Penyebab Pengajuan Centang Hijau WhatsApp Ditolak

Dalam pengajuan centang hijau WhatsApp diperlukan syarat dan kriteria agar pengajuan Anda berhasil. Namun, bagaimana jika pengajuan centang hijau WhatsApp ditolak? Apakah bisa mengajukan kembali? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Centang Hijau WhatsApp?

Centang hijau pada akun bisnis Whatsapp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Apa Keunggulan Centang Hijau WhatsApp?

Anda sebagai pelaku bisnis harus benar-benar menyadari betapa pentingnya mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Berikut ini beberapa alasan kenapa mendapatkan centang hijau di WhatsApp begitu penting dan wajib untuk akun bisnis yang Anda miliki.

  1. Platform chat messenger nomor 1 dan terbesar di Indonesia.
  2. Mayoritas masyarakat dan 90% pelanggan Anda pasti menggunakan WhatsApp.
  3. Meningkatkan kredibilitas akun bisnis Anda.
  4. Memudahkan pelanggan untuk mengenali akun bisnis Anda.
  5. Dapat meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.
  6. Mampu meningkatkan rasa aman bagi pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.
  7. Meningkatkan reputasi bisnis Anda dimata pelanggan.

Berapa Lama Durasi Verifikasi Centang Hijau?

Dalam proses verifikasi, rentan waktu setiap bisnis untuk mendapatkan centang hijau berbeda-beda. Hal tersebut karena pihak WhatsApp memerlukan waktu untuk proses verifikasi.

Untuk kamu yang mengajukan akun bisnis kamu mendapat centang hijau (Verified Badge) tentunya membutuhkan waktu untuk memberikan verifikasi pada akun bisnis Whatsapp kamu yaitu sekitar 1-2 hari kerja.

Namun, ada beberapa kasus untuk verifikasi Whatsapp centang hijau (Verified Badge) harus menunggu lama hingga satu minggu lebih.

Manfaat Verifikasi Centang Hijau WhatsApp

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat dalam menjalani bisnis. Manfaat tersebut tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WhatsApp:

  • Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.
  • Mengurangi sifat keraguan terhadap para customer. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara mudah dan gratis. Perusahaan secara otomatis muncul ke dalam kolom komentar yang ada di dalam pesan customer.

Pengaplikasiannya semakin mudah jika dibuhungan dengan CRM Omnichannel, seperti Barantum. Dengan CRM Omnichannel, mempercepat agen dalam merespons pelanggan dari berbagai saluran komunikasi dalam satu platfrom.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Penyebab Centang Hijau WhatsApp Ditolak

WhatsApp memiliki berbagai kualifikasi terkait syarat dan kriteria tersendiri untuk akun bisnis Anda bisa mendapatkan centang hijau. Jika ada hal yang kurang atau tidak sesuai, maka pihak WhatsApp bisa memutuskan untuk menolak centang hijau di akun bisnis Anda.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab saat pengajuan centang hijau Anda ditolak:

1. Akun yang diajukan merupakan akun pribadi

Hingga saat ini WhatsApp hanya memberikan centang hijau pada akun bisnis/perusahaan. Bukan untuk akun pribadi.  Jadi, pastikan nomor yang Anda daftarkan merupakan nomor bisnis.

2. Termasuk jenis bisnis yang dilarang oleh WhatsApp

Anda perlu tahu untuk cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp, ada beberapa bisnis yang melakukan pengajuan untuk verifikasi centang hijau ditolak, karena bisnisnya tidak diterima atau tidak disetujui oleh pihak WhatsApp.

Berikut jenis bisnis yang tidak akan diverifikasi oleh pihak WhatsApp dan tidak akan mendapat centang hijau:

– Bisnis senjata dan amunisi (weapons & ammunition businesses)
– Merk alkohol atau minuman keras (alcohol brands)
– Layanan kencan (dating services)
– Usaha perjudian (gambling businesses)
– Obat-obatan terlarang/narkoba (drugs)
– Penjualan hewan hidup (live animals)
– Produk medis & perawatan kesehatan (medical & healthcare products)
– Bisnis terkait mata uang digital (cryptocurrency)
– Barang tembakau (tobacco items)
– Produk atau layanan dewasa (adult product/services)

3. Berdasarkan tingkat popularitas brand

Akun bisnis Anda perlu memiliki engangement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya. Tidak hanya itu, brand perusahaan Anda harus populer atau terkenal di masyarakat. Sehingga populer menjadi salah satu syarat yang perlu Anda miliki dalam mengajukan centang hijau.

