Bisnis di Media Sosial

Tren bisnis digital membuat perusahaan mau tidak mau. siap tidak siap, harus mengikuti perkembangan zaman. Semakin berkembangnya teknologi saat ini dan penggunaan media sosial yang makin marak membuat media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik. Salah satu media sosial yang bisa Anda gunakan, yaitu WhatsApp API.

Apa itu WhatsApp API dan mengapa bisnis di media sosial semakin mudah dengan WhatsApp API? Yuk, simak penjelasan lebih detailnya di artikel ini.

Apa Itu Media Sosial?

Sebelum masuk ke pembahasan bisnis di media sosial semakin mudah dengan WhatsApp API, mari kita mengenali terlebih dahulu sebenarnya apa itu media sosial dan fungsingnya dalam bisnis. Sehingga Anda pun menjadi lebih memahami seberapa pentingnya memanfaatkan media sosial, termasuk WhatsApp API untuk bisnis.

Jadi, apa itu media sosial? Media sosial merupakan suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Media sosial hadir untuk memudahkan komunikasi satu sama lain, seperti keluarga, kerabat, teman, dan lainnya yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan melihat peluang yang bagus. Banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya.

Fungsi Media Sosial Untuk Bisnis

1. Memperluas jaringan

Banyaknya pengguna media sosial membuat Anda dapat menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui bisnis yang tawarkan.

2. Meningkatkan popularitas produk

Anda dapat meningkatkan kesadaran konsumen dengan memberikan penawaran-penawaran terbaik yang bisa membuat mereka tertarik dan ingin mengetahui lebih detail mengenai produk yang ditawarkan. Apalagi jika media sosial Anda memiliki banyak followers.

3. Meningkatkan pengunjung website

Sosial media dapat membantu meningkatkan peringkat di search engine dengan meningkatkan traffic dan backlink yang mengarah ke website Anda. Jika informasi yang Anda berikan melalui sosial media dianggap penting oleh pengunjung, mereka akan membagikan informasi tersebut ke sosial media mereka sendiri.

4. Meningkatkan pelanggan

Banyaknya pengguna di media sosial meningkatkan potensi bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru. Terlebih, jika banyak yang meng-share postingan Anda di media sosial sehingga cakupan bisnis Anda dikenal lebih luas.

5. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Pelayanan diberikan tidak hanya sampai transaksi pelanggan selesai. Namun, Anda tetap harus memberikan pelayanan setelah pembelian produk dengan memberikan tanggapan terhadap kritik dan saran dari pelanggan. Dengan baiknya penanganan terhadap konsumen, akan tercipta juga hubungan yang baik antara Anda dan pelanggan.

Adanya media sosial memberikan kemudahan pelanggan untuk menyampaikan kritik, saran, dan apresiasi mereka terhadap bisnis Anda.

Tips Membangun Bisnis di Media Sosial

1. Membuat rencana

Secara umum media sosial mudah digunakan dan Anda bisa memulai dengan membuat postingan organik sesuai dengan produk dan jasa yang hendak Anda tawarkan. Anda perlu melakukan perencanaan dengan baik dan melakukan posting secara terjadwal.

2. Bentuk tim pengelola

Dengan memiliki tim khusus pengelola sosial media untuk promosi bisnis online, pembuatan strategi komunikasi akan lebih mudah. Tim pengelola ini penting karena tidak mungkin menyerahkan pekerjaan besar ini hanya kepada satu orang.

3. Tentukan platform media sosial yang tepat

Supaya konten yang telah Anda buat bisa menjangkau target audiens sesuai yang telah direncanakan, maka Anda perlu memilih platform media sosial yang mau digunakan. Tentu yang sesuai dengan tujuan pemasaran bisnis Anda.

Menetapkan platform yang mau digunakan karena tidak semua orang bisa online melalui platform berbeda secara bersamaan dalam satu waktu. Jadi, Anda harus memiliki data mengenai aktivitas pengguna untuk tiap-tiap platform.

4. Mengenali audiens

Setelah menentukan platfrom sosial media yang tepat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali audiens bisnis Anda. Hal tersebut karena produk tertentu cocok untuk audiens tertentu pula. Dan, otomatis pemasaran juga perlu dilakukan di media sosial yang cocok untuk keduanya agar promosi berjalan optimal.

WhatsApp, Media Sosial Populer Untuk Bisnis

Dalam laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital, disebutkan bahwa sekitar 61,8 persen masyarakat di Indonesia menggunakan media sosial. Dan, WhatsApp menjadi peringkat kedua tertinggi dalam pengggunaan media sosial di Indonesia.

Untuk menunjang penggunaan WhatsApp bagi pebisnis, WhatsApp meluncurkan platform khusus, yaitu WhatsApp Business. Tidak sampai di situ, inovasi WhatsApp untuk meningkatkan potensi penjualan dan kepercayaan pelanggan dihadirkanlah centang hijau.

Centang hijau ini berarti WhatsApp bisnis Anda telah terverifikasi resmi. Untuk mendapatkan centang hijau, Anda perlu meng-upgrade WhatsApp Business menjadi WhatsApp Business API.

Keuntungan WhatsApp API untuk Bisnis

keuntungan dari WhatsApp Business API?

1. Miliki WhatsApp multi agen dan atur dengan fitur agent routing agar lebih terkoordinasi

2. WhatsApp Blast tanpa takut akun terblokir

3. Auto responder

4. Integrasi dengan sistem CRM yang menyimpan history percakapan dengan pelanggan

5. Dilengkapi Chatbot yang membalas pesan pelanggan secara otomatis

6. Mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi

7. Enkripsi end-to-end yang lebih aman

8. Meningkatkan customer experience dan kepercayaan pelanggan

Fitut-Fitur WhatsApp Business API Sebagai Strategi Bisnis Di Media Sosial

Beragam fitur WA Business API yang bisa Anda dapatkan, selain auto reply:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Centang hijau atau verified bedge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.

2. WhatsApp multi user

multi user whatsapp

Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

terintegrasi CRM barantum

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

broadcast chat whatsapp

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu.

6. Office hours

office hour

Respons informasi pesan yang masuk di luar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya.

7. Teritegrasi dengan banyak saluran komunikasi

terintegrasi dengan banyak channel

Terima dan respons pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

intgrasi whatsapp barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Praktis dan Efektif Promosi di Broadcast WhatsApp
  2. Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!
  3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
  5. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".