Pastikan Anda memeriksa apakah verifikasi telah dilakukan sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Ini bisa memakan waktu mulai dari lima menit hingga tiga hingga lima hari.
  5. Lengkapi aplikasi dan persetujuan akun WhatsApp Business API. WhatsApp akan meninjau adendum dan dokumentasi lain yang dikirimkan bisnis Anda. Persetujuan dapat memakan waktu dua hingga tiga hari kerja.
  6. Pemberitahuan persetujuan. Anda akan menerima pesan yang memberitahukan bahwa akun Anda telah dibuat dan disetujui.
  7. Aktivasi akun . Kode pin numerik akan dikirim melalui SMS atau panggilan telepon. Ini membutuhkan waktu sekitar lima menit.
  8. Pembuatan konten template pesan. Buat template pesan keluar kustom Anda sendiri untuk kasus penggunaan yang berbeda. Dapat bervariasi berdasarkan kebutuhan Anda, tetapi biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hari.
  9. Aplikasi dan persetujuan template pesan. Setiap template khusus yang Anda buat harus disetujui oleh WhatsApp. Persetujuan memakan waktu sekitar satu hari.
  10. Buat tanggapan otomatis untuk percakapan WhatsApp. Ini akan memakan waktu sekitar dua hari.
  11. Bangun dan luncurkan kampanye WhatsApp. Rata-rata, ini memakan waktu tiga hari.

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dapatkan WhatsApp Business API Dari Mitra Resmi

Barantum

Pemasangann WhatsApp Business API (WABA) membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Jadwalkan demo Anda sekarang juga kunjungi barantum.com. Anda pun bisa berdiksusi langsung tentang kebutuhan bisnis Anda bersama tim profesional Barantum di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".