4. Dokumen tidak lengkap

Salah satu dokumen yang penting Anda miliki adalah dokumen terkait legalitas perusahaan. Dengan adanya bukti perusahaan Anda merupakan perusahaan yang legal, maka pihak WhatsApp akan menganggap perusahaan Anda bukan perusahaan penipuan atau yang tidak berbadan hukum.

Dokumen ini pun menjadi salah satu syarat untuk Anda melakukan verifikasi Facebook Business Manager sebelum membuat pengajuan centang hijau WhatsApp.

5. Nomor yang diajukan berbeda dengan nomor di website perusahaan

Coba cek kembali apakah nomor yang diajukan sudah sama seperti nomor yang ada di website perusahaan Anda. Hal tersebut untuk memastikan apakah nomor yang diajukan benar-benar sebagai nomor perusahaan, bukan penipuan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Syarat Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp?

Dalam mendapatkan centang hijau WhatsApp, tips dan trik dapatkan centang hijau WhatsApp yang bisa Anda lakukan, yaitu memenuhi seluruh syarat dan kriteria pengajuan cetang hijau. Berikut syarat yang harus Anda patuhi untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

1. Memiliki akun bisnis, bukan akun pribadi

Syarat utama untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah akun yang Anda miliki adalah akun bisnis. Hingga saaat ini WhatsApp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda masih menggunakan akun pribadi, otomatis tidak bisa mendapatkan centang hijau.

Cara beralih ke akun bisnis sangat mudah. Anda hanya perlu mencadangkan data agar data tidak hilang. Lalu, Anda unduh WhatsApp Business dan verifikasi nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda memasukkan nama bisnis dan mengatur profil bisnis.

2. Perusahaan berbentuk CV/PT

Pastikan bisnis Anda memiliki dokumen legalitas perusahaan yang juga akan menjadi persyaratan dalam mengajukan centang hijau WhatsApp.

3. Autentik

Artinya, akun bisnis yang terdaftar merupakan akun asli dan dapat dipercaya.

4. Akun WhatsApp dan Facebook Business harus terverifikasi

Verifikasi akun menjadi syarat mutlak dari WhatsApp untuk bisa mendapatkan centang hijau. Dengan melakukan verifikasi inilah menjadi upaya WhatsApp untuk yakin itu Anda. Bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda.

5. Populer

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business, yaitu dengan memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. Oleh sebab itu, tidak heran jika proses verifikasinya cukup panjang.

Akun bisnis Anda pun perlu memiliki engangement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya. Tidak hanya itu, brand perusahaan Anda harus populer atau terkenal di masyarakat.

6. Memiliki website resmi

Dalam verifikasi akun Anda, website menjadi salah satu hal yang harus perusahaan Anda miliki. WhatsApp akan melakukan pengecekan website perusahaan saat proses mendapatkan centang hijau WhatsApp. Oleh sebab itu, pastikan informasi website Anda sudah sesuai dengan perusahaan. Termasuk nomor telepon perusahaan harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

7. Memperbanyak artikel di online atau situs berita (blog, liputan, press release, dll)

Sebaiknya Anda menggunakan website yang telah dibuat semaksimal mungkin. Hal itu bisa dengan memposting artikel di website Anda.

Di samping mem-publish artikel di website, Anda juga bisa membuat artikel di blog, liputan media ataupun membuat press release. Anda bisa bekerja sama dengan media untuk menupload artikel tentang bisnis Anda.

8. Menaikkan traffic, SEO, dan SERP website

Kenaikkan traffic menandakan bahwa bisnis Anda sering dicari oleh masyarakat. Dengan begitu, dapat diasumsikan bahwa bisnis Anda telah dikenal oleh masyarakat.

Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan SEO dan SERP website. Hal ini agar website bisnis Anda dapat muncul di pencarian utama sehingga bisnis Anda pun makin terkenal. Tidak hanya itu, perusahaan yang Anda jalankan pun harus sesuai dengan ketentuan WhastApp.

Barantum, BSP WA Terbaik Bantu Bisnis Dapatkan Centang Hijau WhatsApp

Untuk mendaftar centang hijau WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengena pengajuan centang hijau.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Praktis Balas Chat WhatsApp API Secara Otomatis
  2. Tips Auto Reply Pada WhatsApp Business & WhatsApp Business API
  3. Kenapa Perlu Integrasi Software Omnichannel untuk Bisnis?
  4. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
  5. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak

Dapatkan Sekarang!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".