Penerapan CRM pada Perusahaan Multi-Finance dan Perbankan

crm multi finance

TEKNOLOGI CRM : Langkah Multi-Finance Bersaing Dengan Fintech

 

Implementasi CRM pada Perusahaan Multi finance, Leasing atau layanan pembiayaan Keuangan Perbankan adalah wajib bila ingin bersaing dengan layanan keuangan berbasis Fintech. Kecepatan perkembangan teknologi membuat industri harus terus berinovatif, tak terkecuali sektor Multi-finance atau bisnis pembiayaan. Manajemen Hubungan Pelanggan yang terkelola dengan baik dan disiplin adalah kunci utama mempertahankan pelanggan dalam Industri Multifinance, Leasing atau layanan pembiayaan keuangan Perbankan.

Sektor multifinance / leasing termasuk dalam Industri Jasa Keuangan yang mencakup investasi, pinjaman, pembiayaan dan pengelolaan aset adalah bagian mendasar dari pengelolaan dana untuk perorangan maupun perusahaan. Secara bertahap namun pasti, teknologi telah mengambil alih semua aspek kehidupan kita. Hal ini juga berpengaruh pada sektor Financial Service (Layanan Keuangan) khususnya Multi-finance atau leasing dan perbankan.

Dengan kemajuan teknologi, implementasi aplikasi CRM (Customer Relationship Management) berbasis teknologi Cloud pada Perusahaan Multifinance atau layanan Perbankan lainnya memudahkan konsultan keuangan untuk memahami dan mengonfigurasikan jumlah data yang sangat besar khususnya data mengenai pelanggan atau nasabah. Sementara dalam semua ini, pelanggan juga menjadi lebih pintar dalam tawar-menawar dengan akses mudah ke informasi yang ada dan selalu update secara real-time. Ada fasilitas online yang tersedia yang membantu investor untuk membuat pilihan yang tepat. Oleh karena itu, Industri Jasa Keuangan khususnya Perusahaan Multifinance tidak punya pilihan dalam skenario ini selain merangkul teknologi CRM dan mengintegrasikannya ke dalam setiap penawaran dan pendekatan komunikasi dengan pelanggan.

 

CRM UNTUK MANAJEMEN PELANGGAN

Komponen Utama dalam Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

Pelanggan yang dipersenjatai dengan semua informasi ini, menjadi lebih menuntut. Sebagai hasilnya pelanggan mengharapkan layanan yang lebih baik dan pengalaman yang aman dan nyaman dalam membuat keputusan pembelian atau dalam hal ini pengajuan peminjaman. Oleh karena itu, Perusahaan Multifinance atau Bank penyedia pinjaman perlu mengadopsi strategi pengalaman pelanggan yang unggul yang selaras dengan pelanggan yang berkembang.

Yang paling penting di sini adalah kepercayaan. Untuk membangun kepercayaan, Perusahaan perlu menampilkan citra positif dan transparansi. Kualitas semacam itu hanya dapat dibangun dengan melibatkan pelanggan Anda secara efisien dalam setiap peluang.

Mari kita lihat beberapa tren utama yang muncul di sektor ini dalam beberapa dekade terakhir.

hubungan pelanggan

Personalisasi Layanan Pelanggan

Dengan basis pelanggan yang berkembang menuntut respons yang dipersonalisasi dan cepat, maka menjadi keharusan bagi perusahaan untuk semakin memanfaatkan inovasi digital seperti analisa data untuk memberikan layanan spesifik yang relevan dengan kebutuhan keuangan individu klien mereka. Pengalaman hyper-personalized termasuk bantuan virtual dan live chat sebagai opsi dukungan pelanggan yang disesuaikan hari ini. Dengan menggunakan aplikasi CRM, perusahaan multi-finance juga dapat mengaktifkan pemecahan masalah yang cepat untuk masalah terkecil. Teknologi CRM merupakan perangkat lunak yang dapat berinteraksi lebih dekat dengan konsumen untuk menyampaikan komunikasi yang dipersonalisasi dan relevan.

Prioritas Keamanan dan Transparansi

Memastikan tingkat keamanan dan transparansi tertinggi adalah penting untuk membangun pengalaman pelanggan yang sukses dan Perusahaan Leasing atau Multifinance harus berjalan lebih jauh untuk menawarkan keamanan informasi kelas satu! Mengingat sifat sensitif dari layanan yang mereka berikan. Dengan pelanggan yang menuntut fitur keamanan yang ketat di tengah ancaman peretasan dan pelanggaran data, enkripsi data dan proses verifikasi berlapis dalam CRM berbasis Cloud telah menjadi norma standar.

Meskipun keamanan menjadi yang utama, tidak ada alternatif lain selain transparansi dalam bertransaksi. Ini telah mendorong sebagian besar lembaga keuangan untuk berbagi data keamanan mereka dan fitur terkait secara publik dalam upaya membangun kepercayaan dengan pelanggan mereka dan untuk bekerja menuju pengalaman positif.

Apa yang ada di masa depan?

