Facebook masih menjadi saluran yang berpengaruh dalam berbisnis

Leads muncul dari berbaagai saluran; sosial media, website perusahaan, dan sebagainya. Inilah yang membuat tim penjualan serta pemasaran menggiatkan strategi yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak leads dari berbagai saluran tersebut. Sosial media sebagai salah satu penghasil leads bisnis Anda, memiliki pengaruh yang kuat, karena saat ini audiens aktif menggunakannya. Melalui sosial medialah kebanyakan audiens mengenal produk atau bisnis Anda.

Dari sekian banyak media sosial, Facebook masih menjadi andalan pebisnis untuk mempromosikan atau membangun kesadaran merek bisnis mereka. Meski kelihatannya Instagram lebih hype dan lebih sering digunakan oleh kaum muda, Anda masih bisa mengandalkan Facebook. Jangan salah, Facebook bisa menghasilkan leads yang banyak untuk Anda.

Berikut 8 cara menarik hasilkan leads  melalui Facebook tanpa menggunakan iklan!

Baca juga: Cara Tingkatkan Konversi Lead Tahun 2022

1. Kirimkan tautan landing page pada halaman Anda

Jika Anda memiliki e-book atau penawaran menarik untuk audiens Anda, alangkah baiknya jika mereka melihat halaman Facebook Anda dengan tautan yang mengarahkan mereka langsung ke halaman penawaran. Perjelas komunikasinya, sehingga Anda dan pelanggan Anda sama-sama mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misalnya, Anda menulis bagaimana bisnis atau produk Anda memberikan solusi cemerlang kepada salah satu pelanggan dengan judul yang clickbait. Dengan judul serta isi postingan yang menarik, tentu hal tersebut mengundang audiens untuk membaca lebih lanjut. Berikan pula tautan menuju landing page agar mengarahkan audiens ke penawaran yang Anda maksudkan.

2. Mengirimkan kembali blog yang menghasilkan leads terbanyak

Ketika beberapa orang telah menyukai blog Anda, maka kemungkinan besar beberapa orang lainnya juga akan menyukai blog tersebut. Jangan ragu untuk memposting kembali blog lama yang memberi Anda daya tarik yang baik. Lebih bagus lagi bagi Anda jika blog tersebut memiliki CTA. Selangkah lebih maju dan optimalkan blog Anda sebelum mempostingnya di Facebook untuk menambahkan bahan bakar ke mesin penghasil leads organik Anda.

3. Unggah gambar dengan tautan mengarah ke landing page atau blog

Kita semua tahu bahwa gambar berfungsi sebagai pengait di media sosial. Cara yang bagus untuk memanfaatkan ini adalah dengan menggunakan gambar dari postingan blog dan landing page Anda saat menerbitkannya di Facebook, yang membawa pembaca kembali ke posting blog asli atau landing page saat diklik. Kuncinya di sini bukan untuk membagikan blog sebagai tautan di timeline halaman Anda, tetapi untuk membagikan gambar sebagai gantinya, dan menautkan tautan blog atau halaman tertnetu di dalam deskripsi foto.

4. Unggah video yang merangkum penawaran dan tambahkan tautan ke landing page pada deksripsi video

Video adalah cara yang menarik untuk mengundang audiens untuk mendaftar (register) atau melihat promosi Anda. Algoritme Facebook juga menyukai video, jadi Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuat video tentang perkenalan  atau promosi produk Anda misalnya. Berikan tautan menuju landing page Anda untuk mengundang audiens bertindak (register, mencoba uji coba gratis, atau melakukan transaksi).

Baca juga: Channel Marketing Terpopuler Untuk B2B dan B2C di Tahun 2022

5. Buat video live tentang penawaran dan arahkan audiens ke landing page melalui interaksi langsung

Berbicara tentang video, obrolan Langsung Facebook (Facebook Live) juga merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran. Buat sesi langsung tentang topik yang menarik minat audiens Anda. Dari sana, arahkan pemirsa ke landing page Anda sambil membuat konten informasi yang menyenangkan. Anda perlu menambahkan CTA dalam deskripsi teks Anda, serta memastikan bahwa Anda mengulanginya beberapa kali selama video agar meresapi para audiens.

6. Jalankan kontes dan beri tautan ke halaman penawaran atau unduhan terkait

Gunakan halaman Facebook Anda sebagai situs penggoda untuk kontes berhadiah tetapi pastikan partisipasi audiens Anda terjamin setelah mereka mengisi formulir kontes di halaman penawaran tertaut. Untuk hadiah, Anda dapat meluncurkan unduhan gratis e-book, atau diskon produk misalnya, tetapi hanya setelah formulir lead diisi.

7. Tambahkan CTA yang dapat dilacak pada halaman Facebook Anda

Facebook telah memiliki opsi tombol CTA untuk sementara waktu sekarang, tetapi sebagian besar pemasar menggunakan tombol lama yang sama seperti ‘Daftar’ atau ‘Hubungi Kami’. Anda dapat meningkatkannya dengan mengganti tombol CTA Anda dengan setiap kampanye dan menyesuaikannya untuk promosi yang lebih baik. Karena ini adalah salah satu hal pertama yang dilihat pemirsa di halaman Anda, perubahan apa pun akan mudah terlihat dan mungkin memiliki dampak besar. Cara yang bagus untuk melacak efek perubahan CTA adalah dengan menggunakan tautan UTM dan menambahkannya ke url khusus pada tombol CTA Anda. Anda kemudian dapat menggunakan Google Analytics untuk melacak pengaruh eksperimen CTA.

8. Manfaatkan ‘Facebook Events’ untuk mempromosikan bisnis dan penawaran Anda

Acara terikat waktu di media sosial biasanya menciptakan pengaruh yang hebat, dan Anda dapat menggunakan ini untuk menghasilkan leads Facebook secara efektif. Gunakan opsi ‘Events’ untuk membuat penawaran atau hadiah terikat waktu dan terus perbarui sepanjang hari untuk menciptakan rasa urgensi. Tautkan tiket acara ke halaman arahan utama tempat formulir leads berada, dan berikan entri hanya kepada pengguna yang mengisi formulir.

Setelah melakukan cara-cara tersebut, penting bagi Anda untuk melakukan analisis terhadap postingan mana yang memberikan leads terbanyak. Sematkan postingan tersebut pada timeline Anda untuk menjangkau lebih banyak leads. Selain memberikan Anda leads, postingan ini juga membantu Anda memberikan gambaran mengenai persona leads. Catatlah postingan yang berhasil untuk produk Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".