Pelajari Informasi Tentang WhatsApp CRM

Dalam era digital yang semakin terkoneksi, WhatsApp Customer Relationship Management (CRM) menjadi semakin relevan bagi bisnis dalam menjaga interaksi yang efektif dengan pelanggan mereka. WA CRM adalah sistem yang memungkinkan bisnis untuk mengelola dan melacak semua komunikasi dengan pelanggan melalui platform pesan instan WhatsApp.

Dengan fitur-fitur seperti pengelolaan daftar kontak, histori percakapan, dan kemampuan untuk mengirimkan pesan langsung, WA CRM membantu perusahaan menjaga hubungan yang personal dan responsif dengan pelanggan mereka.

Manfaat WhatsApp CRM bagi bisnis sangatlah signifikan. Sistem ini memungkinkan bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personal. Dengan dapat dengan mudah mengakses histori percakapan dan informasi pelanggan, perusahaan dapat merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Untuk informasi lengkapnya, yuk simak artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu WhatsApp CRM?

WhatsApp CRM adalah sistem komunikasi perpesanan melalui WhatsApp yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp merupakan bagian dari teknologi omnichannel.

Sistem komunikasi yang terintegrasi ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggannya. Sehingga pelanggan lebih terhubung dengan perusahaan melalui berbagai channel atau saluran komunikasi.

Dalam dunia bisnis saat ini, penjualan dan pelayanan pelanggan menjadi semakin kompleks. Banyak perusahaan yang memakai beragam saluran komunikasi untuk memasarkan produk atau jasa usahanya. Sehingga pebisnis berlomba-lomba untuk mengadopsi strategi penjualan omnichannel pada perusahaannya.

Dengan adanya fenomena ini, sistem software CRM pun dikembangkan agar dapat terintegrasi berbagai saluran komunikasi, termasuk yang paling gencar saat ini ialah WhatsApp.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan CRM WhatsApp?

Dalam era digital yang serba cepat dan kompetitif, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan menjadi sangat penting bagi kesuksesan bisnis. Penggunaan Customer Relationship Management yang terintegrasi dengan WhatsApp memberikan solusi efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga bisnis Anda dapat meningkatkan responsivitas terhadap pelanggan, memberikan layanan yang lebih personal, dan membangun komunikasi yang lebih efektif.

Selain itu, juga memungkinkan bisnis untuk mengotomatiskan sebagian besar proses komunikasi dengan pelanggan. Ini dapat mencakup pengiriman pemberitahuan otomatis, pengingat jadwal, dan pesan-pesan yang dipersonalisasi berdasarkan data pelanggan yang tersedia dalam CRM. Dengan mengotomatiskan sebagian besar interaksi dengan pelanggan, bisnis dapat menghemat waktu dan sumber daya, meningkatkan efisiensi operasional mereka, dan fokus pada kegiatan yang lebih strategis.

Apa Saja Manfaat WhatsApp CRM?

Integrasi CRM dengan WA dapat meningkatkan potensi untuk pendapatan omzet perusahaan lebih tinggi bagi perusahaan. Integrasi ini sekaligus akan menyempurnakan strategi customer based oriented (CBO) dalam perusahaan Anda. Sehingga memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.

Beberapa keuntungan dari integrasi CRM dengan WhatsApp Business API, yaitu:

1. Meningkatkan performance dari tim sales dan marketing

Pelanggan lama dan baru menjadi mudah  untuk di layani dan pelanggan pun lebih mudah untuk menghubungi perusahaan Anda. Sehingga konsep perusahaan berdasarkan customer based oriented bisa dijalankan.

2. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Kedua, akan memudahkan sales ataupun customer service dalam melakukan pekerjaannya. Semua saluran komunikasi dikerjakan dalam satu platform sehingga seluruh permintaan atau keluhan pelanggan yang masuk dari berbagai saluran dapat tertangani dengan baik dan cepat

3. Meningkatkan customer lifetime value

Selanjutnya, dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pelanggan sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Hal ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan yang akan menjadi pelanggan setia perusahaan Anda.

4. Menjangkau pelanggan lebih luas lagi

Dengan WhatsApp Business API, pelanggan akan lebih mudah terhubung dengan perusahaan dan respons perusahaan pun menjadi lebih cepat.

Perusahaan akan jadi lebih mudah membangun sistem contact center atau layanan dukungan pelanggan dengan sistem yang powerful dan komplit. CRM, call center, omnichannnel, email dan WhatsApp semua dalam 1 platform.

fitur wa

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp CRM?

Mendapatkan dan menggunakan WhatsApp CRM sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Daftar ke CRM Provider dan BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Omnichannel Contact Center Barantum - Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Untuk bisa mendapatkan dan menggunakan sistem ini, Anda perlu bekerja sama ke penyedia layanan CRM terbaik, seperti Barantum, yang juga telah menjadi Mitra Resmi WhatsApp.

Bekerja sama dengan partner terpercaya akan meminimalisasi risiko data Anda diretas sehingga keamanan data bisnis Anda terjamin.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Integrasi WA CRM Pada Flow Bisnis Anda

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi dan integrasi sistem ini. Di sini Anda perlu memilih partner yang tidak hanya mengimplementasikan saat Anda pertama kali bekerja sama. Namun, pilihlah partner yang memiliki support yang baik. Sehingga jika ada kendala, mereka dapat meresponnya dengan cepat.

Proses implementasi sistem bukanlah perkara mudah juga memakan waktu dan tenaga. Sehingga dibutuhkan tim yang profesional untuk melakukannya disertai dengan training pada karyawan Anda agar mereka bisa memakai sistem yang telah disediakan dengan baik dan benar.

4. WA CRM Untuk Bisnis Anda Sudah Siap Digunakan

Barantum WhatsApp CRM Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Kini sistem WhatsApp CRM Anda siap untuk digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan WhatsApp CRM Terbaik Sekarang!

Omnichannel Contact Center Barantum - Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan demikian, WhatsApp Customer Relationship Management tidak hanya menjadi alat yang efektif dalam memperkuat koneksi antara bisnis dan pelanggan, tetapi juga menjadi fondasi yang tak tergantikan dalam strategi pemasaran dan layanan pelanggan yang berorientasi pada pengguna.

Sebagai penyedia solusi terkemuka, Barantum menawarkan integrasi yang mulus dengan WhatsApp, memberikan kesempatan bagi bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp dalam meningkatkan efisiensi, responsivitas, dan interaksi yang lebih berarti dengan pelanggan mereka.

Dengan memilih Barantum sebagai partner dalam menerapkan WhatsApp CRM, bisnis dapat dengan percaya diri memperkuat kehadiran mereka dalam peta komunikasi digital serta mencapai kesuksesan jangka panjang dalam membangun dan memelihara hubungan yang solid dengan pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".