CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

crm whatsapp adalah

CRM WhatsApp adalah 

CRM WhatsApp adalah sistem komuniksi perpesanan melalui WhatsApp yang terintegrasi dengan Aplikasi CRM. CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp merupakan bagian dari Teknologi Omnichannel dalam sistem komunikasi yang terintegrasi yang dapat digunakan oleh Perusahaan atau bisnis untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggannya untuk lebih terhubung dengan Perusahaan atau Bisnis melalui berbagai macam channel atau saluran komunikasi. WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi chat / perpesanan online dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk itu agar memudahkan Pelanggan lebih terhubung dengan Perusahaan maka WhatsApp menunjuk beberapa Perusahaan pengembang software service atau CRM seperti Barantum, untuk mengintergrasikan WhatsApp dengan CRM melalui API ( Application Programming Interface ). Dalam dunia bisnis saat ini, penjualan dan pelayanan pelanggan menjadi semakin kompleks dan juga dapat berasal dari banyak saluran penjualan. Untuk itu Perusahaan dan pelaku bisnis berlomba lomba untuk mengadopsi strategi penjualan Omnichannel. Dengan adanya fenomena ini, sistem software CRM pun dikembangkan agar dapat terintegrasi berbagai saluran komunikasi, termasuk yang paling gencar saat ini ialah WhatsApp.

whatsapp business api

Maka itu hadirlah istilah CRM WhatsApp untuk menjawab kebutuhan para pelaku Bisnis dan juga konsumen agar dapat lebih mudah berinteraksi dengan Bisnis ataupun sebaliknya. Anda pasti bertanya lalu apa itu CRM? CRM adalah sebuah perangkat lunak atau sistem aplikasi software yang membantu mengelola pelanggan, menumbuhkan, dan mengotomatiskan penjualan dan proses bisnis Anda. CRM (Customer Relationship Mangement) juga merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang memadukan proses antara manusia dan teknologi. Sistem CRM membantu mendapatkan prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada menjadi pelanggan yang puas dan loyal. CRM mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktifitas tenaga penjual dalam berhubungan dengan pelanggan. CRM sendiri merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. Sebuah CRM akan mengkonsolidasikan semua data Anda di semua saluran penjualan ke dalam satu sistem. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang CRM, Anda dapat membacanya lebih lanjut disini

Mengapa Anda perlu menggunakan CRM WhatsApp?

Dengan menggunakan CRM terintegrasi WhatsApp akan sangat memberikan kemudahan baik bagi tim sales dan customer service perusahaan dalam melayani pelanggan dengan cepat dan terorganisir sekaligus dapat mengukur kinerja dan performa tim dalam melakukan penjualan ataupun dalam melayani permintaan dan keluhan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa fitur utama dan kelebihan CRM WhatsApp :

1. Menyimpan Riwayat Obrolan

Aplikasi CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp akan menyimpan semua interaksi yang Anda lakukan dalam WhatsApp ke dalam satu dashboard sehingga manajer perusahaan dapat mengetahui apa yang dikomunikasikan oleh karyawan mereka atau bagaimana dan apa saja respon dari pelanggan. Riwayat obrolan ini disimpan oleh sistem CRM perusahaan sehingga Anda dapat melihat semua data kapanpun dalam satu tempat dari mana saja.

2. Pengambilan Data Instan

Dengan menggunakan integrasi ini, maka perangkat lunak CRM yang baik akan secara otomatis memasukkan semua informasi kontak baru dan profil pengguna ke dashboard CRM Anda tanpa harus melakukan entri data secara manual. Hal ini akan mengotomatisasi bisnis Anda sehingga akan mengurangi jumlah karyawan dalam bidang tersebut dan tentu saja dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

3. Kolaborasi Tim

Sistem ini menggabungkan semua obrolan WhatsApp dalam satu dasbor sehingga seluruh tim di perusahaan Anda akan menggunakan satu nomor telepon WhatsApp. Hal ini dapat meningkatkan kolaborasi tim, menciptakan transparansi dan memungkinkan perusahaan untuk dapat melayani calon pelanggan dan pelanggan Anda dengan lebih baik.

4. Sistem Alokasi Karyawan

Dengan integrasi ini, perusahaan akan memiliki sebuah sistem untuk mengalokasi karyawannya. Sistem alokasi karyawan ini akan memungkinkan sebuah bisnis untuk dapat menetapkan satu atau lebih anggota tim mereka untuk setiap obrolan WhatsApp.

