Saat ini banyak bermunculan pebisnis yang menjalani Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai bidang. Baik dari makanan, minuman, pakaian, dll. Hal itu membuat persaingan bisnis semakin ketat. Terlebih di masa pandemi saat ini. Melihat hal tersebut, CRM menjadi solusi tepat bagi UMKM saat ini.

CRM (customer relationship management) sering didengar oleh pelaku bisnis. Penggunaan CRM menjadi solusi jitu untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Namun, bagaimana dengan UMKM? Perlukah UMKM menggunakan CRM untuk bisnis mereka?

Dilihat dari berbagai manfaat CRM, sistem tersebut tidak hanya untuk bisnis yang sudah besar ataupun berkembang. Pelaku bisnis di tahap UMKM pun memerlukan CRM di bisnis mereka. Mengapa?

Persaingan UMKM kian mengetat. Daya saing yang tinggi mengharuskan Anda memutar otak untuk mengoptimalkan pendapatan. Dengan menggunakan CRM, UMKM yang Anda jalankan dapat lebih optimal.

Fungsi CRM bagi UMKM

Dalam menjalani bisnis terlebih yang masih kecil seperti UMKM, mendapatkan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama. Pelanggan yang loyalitas dibutuhkan untuk membuat UMKM Anda terus berkembang.

Banyak UMKM yang gagal survive akibat sedikit mendapatkan pelanggan sehingga mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu, dengan mengggunakan CRM, seperti Barantum, Anda dapat mempertahankan dan meningkatkan potensi bisnis UMKM Anda.

Penggunaan CRM, mampu membantu berbagai aktivitas dan proses kerja UMKM. Data informasi UMKM Anda pun terinput dengan rapi. Bayangkan, jika suatu hari nanti UMKM Anda berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan. Anda pasti perlu data-data pelanggan dari awal hingga akhir.

Namun, jika data tersebut tidak tersimpan dengan rapi, Anda sulit mencarinya. Oleh sebab itu, penggunaan CRM sedini mungkin saat Anda menjalani UMKM sangat diperlukan.

Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan Repeat Order Berkali-Kali

Manfaat CRM untuk UMKM

Sama halnya seperti penggunaan CRM untuk bisnis yang sudah besar, penggunaan CRM untuk UMKM memiliki berbagai manfaat. Simak penjelasan manfaat CRM untuk UMKM sebagai berikut.

1. Memanajemen seluruh data informasi perusahaan

CRM UMKM

Sejak awal manajemen data perusahaan perlu dicatat dengan baik. Hal ini memudahkan Anda untuk memperoleh data saat UMKM Anda mulai berkembang.

Dalam penggunaan CRM, seluruh informasi kontak, riwayat aktivitas, riwayat percakapan dan infomasi lainnya terkait pelanggan tersimpan dengan rapi. Anda pun dapat meng-update informasi pembeli dan melihat data tersebut secara real time.

dari informasi yang tersimpan, memudahkan Anda untuk melakukan penjualan. Contohnya, Anda ingin mengirimkan promosi kepada prospek dan pembeli Anda. Dari kontak yang sudah tersimpan di dalam sistem CRM, Anda bisa mudah mengirimkan promosi ke kontak yang diinginkan.

Di sisi lain, Anda ataupun staf Anda akan lebih mudah membuat laporan UMKM dengan CRM. Evaluasi untuk meningkatkan UMKM pun semakin mudah.

2. Menjalin hubungan dengan pelanggan yang lebih baik

UMKM CRM

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan perlu dilakukan. Pelaku UMKM lebih cepat berkembang jika banyak pelanggan Anda yang puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Dari hal itu, muncullah pelanggan loyalitas. Pelanggan loyalitas ini mampu meningkatkan potensi UMKM Anda karena mereka mungkin merekomendasikan UMKM Anda ke orang lain.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan berbagai media sosial untuk UMKM Anda, memudahkan percakapan Anda dengan pelanggan. Waktu balasan pesan pelanggan pun menjadi lebih singkat dengan sistem CRM.

Sistem CRM, seperti Omnichannel CRM Barantum, mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dari berbagai media sosial ke dalam satu platfrom. Risiko pesan pelanggan yang tidak terbalas pun kecil.

Baca juga: Omzet Meningkat dengan Manfaat Omnichannel CRM

Dengan sistem CRM, staf Anda lebih cepat tanggap. Jika ada kendala, secara otomatis CRM merekam permasalahan yang terjadi. Jadi, Anda dapat menemukan akar permasalahan tersebut.

Cepatnya tanggapan staf Anda, membuat kecepatan penyelesaian masalah meningkat. Hal ini tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi pembeli Anda. Dengan demikian, hubungan Anda dan pelanggan dapat terjalin dengan baik.

3. Memberikan laporan secara otomatis

CRM mampu memberikan laporan UMKM Anda secara otomatis. Laporan tersebut memudahkan Anda untuk menganalisis penjualan bisnis UMKM Anda.

Laporan tersbeut bedasarkan seluruh data yang telah terinput ke dalam sistem CRM. Semua pembelian, aktivitas pelanggan, maupun keseluruhan riwayat pelanggan dan kegiatan bisnis Anda disajikan dalam laporan yang mudah dipahami.

Di sisi lain, data informasi secara real time dari sistem CRM mampu memaksimalkan Anda untuk mengetahui sebarapa cepat progress atau kegiatan bisnis Anda.

CRM UMKM

4. Laporan kinerja tim real time

Dengan adanya data real time, Anda bisa melihat proses tersebut sudah sejauh apa. Anda pun dapat melihat kinerja staf dalam melakukan tugasnya. Di sisi lain, staf Anda lebih mudah menginformasikan kepada pembeli terkait proses barang yang dikirimkan.

Seluruh aktivitas penjualan dan proses penanganannya tersaji dengan baik dalam sistem CRM. Kegiatan online shop Anda pun menjadi lebih optimal.

5. Proses bisnis lebih efisien

Manajer perusahaan bisa mengambil keputusan yang cepat dengan melihat data real time. CRM menampilkan analisis dan pelaporan detail sebagai acuan pengambilan keputusan.

Manajer ataupun direksi dapat melihat laporan CRM secara real time. Mereka pun bisa mengambil langkah strategis sesuai dengan situasi. Evaluasi kinerja dapat langsung diketahui dengan CRM. Diskusi pun bisa lebih cepat dan mudah.

6. Meningkatkan pendapatan

CRM membantu Anda menganalisis bisnis perusahaan. CRM menganalisis bisnis perusahaan Anda. Jadi, perusahaan lebih fokus mengenai kebutuhan tiap pelanggan. CRM mengidentifikasi kebutuhan tiap pelanggan. Menjalani bisnis yang terfokus pada minat pelanggan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Sales yang menawarkan sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan perusahaan. Pelanggan pun menemukan sosuli kebutuhannya dari perusahaan Anda. Di sisi lain, laporan data pelanggan bersifat rahasia. Data tersebut tidak boleh bocor ke pihak lain. Kebocoran data membuat berkurangnya kepercayaan pelanggan.

Memiliki sistem CRM meningkatkan keamanan informasi perusahaan Anda. Informasi perusahaan aman tersimpan secara terpusat di CRM. 

Dapatkan CRM untuk UMKM Anda Sekarang!

CRM UMKM

CRM menjadi solusi tepat dan praktis untuk tingkatkan penjualan Anda. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda.

Dapatkan kemudahan akses CRM untuk optimalkan UMKM Anda dari Barantum sebagai strategi meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".