Mengapa Perlu Integrasi CRM?

Integrasi CRM menggabungkan banyak proses bisnis Anda menjadi platform pusat yang mendorong penjualan dan pendapatan Anda. Pengguna dapat bekerja dari dalam jaringan itu tanpa harus beralih antar program atau memigrasi kumpulan data melalui program yang tidak kompatibel. Dengan cara ini, pemilik atau manajer bisnis dapat dengan mudah melacak semua kemajuan dan hambatan.

Tidak hanya itu, CRM mampu mengotomatiskan tugas berulang dan selalu up to date saat bepergian memungkinkan pengusaha dan manajer bisnis untuk mengurangi biaya operasional.

Macam-Macam Integrasi dengan CRM

1. Integrasi Email

Integrasi email CRM adalah cara sederhana dan efektif untuk memberi pemilik bisnis akses lengkap untuk menggunakan data CRM untuk promosi. Penggunaan integrasi CRM ini memungkinkan Anda untuk memasukkan catatan pelanggan dari CRM ke dalam template email mereka, dan memodifikasi data CRM berdasarkan tanggapan pelanggan.

2. Integrasi media sosial (omnichannel)

Integrasi CRM ini diperlukan untuk mengelola akun media sosial suatu merek, berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan melalui jejaring sosial. Umumnya perusahaan memiliki bermacam-macam media sosial. Hal itu menyulitkan staf Anda jika harus membuka semua akun.

Namun, dengan integrasi CRM, Anda dan staf Anda dapat mudah berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda di dalam satu platfrom. Dengan demikian, waktu kerja menjadi lebih efisien.

Integrasi media sosial dengan CRM mencakup sinkronisasi data CRM dan pembaruan media sosial tentang pelanggan untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan situs web Anda, halaman arahan, dan pos sosial. ntegrasi CRM dengan saluran media sosial dapat membantu CRM mengembangkan profil yang lebih akurat dan lengkap dari riwayat pembelian pelanggan, minat produk, demografi, atribut dan preferensi pribadi, pencarian online dan perilaku belanja, dll.

3. Integrasi telepon

Integrasi CRM ini diperlukan untuk penjualan dan layanan pelanggan. Dalam hal ini, penggunaan sistem CRM dapat membantu membuat dan melacak panggilan, merekam panggilan, menambahkan kontak baru ke dalam sistem CRM, statistik panggilan, riwayat, dan laporan.

4. Integrasi kalender

Integrasi kalender CRM membantu pebisnis menghasilkan lebih banyak pendapatan. Hal itu dapat dilakukan dengan merencanakan dan menjalankan strategi keterlibatan pelanggan secara lebih efektif. Selain itu memudahkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait acara dan janji temu.

Dengan ini memungkinkan pengguna CRM untuk tidak hanya mengelola keterlibatan pelanggan dan calon pelanggan. Namun, juga merencanakan dan mengatur aktivitas mereka sehari-hari.

5. Integrasi chat/obrolan

Salah satu aplikasi pesan yang paling populer adalah WhatsApp. Hal ini sangat membantu bisnis dalam banyak hal baik dalam penjualan, pemasaran maupun customer service.

Integrasi CRM ini diperlukan untuk berkomunikasi dengan klien dan prospek tentang masalah pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Fitur CRM ini mampu mengirim dan menerima pesan, akses ke informasi kontak, dan riwayat percakapan.

integrasi omnichannel

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

1. Menjangkau banyak pelanggan

Sistem CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Pelanggan akan merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Dengan penggunaan CRM, aktivitas pelanggan Anda akan terekam sehingga sales dapat mengetahui produk atau jasa apa saja yang diperlukan oleh pelanggan.

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Dengan menggunakan aplikasi CRM, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah karena operasional bisnis Anda yang lebih efektif dan efisien.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.

Fitur-Fitur CRM yang Dapat Optimalkan Bisnis Anda

Dengan penggunaan CRM ini, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur CRM yang mengoptimalkan bisnis Anda, termasuk dalam pelayanan dan penjualan bisnis.

– Terintegrasi API

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

– Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

– Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

– GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat memonitor keberadaan sales saat sedang visit ke lokasi pelanggan.

– Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena software dapat diakses dimanapun karyawan Anda berada.

CRM terbaik indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".