Ketika teknologi semakin mempengaruhi pola perilaku individu, Perusahaan multifinance dan sektor perbankan harus bekerja lebih keras dalam menyederhanakan dan memperbaiki pengalaman pelanggan agar sesuai dengan tren ini. Terdapat preferensi yang jelas untuk transaksi omnichannel dan bereksperimen dengan fitur interaktif baru untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sehat. Karena itu, dalam lingkungan yang sangat kompetitif, agar dapat bersaing dengan sektor Fintech maka Bank dan lembaga keuangan lainnya perlu berupaya untuk mengintegrasikan sistem CRM yang paling tepat. Agar dapat berguna untuk mendekatkan pelanggan, memberikan kepuasan pelanggan dengan pengalaman pelanggan yang baik akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan menciptakan pelanggan yang setia, sehingga nilai Perusahaan pun semakin meningkat.

 

MANFAAT CRM BAGI PERUSAHAAN MULTI FINANCE

 

Karena persaingan yang ketat di industri jasa keuangan, banyak organisasi jasa keuangan, baik itu bank, perusahaan asuransi atau pasar modal, merasa kesulitan untuk membedakan diri mereka sendiri. Sifat industri adalah sedemikian rupa sehingga produk dapat dengan mudah ditiru, sehingga sulit bagi mereka untuk memisahkan diri dari pesaing mereka.

Banyak organisasi telah menyadari bahwa untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan memenangkan lebih banyak bisnis, mereka perlu memperkaya pengalaman hubungan pelanggan mereka.

Dengan menerapkan solusi CRM yang memiliki fitur lengkap, Perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan, menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan laba.

perusahaan asuransi fokus pada pelanggan
transformasi digital untuk fokus kepada kepuasan pelanggan

Barantum selama ini telah mengembangkan CRM berbasis cloud yang dapat digunakan dalam bisnis layanan keuangan, sektor perbankan, multi finance, leasing dan asuransi yang dapat memberdayakan penasihat keuangan untuk memenuhi harapan klien/nasabah yang semakin meningkat.

Berikut ini manfaat utama dalam sistem CRM untuk multifinance atau leasing yang akan membuat perusahaan sebagai pemimpin pasar dan dapat membantu mereka mengatasi kebutuhan pelanggan mereka.

1. Pandangan Menyeluruh tentang Pelanggan
Miliki informasi yang akurat dan terkini tentang produk yang digunakan oleh klien Anda, pendapatan, utang, pinjaman, skor kredit, dan detail lainnya. Menyimpan data terpusat tentang pelanggan termasuk transaksi, interaksi, dan preferensi. Pengetahuan tentang klien sepenuhnya akan memberdayakan penasihat keuangan untuk merespons secara instan ketika masalah muncul.

2. Manajemen Kontak
Ini menyediakan basis data yang dapat dicari dari informasi kontak klien yang disimpan serta dokumen-dokumen penting seperti kontrak dan proposal penjualan.

3. Manajemen Leads
Bank, Perusahaan Multi finance, Perusahaan Asuransi, Leasing dan bisnis lain dalam industri keuangan memerlukan alat akuisisi dan penyaluran leads. Ketika sebuah leads/calon pelanggan masuk, perlu dialihkan ke agen, penasihat atau manajer yang benar, dan kemudian dapat dilacak sejauh mana prosesnya dan apa saja yang terjadi dalam proses tersebut.

4. Keterlibatan Pelanggan
CRM harus berisi alat yang meningkatkan keterlibatan pelanggan, termasuk buletin email, integrasi media sosial, dan pelacakan hubungan dengan Pelanggan.

5. Manajemen Pemasaran
Kirim kampanye multi-channel dan multi-wave dan dapatkan ROI maksimum untuk setiap pemasaran. Rancang dan sesuaikan pesan pemasaran dan target kampanye ke segmen yang paling cocok.

6. Otomasi Penjualan
Berikan semua data yang dibutuhkan tim penjualan Anda kepada calon pelanggan, kelola kontak, catat kegiatan, dan menangkan  peluang bisnis lebih banyak lagi.

7. Kemampuan Integrasi
Banyak data penting sering berada dalam perangkat lunak khusus akuntansi dan perangkat lunak perbankan. Aplikasi CRM Barantum dapat diintegrasi dengan perangkat lunak pihak ketiga menyesuaikan dengan solusi yang diinginkan perusahaan Anda. Integrasi CRM yang mulus memungkinkan sistem untuk menyinkronkan data pada berbagai platform, saluran pemasaran, dan pengguna, menghemat waktu dan biaya.

8. Otomatisasi Alur Kerja
Standarisasi proses bisnis. Sistem CRM akan secara otomatis mengatur tugas berikutnya dalam proses setelah tugas sebelumnya telah ditandai sebagai selesai. Tingkatkan efisiensi tim kerja dengan membangun alur kerja yang menyediakan pengingat otomatis untuk tindak lanjut kesepakatan yang sedang berlangsung atau yang di prioritaskan.

9. Laporan dan Analisis
CRM Barantum untuk Multi-Finance dan Perbankan mempunyai fitur Analytics. Memungkinkan Anda membuat laporan dan menghasilkan analisa yang membantu mengevaluasi kinerja dan produktivitas. Laporan-laporan ini didasarkan pada kegiatan yang telah masuk ke sistem CRM seperti jumlah pendapatan yang dihasilkan. Alat-alat ini bisa sangat berguna untuk memprediksi angka penjualan di masa depan.

Daftarkan diri Anda untuk mencoba Trial Gratis CRM Barantum selama 14 hari, disini

0 Shares
In this article

Join the Conversation

two × one =