Apa Saja Keunggulan WhatsApp Business API?

Keunggulan WhatsApp Business API dapat membantu Anda meningkatkan bisnis. Hingga kini aplikasi bisnis berbasis komunikasi memang identik dengan Whatsapp. Jika dahulu orang menggunakan WhatsApp hanya untuk komunikasi semata. Namun, kini WhatsApp bisa menjadi salah satu alternatif strategi bisnis yang bisa di gunakan tidak saja untuk media komunikasi internal tetapi juga eksternal.

Semua itu karena adanya perkembangan dan pengembangan fungsi WhatsApp. Tidak saja berguna sebagai media komunikasi, tetapi juga menjadi media komunikasi bisnis. Sehingga saat  ini khususnya para pelaku bisnis banyak yang sudah beralih menggunakan Whatsapp Business API guna menunjang operasional usahanya.

Berikut Keunggulan WhatsApp Business API

Saat ini jika kita bicara dengan pelaku bisnis, maka Whatsapp Business API adalah model yang menjadi standar dalam berkomunikasi. Bukan saja karena Whatsapp Business API telah mengintegrasikan beberapa fitur yang cukup membantu dalam menjalankan sebuah perusahaan. Namun, aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi perusahaan yang fokus dalam pengelolaan customer.

Terkait dengan menariknya Whatsapp Business API sebagai sebuah  media komunikasi yang tepat untuk pebisnis. Maka ada baiknya pebisnis mengetahui 10 keunggulan dan 3 fungsi utama yang ada dalam Whatsapp Business API (WABA) tersebut.

1. Mendekatkan komunikasi antara perusahaan dan customer

Hal ini mungkin saja terjadi, karena fitur-fitur yang ada dalam Whatsapp Business API telah dirancang agar bisa mengoptimalkan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customer-nya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini mudah dalam melakukan komunikasi dan hasilnya cepat diterima. Karena WABA dalam berkomunikasi bisa dilakukan secara langsung dengan memakai chat atau bisa juga menggunakan chatbot dengan teknologi AI (artificial intelegence).

Barantum

2. Data aman

Dengan model seperti ini maka pengguna Whatsapp Business API tidak perlu khawatir terhadap data dan informasi yang di share menggunakan Whatsapp Business API. Hal ini karena sistem keamanan WABA yang berlapis. Sehingga membuat data dan informasi pengguna, baik pengirim maupun penerima chat aman.

3. Memiliki fitur yang membuat pengguna lebih interaktif dalam berkomunikasi

Aplikasi Whatsapp Business API memang cukup menarik. Terlebih dengan adanya beberapa fitur yang membuat komunikasi bisnis menjadi lebih informatif. Sehingga tidak salah jika pelaku bisnis tertarik untuk beralih ke WABA.

4. Memiliki sistem dan model komunikasi dua arah

Dengan model komunikasi dua ara, maka kedua belah pihak memiliki kewenangan dan kesempatan yang sama dalam melakukan komunikasi.

5. Mampu meningkatkan pelayanan

Hal ini karena dengan adanya beberapa fitur yang cukup aplikatif maka Whatsapp Business API bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang andal bagi divisi customer service atau customer care.

6. Mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain

Salah satunya adalah integrasi WhatsApp Business API dengan CRM ( Customer Relationship Management). Integrasi ini jelas memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis.

7. Mudah mengirim pesan dengan cepat

Aplikasi Whatsapp Business API membuat pesan yang Anda kirimkan cepat  terbalas. Ini menjadi salah satu  kelebihan WABA karena di dalamnya terdapat  teknologi AI. Dengan teknologi ini, sekalipun pengguna tidak sedang memegang ponsel tetapi pertanyaan customer tetap bisa di jawab dengan baik.

8. Mudah melayani pelanggan

Whatsapp Business API memiliki fitur chatbot. Kelebihan dari fitur ini, yaitu bisa membalas pesan pelanggan tanpa pemilik nomor harus sedang memegang ponsel. Tidak hanya itu, teknologi AI pada WABA bisa menjalankan chatbot untuk menjawab pesan yang berasal dari customer selama 24 jam.

Adanya layanan chatbot ini memungkinkan Anda tidak akan terlewatkan dalam setiap inkuiri dari customer yang dikirimkan kepada Anda. Dengan begitu, kapan pun dan dimana pun Anda akan selalu bisa melayani customer dengan baik.

9. Lebih efektif

Account Anda bisa terverifikasi dengan menggunakan nama perusahaan Anda. Dengan cara seperti ini maka kualitas dan eksistensi perusahaan semakin meningkat. Lebih efektif dan efisien karena hanya dengan satu nomor dapat dipakai oleh (di-handle) oleh lebih dari satu orang. Dengan model seperti ini maka akan makin meningkatkan efektivitas kerja dari SDM yang ada.

10. Meningkatkan customer experience

Dengan fitur chatbot yang terintegrasi dengan aplikasi ini. Saat pelanggan membutuhkan sebuah informasi produk dapat merespons secara otomatis kapan saja dan dimana saja.

3 Fungsi Utama WhatsApp Business API

1. Mudah memberikan beragam informasi

Dengan kelengkapan fiturnya bisa memberikan beragam informasi yang berguna bagi customer secara lebih mudah. Karena dalam Whatsapp Business API terdapat fitur yang bernama Broadcast message dan Schedule message. Keberadaan fitur – fitur tersebut dalam membantu perusahaan untuk mengirimkan berbagai pesan yang berupa data atau informasi kepada customer secara langsung melalui platform WhatsApp.

2. Dilengkapi fitur chatbot

Fitur chatbot bisa mempermudah customer dalam melakukan komunikasi dengan perusahaan. Dengan adanya fitur ini maka customer bisa menghubungi customer service atau customer care guna menjawab semua hal yang di butuhkan atau ditanyakan oleh customer.

3. Mampu menjadi media promosi

Hal ini merupakan update terbaru yang diberikan oleh manajemen WhatsApp bahwa saat ini pengguna boleh melakukan promosi dengan menggunakan Whatsapp Business API. Nah, fitur yang tepat untuk melakukan hal itu adalah fitur broadcast message dan schedule message.

Baca juga: Cara Lengkap Promosi Produk Melalui WhatsApp Marketing

Dapatkan WhatsApp Business API Dari Mitra Resmi

Barantum

Pemasangann WhatsApp Business API (WABA) membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Jadwalkan demo Anda sekarang juga kunjungi barantum.com. Anda pun bisa berdiksusi langsung tentang kebutuhan bisnis Anda bersama tim profesional Barantum di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".