5. Integrasi Total Berbagai Saluran Obrolan

CRM WhatsApp terbaik seperti CRM Barantum, sudah mempunyai fitur Omnichannel yang terintegrasi dengan aplikasi pesan lain seperti Line, Telegram, Facebook dan saluran obrolan lainnya dalam satu platform. Hal ini dapat memudahkan komunikasi dengan para pelanggan dalam sebuah platform tunggal.

Manfaat CRM WhatsApp

KEUNGGULAN CRM WHATSAPP

Integrasi CRM dengan Whatsapp dapat meningkatkan potensi untuk pedapatan omzet bisnis lebih tinggi bagi perusahaan. Integrasi ini sekaligus akan menyempurnakan strategi Customer Based Oriented (CBO) dalam Bisnis Anda yang akan memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada Perusahaan.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari Integrasi CRM dengan Whatsapp Business API adalah :

  1. Meningkatkan performance dari Sales & Marketing. Customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di layani dan pelanggan pun lebih mudah untuk menghubungi perusahaan / bisnis Anda. Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan
  1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis. Integrasi Whatsapp dengan aplikasi CRM, akan memudahkan sales ataupun customer service dalam melakukan pekerjaannya. Semua saluran komunikasi dikerjakan dalam satu platform sehingga seluruh permintaan atau keluhan pelanggan yang masuk dari berbagai saluran dapat tertangani dengan baik dan cepat
  1. Meningkatkan dan mengubah kualitas customer dan meningkatkan Customer Lifetime Value. Integrasi CRM dengan Whatsapp, dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada Customer sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Hal ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan yang akan menjadi pelanggan setia Bisnis Anda.
  1. Menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Dengan Whatsapp Business API, Pelanggan akan lebih mudah terhubung dengan Perusahaan dan respon Perusahaan pun menjadi lebih cepat
  2. Perusahaan akan jadi lebih mudah membangun sistem contact center atau layanan dukungan pelanggan dengan sistem yang powerful dan komplit. CRM, Call Center, Omnichannnel, Email dan Whatsapp semua dalam 1 platform.

fitur crm whatsapp business api

FITUR UTAMA CRM WHATSAPP

Sebagai sebuah aplikasi bisnis, CRM mempunyai segudang fitur yang bermanfaat bagi Bisnis Anda sekaligus memberikan pengalaman baru bagi Pelanggan. Berikut adalah beberapa fitur utama dari CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API :

  1. Fitur Profil Bisnis : berisi Informasi perusahaan : email, alamat, website
  2. Respon Pesan : Fitur ini berguna untuk user dalam memberikan jawaban  otomatis secara cepat kepada lawan bicara
  3. Kontak & Obrolan ( Label ) ; Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya bisa terlihat lebih rapi dan memudahkan penggunanya
  4. Laporan : Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa mensortir atau memfilter semua percakapan hingga pengaturan pesan yang belum terbaca.
  5. Fitur Lainnya : pembuatan KATALOG

Masih banyak lagi fitur lainnya dalam Whatsapp Business API, termasuk juga integrasi Chat Bot, Fitur Inbound dan Outbound, ticketing, dll. Integrasi dengan CRM yang akan memudahkan mencatat semua histori percakapan bisnis dengan pelanggan, pelacakan GPS, dan lain sebagainya. Anda harus mencobanya dan Anda akan melihat bagaimana fitur – fitur ini akan sangat bermanfaat sekali bagi Bisnis Anda.

Cara mengintegrasikan Aplikasi CRM WhatsApp untuk membantu penjualan dan pemasaran saya?

Jika Anda tertarik untuk melakukan uji coba gratis solusi CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp, silahkan klik di sini untuk mencobanya gratis. Anda juga bisa segera hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut tentang kebutuhan Bisnis Anda dengan pelayanan yang lebih personal. Anda juga bisa melakukan pencarian di pada Google mengenai CRM WhatsApp Business API. CRM Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp untuk WhatsApp Business API di Indonesia.

Baca artikel terkait :

WHATSAPP CRM, STRATEGI CERDAS PENGELOLA BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN

INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

INDUSTRI RETAIL & OPTIMALISASI WHATSAPP BUSINESS API DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER EXPERIENCE

In this article

Join the Conversation

six − two =