WhatsApp API adalah sebuah penghubung antar aplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan atau interface selayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur-fiturnya. Sistem ini diracang khusus untuk keperluan bisnis. Dengan penggunaan  sistem ini dapat membantu tingkatkan penjualan bisnis Anda.

Dalam penggunaan WhatsApp API memungkinkan bisnis menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan mereka. Penggunaan aplikasi yang marak ini meningkatkan potensi penjualan bisnis Anda.

Jadi, hal yang wajar jika banyak perusahaan yang menggunakan WhatsApp API sebagai strategi marketing mereka. Cara ini ampuh untuk tingkatkan penjualan bisnis. Menjalin hubungan dengan pelanggan pun menjadi semakin mudah.

Nah, untuk mendapatkan WhatsApp API, Anda harus mengintegrasikannya ke sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan bisnis Anda, seperti CRM Barantum atau Barantum Service atau Barantum Omnichannel.

Keuntungan Penggunaan WhatsApp API

Tidak seperti WhatsApp business, terdapat keunggulan yang ada di dalam WhatsApp API  untuk perusahaan Anda.

1. Kontak perusahaan Anda mendapatkan centang hijau

Centang hijau ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan pada masyarakan yang menerima pesan dari perusahaan Anda. Sudah menjadi hal umum bahwa ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan orang pribadi atau perusahaan untuk keuntungannya. Namun, dengan sistem ini, pelanggan Anda tidak perlu khawatir dan curiga terhadap pesan yang masuk ke WhatsApp mereka.

2. Satu nomor bisa untuk banyak admin

Jika WhatsApp Business hanya bisa digunakan oleh dua admin, berbeda dengan WhatsApp API. Pada sistem ini bisa digunakan oleh banyak admin. Hal ini memungkinkan staf Anda untuk menawarkan produk ke lebih banyak pelanggan.

Selain itu, dalam hal pelayanan pelanggan menjadi lebih mudah. Tiap staf bisa menangani banyak pelanggan dalam satu waktu. Jadi, kenyamanan pelanggan bisa didapatkan. Selain itu, pelanggan tidak harus menunggu waktu lama untuk pesannya dibalas.

3. Otomatis menyingkronkan kontak dan riwayat chat

Tiap berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp API  secara otomati menyimpan data dan riwayat chat. Berbeda dengan WhatsApp biasa ataupun WhatsApp business yang harus menyingkronkannya secara manual.

Hal ini mengecilkan risiko hilangnya riwayat percakapan pelanggan. Staf Anda yang membutuhkan bukti percakapan pelanggan pun mudah mencari dan menunjukkan bukti riwayat chat.

4. Mampu Terintegrasi dengan aplikasi lain

whatsapp api

WhatsApp API, seperti penggunaan Barantum Omnichannel, mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan staf Anda melihat pesan dari satu halaman saja.

Tentu hal itu menjadi nilai plus dalam pekerjaan staf Anda. Kemungkinan pesan pelanggan yang terlewatkan kecil. Staf Anda pun mudah melihat berbagai riwayat chat dari beragam aplikasi. Dengan demikian, pekerjaan mereka lebih efisien. Staf Anda pun bisa menangani lebih banyak pelanggan dan menawarkan produk.

5. Dapat mengirimkan pesan blast

Keuntungan lainnya dari WhatsApp API , yaitu mampu mengirimkan pesan blast. Pesan blast ini bisa terkirim ke kontak yang telah tersimpan. Oleh sebab itu, staf Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan promosi, diskon, ataupun penawaran produk kepada pelanggan.

Pengiriman pesan yang tak terbatas secara bersamaan membuat waktu kerja staf perusahaan Anda lebih efisien.

WhatsApp API 

Jika perusahaan Anda sedang berkembang ataupun perusahaan besar, tentu sistem ini menjadi solusi jitu untuk mengefisiensi waktu kerja staf Anda. Peningkatan penjualan pun bisa Anda dapatkan.

Manfaat WhatsApp API Tingkatkan Penjualan Bisnis

Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari cara untuk menawarkan promosi secara langsung karena WhatsApp Business API bisa melakukan hal tersebut berbasis pesan dari WhatsApp.

Dalam penggunaannya, WhatsApp API memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan untuk penjualan bisnis Anda.

Baca juga: Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

whatsapp api

Dengan penggunaan WhatsApp API  memungkinkan Anda menjali hubungan baik dengan pelanggan. Anda yang menggunakan WhatsApp API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan.

Jika Anda baru pertama kali melakukan promosi pada pelanggan Anda melalui WhatsApp API, adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda membuka pesan.

Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda. Semakin banyak pelanggan yang percaya, semakin banyak penjualan yang dilakukan.

2. Komunikasi dua arah bersifat real time

Penggunaan WhatsApp API memungkinkan pelanggan berinteraksi dua arah. Anda bisa mengatur poin-poin yang akan ditampilkan dalam pesan kepada pelanggan. Secara otomatis, jika pelanggan mengklik poin tertentu akan muncul penjelasan atau sub poin.

Kebutuhan pelanggan Anda pun dapat direspons secara real time oleh tim support perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama. Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, penjualan gagal perusahaan Anda dapatkan.

3.  Aman dan mudah digunakan

Tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan.

Dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

Baca juga: Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

4. Komunikasi interaktif

Di dalam WhatsApp terdapat berbagai fitur interaktif yang dapat digunakan. Misalnya, Anda bisa melakukan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Hal ini memungkinkan staf Anda bisa lebih luas melakukan promosi ataupun penjualan terhadap pelanggan Anda dengan media yang menarik.

5. Kemudahan integrasi

whatsapp api

Seperti yang sudah diketahui, WhatsApp API mudah diintegrasi dengan aplikasi lainnya. Misalnya, menggunakan Barantum omnichannel, Anda bisa mengintegrasikan aplikasi media sosial lain dalam satu halaman saja.

Hal ini akan mempermudah staf Anda dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Mereka pun dapat maksimal melakukan penawaran.

Dapatkan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda sekarang!

Anda dapat menjalankan strategi bisnis Anda dengan maksimal memakai  CRM. Kedekatan perusahaan dan pelanggan pun dapat terjalin dengan baik.

Anda bisa mendapatkan omnichannel CRM terbaik dari omnichannel CRM Barantum. Barantum siap membantu Anda menjalankan strategi bisnis dengan sistem CRM terbaik.


WhatsApp API 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".